Contact Form

 

KABAR DUKA: Ade Irawan Ibunda Almarhumah Ria Irawan Meninggal Dunia


JAKARTA, KOMPAS.com -  Kabar duka kembali menyelimuti industri film Indonesia.

Artis senior Ade Irawan yang memiliki nama asli Arzia Dahar meninggal dunia saat dalam perawatan di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Baca juga: Sebelum Meninggal, Ade Irawan Mengaku Kesepian dan Minta Dandan Pakai Wig

Ade Irawan mengembuskan napas terakhir pada pukul 14.22 WIB.

Kabar ini dibenarkan oleh anaknya, Dewi Irawan, yang juga seorang aktris.

Baca juga: Ade Irawan Bacakan Puisi, Irfan Hakim Tak Kuasa Menahan Tangis

"Iya benar ( Ade Irawan meninggal dunia )," tulis Dewi kepada Kompas.com via pesan WhatsApp, Jumat.

Ibu mendiang Ria Irawan ini rencananya akan disemayamkan di rumah duka di Lebak Lestari Indah Residen, Jalan Anggrek Lestari Indah, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Baca juga: Ade Irawan Meninggal, Melly Goeslaw: Bahagia Kumpul Bersama Ria Irawan di Surga...

Dilansir dari Wikipedia, Ade Irawan terjun ke dunia seni peran pada 1964.

Saat itu, ia berperan sebagai pemain figuran untuk film Diambang Fadjar.

Karier Ade semakin menanjak setelah mendapatkan peran utama dalam sebuah film.

Ade saat itu membintangi film Tjinta Di Udjung pada 1965.

Baca juga: Sudah Tak Kuat, Ade Irawan Enggan Diberi Tindakan Medis

Selain sebagai pekerja seni peran, Ade juga menjajal kemampuannya di belakang layar.

Lewat film Fajar Menyingsing dan Belas Kasih, Ade mengasah kemampuannya sebagai penulis skenario.

Puluhan film pernah dimainkan oleh artis berdarah Minang tersebut hingga film terakhirnya, Dreams, yang tayang pada 2016 lalu.

Baca juga: Sabtu Besok, Jenazah Ade Irawan Akan Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Untuk urusan keluarga, Ade menikah dengan aktor kawakan Bambang Irawan. Dari pernikahan tersebut, Ade dikaruniai lima orang anak.

Mereka adalah Bambang Ari Satrya, Bambang Widya Permadi Irawan, Ria Irawan, Dewi Irawan, dan Shinta Safitri Dewi.




tirto.id - Aktris senior Ade Irawan yang memiliki nama lengkap Arzia Dahar meninggal dunia, pada Jumat, 17 Januari 2020. Kabar duka tersebut diumumkan penyanyi Melly Goeslaw dan sutradara Ernest Prakasa di media sosial mereka. Kepergian aktris yang baru meraih penghargaan khusus "Lifetime Achievement" di Piala Citra 2019 ini tak lama berselang dari wafatnya sang putri, aktris Ria Irawan. "Innalillahi wainailaihi rojiun. Selamat jalan tante Ade Irawan. Bahagia berkumpul kembali dengan Ria di Surga Allah SWT. Alfatihah buat tante dan Ria ????????????. . Kak @dewiirawan13 yg tabah ya kak ????????????" tulis Melly Goeslaw di Instagram, Jumat (17/1/2020). Sementara Ernest menulis di Twitter, "Ibu Adek Irawan baru saja berpulang menyusul anaknya terkasih Ria Irawan. Sungguh sulit membayangkan dukacita Mbak @dewiirawan13 dan keluarga. Semoga Tuhan memberi kekuatan dan ketabahan. ????" Ade Irawan lahir di Jakarta pada 5 April 1937. Istri dari aktor Bambang Irawan ini dikaruniai buah hati yang juga mengikuti jejaknya di industri film Indonesia, yakni Bambang Widya Permadi Irawan, Dewi Irawan, dan Ria Irawan. Ade Irawan meninggal dunia saat usianya menginjak 82 tahun. Putrinya, Ria Irawan, meninggal dunia pada 6 Januari 2020 setelah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening. Ade Irawan aktif berakting sejak tahun 1960-an, dia membintangi sejumlah film seperti "Seribu Kenangan", "Yang Muda Yang bercinta" hingga "Pengantin Remaja".




KABAR DUKA: Ade Irawan Ibunda Almarhumah Ria Irawan Meninggal Dunia

TRIBUNJOGJA.COM - Innalilahi wa innailaihi rojiun ...Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air.

Ade Irawan, ibunda almarhumah Ria Irawan meninggal dunia tepat setelah 11 hari kepergian putrinya hari ini, Jumat (17/11/2010). di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta Selatan. Ade dikabarkan meninggal pada pukul 14.22.

Artis senior  Ade Irawan memang sempat dikabarkan memiliki masalah pada organ jantungnya, dan sempat beberapa kali menjalani operasi.

Meski demikian, Ade yang saat ini berusia 82 tahun, tetap semangat dan mencintai dunia seni peran yang sudah menjadi darah dagingnya.

Dirangkum beberapa sumber, berikut beberapa kondisi Ade Irawan setelah mendengar kabar meninggalnya Ria Irawan , putrinya.

Ade Irawan sempat ucapkan kemungkinan hidup Ria dan dirinya Hal ini terungkap dari pernyataan Mayky Wongkar setelah meninggalnya Ria Irawan pada 6 Januari 2020 lalu.

"Sebelum dia meninggal kan saya tanya sama mama Ade (Ade Irawan), 'Ma, ini gimana?' mama bilang ya peluangnya 50:50," kata Mayky.

"Maksud ibu (Ade) ya mungkin bisa Ria duluan, bisa ibu duluan," ujar Mayky. Ade tak menangis saat Ria meninggal dunia Menurut Mayky, saat Ria Irawan akhirnya meninggal dunia lebih dulu, tak ada air mata menetes dari mata Ade Irawan yang menyiratkan bahwa Ade telah mengikhlaskan kepergian putrinya lebih dulu.

Tahlilan Ria Irawan juga digelar di kediaman Ade Acara tahlilan tujuh harian Ria Irawan juga digelar di kediaman Ade Irawan di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.




SERAMBINEWS.COM - Kabar duka kembali menyelimuti industri hiburan Indonesia.

Artis senior Ade Irawan yang memiliki nama asli Arzia Dahar meninggal dunia saat dalam perawatan di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Ade Irawan mengembuskan napas terakhir pada pukul 14.22 WIB.

Menurut anak kedua Ade, Adhi Bambang Irawan, ibunya meninggal lantaran komplikasi yang menyerang beberapa organ tubuhnya.

"Beliau meninggal karena penyakit tua, ya, usia lanjut, komplikasi jantung dan paru," ucap Adhi di rumah duka di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat.

Menurut Adhi, kondisi ibunya melemah sejak dua hari lalu dan dilarikan ke rumah sakit.

Nah, dua hari lalu dirawat lagi karena jantungnya pernah dioperasi, kan.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, ambulance yang membawa jenazah Ade Irawan tiba di rumah duka di Lebak Lestari Indah Residen, Jalan Anggrek Lestari Indah, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, sekitar pukul 16.30 WIB.




TEMPO, Jakarta - Kabar duka kembali menyelimuti dunia perfilman Indonesia. Aktris senior Ade Irawan meninggal di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta, Jumat, 17 Januari 2020, pukul 14.22 WIB. Ade Irawan meninggal di usia 82 tahun.  Hal ini didapat langsung dari pernyataan putra Ade Irawan, Adi Bambang Irawan. "Inalillahi wainaillaihi rojiun telah meninggal dunia Ibuku tercinta Ibu Adek Irawan di rs fatmawati hari ini jumat 17 jan pukul 14.22 WIB, mohon dimaafkan kesalahan-kesalahannya dan yakin husnul khotimah, Aamiin YRA. Rumah duka Lebak Lestari Indah Residen, Lebak Bulus, Jakarta Selatan," tulis Adi di Instagramnya. Ade Irawan memiliki nama asli Arzia Dahar. Perempuan berdarah Minang ini lahir di Jakarta, 5 April 1937. Suaminya, aktor dan sutradara Bambang Irawan sudah terlebih dulu meninggal pada 1979. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai lima orang anak. Tiga di antaranya mengikuti jejak mereka untuk terjun ke dunia seni peran, yaitu Adhi Irawan, Dewi Irawan dan  Ria Irawan . Ade mengawali kariernya sebagai figuran dalam film produksi Agora yang didirikan dia dan suaminya berjudul  Diambang Fadjar (1964). Satu tahun kemudian karier Ade semakin menanjak, terbukti dengan terpilihnya Ade sebagai pemeran utama dalam film Tjinta Di Udjung Tahun . Ade Irawan. Instagram/@adekirawan504

Selain beradu akting, Ade juga mencoba peruntungannya untuk menjadi penulis skenario dalam film Fajar Menyingsing dan Belas Kasih . Namun rumah produksi Agora bangkrut,  kemudian suaminya sakit dan akhirnya meninggal. Tercatat ratusan judul film sudah ia bintangi. Film terakhirnya berjudul Dreams yang rilis pada 2016 lalu. Ia juga berperan di beberapa sinetron layar kaca seperti Bawang Merah Bawang Putih, Selimut Hati, dan Aku Bukan Aku . Ade juga sempat mendapatkan beberapa penghargaan semasa hidupnya, seperti Piala Maya untuk Penghargaan Kesetiaan Profesi tahun 2014, Festival Film Bandung untuk Lifetime Achievement tahun 2018, dan Penghargaan Khusus Piala Citra untuk Pengabdian Seumur Hidup tahun 2019.




TEMPO.CO, Jakarta - Kabar duka kembali menyelimuti aktris Dewi Irawan, belum lama kehilangan adik kandungnya Ria Irawan yang meninggal dunia 6 Januari 2020 lalu akibat kanker getah bening. Hari ini, Jumat 17 Januari 2020 Dewi kembali kehilangan orang yang dicintai, yakni ibundanya Ade Irawan. Ade Irawan yang memiliki nama asli Arzia Dahar meninggal dunia di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta pukul 14.22 dalam usia 82 tahun. Wanita berdarah Minang ini adalah istri dari Bambang Irawan, aktor dan sutradara Indonesia. Tiga dari lima anak mereka, Bambang Widya Permadi Irawan, Dewi Irawan, dan Ria Irawan mengikuti jejak mereka di dunia film. Sebelumnya Ade Irawan sempat mendapat perawatan di rumah sakit selama dua pekan akibat sakit di bagian jantung dan paru-paru. Ia pernah memiliki riwayat penyakit jantung sejak 30 tahun lalu. Ia juga sempat dirawat di rumah sakit karena penyakit paru-paru di tahun 2019. Meski penyakit jantung bisa menyerang baik laki-laki dan perempuan, namun perempuan lebih berisiko mengalaminya. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menemukan jika prevalensi penyakit jantung pada perempuan mencapai 1,6 persen. Angka tersebut lebih besar bila dibandingkan prevalensi pada laki-laki yang menempati 1,3 persen. 

Melansir laman Mayo Clinic, Jumat 17 Januari 2020, gejala serangan jantung yang paling umum pada wanita tidak jauh berbeda dengan pria. Mulai dari nyeri dada, tekanan atau ketidaknyamanan yang berlangsung lebih dari beberapa menit atau datang dan pergi.  Tetapi nyeri dada tidak selalu parah atau bahkan merupakan gejala yang paling nyata, terutama pada wanita. Wanita sering menggambarkannya sebagai tekanan atau sesak napas. Dan, mungkin saja mengalami serangan jantung tanpa nyeri dada. Wanita lebih cenderung memiliki gejala serangan jantung seperti di bawah ini dibanding dengan nyeri dada pada pria: 1. Leher, rahang, bahu, punggung bagian atas atau perut tidak nyaman 2. Sesak napas 3. Nyeri pada satu atau kedua lengan 4. Mual atau muntah 5. Berkeringat 6. Sakit kepala ringan atau pusing 7. Kelelahan yang tidak biasa 8. Gangguan pencernaan Hal yang mengkhawatirkan, gejala tersebut tampak samar-samar dan tidak terlihat seperti nyeri dada yang langsung menyerang dan sering dikaitkan dengan serangan jantung. Ini karena wanita cenderung memiliki penyumbatan tidak hanya di arteri utama mereka tetapi juga di bagian yang lebih kecil yang memasok darah ke jantung - suatu kondisi yang disebut penyakit jantung pembuluh kecil atau penyakit mikrovaskuler koroner.




Selamat Datang di

SIGN IN

Don't have an account yet? Sign up here


TRIBUNNEWS.COM -   Kabar duka kembali datang dari keluarga aktris senior Dewi Irawan.

Pasca Ria Irawan meninggal pada 6 Januari 2020 lalu, sang ibu, Ade Irawan wafat pada hari ini, Jumat (17 /1/2020).

Dilansir oleh   Grid.ID , Ade Irawan meninggal dunia sekitar pukul 14.22 WIB di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Jenazah akan dibawa ke rumah duka di kawasan Lebak Lestari Indah Residence, Lebak Bulus Jakarta Selatan.

Sebelumnya, kabar duka itu juga sudah disampaikan oleh musisi Melly Goeslaw lewat akun media sosialnya.

“Innalillahi wainailaihi rojiun. Selamat jalan tante Ade Irawan. Bahagia berkumpul kembali dengan Ria di Surga Allah SWT. Alfatihah buat tante dan Ria. Kak @dewiirawan13 yg tabah ya kak,"   tulis Melly Goeslaw.




AKURAT.CO  Duka kembali menyelimuti hati industri hiburan Tanah Air. Aktris senior Ade Irawan baru saja meninggal dunia. Ibu kandung dari almarhum Ria Irawan itu diketahui menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat (17/1) pukul 14.22 WIB.

Kabar duka ini diketahui pertama kali melalui pesan berantai yang diterima oleh awak media.

" Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, telah meninggal dunia ibu Ade Irawan di RS Fatmawati pada HAri ini, Jumat, 17 Januari pukul 14.22 WIB ," demikian pesan singkat yang diterima AKURAT.CO.

Kini, jenazah Ade Irawan dibawa ke rumah duka di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, untuk disemayamkan.

Sementara itu, kabar duka ini pun sudah disampaikan oleh musisi Melly Goeslaw dengan mengunggah potret Ade Irawan di laman akun Instagram pribadinya.

Menyertai postingannya, istri Anto Hoed itu mengucapkan salam perpisahan. Ia juga mengatakan bahwa kini Ade telah bertemu dengan putri tercintanya, Ria Irawan yang sudah terlebih dahulu menghadap Sang Khalik pada 6 Januari lalu akibat kanker.

Melly Goeslaw pun mengirim surat Alfatihah untuk Ade Irawan dan Ria Irawan.

" Innalillahi wainailaihi rojiun. Selamat jalan tante Ade Irawan . Bahagia berkumpul kembali dengan Ria di Surga Allah SWT , " tulis Melly Goeslaw .

" Alfatihah buat tante dan Ria ," lanjut Melly Goeslaw .

Tak lupa, Melly mendoakan agar Dewi Irawan tabah dalam menghadapi cobaan ini.

Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab Ade Irawan meninggal dunia. Namun, Ade diketahui pernah dirawat di rumah sakit akibat penyakit paru-paru yang diidapnya. Sebelumnya, Dewi pernah mengabarkan jika ibunya telah menjalani penyedotan cairan di bagian paru-pau pada November 2019.[]




tirto.id - Aktris senior Ade Irawan meninggal dunia pada Jumat, 17 Januari 2020. Ibu dari Ria Irawan itu rencananya akan dimakamkan satu liang lahad dengan suaminya, Bambang Irawan. Menurut sang anak, Ade Bambang Irawan, jenazah ibunya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta pada Sabtu, 18 Januari 2020. "Pemakaman besok pukul 10 pagi di Tanah Kusir yang kemungkinan akan dimakamkannya sama dengan makam bapak saya almarhum. Ditumpuk," kata Ade Bambang, Jumat (17/1) seperti dilansir Antara . Ade Bambang mengatakan, sebelum meninggal, kondisi ibunya sudah lemas karena menahan penyakit. "Kondisinya udah lemes ya karena fisiknya udah kurang kuat untuk menanggung penyakit itu," kata dia. "Iya almarhumah menolak tindakan lebih lanjut karena sudah enggak kuat lagi. Jadi ya, kita bebasin dia," tambah dia. Ade Irawan lahir di Jakarta pada 5 April 1937. Istri dari aktor Bambang Irawan ini dikaruniai buah hati yang juga mengikuti jejaknya di industri film Indonesia, yakni Bambang Widya Permadi Irawan, Dewi Irawan, dan Ria Irawan. Ade Irawan meninggal dunia saat usianya menginjak 82 tahun. Putrinya, Ria Irawan, meninggal dunia pada 6 Januari 2020 setelah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening. Ade Irawan aktif berakting sejak tahun 1960-an, dia membintangi sejumlah film seperti "Seribu Kenangan", "Yang Muda Yang bercinta" hingga "Pengantin Remaja".

Sumber: Antara Penulis: Alexander Haryanto Editor: Agung DH



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply