Contact Form

 

Daftar LTMPT Besok Terakhir, Begini Cara Mudah Mendaftar


Jakarta - Batas waktu pendaftaran LTMPT berakhir besok, Selasa (7/1/2020). Mumpung masih ada waktu, perhatikan betul cara mendaftar LTMPT. Nah, apa sih LTMPT dan bagaimana cara mendaftarnya? LTMPT merupakan singkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Ini adalah lembaga yang berwenang untuk menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi negeri atau PTN. Untuk pendaftarannya, semua dilakukan melalui satu pintu, yakni portal LTMPT.

Berikut cara daftar LTMPT yang dirangkum detikcom : Calon peserta pertama-tama harus daftar akun terlebih dahulu di alamat https://portal.ltmpt.ac.id/reg. Pilih akun 'siswa', klik daftar dan isi semua data yang dibutuhkan, seperti NISN, NPSN, dan tanggal lahir. Kemudian, ikuti petunjuk yang tertulis hingga calon peserta dapat login dengan data yang telah diisi. Registrasi akun LTMPT ini hanya sampai 7 Januari besok. Setelah selesai mengisi data, pihak sekolah diminta untuk login dan mengisi PDSS berupa nilai raport. Pihak sekolah juga diminta untuk melakukan pemeringkatan siswa di sekolahnya. Kesempatan daftar LTMPT ini berlangsung hingga 6 Februari 2020. Setelah berhasil, para calon peserta bisa menggunakan akun untuk keperluan SNMPTN, UTBK, hingga SBMPTN. Sementara itu, tanggal pendaftaran SNMPTN dilakukan 11-25 Februari 2020. Untuk UTBK 30 Maret-11 April 2020 dan SBMPTN pada 02-13 Juni 2020. Nah, jangan lupa ya buruan daftar LTMPT sebelum berakhir besok! Tonton juga Kondisi SDN Cirimekar 02 Cibinong yang Ambruk, Siswa Belajar di Tenda : [Gambas:Video 20detik]




TRIBUNNEWS.COM - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah dibuka sejak Senin (2/12/2019), lalu.

Untuk mengikuti SNMPTN 2020 , calon pelamar terlebih dahulu harus mendaftar dengan registrasi akun di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) secara daring di portal.ltmpt.ac.id/.

Dikutip dari surat edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 10/SE.LTMPT/2019 pada Minggu (5/1/2020), batas registrasi akun untuk mengikuti SNMPTN yakni pada 7 Januari 2020.

Sedangkan, untuk pelamar yang mengikuti UTBK-SBMPTN batas pendaftaran atau registrasi akun yakni pada 5 April 2020.

Registrasi akun LTMPT dilakukan oleh sekolah dan juga siswa secara mandiri.

Bagi pihak sekolah atau siswa sebelum melakukan registrasi akun harus membaca petunjuk alur registrasi akun sekolah dan siswa.

Sekolah yang telah melakukan registrasi akun dihimbau untuk tidak melakukan simpan permanen sebelum seluruh data sekolah tercantum secara benar.

Berikut alur registrasi dan verifikasi akun siswa dan sekolah sebagaimana Tribunnews sadur dari E-book resmi LTMPT:

1. Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id/ dan pilih tautan Daftar di sini.




Jakarta - Proses penerimaan mahasiswa baru saat ini dilakukan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Berdasarkan jadwalnya, batas registrasi LTMPT akan tutup pada 7 Januari 2020. LTMPT sendiri merupakan lembaga penyelengara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru. Daftarnya bisa dilakukan di portal LTMPT resmi di alamat ltmpt.ac.id.

Berikut cara daftar LTMPT yang dirangkum detikcom : Registrasi LTMPT dilakukan di laman https://portal.ltmpt.ac.id/reg. Pertama-tama, calon peserta ujian harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu menggunakan akun siswa. Calon peserta diminta mengisi NISN, NPSN, dan tanggal lahir. Kemudian, ikuti petunjuk yang tertulis hingga dapat login kembali. Setelah calon peserta berhasil registrasi, pihak sekolah akan login dan mengisi PDSS berupa nilai rapot pada 13 Januari hingga 6 Februari 2020. Sementara itu, tanggal pendaftaran SNMPTN dilakukan 11-25 Februari 2020. Untuk UTBK 30 Maret-11 April 2020 dan SBMPTN pada 02-13 Juni 2020. Nah, semoga berhasil daftar di LTMPT ya!




TEMPO.CO, Jakarta - Menjelang batas akhir 7 Januari 2020, ribuan siswa dan sekolah belum menuntaskan proses pendaftaran data akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara permanen yang merupakan tahapan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2020. “Bila sampai tanggal 7 (Januari 2020) belum registrasi dan atau mempermanenkan data maka sekolah serta siswa tidak bisa ikut SNMPTN,” kata Ketua LTMPT Mohammad Nasih kepada Tempo, Jumat, 3 Januari 2020. Kondisi itu, menurutnya, akan sangat merugikan siswa dan sekolah. Berdasarkan Data Registrasi Akun LTMPT per Jumat, 3 Januari 2020, pukul 19:57:22 WIB, jumlah sekolah yang mendaftar akun sebanyak 19.694 SMA sederajat. Jumlah akun sekolah yang aktif 18.730, sementara jumlah sekolah yang telah mempermanenkan data baru 8.616 sekolah. Sementara data siswa yang telah mendaftar akun di LTMPT sebanyak 1.063.091 orang, yang aktif 1.002.280 dan jumlah siswa yang telah mempermanenkan data 722.732 orang. “Belum semua sekolah dan siswa yang registrasi mempermanenkan data, LTMPT tidak memperpanjang masa registrasi,” ujar Nasih.

Registrasi akun LTMPT dilakukan oleh sekolah dan juga siswanya secara mandiri. Siswa lulusan 2020 yang akan mengikuti SNMPTN wajib melakukan registrasi akun pada 2 Desember 2019-7 Januari 2020. Adapun bagi siswa yang hanya akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UTBK SBMPTN 2020 dapat melakukan registrasi akun pada 7 Februari hingga 5 April 2020. Rentang waktunya bersamaan dengan registrasi akun bagi lulusan 2018 dan 2019. ANWAR SISWADI




TRIBUNjogja.com -- Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

Selain itu ada juga jalur Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) serta kriteria lain yang disepakati PTN.

Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

• Daftar 10 Universitas yang Menerima Peserta Terbanyak dari Jalur SNMPTN

Berikut rangkuman Tribunjogja.com dari laman resmi LTMPT :

Registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir pada tanggal 07 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id

Melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id .




TRIBUNJABAR.ID - Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

Selain itu ada juga jalur Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) serta kriteria lain yang disepakati PTN.

Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

• Disbudpar Indramayu Minta Pemdes Lindungi Temuan Bungker Perlindungan Tentara Jepang

• LOWONGAN KERJA Otomotif, PT Honda Prospect Motor Rekrut Karyawan Besar-besaran, Cek Daftar di Sini

Berikut rangkuman Tribunjogja.com dari laman resmi LTMPT :

Registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir pada tanggal 07 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id










Cara Registrasi Akun LTMPT, Alur Pendaftaran, Verifikasi Data, Hampir 1 Juta Siswa Sudah Daftar

TRIBUNJAMBI.COM - Untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, siswa dan siswi kelas tiga SMA/SMK sederajat harus registrasi akun LTMPT.

LTMPT kepanjangannya adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Bahwa kebijakan baru SSO (Single Sign On) yang mengharuskan sekolah SMA/SMK/MA dan siswanya untuk mendaftarkan akun di portal LTMPT

Adapun registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN telah dibuka sejak Senin (2/12/2019).

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kemendikbud, Ismunandar menyampaikan bahwa registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN dilaksanakan hingga 7 Januari 2020.

"Pendaftaran akun LTMPT mulai 2 Desember 2019-7 Januari 2020," ujar Ismunandar kepada Kompas.com, Jumat (6/12/2019).

• Daftar Terbaru 2019, 300 Universitas Terbaik di Indonesia, 6 PT Berhasil Tembus Terbaik Dunia

Dalam proses registrasi akun LTMPT , Ismunandar mengimbau kepada peserta untuk mempersiapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.




PEKANBARU (HR) – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2020/ 2021 Universitas Riau, dibuka melalui tiga jalur utama. Jalur pertama yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), kedua Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ketiga Jalur Mandiri di masing-masing PTN.

Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Unri Prof Dr M Nur Mustafa MPd, Kamis (2/1), menyampaikan siswa dan siswi SMA/MA/SMK kelas 12 agar memperhatikan jadwal untuk melakukan registrasi akun melalui laman http://portal.ltmpt.ac.id. “Hal ini dikarenakan registrasi atau membuat akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dimulai pada 2 Desember 2019 lalu akan berakhir pada 7 Januari 2020.”

Untuk diketahui, sekolah siswa calon pendaftar yang telah registrasi atau membuat akun LTMPT dapat mengisi Data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai tanggal 13 Januari sampai 6 Februari 2020. “Setelah sekolah mengisi PDSS, siswa dapat melakukan pendaftaran jalur masuk SNMPTN mulai 11 sampai 25 Februari 2020, dan Pengumuman Hasil SNMPTN pada 4 April 2020,” kata M Nur.

M Nur, mengingatkan ketentuan umum dan persyaratan pelaksanaan SNMPTN dilakukan berdasarkan nilai akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. “Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun, atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.”

“Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah, maka ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar melalui jalur SNMPTN 2020 dengan ketentuan sebanyak 40 persen sekolah yang terkreditasi A, akreditasi B 25 persen, dan akreditasi C dan lainnya 5 persen,” jelas M Nur.

Pada kesempatan yang berbeda, Azhar Kasymi SH Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unri, menjelaskan peserta SNMPTN dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN dengan urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan, sedangkan siswa SMK hanya dizinkan memilih program studi relevan sesuai ketentuan PTN.

“Terkait dengan jalur dan kouta, Unri pada tahun 2020 ini menargetkan jumlah mahasiswa sebanyak 6700 calon mahasiswa Strata Satu (S1) dengan ketentuan kuota jalur masuk SNMPTN sebanyak 30 persen, jalur masuk SBMPTN 40 persen, dan jalur masuk Mandiri 30 persen,” jelas Azhar.

“Untuk informasi daftar program studi dan daya tamping SNMPTN tahun 2020 dapat dilihat pada laman https://ltmpt.ac.id selama periode pendaftaran,” pungkasnya.



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply