Contact Form

 

Ini Dia 5 Tempat Pementasan Musik Malam Tahun Baru di Jakarta


TEMPO.CO , Jakarta - Saat bepergian menikmati perayaan malam tahun baru , beberapa tempat di Jakarta mengadakan acara hiburan. Dari berbagai acara hiburan, pementasan musik bakal memikat minat masyarakat. Berikut lima tempat di Jakarta yang menawarkan beragam hiburan musik. Pantai Festival dan Pantai Lagoon Ancol Taman Impian Jaya Ancol mengadakan acara hiburan pesta dangdut di Floating Stage, Pantai Festival. Pementasan New Pallapa akan diadakan, pada 31 Desember 2019. Sedangkan pada 31 Desember 2019 di Pantai Lagoon dimeriahkan pementasan Ras Muhamad, Denny Frust dam pada 1 Januari 2020, Tipe-X. Pantai Carnaval Ancol dan Putri Duyung Resort

Pada malam pergantian tahun di Pantai Carnaval, dimeriahkan pertunjukan musik di antaranya Noah, Armada, Geisha, d’Masiv, dan Setia Band. Sedangkan di Putri Duyung Resort, Vina Panduwinata akan mengisi acara malam pergantian tahun membawa nuansa era 1990-an. Personel grup musik Noah Ariel (tengah), Lukman (kanan), dan David (kiri) akan tampil memeriahkan malam tahun baru di Ancol. ANTARA JIExpo Kemayoran Big Bang Jakarta sebagai ajang cuci gudang berbagai produk, dimeriahkan dengan festival musik. Acara tersebut dihelat di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, pada 21 Desember hingga 1 Januari 2020. Saat malam pergantian tahun, 31 Desember 2019, Big Bang Jakarta akan mementaskan musik reggae, dengan musisi yang tampil di antaranya Steven & Coconut Treez, Tony Q Rastafara, dan The Ikan Bakars. Bundaran Hotel Indonesia (HI) Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan menjadi pusat keramaian ketika malam tahun baru. Berbagai hiburan termasuk pementasan musik akan memeriahkan acara malam tahun baru di Bundaran HI. Rhoma Irama menjadi musisi yang tampil dalam acara tersebut. Musisi dangdut Rhoma Irama (kiri) tampil bersama group dangdut asal Amerika 'Dangdut Cowboys' pimpinan Andrew Weintraub (kanan) saat Konser Dangdut Mendunia di stasiun televisi Indosiar Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019. Group dangdut asal Pittsburgh Pennsylvania Amerika mengadakan tour ke Indonesia dalam rangka merayakan 70 tahun kemitraan Indonesia-AS. ANTARA Summarecon Mall Kelapa Gading Summarecon Mall Kelapa Gading mengadakan New Year’s Eve Party bertema Infinity Night at Tokyo, pada 31 Desember 2019. Perayaan yang mengusung hashtag #LetsGetLoud itu berada di area L5, La Piazza. Deretan acara mulai dinikmati pengunjung pukul 19.00. Pementasan tersebut antara lain RAN, DJ Iris Stroganova.




Jakarta - Polda Metro Jaya berencana melakukan rekayasa lalu lintas pada malam tahun baru, hari ini. Pengalihan arus lalu lintas dalam rangka Malam Bebas Kendaraan Bermotor (MBKB) Perayaan Malam Tahun Baru. Berdasarkan informasi akun twitter TMC Polda Metro Jaya, Selasa (31/12/2019). Pengalihan arus lalu lintas dilakukan di beberapa titik lokasi.

Berikut pengalihan arus lalu lintas: 1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk diarahkan ke Jalan Djuanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya diarahkan ke Jalan Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada 2. Arus lalu lintas dari Tugu Tani menuju ke Jalan Merdeka Utara diarahkan ke Jalan Perwira 3. Arus lalu lintas dari Tugu Tani Menuju ke Jalan Merdeka Selatan ditutup diluruskan ke arah Jalan Perwira 4. Arus lalu lintas dari Budi Kemuliaan menuju Jalan Thamrin, Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Barat ditutup diarahkan Jalan Abdul Muis 5. Arus lalu lintas dari Jalan Museum ke arah Merdeka Barat ditutup diluruskan ke Jalan Abdul Muis 6. Arus lalu lintas dari Jalan Galungung menuju Sudirman dilakukan penutupan dan diluruskan ke Tanah Abang. Demikian juga sebaliknya dari Tanah Abang diluruskan ke arah Manggarai atau Pasar Rumput 7. Arus lalu lintas dari arah Kasablanka menuju Jalan Jenderal Sudirman dilakukan penutupan kedua arahnya 8. Lingkaran Semanggi dan Simpang Susun Semanggi ditutup total dari timur diarahkan ke Slipi/arah dari barat ke Pancoran 9. Arus lalu lintas dari arah Hotel Mulia menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir 10. Arus lalu lintas yang dari Jalan Asia Afrika menuju Bunderan Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir 11. Arus lalu lintas yang dari Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir 12. Arus lalu lintas yang dari Jalan Pattimura menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir/diarahkan ke kiri Jalan Sisingmangaraja 13. Arus lalu lintas yang dari Jalan Senopati menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Pattimura Foto: Twitter @TMCPoldaMetro




JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Jakarta Utara telah merampungkan konsep acara tahun baru yang akan digelar di kawasan Danau Sunter, tepatnya di Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara Wawan Budi Rohman mengatakan ada sejumlah kegiatan yang dilakukan dalam acara bertajuk Gebyar Akhir Tahun 2019.

"Nanti akan dan pesta kembang api, panggung hiburan, lomba melukis lampion dan sebagainya," ujar Wawan saat dikonfirmasi, Senin (30/12/2019).

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara Rus Suharto menyebutkan selain kembang api, langit di Danau Sunter akan dihiasi oleh 100 lampion lukis yang dilombakan sebelumnya.

Nantinya, lampion-lampion itu akan dilukis oleh peserta dengan tema "Harapan Jakarta Utara Baru 2020".

Baca juga: Murah Meriah, Kota Tua Masih Jadi Destinasi Favorit Jelang Tahun Baru

"Jadi kami akan siapkan 100 lampion yang akan dilukis peserta pada sore harinya. Lukisannya menyesuaikan tema yang salah satunya bisa tentang pesisir sesuai karakteristik," ucap Rus.

Pelepasan 100 lampion dan festival kembang api tersebut nantinya akan dimulai tepat pada pukul 00.00 WIB.

Rus menjelaskan acara ini merupakan hasil kolaborasi berbagai komponen masyarakat seperti sanggar tari, teater, lukis, komunitas silat Betawi dan rumah talent.

Rangkaian acara di Danau Sunter itu nantinya dimulai pada pukul 15.00 WIB di sepanjang Jalan Danau Sunter Selatan.

Selama perayaan tahun baru , jalan tersebut akan ditutup untuk umum.




JAKARTA, KOMPAS.com -  Korlantas Polri akan menerapkan Car Free Night di kawasan Puncak pada Selasa (31/12/2019). Nantinya jalur Puncak dijadwalkan ditutup untuk kendaraan jelang malam tahun baru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun meminta agar sosialisasi Car Free Night gencar dilakukan jelang malam pergantian tahun di Kawasan Puncak.

"Ini supaya tidak ada pergerakan berarti," ujarnya saat meninjau jalur Puncak, Bogor, pada Senin (30/12/2019).

Baca juga: Puncak Mudik Tahun Baru, 57.065 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu mengatakan, sosialisasi Car Free Night perlu dilakukan supaya masyarakat yang hendak berlibur dapat tiba sebelum jalur ditutup pukul 18.00 WIB.

Selain itu Menhub juga meminta, kepada aparat kepolisian untuk meningkatkan keamanan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya aksi teror di sejumlah objek wisata di Puncak oleh orang tak bertanggung jawab.

“Masalah keamanan, teroris dan sebagainya perlu diamankan," kata Menhub Budi.

Baca juga: Jokowi Setujui Erick Thohir Punya 3 Deputi dan 3 Staf Ahli

Menurut data kakorlantas ada tiga titik yang menjadi perhatian dan kumpul masyarakat saat malam tahun baru.

Pertama dari Riung Gunung sampai dengan batas Cianjur, Kedua Sepanjang jalur utama puncak karena banyak kendaraan yang berhenti untuk merayakan pergantian tahun dan ketiga, persimpangan dan penggal jalan.

Car free night di jalur puncak akan dilakukan pada tanggal 31 Desember 2019 mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2019 pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Ini Tujuan Jokowi Buat Skema Upah Per Jam

Untuk antisipasi hal tersebut tim gabungan Kakorlantas dengan Dirjen Perhubungan darat serta stakeholder terkait melakukan sekenario pengalihan arus di tiga titik.

Pertama, exit Cibubur (Cibubur - Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cikalong/Cianjur). Kedua, Interchange Bogor (Gerbang Bogor-Jl. Pajajaran - Jalan Raya Tajur - SP. Ciawi- Sukabumi). Ketiga, Interchenge 1B (Bocimi-Cigombong-Cicurug-Parung Kuda - Cibadak-Lingkar Sukabumi-Cianjur).

Menhub Budi meminta agar tim yang bertugas dapat melaksanakan tugas dengan baik sehingga bisa mengurangi kemacetan di wilayah puncak.

Baca juga: Natal dan Tahun Baru, Garuda Siapkan 30.630 Kursi Tambahan




JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerja sama dengan pemilik gedung menyiapkan 37 lokasi kantong parkir di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, pada malam pergantian tahun 2019 menuju 2020.

Warga yang ingin merayakan malam tahun baru di kawasan Bundaran HI bisa memarkir kendaraan mereka di 37 lokasi kantong parkir tersebut. "Ada sebanyak 37 kantong parkir," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Senin (30/12/2019). Syafrin berujar, selama perayaan malam tahun baru, Dinas Perhubungan akan menutup jalan dari simpang Harmoni sampai ke Bundaran Senayan.

"Pukul 17.00 mulai ada penutupan Jalan Sudirman, Thamrin, Merdeka Barat, sampai Majapahit," kata Syafrin.

Baca juga: Malam Tahun Baru, Langit di Danau Sunter Akan Dihiasi 100 Lampion dan Kembang Api Berikut 37 lokasi kantong parkir yang disediakan Dinas Perhubungan, yakni: - Plaza Indonesia - Wisma Nusantara dan Hotel Pullman - Wisma Antara - Jakarta Theater - Gedung Jaya - IRTI Monas - Kompleks Gedung MidPlaza - Plaza Permata - Wisma Mandiri - Plaza BII - Menara Sudirman - Gedung Artaloka - Wisma BNI 46 - Menara BDN - Menara Multimedia - Poin Cafe - Gedung Sapta Pesona - Gedung Indosat - Kementerian ESDM - Wisma 46 - The City Tower - Grand Indonesia - UOB Plaza - The Landmark - Graha Mandiri - Gajah Mada Plaza - Duta Marline Plaza - Monas Stasiun Gambir - Gedung Sarinah - Lembaga Ketahanan Nasional - Perpustakaan Nasional - Kemetrian Perdagangan - UNIKA Atma Jaya - Parkir Timur Senayan - Kementerian RB - Jalan Kebon Kacang On Street - Jalan Imam Bonjol On Street

Baca juga: Ancol Siapkan Pesta Kembang Api di 5 Titik untuk Malam Tahun Baru 2020 Adapun dalam rangka merayakan malam pergantian tahun 2020, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar sejumlah acara di Ibu Kota. Acara-acara tersebut akan tersebar di sejumlah titik sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat. Seluruh rangkaian acara akan dimulai pukul 17.00–24.00 WIB. Salah satu acara yang disiapkan adalah panggung hiburan di lima lokasi, yakni Halaman Balai Kota Jakarta, Pintu Barat Daya Monas, Jalan Wahid Hasyim (Depan Gedung Jaya), area Bundaran Hotel Indonesia, dan Spot Budaya Dukuh Atas.




TEMPO.CO , Jakarta -PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyiapkan sebanyak 183 Armada Malam Hari (Amari) untuk melayani penumpang pada perayaan Tahun Baru 2020 mengantisipasi lonjakan penumpang yang merayakan pergantian tahun di Ibu Kota. "Dari total normalnya 55 unit, ternyata sesuai prediksi ini akan meningkat pesat, termasuk beberapa masukan dari masyarakat sehingga kita tambah tiga kali lipat lebih selama pergantian malam Tahun Baru 2020 ," kata Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waro dalam pemaparan konferensi pers akhir tahun Transjakarta di Plaza Indonesia, Senin. Penambahan armada itu akan diterapkan di seluruh koridor selain koridor 11 dan 12 yang tidak memiliki banyak peminat. Penambahan juga dilakukan di rute 2C (Monas-JIExpo), rute 5H (Harmoni- Ancol), rute 1F (Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika), rute S12 (BSD- St Fatmawati), dan rute S31 (Bintaro- St Fatmawati).

Penambahan armada tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin merayakan pergantian malam tahun baru di pusat Ibu Kota. Selain itu, terkait pelaksanaan perayaan tahun baru yang mengakibatkan penutupan jalan diadakan juga perubahan rute untuk Koridor 1. Ada tiga skema yang disiapkan oleh Transjakarta menyambut Tahun Baru 2020  dengan rincian sebagai berikut: Skema pertama, rute koridor 1 akan dialihkan Kota-Harmoni-Tomang-Kor9-BlokM (PP). Kedua, untuk arah dari Blok M, koridor 1 akan dialihkan dari Blok M-GBK-Semanggi (PP). Ketiga, untuk arah dari Kota, koridor 1 akan dialihkan dari Kota-Harmoni-Monas-Patung Kuda (PP).




CIANJUR , KOMPAS.com - Kepolisian Resor Cianjur , Jawa Barat akan meningkatkan pengamanan di kawasan Puncak Cianjur, jelang dan pada malam tahun baru 2020.

Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Niki Ramdani mengatakan, potensi gangguan ketertiban dan keamanan selalu ada, terlebih kawasan Puncak selalu menjadi pusat keramaian pada momen malam pergantian tahun.

"Praktek prostitusi jadi atensi kita mengingat kawasan Puncak selama ini dikenal sebagai daerah wisata, dan mobilitas massa akan meningkat pada momen seperti ini (pergantian tahun)," kata Niki kepada Kompas.com, Senin (30/12/2019),

Jajarannya sendiri telah menerjunkan personel dan tim khusus ke lokasi-lokasi yang ditenggarai rawan menjadi tempat transaksi bisnis esek-esek tersebut.

Baca juga: 5 Fakta Polisi Bongkar Praktik Prostitusi di Kawasan Puncak Cianjur, Modus Berkeliling Vila hingga Tarif Rp 1,5 Juta

“Ada lima titik kerawanan yang telah kita deteksi. Pastinya, untuk titik-titik ini kita pasangkan anggota yang melekat di sana,” ucapnya.

Terlebih, pihaknya baru saja mengungkap jaringan prostitusi yang beroperasi di kawasan Puncak, tepatnya di lingkungan Vila Kota Bunga, Desa Sirnagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur.

Empat orang yang berperan sebagai mucikari telah dijadikan tersangka. Polisi juga turut mengamankan 12 penjaja seks komersial. Satu di antaranya pria sebagai ladyboy atau waria.

“Selain prostitusi, atensi kita juga pada potensi gangguan lainnya, termasuk antisipasi tindak kejahatan seperti curanmor dan begal. Apalagi, para pemain begal ini biasanya lintas daerah bahkan provinsi., dan kawasan Puncak merupakan daerah perlintasan,” ujar Niki.

Baca juga: Begini Modus Mucikari Jajakan PSK ke Turis Mancanegara di Puncak Cianjur




KOMPAS.com - Jika beberapa pemerintah daerah membuat kebijakan melarang perayaan Tahun Baru 2020 menggunakan kembang api, hal sebaliknya terjadi di Bali dan Jakarta.

Dua destinasi di kota besar itu dikabarkan sudah menyiapkan pesta kembang api untuk menyemarakan malam pergantian tahun di sejumlah titik lokasi.

Para pengunjung yang melihat pertunjukan dipastikan kagum dengan keindahan pesta kembang api dan hiburan yang dihadirkan.

Wakil Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali dilansir dari TribunJakarta.com mengatakan, untuk menyemarakan malam pergantian Tahun Baru 2020 , telah disediakan ribuan kembang api yang tersebar di lima titik di sepanjang bibir pantai.

"Pesta kembang api yang menjadi ciri khas Ancol yang akan mengundang decak kagum pengunjungnya, karena dilakukan secara serentak di sepanjang pantai dan berdurasi 10 sampai 13 menit lamanya," ujar dia.

Baca juga: Malam Tahun Baru 2020, GWK Gelar Pesta Kembang Api Terbesar di Bali

Khusus di floating stage, pesta kembang api akan menghadirkan konsep musical fireworks, dengan durasi 13 menit.

Selain pesta kembang api, acara pergantian tahun juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan musik dari Virgoun dan Souljah.

Hal serupa juga akan digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park Bali.

Head of Division Marketing Communication & Event GWK Andre Prawiradisastra mengatakan, untuk menyemarakan malam pergantian tahun baru , sedikitnya telah disiapkan 20.000 kembang api.

Ribuan kembang api tersebut, menurutnya memiliki sekitar lima tipe dengan durasi 5-10 menit.

"Kembang api ini akan dinyalakan mengelilingi patung GWK," katanya, Sabtu (28/12/2019).

Selain pesta kembang api, panitia juga akan menghadirkan hiburan musik serta pameran mobil klasik.

Penulis : Kontributor Bali, Imam Rosidin|Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief




KULON PROGO , KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo , Daerah Istimewa Yogyakarta, menegaskan tidak akan merayakan malam pergantian tahun 2019-2020 dengan petasan dan kembang api .

Pemkab merayakan dengan cara berbeda yakni  menggelar pertunjukkan seni budaya di Taman Budaya Kulon Progo. Sendratari Sugriwa Subali disiapkan sebagai puncak penyambutan Tahun Baru 2020.

"Kalau dulu dar der dor di alun alun, sekarang kita fokus ke taman budaya," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Untung Waluyo, Senin (30/12/2019).

Pesta kembang api dan petasan pernah digelar di perayaan serupa pada tahun-tahun lalu. Semua terfokus di alun-alun Wates. Warga Kulon Progo tumpah ruah di sana.

Baca juga: Desa Adat Kuta Larang Petasan dan Kembang Api pada Malam Tahun Baru

Untung mengatakan, perayaan tanpa hingar bingar sengaja dilakukan di tahun ini. Gelaran pesta kembang api dan petasan tentu memerlukan biaya.

Cara ini kemudian dirasa tidak tepat lagi di tengah situasi  daerah yang sedang giat-giatnya membangun.

"Kita mencoba mengingat situasi kondisi dan keuangan. Semangatnya adalah instrospeksi diri yang sedang membangun dan prihatin bersama," kata Untung.

Baca juga: Wali Kota Gunungsitoli Larang Petasan pada Malam Tahun Baru

Dipilihlah gelar seni budaya Sendratari Sugriwa Subali karena merupakan ikon Kulon Progo.

Warga memiliki kebanggaan atas sendratari ini. Biasanya, sedratari menyedot warga datang untuk menonton pertunjukkan ini.

Dalam pelaksanaan nanti, Untung mengungkapkan, sendratari tidak seperti biasa karena melibatkan anak-anak dan remaja saat pentas.

Tidak hanya penari, tetapi mereka yang menabuh gamelan hingga kendang adalah anak-anak dan remaja.

Baca juga: Malam Tahun Baru 2020 di Puncak Cianjur, Polisi Antisipasi Geliat Prostitusi

"Selain itu untuk menambah kesinambungan dengan anak-anak," kata Untung.

Selain sendratari juga berlangsung pagelaran seni juga dilakukan berupa campur sari. Setelah acara selesai, mereka menutup dengan pagelaran wayang semalam suntuk di sana.

Semua berlangsung sejak pukul 19.00 WIB hingga memasuki 1 Januari 2020. Sekitar 200 orang terlibat dalam persiapan hingga pementasan nanti.




Jakarta, CNN Indonesia -- Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin mengimbau agar malam pergantian tahun tidak dirayakan dengan menyalakan kembang api dan meniup terompet. Imbauan juga berlaku terhadap masyarakat yang merayakan  tahun baru 2020 di kawasan Puncak , Bogor. Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran tentang Imbauan Menyambut Tahun Baru 2020 yang ditandatangani Bupati Bogor Ade Yasin pada 26 Desember lalu. Surat itu juga sudah dikonfirmasi oleh yang bersangkutan pada Minggu (29/12). "Tidak merayakan malam pergantian tahun baru dengan berlebihan (hura-hura), tidak bermanfaat serta perbuatan yang melanggar norma hukum dan agama," bunyi poin 1 surat edaran.

"Tidak menyalakan kembang api, petasan, dan peniupan terompet serta konvoi kendaraan bermotor," bunyi poin 2 surat edaran. Wilayah Kabupaten Bogor termasuk salah satu tujuan masyarakat yang ingin merayakan pergantian tahun. Terutama kawasan Puncak yang kerap ramai dikunjungi turis dari berbagai daerah. Saat dihubungi CNNIndonesia . com , Ade Yasin mengklaim bahwa surat edaran itu hanya berisi imbauan. Karenanya, tidak wajib untuk dipatuhi. "Namanya imbauan, enggak ada unsur paksaan," ucap Ade Yasin melalui pesan singkat, Minggu (29/12).

[Gambas:Video CNN] Pada poin selanjutnya dalam surat edaran yang sama, Ade mengimbau agar malam pergantian tahun diisi dengan kegiatan ibadah. Masyarakat juga diimbau untuk meningkatkan rasa prihatin terhadap masyarakat daerah lain yang terkena bencana. Khusus untuk warga yang beragama Islam, masih dalam edaran yang sama, Ade Yasin mengimbau agar melaksanakan salat muhasabah dan istigosah. Imbauan itu diterbitkan dalam rangka mendukung Karsa Bogor Berkeadaban. Pula, demi memelihara ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat. Ade Yasin meminta kepada seluruh kepala perangkat daerah, pimpinan BUMD, camat, kepala desa atau lurah, pimpinan organisasi, tokoh masyarakat serta kepala keluarga untuk meneruskan imbauan tersebut.



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply