Contact Form

 

Penjelasan Telkomsel soal Gangguan Internet Hari Ini


JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi Telkomsel mengonfirmasi bahwa telah terjadi gangguan jaringan yang mengakibatkan penurunan kualitas layanan data internet .

Menurut VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, hal itu disebabkan oleh gangguan pada akses internet international Telkom Group.

Gangguan jaringan ini hanya berimbas pada layanan data internet milik Telkom Group, yakni Telkomsel dan IndiHome.

"Sedangkan untuk layanan voice dan SMS tetap berjalan normal," ujar pria yang akrab disapa Abe itu dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno , Selasa (5/11/2019).

Telkomsel mengklaim saat ini layanan internet Telkom Group mulai berangsur pulih dan pihaknya tengah mengupayakan agar layanan internet dapat kembali normal.

Baca juga: Layanan Internet Indihome dan Telkomsel Sudah Normal Kembali

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata Abe.

Sebelumnya, layanan internet Telkomsel dan Telkom Indihome dilaporkan mengalami gangguan pada hari ini, Selasa (5/11/2019).

Hal ini mengakibatkan sejumlah pengguna tidak dapat mengakses situs web, media sosial, aplikasi chat , dan layanan internet lain.

Gangguan ini dikeluhkan pengguna mulai Senin pukul 10.00. Mereka melaporkan gangguan ini ke sejumlah media sosial.

Baca juga: Layanan Internet Indihome dan Telkomsel Dilaporkan Bermasalah




Jakarta, CNBC Indonesia - Pagi ini (5/11/2019) #Telkomsel bergema di dunia maya. Netizen atau warga net mengeluhkan soal Telkomsel Eror hari ini. Beberapa menyatakan tidak bisa menggunakan media sosial, akses internet dan layanan Indihome. Salah satu yang mengeluh adalah akun @Moll_ar yang menyebut Telkomsel dan Indihome mati secara bersamaan.

Pemilik @andreanosssss yang mempertanyakan kenapa Telkomsel bisa bermasalah.

Pemilik akun @icaalyssah mengungkapkan kekesalannya terhadap Telkomsel yang sulit diakses padahal menghabiskan Rp 400 ribu per bulan.

Hingga berita ini diturunkan CNBC Indonesia masih menunggu penjelasan Telkomsel terhadap masalah ini. CNBC Indonesia sudah menghubungi manajemen Telkomsel. (roy/miq)




Suara.com - Akses internet Telkomsel dan Indihome mengalami gangguan sejak Selasa pagi (5/11/2019). Kabar itu pun menjadi bahan pembicaran bagi warganet khususnya pengguna media sosial Twitter.

Kata kunci Telkomsel dan Indihome bahkan menempati Trending Topic Twitter Indonesia dengan cuitan masing-masing sebanyak lebih dari 34 ribu tweet dan 16 ribu tweet.

Sebagian besar warganet mengeluhkan jaringan Telkomsel yang down dan mengaitkannya dengan harga paket internet yang mahal.

"Dear Telkomsel, kamu itu kartu holang kaya ya walaupun aku misqueen hihi. Plis lah nggak usah gangguan segala, mana mahal lagi. Kan jadi nyesel beli kamu," tulis akun @Ape_dell.

Cuitan warganet #telkomsel. [Twitter] "Ini beneran pada pake Telkomsel semua? Biasanya kan anak kosan pada pake 3 wkwk," komentar @ezash.

"Tolong dong bray @Telkomsel kalo ada masalah tuh curhat ke kita-kita, jangan tiba-tiba ngilang gini," tambah @yoray__________.

"Udah mahal-mahal harga kuotanya eh malahan jaringan data Telkomsel down, eddaaahhh... murahin dikit dong harga kuotanya Telkomsel @TelkomCare @Telkomsel," ungkap ungkap @raputrar.

Tak hanya itu, lucunya beberapa warganet juga menyamakan keadaan para pengguna Telkomsel dan Indihome yang jaringannya bermasalah saat ini dengan manusia purba karena mereka tidak bisa mengakses informasi apapun dari internet.

"Pengguna Telkomsel & Indihome saat ini," cuit @mahyuz_ seraya mengunggah gambar manusia purba yang memegang batu.

Cuitan warganet #telkomsel. [Twitter] "Indihome, Telkomsel gangguan. Instagram, browser, WhatsApp gangguan juga nggak bisa diakses. Twitter aja nih ya yang bae-bae. Sekali lagi, Twitter kamu terbaik," tulis @farisandani.

"Kesalahan terbesar adalah: Hape pake Telkomsel, Wifi pake Indihome. Sekalinya down dua-duanya, mamp** lah kayak pagi ini. *siapin cadangan kartu lain, yang kuotanya nggak abis. In case darurat begini*," komentar @StetoskopMinjem.

"Kartu Telkomsel, Wifi Indihome. Gambaran gua saat ini," ungkap @HafidzAG sambil mengunggah foto dua manusia purba di dalam gua pada cuitannya.




Jakarta, CNBC Indonesia - Warganet (netizen) tanah air sedang ramai mengeluh di twitter. Penyebabnya: Telkomsel down , Instagram error ,  WhatsApp  gangguan dan OVO  maintenance (pemeliharaan). Netizen mengeluh soal Telkomsel down sejak pagi ini. Netizen menyatakan tidak bisa mengakses layanan internet milik Telkomsel. Mereka hanya bisa melakukan telepon dan SMS.

Telkomsel akhirnya menjelaskan sebab layanan terputus. Ternyata ada gangguan akses internet international Telkomsel Group. "Setelah terjadi penurunan kualitas akses layanan internet beberapa waktu lalu, saat ini akses layanan internet kembali normal," ujar VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam keterangan resmi, Selasa (5/11/2019).

Ketika Telkomsel Error, media sosial WhatsApp dan Instagram juga bermasalah. Pengguna WhatsApp mengeluh pesan yang dikirimkan tidak sampai pada penerima. Sementara pengguna Instagram mengeluhkan news feed tidak berganti dalam beberapa jam terakhir.

Kini pada siang ini pengguna OVO mengeluh di twitter. Rata-rata mereka berkeluh kesah kesulitan masuk ke aplikasi dan bertansaksi. Setiap kali masuk pengguna diminta untuk melakukan fingerprint setelah dilakukan muncul pengumuman under maintenance.

Foto: OVO maintenance (CNBC Indonesia/Herdaru Purnomo)

Tidak diketahui alasan OVO melakukan maintenance dan kapan maintenance akan berakhir.  Hingga berita ini diturunkan CNBC Indonesia masih menunggu penjelasan dari manajemen OVO. CNBC Indonesia sudah menghubungi Sinta Setyaningsih, Head of Public Relations OVO untuk meminta tanggapan resmi manajemen. (roy/roy)




Jakarta, CNBC Indonesia - Pagi ini (5/11/2019) #Telkomsel bergema di dunia maya. Netizen atau warga net mengeluhkan soal Telkomsel Eror hari ini. Beberapa menyatakan tidak bisa menggunakan media sosial, akses internet dan layanan Indihome. Salah satu yang mengeluh adalah akun @Moll_ar yang menyebut Telkomsel dan Indihome mati secara bersamaan.

Pemilik @andreanosssss yang mempertanyakan kenapa Telkomsel bisa bermasalah.

Pemilik akun @icaalyssah mengungkapkan kekesalannya terhadap Telkomsel yang sulit diakses padahal menghabiskan Rp 400 ribu per bulan.

Hingga berita ini diturunkan CNBC Indonesia masih menunggu penjelasan Telkomsel terhadap masalah ini. CNBC Indonesia sudah menghubungi manajemen Telkomsel. (roy/miq)




TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Layanan internet Telkomsel dan Telkom Indihome dilaporkan mengalami gangguan pada hari ini, Selasa (5/11/2019).

Hal ini mengakibatkan sejumlah pengguna tidak dapat mengakses situs web, media sosial , layanan chat, dan akses internet lainnya.

Gangguan ini dikeluhkan pengguna mulai Senin mulai pukul 9 pagi. Mereka melaporkan gangguan ini ke sejumlah media sosial.

Baca: Cara Daftar Paket OMG! Telkomsel, Khusus Buat Kamu yang Suka Nonton YouTube dan Main Sosmed

Baca: IndiHome Gencar Layani Masyarakat di Pelosok Timur Indonesia

Baca: Cara Mudah Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel, Bisa untuk Telepon, SMS, dan Internetan

“ Ini Indihome sama telkomsel pada kenapa sih? Masih bisa ngetweet pake wifi tapi foto sama video gak keluar. Telkomsel malah gak bisa dipake apa-apa ,” ujar Tyas di aku media sosial nya.

Pengguna lain juga mengeluhkan hal serupa. Tak hanya di wilayah Jakarta, pengguna di Sumatera pun melaporkan hal yang sama.

“ @Telkomcare indihome payakumbuh lagi ada masalah ,” tulis Aan Rizal di Twitter, pada Senin siang.

KompasTekno telah mencoba menghubungi pihak Telkomsel dan Telkom terkait gangguan ini. Baru pihak Telkomsel yang memberikan pernyataan.

Juru bicara Telkomsel mengonfirmasi benar ada jaringan yang down. Saat ini Telkomsel sedang mengupayakan layanan internet normal kembali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul " Layanan Internet Indihome dan Telkomsel Dilaporkan Bermasalah "




CIREBON – Jaringan internet Telkomsel dan Indihome hari ini, Selasa (5/11), mengalami gangguan. Sejumlah pengguna layanan Telkomsel dan Indihome pun terganggu.

Para pengguna layanan Telkomsel dan Indihome kesulitan mengakses internet. Bahkan di media sosial, tagar telkomsel dan instagramdown menjadi trending topic nasional.

“Telkomsel down, Instagram Down, WhatsApp Down, hati dan perasaan down,” tulis Altafh Indra M, dalam cuitannya.

Baca:

Telkomsel Gangguan, Ini Penyebabnya

Telkomsel Gangguan Trending Topic di Twitter

Terkait gangguan layanan internet Telkomsel dan Indihome mendapat tanggapan dari Aldin Hasyim, GM External Corporate Communications Telkomsel. Aldin mengakui, layanan internet Telkomsel mengalami penurunan kualitas.

“Telah terjadi penurunan kualitas layanan data internet yang disebabkan oleh gangguan pada akses internet international Telkom Group. Sedangkan untuk layanan voice dan SMS tetap berjalan normal,” kata Aldin dalam keterangan tertulisnya yang diterima radarcirebon.com.

Aldin juga mengonfirmasikan, saat ini layanan internet mulai berangsur pulih. Layanan internet juga terus diupayakan agar dapat kembali normal.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” tulisnya lagi.

Seperti diketahui, hingga berita ini ditulis, sudah lebih dari 20.300 cuitan mengeluhkan terkait gangguan pada jaringan Telkomsel. Tidak hanya lewat Twitter dan warganet juga bertanya-tanya lewat status WhatsApp.

“Telkomsel sedang gangguan?” Pengguna lainnya, your b menuliskan: “dearest, @Telkomsel can u please fix this shit ASAP? i hv so many things to do today, i can’t even access my whatsapp. and, in case u forget that i spent a lot of money for you! and this’ not worth at all.”

“Hola @Telkomsel Seriously? I can’t use mobile data and my indiehome wifi at the same time?” cuit Zahra D Prasetya. (hsn/yud)


Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia Selasa, 05 November 2019 | 11:34 WIB

Logo Telkomsel. (twitter/Telkomsel)

Hitekno.com - Jaringan perusahaan telekomunikasi Telkomsel dilaporkan pagi ini, Selasa (5/11/2019) mengalami down. Beberapa pengguna lalu menyampaikan keluhannya di Twitter seiring dengan kata kunci 'Telkomsel' yang merajai kolom Trending Twitter Indonesia.

Pengguna Telkomsel mengeluhkan jaringan provider yang mendadak tidak bisa terhubung ke internet. Beberapa media sosial bahkan tidak bisa diakses. Sedangkan untuk sms atau telepon, jaringan ini bekerja dengan sangat baik.

Down-nya jaringan internet Telkomsel ini membuat banyak pengguna yang kecewa dan mengaku mati gaya saat jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia ini mengalami down.

''@Telkomsel gara-gara kamu aku galau #telkomsel'' tulis @DellaAnggraeny2 dalam cuitannya.

''When your paket yang paling mahal is ngadet-ngadet suddenly, what should i do? @Telkomsel'' komentar pemilik akun @malindaph.

''HOW IS IT POSSIBLE JARINGAN TELKOMSEL AND INDIHOME SAMA-SAMA LEMOT AT THE SAME TIME I SWEAR TO GOD I WILL BURN BOTH OF YALL'' tulis akun @carriebreadshaw kesal.

Mengenai down-nya jaringan Telkomsel, pihak perusahaan telekomunikasi ini lalu memberikan konfirmasi resminya melalui holding statement yang diterima pihak HiTekno.com.

Telkomsel down. (twitter)

Dalam holding statement tersebut, Aldin Hasyim selaku GM External Corporate Communications Telkomsel menjelaskan bahwa saat ini perusahaan tersebut tengah mengalami penurunan kualitas layanan data internet.

Hal ini disebabkan oleh gangguan pada akses internet international Telkom Group. Lebih lanjut, Aldin Hasyim menekankan bahwa untuk layanan panggilan telepon dan SMS tetap berjalan normal.

Mengenai penanganan yang dilakukan, pihak Telkomsel saat ini sedang berupaya agar layanan internet segera pulih dan normal.

''Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi'' ungkap Aldin Hasyim.

Viral di Twitter, kata kunci Telkomsel merajai kolom Trending Twitter Indonesia dengan lebih dari 29 ribu cuitan. Hingga saat ini, penanganan jaringan Telkomsel yang down masih terus dilakukan.


Telkom Indonesia Group akhirnya mengonfirmasi soal adanya gangguan akses internet internasional di jaringannya, baik untuk Telkomsel maupun IndiHome. Terkait hal tersebut, VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, menyampaikan perbaikan telah selesai dilakukan. "Setelah terjadi penurunan kualitas akses layanan internet beberapa waktu lalu, saat ini akses layanan internet kembali normal," kata dia kepada Tirto , Selasa (5/11/2019). Hingga saat ini pihaknya belum menjelaskan soal permasalahan apa yang menyebabkan gangguan jaringan internet selama lebih dari 30 menit tersebut. "Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Telkomsel senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan," terang dia. Imbas gangguan layanan Telkomsel ini membuat pengguna aplikasi pesan WhatsApp juga terganggu untuk mengirim pesan. Gangguan ini memicu percakapan di Twitter yang masuk jajaran trending seluruh dunia atau worldwide. Saat dipantau Selasa (5/11/2019) pukul 12.48 WIB, Telkomsel dicuitkan sebanyak 39 ribu kali, lalu tagar IndiHome tersemat lebih dari 1.000 cuitan.

Dari pantauan di media sosial, keluhan soal WhatsApp down juga disampaikan sejumlah warganet. Mereka mengadukan persoalan ini dengan menyebut dua ISP besar, yakni Telkomsel dan Indihome. "Indihome, Telkomsel gangguan. Instagram, browser, WhatsApp gangguan juga nggak bisa diakses," tulis pengguna @farisandani di media sosial Twitter. "Koneksi Telkomsel kenapa? semua macet total kecuali Twitter. memang deh, Twitter selalu di izinkan hidup supaya kita selalu ada tempat untuk Komplain," tulis @arioadimas. Dari pantauan Fing, performa layanan internet Telkom Indonesia memburuk sekitar pukul 10.15 WIB dan terelesaikan dalam waktu 30 menit. Gangguan yang dianalisa Fing, situs web pendeteksi performa jaringan sejumlah penyedia internet di Indonesia, dilaporkan terjadi di 7 kota besar, di antaranya Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Sementara, laporan di situs Downdetector terkait WhatsApp down mengalami puncaknya sekitar pukul 11.00 WIB dengan 324 laporan. Untuk wilayah terdampak sebagian besar terjadi di Indonesia, meski wilayah lain juga terjangkit, seperti sebagian Amerika Selatan, sebagian Eropa, dan sebagian Eropa. Dari sejumlah laporan yang masuk di Downdetector, 94 persen mengeluhkan soal koneksi, 3 persen masalah login, dan 1 persen kesulitan menerima pesan. Saat Tirto mengakses WhatsApp menggunakan jaringan Telkomsel dan Indihome pada pukul 12.05 WIB, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengirim pesan kendati sesekali mengalami gangguan.




Suara.com - Setelah sempat mengalami gangguan sejak Selasa pagi, Telkomsel mengklaim bahwa akses internet dan layanan lainnya sudah kembali normal.

Hal ini disampaikan oleh Denny Abidin selaku VP Corporate Communications Telkomsel kepada Suara.com pada Selasa siang (5/11/2019).

"Setelah terjadi penurunan kualitas akses layanan internet beberapa waktu lalu, saat ini akses layanan internet kembali normal," jelas lelaki yang akrab disapa Kang Abe ini secara tertulis.

Pada kesempatan yang sama, Abe mewakili Telkomsel mengucapkan permintaan maafnya kepada para pelanggan atas gangguan yang telah terjadi.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Telkomsel senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan," imbuhnya.

Sementara itu, dari pantauan Suara.com , pemulihan layanan belum secara menyeluruh ke semua pengguna Telkomsel. Hal ini juga bisa terlihat dari tagar #telkomsel yang masih menjadi trending topic di Twitter dengan sebanyak 41 ribu cuitan dan # indihome sebanyak 22 ribu.

Ilustrasi trafik layanan Telkomsel. [Telkomsel] Sementara mengenai penyebab gangguan akses internet Telkomsel, GM External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim mengatakan bahwa permasalahan bermuara dari gangguan pada akses internet international Telkom Group.

"Telah terjadi penurunan kualitas layanan data internet yang disebabkan oleh gangguan pada akses internet international Telkom Group sedangkan untuk layanan voice dan SMS tetap berjalan normal," pungkasnya.



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply