Contact Form

 

3 Model Mobil Esemka yang Pernah Bisa Dipesan


Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyarankan Presiden Joko Widodo mengganti mobil dinasnya dengan kendaraan hasil produksi Esemka . Pernyataan itu disampaikan Fadli saat menanggapi langkah Jokowi meresmikan pabrik Esemka yang berada di Jawa Tengah, Jumat (6/9). Menurutnya, bila Jokowi menggunakan produk Esemka sebagai mobil dinas maka akan menjadi semangat yang baik untuk diikuti oleh masyarakat. Terlebih, mobil dinas Jokowi yang bermerek Mercedes-Benz S 600 Guard baru mogok di tengah kunjungan kerja ke Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9). "Ganti dong dengan mobil Esemka yang dibangga-banggakan. Saya kira itu spiritnya akan bagus, kan sudah diproduksi. Ganti dulu pakai mobil Esemka," kata Fadli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (6/9).

Lebih jauh, Fadli menyatakan bahwa Esemka yang pabriknya baru diresmikan hari ini tidak berkaitan dengan Esemka yang dulu pernah digaungkan oleh Jokowi.  Menurutnya, Esemka yang diresmikan hari ini pun tidak berstatus sebagai mobil nasional. "Jadi mungkin mereknya saja kali sama," ucap politikus Partai Gerindra itu. Fadli pun mengaku mendengar bahwa banyak partikel atau komponen yang dipasangkan di mobil Esemka saat ini bukan berasal dari buatan dalam negeri. Dia menduga mobil Esemka yang ada saat ini berasal dari China yang dirakit di Indonesia. Berangkat dari itu, Fadli meminta agar Jokowi transparan ke masyarakat tentang mobil Esemka. "Harus terbukalah, transparan. Tapi saya kira kejujuran bahwa itu bukan mobil nasional itu menandakan bahwa ini bukan komponen nasional yang mayoritas, siapa tahu ini mobil dari China sana dibikin di Indonesia, dirakit. Kalau begitu semua orang juga bisa," tuturnya. Jokowi  dan sejumlah menteri Kabinet Kerja jilid 1 pada hari ini Jumat (6/9) mengikuti acara peresmian pabrik perdana PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali, Jawa Tengah. Peresmian pabrik produksi Esemka merupakan bukti keseriusan PT SMK dalam mengarungi industri otomotif Tanah Air.

Presiden Direktur SMK Eddy Wirajaya dalam kesempatan ini kembali menegaskan bahwa mobil-mobil Esemka yang keluar dari 'rahim' Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali bukan produk mobil nasional. Menurut Eddy SMK merupakan perusahaan yang 100 persen kepemilikannya tidak ada campur tangan pemerintah. SMK adalah perusahaan swasta nasional sehingga embel-embel mobil nasional Esemka harus 'dilenyapkan'. "Dan kami bukan mobil nasional seperti yang dipahami orang selama ini. Lebih tepatnya mobil buatan Indonesia karya anak bangsa," kata Eddy dalam sambutannya di hadapan Jokowi, pada Jumat (6/9). [Gambas:Video CNN] (mts/ugo)




Suara.com - PT Solo Manufaktur Kreasi merupakan perusahaan pembuat Esemka, yaitu mobil hasil karya anak bangsa. Perusahaan ini berdiri di Kota Boyolali , tepatnya di Desa Demangan, Jawa Tengah. Sejak berdiri, perusahaan ini banyak menerima lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) dari jurusan otomotif dan teknik kendaraan ringan (TKR). Kendaraan yang dihasilkan di sini menjadi bukti bahwa anak muda Indonesia bisa bersaing di dunia otomotif. Sejumlah informasi bohong atau hoaks yang selama ini beredar bahwa Esemka tak pernah ada, kini terbantahkan. Sejak dicanangkan, Esemka tetap diproduksi dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lokal untuk berkarya demi kemajuan bangsa. Sementara itu, seorang pegawai PT Esemka, Hendra Setiawan Mendrova menyatakan, ia berharap kelak Esemka digemari dan bisa berkembang di seluruh Indonesia. Tak hanya di Pulau Jawa saja, PT Esemka juga bisa hadir di Sumatera, Kalimantan, Papua, dan Sulawesi. “Bahkan saya berharap, Esemka bisa hadir di tempat saya, di Pulau Nias dan saya bisa mengembangkan mobil ini di sana,” ujarnya. Video Editor: Yulita Futty Hapsari Kontributor : Ari Purnomo




Liputan6.com, Jakarta - Nama  Esemka  kembali mencuat ke permukaan karena hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi direncanakan akan hadir pada Launching Produk dan Fasilitas Produksi PT. Solo Manufaktur Kreasi ( Esemka ) di Boyolali, Jawa Tengah.

Sedikit kilas balik, tepatnya 2 tahun lalu di bulan September, 3 model mobil Esemka pernah bisa dipesan secara online . Pada saat itu, Esemka memiliki sejumlah akun media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram. Ketiga akun ini digunakan Esemka untuk bersosialisasi.

Salah satu yang cukup mencengangkan terdapat pada akun Instagram @esemka_indonesia. Bagaimana tidak, ternyata dalam salah satu unggahannya, admin @esemka_indonesia berkomentar Esemka sudah bisa dipesan. Foto tersebut dan komentarnya ternyata diunggah pada Mei 2017 lalu. 

Dari formulir pemesanan juga terungkap, Esemka saat itu hanya akan memasarkan kendaraan di kelas komersial. Untuk diketahui, berdasarkan pantauan Liputan6.com , saat ini unggahan tersebut sudah dihapus dan link formulir pemesanan sudah tak bisa diakses.




Sebagai pendatang baru, pikap Esemka Bima itu bakal menantang pikap dari merek Jepang, India hingga China yang sudah lebih dulu eksis di Indonesia.




Merdeka.com - Presiden Joko Widodo hari ini menghadiri peluncuran Produk dan Fasilitas Produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Sebelum peresmian, Jokowi berkesempatan meninjau aktivitas pabrik dari depan hingga belakang. "Mobil Esemka ini adalah brand Bangsa Indonesia, karya anak bangsa sendiri. Saya sudah lihat sendiri tadi," katanya.

Dengan kehadiran Esemka, Indonesia menjadi salah satu negara di ASEAN yang mampu memproduksi mobil buatan sendiri.

Negara-negara di ASEAN juga kini bersaing dalam hal menghasilkan produk mobil milik mereka sendiri dengan negara-negara produsen mobil dunia yang sudah jauh lebih maju.(6/9).

Berikut tiga negara di ASEAN yang telah memproduksi mobil nasional 1 dari 3 halaman

Malaysia menghasilkan produk mobil bernama Proton. Proton adalah singkatan dari Perusahaan Otomobil Nasional Sdn. Bhd. berdiri pada tahun 1983 atas inisiatif dari Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad.

Proton adalah perusahaan produsen mobil pertama di Malaysia yang berlokasi di Shah Alam, Selangor Darul. Awalnya mereka menggunakan mesin otomotif milik Jepang, Mitsubishi, namun mereka berhasil mengembangkan teknologi mereka sendiri.

Proton yang merupakan anak usaha Lotus, memiliki jumlah karyawan sebanyak 10.300 dan mendapatkan pendapatan sebanyak RM 6,49 miliar pada tahun 2008.

Proton Saga, mobil solid yang diluncurkan oleh Proton, dihasilkan berdasarkan cetak biru Mitsubishi Lancer Fiore yang merupakan sedan yang cukup populer pada masanya. Perusahaan Proton memiliki model mobil andalan mereka adalah Proton Saga FLX.

Seperti dijelaskan Mobiloka.com, Proton Saga FLX memiliki dan meletakkan mesin 1,3 liter, in-line 4 silinder DOHC di bawah kap mobilnya, yang mampu mencapai tenaga puncak 94hp pada 5750 rpm dengan tenaga putaran puncak 120 Nm pada 4000 rpm.

Mesin dengan kapasitas 1,3 liter ini mengonsumsi sekitar 5,7 liter bahan bakar, secara rata-rata menempuh jarak 100 km pada medan yang beragam. Mobil ini memiliki tanki bahan bakar yang cukup besar dengan kapasitas 40 liter.

Mobil Proton Saga FLX memiliki desain eksterior dengan grille depan menggenggam lambang dan sayap-sayap Proton yang menarik dan mampu memberikan perasaan penyejukan di mata. Ukuran mobil ini 4278 mm x 1680 mm x 1520 mm, dengan jarak roda 2465 mm.

Sisi lain pada interior mobil ini memiliki desain sederhana tetapi anggun. Mobil ini seluruhnya berwarna hitam dengan kursi yang dilapisi kulit. Mobil yang dilengkapi fasilitas berbaring dan geser dapat menambahkan rasa nyaman yang lebih.

Mengenai keselamatan dan keamanan, Proton Saga FLX dilengkapi sistem immobilizer yang dipasang untuk menjaga kendaraan dari pencurian. Sistem alarm pencurian juga tersedia.

Sebagian orang mungkin tahu bahwa Toyota, Mazda, hingga Ford, berbasis produksi di Thailand. Namun Thailand juga memproduksi perusahaan mobil nasional milik negara mereka. Thai Rung Union Car didirikan pada 1967 oleh Vichien Phaoenchoke, sosok ahli modifikasi truk pikap di Thailand. Perusahaan BUMN Thailand ini memproduksi mulai dari rancangan produk hingga berbagai pengembangan dan suku cadang otomotif. Dari awal produksi Thai Rung memodifikasi mobil pikap Isuzu dengan membawa merek TR. Sejak 1979 Thai Rung sudah memproduksi lebih dari 20 model kendaraan modifikasi.

Induk perusahaan VinFast, Vingroup memasuki industri otomotif kurang dari dua tahun setelah mengumumkan rencana untuk memproduksi pada 2017 lalu. Salah satu produksi Vietnam yang diperkenalkan adalah Sedan LUX A2.0. Sedan Vinfast ini memiliki tampilan lampu depan yang sipit dan raut muka yang lebih dewasa. Mobil ini menggunakan lampu LED, dengan tarikan garis krom yang bertemu di tengah grille, dengan logo V. Sedan ini memiliki Grille yang lebar dan menganga, mengikuti tren global. Bagian belakang sedan ini seperti sedan Tesla. Dari kejauhan, tampak seperti logo sayap Batman, yang punya titik temu V (dari logo mobil). Sedan ini menggunakan bensin 2.0 liter turbocharger, berasal dari BMW N20. Output yang dihasilkan di kisaran 175 Tk hingga 227 Tk. Kini mobil tersebut sudah dapat dinikmati oleh masyarakat.

Reporter Magang: Ellen RiVeren [pan] Baca juga: Agar Harga Murah, Esemka Disarankan Gandeng Investor Mobil Niaga Esemka Mulai Banjir Pesanan dari Pedesaan Mobil Esemka Dijual Termahal Rp 150 Juta, Begini Spesifikasinya Bos Esemka: Kami Bukan Mobil Nasional




Industri otomotif Tanah Air terus menggeliat dan semakin menunjukkan daya saingnya. Hal ini dibuktikan oleh hadirnya produsen kendaraan bermotor roda empat dengan principal (pemilik produk) dari Indonesia, yakni PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK).

Kehadiran pabrik mobil bermerek Esemka tersebut, ditargetkan dapat meningkatkan penyerapan komponen otomotif dalam negeri, khususnya yang diproduksi Industri Kecil dan Menengah ( IKM ). Langkah strategis ini akan mewujudkan kemandirian industri nasional, terutama sektor otomotif.

“Saat ini, PT SMK telah bekerja sama dengan lebih dari 30 industri penyedia komponen otomotif lokal dan sudah melakukan persiapan untuk produksi massal,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto di belum lama ini.

Menperin memastikan, peresmian pabrik senantiasa memberikan efek berganda bagi perekonomian, seperti membuka lapangan kerja baru.

Baca Juga: Soal Mobil Baru Jokowi, PKS: Mobil Esemka Kalah Mewah?

“Pada tahap awal akan menyerap 300 tenaga kerja untuk satu shift. Kalau kapasitasnya nanti bertambah, tentu bertambah juga jumlah tenaga kerjanya. Ini untuk tenaga kerja lokal,” ungkapnya.

Airlangga memproyeksi industri otomotif di Indonesia ke depannya terus ekspansif seiring dengan adanya peningkatan investasi. Apalagi, bagi mereka yang menghasilkan produk di bawah Rp200 juta, seperti PT SMK ini dinilai punya peluang bisnis yang prospektif.

“Dengan harga tersebut, menjadi sarana migrasi bagi para pemilik motor yang ingin memiliki mobil pertama kali. Apalagi, PT SMK ini kan menghasilkan jenis pikap, yang dapat menunjang produktivitas. Nah, seperti jenis komersial ini, dilihat juga yang penting itu kapasitas muatan isinya. Artinya, semakin bisa menampung banyak muatannya, potensi lakunya tinggi,” paparnya.

Menperin menyampaikan, pemerintah memberikan dukungan penuh dalam upaya pengembangan industri otomotif di Tanah Air. Sebab, industri otomotif merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang diprioritaskan agar mampu berdaya saing global berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0.

Baca Juga: Ragu Ibu Kota Baru Seperti Esemka, Fadli Zon Bilang...

“Kami juga dorong peran dari industri komponennya, sehingga terbentuk rantai pasok terintegrasi,” jelasnya.

Airlangga mengemukakan, banyak industri komponen kendaraan di dalam negeri telah menjadi bagian dari pemasok rantai nilai global. Secara nasional, saat ini terdapat 1.500 perusahaan komponen otomotif di Indonesia yang terbagi dalam Tier 1, Tier 2 dan Tier 3 yang tersebar di seluruh Indonesia terutama di provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kekuatan industri otomotif di Indonesia juga terlihat dari capaian ekspor produk otomotif dan komponennya yang terus menunjukkan peningkatan. Pada tahun 2018, ekspor CBU sebanyak 265 ribu unit, kemudian CKD sekitar 82 ribu set, serta komponen lebih dari 86,6 juta pieces.

“Nilai ekspor komponen kita sudah menembus hingga USD2,1 miliar. Artinya, struktur dari sektor ini sudah cukup dalam. Contohnya, ekspor untuk ban kendaraan sekitar USD1,2 miliar. Selain itu, untuk sasis, kaca, dan kursinya sudah bisa diproduksi di dalam negeri. Jadi, industri baja dan plastik kita sudah mampu kompetitif,” sebutnya.




TRIBUNBATAM.id   - Rocky Gerung berikan respon peresmian pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolali , Jawa Tengah.

Pabrik mobil Esemka di Boyolali diresmikan oleh Presiden Jokowi , Jumat (6/9/2019).

Dalam peluncuran itu, dikenalkan produk mobil Esemka Bima.

Sebelum meresmikan pabrik   Esemka,   Jokowi   mengatakan bila kehadiran pabrik   Esemka   di Jawa Tengah, khususnya di   Boyolali, akan memberikan efek penting bagi pergerakan ekonomi.

Hal ini lantaran   Esemka   akan mampu memberikan efek berantai bagi industri pemasok otomotif lokal lainnya.

• Rocky Gerung Kupas Tuntas Disertasi Abdul Aziz soal Kontroversi Nikah, Apa Pendapatnya?

• Jokowi Resmikan Pabrik Esemka di Boyolali, Harga Mobil Bima Rp 110 Juta

Mulai dari tingkat menengah, sekala kecil, sampai tingkat rumahan sekaligus.

"Bukan hanya pekerja di pabrik ini saja, tapi efeknya juga akan sampai ke pemasok lokal lainnya, sebab itu kita semua harus dukung," ucap   Jokowi.

"Saya tidak akan maksa kita semua untuk beli, tapi setelah saya lihat dan coba tadi memang bagus, jadi memang wajib kita beli, kalau belinya produk impor keterlaluan. Dengan mengucap bismillah saya resmikan pabrik ini beserta fasilitasnya," kata   Jokowi.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, menjelaskan kepada Jokowi bila pabrik beserta fasilitas Esemka semuanya dikerjakan oleh anak bangsa. "Esemka atau PT Solo Manufaktur Kreasi adalah perusahaan nasional yang semua jajaran anak direksinya adalah anak bangsa,"  "Kami juga tegaskan bila mobil yang kami produski bukan lah mobil nasional, tapi mobil yang dibuat anak bangsa," ujar Eddy dalam seremoni peresmian pabrik di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Momen peresmiam mobil Esemka juga diunggah oleh politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko di akun Twitter-nya. Budiman Sudjatmiko unggah pabrik Esemka 6 September 2019.

Budiman Sudjatmiko dan Rocky Gerung memang dikenal sebagai cendekiawan.

Dalam berbagai kesempatan, keduanya sempat terlibat adu argumen secacara cerdas.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi membocorkan harga Esemka Bima, mobil niaga   Esemka   yang akan diluncurkan Presiden   Jokowi, Jumat (6/9/2019) hari ini.

Menurut Budi Karya, mobil Esemka BIma akan dilepas dengan harga on the road Rp 110 juta.

"Harganya kompetitif, jadi kalau nggak salah on the road itu 110 juta sudah dapat mobil seperti itu dan multi fungsi," kata Budi Karya, saat hadir di Pabrik Esemka di Sambi, Boyolali, Jumat (6/9/2019).

Brosur Mobil Esemka Bima, harga mobil Esemka Bima ini disebut Rp 110 juta on the road. (TRIBUNSOLO.COM/RYANTONO PUJI SANTOSO)




Komitmen dari masyarakat juga dibutuhkan dalam pengembangan industri mobil di Indonesia

Jakarta (ANTARA) - Pengamat ekonomi Hisar Sirait berharap adanya komitmen masyarakat Indonesia untuk mau menggunakan produk-produk mobil Esemka sebagai moda transportasi mereka."Komitmen dari masyarakat juga dibutuhkan dalam pengembangan industri mobil di Indonesia, kesediaan seluruh lapisan masyarakat untuk mau menggunakan Esemka," ujar ekonom yang juga menjabat sebagai Rektor Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie tersebut saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.Dia menambahkan, Indonesia perlu belajar dari kasus Malaysia yang memang kurang berhasil dalam mewajibkan masyarakatnya untuk menggunakan mobil nasionalnya, karena sulitnya melakukan penetrasi produk dalam artian peralihan teknologi di mana perkembangan teknologi mobil nasional Malaysia tidak secepat brand-brand mobil lainnya.Selain itu Esemka juga harus mengenali dan memahami tujuan masyarakat Indonesia dalam membeli mobil, karena masyarakat tidak hanya melihat harga dan purnajual apakah nanti laku tidak jika dijual kembali, tetapi juga ketika konsumen mengalami masalah apakah mudah mendapatkan suku cadang, banyak tersedia pusat perbaikannya dan hal ini sangat dilihat atau menjadi kepedulian bagi masyarakat."Peresmian Esemka dinilai bagus karena pemerintah sudah berani menyatakan bahwa sudah ada mobil Esemka. Tapi setelah itu tolong diberikan kepastian kepada calon pemakai atau konsumen. Kepastiannya ada tiga, pertama kepastian teknologinya kemudian kepastian layanannya, dan yang terakhir ketersediaan suku cadangnya. Tiga hal inilah yang dapat membuat industri mobil Indonesia akan dicintai oleh masyarakatnya," kata Hisar Sirait.Sebelumnya Presiden Joko Widodo akhirnya meluncurkan mobil Esemka bersamaan dengan meresmikan fasilitas produksi otomotif karya anak bangsa PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ingin mendukung pengembangan otomotif nasional, sehingga mau meresmikan pabrik Esemka.Sementara itu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan sebagai produsen otomotif, PT Solo Manufaktur Kreasi memiliki Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) yang telah diterbitkan oleh Kementerian Perindustrian untuk enam jenis kendaraan roda empat.Empat di antaranya merupakan kendaraan komersial tipe pick up single cabin yang diberi nama BIMA - ESEMKA, lalu satu tipe penumpang double cabin yang diberi nama DIGDAYA - ESEMKA dan satu tipe lagi kendaraan penumpang minivan dengan nama BORNEO – ESEMKA.Sebagai principalotomotif nasional, saat ini PT SMK telah memiliki fasilitas produksi yang telah siap beroperasi, antara lain lini pengecatan body, lini perakitan mobil type monocoque, type chassis, gasoline engine, diesel engine,transmisi dan axle.Kemudian, ada juga lini penyambungan transmisi motor diesel dan motor bensin, lini pengujian kendaraan statik atau elektronik, lini pengujian jalan, lini perbaikan kendaraan pascauji, area stock yard, show room dan fasilitas pendukung lainnya.Tentunya fasilitas produksi yang telah dimiliki PT SMK sebagai produsen mobil telah membawa pada suatu tahapan yang lebih maju dan layak untuk dapat memproduksi kendaraan roda empat. Ini kabar yang menggembirakan bagi industri otomotif di Tanah Air. Pada tahun pertama PT SMK akan memproduksi sebanyak 3.500 unit pick up BIMA - ESEMKA dengan kapasitas produksi total sebesar 12.000 unit per tahun.

Pewarta: Aji Cakti

Editor: Subagyo

COPYRIGHT © ANTARA 2019


Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji Esemka yang sudah berani memproduksi mobil sendiri. Apakah mobil Esemka akan dijadikan mobil nasional? "Tanya Pak Menperin," kata Jokowi di pabrik Esemka, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Jokowi menegaskan pemerintah tidak memberikan bantuan dana untuk produksi Esemka yang pernah ia gunakan jadi mobil dinas saat menjabat Wali Kota Solo.

"Nggak ada, ini adalah akan lebih baik kalau perusahaan swasta, ya mandiri. Berani berkompetisi. Akan bisa survive kalau punya produksi baik. Tapi memang punya keunggulan ini brand dan principal Indonesia," ujar Jokowi.




ANTARA- Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka di Boyolali Jawa Tengah.  Meski bukan seratus persen berkomponen local,  Presiden tetap mengapresiasi Esemka sebagai usaha industri otomotif pertama dengan merk prinsipal Indonesia. (Rijalul Vikry/Andi Bagasela/ Saras Krisvianti)



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply