Contact Form

 

Nasib Ruangguru Setelah CEO Ditunjuk Jadi Staf Khusus Jokowi


Jakarta, CNBC Indonesia -   Putri Tanjung ditunjuk sebagai salah satu staf khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk masa pemerintahan 2019-2024. Putri akan menjadi staf khusus bersama dengan 11 orang lainnya.  "Presiden akan segera mengumumkan dan mudah-mudahan akan diperkenalkan hari ini. Lima nama lama, 7 nama baru. Ada 12 nama sepenuhnya kewenangan Bapak Presiden, 12 nama itu adalah staf khusus presiden," ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di kompleks istana kepresidenan, Kamis (21/11/2019). Penunjukan anak pengusaha Chairul Tanjung ini sebagai staf khusus juga dikonfirmasi oleh Wakil Ketua MPR, Arsul Sani. Arsul melihat Jokowi memang sengaja memilih para staf khusus yang berasal dari kalangan milenial dan profesional untuk bekerja dengannya.

"Saya tak mendengar secara jelas ya, tapi kabar-kabarnya anaknya Pak Chairul Tanjung juga. Ya kita ucapkan selamat lah. Kepada anak-anak muda kita yang jadi staf khusus," kata Arsul, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (21/11). Lebih lanjut, Arsul melihat bahwa secara pribadi Jokowi secara pribadi berkeinginan memunculkan para pejabat negara, baik menteri, wakil menteri, para duta besar maupun para staf khusus yang berasal dari kalangan anak muda. Sebab menurut Arsul, Jokowi berharap agar para anak muda tersebut nantinya mampu memimpin pemerintahan ke depan, khususnya dalam memimpin negara nanti. "Termasuk kami berbincang dengan presiden, beliau ingin menyiapkan setelah periode beliau anak-anak muda siap tampil memimpin pemerintahan, dan memimpin negara, beliau melihat kaya Perdana Menteri Kanada kan muda," ujar Arsul. Perempuan pemilik nama lengkap Putri Indahsari Tanjung tersebut bukan hanya terkenal sebagai anak pertama konglomerat ternama, ia juga terkenal sebagai pebisnis.

Menurunkan bakat bisnis dari sang ayah, kini perempuan berusia 23 tahun ini menjabat sebagai CEO dari event organizer (EO) dan agensi bernama Creativepreneur Event Creator yang ia bagun sejak usia 15 tahun. Hingga berita ini diturunkan, belum kepastian informasi soal jabatan staf khusus Presiden Jokowi kepada Sekretariat Negara, Kantor Staf Kepresidenan, serta kepada Putri Tanjung sendiri.




Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah mengumumkan tujuh staf khusus barunya di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11). Ketujuh staf khusus baru Jokowi tersebut merupakan anak-anak muda dengan rentang usia 23-36 tahun. Meski hanya mengumumkan tujuh nama, Jokowi rupanya memiliki tambahan tiga staf khusus baru yang akan membantunya menjalankan roda pemerintahan di periode kedua. Keberadaan mereka menggantikan beberapa staf khusus yang tak lagi menjabat. Ketiga staf khusus baru yang dimaksud adalah politisi PDIP dan ekonom Megawati Institute Arif Budimanta, politisi PSI Dini Shanti Purwono, dan mantan aktivis Fadjroel Rachman. Fadjroel, sudah ditetapkan sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi. (Baca: 7 Staf Khusus Baru Jokowi, dari Putri Tanjung, Belva dan Andi Taufan ) Adapun, Jokowi masih mempertahankan tiga nama staf khusus yang telah membantunya di pemerintahan periode pertama, seperti Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, Eks Direktur Eksekutif Soegeng Sarjadi Syndicate Sukardi Rinakit, serta pengamat politik AA Gde Ngurah Ari Dwipayana. Diaz sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus Presiden bidang Sosial. Sukardi diketahui menjabat sebagai Staf Khusus Presiden bidang Politik dan Pers. Sementara, Ari menjabat sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Politik dan Pemerintahan. "Yang lama masih. (Staf Khusus Presiden) sebelumnya masih," kata Jokowi. Jika ditambahkan dengan Asisten Pribadi Presiden Anggit Nugroho, maka total staf khusus yang dimiliki Jokowi pada periode keduanya ini menjadi 14 orang. Jumlah staf khusus ini pun diakui oleh Jokowi. "Totalnya ada 14 orang (Staf Khusus Presiden)," kata Jokowi. Untuk diketahui, jumlah Staf Khusus Presiden pada periode kedua pemerintahan Jokowi lebih banyak ketimbang periode sebelumnya. Pada masa pemerintahan 2014-2019, Jokowi diketahui hanya memiliki 12 orang staf khusus. (Baca: 7 Staf Khusus dari Kalangan Milenial, Jokowi Sebut Butuh Gagasan Segar ) Berikut daftar lengkap 14 staf khusus Jokowi: 1. Adamas Belva Syah Devara - Pendiri Ruang Guru 2. Putri Tanjung - CEO dan Founder Creativepreneur, anak pengusaha Chairul Tanjung 3. Andi Taufan Garuda Putra (pendiri dan CEO Amartha) 4. Ayu Kartika Dewi - Perumus Gerakan Sabang Merauke 5. Gracia Billy Mambrasar - Pemuda asal Papua, dapat beasiswa kuliah di Oxford 6. Angkie Yudistia - Pendiri Thisable Enterprise (Kader PKPI, difabel tuna rungu) 7. Aminuddin Maruf - Aktivis Kepemudaan Mahasiswa, mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Indonesia (PMII) 8. Arif Budimanta - politisi PDIP dan ekonom di Megawati Institute 9. Dini Shanti Purwono - politisi PSI 10.Fadjroel Rachman - Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi. 11. Sukardi Rinakit (Bidang Politik dan Pers) 12. Diaz Hendropriyono (Bidang Sosial) 13. AAGN Ari Dwipayana (Bidang Komunikasi) 14. Anggit Nugroho - Asisten Pribadi Presiden Reporter: Dimas Jarot Bayu Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi




Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo  Kamis (21/11) hari ini, resmi mengangkat 7 staf khusus , salah satunya pendiri dan CEO Ruangguru  Adamas Belva Syah Devara. Kendati demikian, Belva dipastikan tetap menjadi bagian dari Ruangguru. Belva mengatakan nantinya ia akan membantu Jokowi melahirkan berbagai inovasi, khususnya di bidang teknologi. "Tugas ini (staf khusus presiden) adalah tambahan tanggung jawab dari tugas sehari-hari saya sebagai direktur utama di Ruangguru. Saya diharapkan untuk terus berkarya di posisi saya saat ini, tidak tercabut dari akar saya di sektor teknologi," kata Belva melalui keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (21/11). Pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990 dan lulusan Universitas Harvard Amerika ini dikenal publik melalui kiprahnya sebagai Pendiri dan CEO Ruangguru bersama Iman Usman yang menjabat sebagai Co-founder dan CTO (Direktur Produk & Kerjasama).

Ruangguru merupakan salah satu perusahaan rintisan pada sektor pendidikan yang didirikan sejak 2014 dan sempat menyabet titel 'aplikasi terpopuler' di Indonesia oleh Google Play User's Choice Award 2018. Jokowi mengenalkan staf khusus di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/11). Para staf khusus mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Sama seperti saat para menteri diumumkan Jokowi pada Oktober lalu. "Saya ingin kenalkan stafsus presiden yang baru. Tugas khusus mengembangkan inovasi di berbagai bidang. Jadi di sini anak-anak muda semua," tuturnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/11). Mereka yang diangkat sebagai staf khusus antara lain CEO dan pendiri Creativepreneur Putri Indahsari Tanjung (23 tahun), pendiri Ruangguru.com Adamas Belva Syah Devara (29), perumus Gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi (34), pendiri Thisable Enterprise yang juga kader PKPI Angkie Yudistira (32).

Selain itu, terdapat pula pemuda asal Papua lulusan Universitas Oxford Gracia Billy Mambrasar (31), mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Aminuddin Maruf (33). Kemudian, pendiri perusahaan tekonologi finansial Amartha yang juga lulusan ITB Andi Taufan Garuda Putra (32). Staf khusus presiden bertugas membantu Presiden Republik Indonesia di luar fungsi kementerian dan lembaga. Para anggota staf khusus bertanggung jawab kepada Sekretaris Kabinet. Itu diatur dalam Perpres No. 39 tahun 2018 tentang Utusan Khusus Presiden, Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden. Para staf khusus presiden memiliki masa jabatan paling lama lima tahun atau sama dengan masa jabatan presiden. Meski demikian, mereka bisa kapan saja dicopot oleh presiden walau belum lima tahun menjabat. [Gambas:Video CNN] (din/lav)




Suara.com - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ( PKPI ) mendapat dua jatah untuk staf khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024. PKPI melihat kesempatan tersebut menjadi sebuah kehormatan bagi partai yang diberikan Jokowi.

Wakil Kedua Bidang Penggalangan PKPI Angkie Yudistia baru saja diperkenalkan oleh Jokowi sebagai salah satu bagian staf khusus presiden. Wanita berumur 32 tahun tersebut juga diberikan kepercayaan oleh Jokowi sebagai juru bicara kepresidenan bidang sosial.

Selain Angkie, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono juga diberikan kesempatan untuk menjadi staf khusus presiden dengan periode yang sama.

"Ini merupakan kehormatan dan bentuk nyata kepercayaan langsung dari Presiden, kepada PKPI," kata Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/11/2019).

Verry kemudian menjelaskan bahwa dengan adanya dua kader PKPI yang menjadi stafsus Jokowi membuat partai tersebut akan semakin bertekad bekerja secara profesional.

Presiden Jokowi mengumumkan tujuh staf khusus baru di Istana Merdeka, Jakarta. (Suara.com/Ummi Saleh) Dengan kesempatan tersebut, Verry meminta doa kepada seluruh masyarakat agar dua kader PKPI yang sudah mendapatkan amanah dapat terus menjaganya.

"Kami akan tetap hadir menjadi alternatif solusi yang cerdas, untuk permasalahan yang dihadapi bangsa, serta tetap kritis dalam koridor untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah," tuturnya.

"Mohon doa, dukungan dan koreksi dari segenap masyarakat, agar amanah yang diemban oleh wakil ketua bidang dan ketua umum PKPI, dapat berhasil, membawa manfaat dan menjadi keberkahan untuk semua," Verry menambahkan.




JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengumumkan sejumlah orang sebagai staf khusus di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).

Salah satu staf khusus Joko Widodo periode 2019-2024 adalah Arif Budimanta.

Arif Budimanta lahir di Medan, 15 Maret 1968. Ia dikenal sebagai politisi PDI Perjuangan dan anggota DPR periode 2009-2014.

Dalam organisasi kepartaian, Arif pernah menjadi Ketua DPP PDIP periode 2005-2010. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi PDIP di MPR RI 2009-2013.

Kemudian, Arif juga aktif sebagai Direktur Eksekutif the Megawati Institute, Dewan Penasehat PP Ikatan Anggar Seluruh Indonesia, dan Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Baca juga: Ini Daftar Lengkap 13 Staf Khusus Presiden Jokowi

Arif Budimanta memiliki latar belakang pendidikan yaitu, lulusan sarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 1990.

Kemudian, dia melanjutkan pendidikan magister di Universitas Indonesia.




JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah melantik 7 staf khusus dari kalangan milenial guna mendorong kemajuan ekonomi, teknologi, pendidikan, kesehatan, dan sumber daya manusia. Beberapa Sstaf khusus milenial tersebut merupakan pemimpin perusahaan rintisan ( startup) yang memiliki prestasi di bidangnya. Salah satu staf khusus adalah Andi Taufan Garuda Putra, Pendiri dan CEO Amartha , perusahaan finansial teknologi (fintek) peer to peer lending (P2P lending). “Andi Taufan Garuda Putra, umur 32 tahun, telah meraih banyak penghargaan inovasi atas kepeduliannya terhadap sektor-sektor UMKM. Jadi CEO PT Amartha Mikro Fintek. Tugas khusus untuk mengembangkan inovasi," kata Presiden Joko Widodo saat melantik di Istana Presiden, Kamis (21/11/2019).

Baca juga: Ini 7 Staf Khusus Baru Jokowi dari Kalangan Milenial Mendengar terpilihnya Andi Taufan, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha, Aria Widyanto menyatakan pihaknya bangga dan mendukung sepenuhnya Taufan. "Berdasar pada pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan Taufan selama hampir 10 tahun di Amartha, tentu dapat memberikan kontribusi, terobosan, dan inovasi guna mendukung kemajuan ekonomi digital di Indonesia," pungkasnya dalam siaran pers, Kamis. Adapun selain CEO Amartha, Presiden juga melantik 6 orang lainnya. 6 Orang tersebut antara lain, Putri Tanjung (Pendiri dan CEO Creativepreneur), Adamas Belva Syah Devara (CEO Ruang Guru), Angkie Yudistia (CEO Thisable Enterprise), Gracia Billy Mambrasar (Putra Papua), Ayu Kartika Dewi (Perumus Gerakan Sabang Merauke), dan Amminudin Maruf (Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia).

Baca juga: Andi Taufan, Milenial Peduli UMKM di Desa yang jadi Stafsus Jokowi Tentang Andi Taufan Pria yang akrab disapa Taufan ini lahir di Jakarta, 24 Januari 1987. Dia merupakan lulusan Sarjana Bisnis, Institut Teknologi Bandung dan Master of Public Administration , Harvard Kennedy School. Sebelumnya, Taufan bekerja sebagai konsultan bisnis untuk IBM Global Business Services selama hampir dua tahun. Saat berkunjung ke desa Ciseeng, Bogor, Jawa Barat, Taufan melihat banyak pelaku usaha mikro di pedesaan mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses finansial. Akhirnya pada 2009, Taufan meninggalkan pekerjaannya dan mendirikan Amartha yang berbentuk microfinance atau lembaga keuangan mikro. Pada 2016, Amartha bertransformasi menjadi tekfin P2P lending. Transformasi itu merupakan upaya Taufan untuk menjangkau jutaan pelaku usaha mikro perempuan di pedesaan. Tahun 2019, Amartha mengantongi izin usaha Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berhasil menyalurkan Rp 1,6 triliun kepada lebih dari 340.000 mitra di 5.400 pedesaan.

Baca juga: Hingga September, Amartha Kucurkan Pendanaan Rp 1,35 Triliun




Jakarta - Presiden Joko Widodo mengumumkan 7 nama yang akan membantunya sebagai staf khusus. Di antara nama yang semuanya kalangan anak muda tersebut, ada CEO Ruangguru Adamas Belva Devara menjadi bagiannya. "Ini merupakan suatu kepercayaan dan kehormatan yang besar. Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Presiden Jokowi yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk bisa turut andil dalam melahirkan berbagai inovasi dan kreasi yang bermanfaat untuk kepentingan publik," kata Belva, sapaan akrabnya, merespons penunjukannya tersebut.

Melalui keterangan tertulis, Belva menyebutkan bahwa Presiden Jokowi berharap dirinya terus berkarya di posisinya saat ini sebagai CEO Ruangguru dan tidak tercabut dari akarnya di sektor teknologi, sehingga dia dapat memberikan masukan inovasi baru yang relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Penunjukan Belva sebagai staf khusus Presiden tidak akan mengubah struktural di Ruangguru. Selama penugasan ini, Belva akan tetap menjabat dan menjalankan tugas sehari-harinya sebagai CEO Ruangguru. "Tugas ini adalah tambahan tanggung jawab dari tugas sehari-hari saya sebagai direktur utama di Ruangguru. Saya berkomitmen untuk dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya," ucap Belva. Sementara itu, Pendiri dan Direktur Produk & Kerjasama Ruangguru Iman Usman, mewakili segenap tim Ruangguru, menyampaikan rasa bangga dan dukungan penuh untuk Belva. Staf khusus yang baru diumumkan Presiden Jokowi. Foto: Andhika Prasetya/detikcom "Kami di Ruangguru mendukung penuh penugasan Belva yang baru ini, dan kami menyambutnya sebagai hal positif. Tentunya kami bangga, bahwa kiprah Belva selama ini di Ruangguru, telah menginspirasi anak muda di Indonesia untuk terus berprestasi. Dan kami percaya bahwa melalui penugasan baru ini, Belva akan menginspirasi lebih banyak orang lagi," ujarnya. Disebutkan Iman, apa yang Belva akan lakukan dalam posisinya sebagai staf khusus Presiden, sejalan dengan misi Ruangguru, yaitu memanfaatkan inovasi teknologi untuk memajukan kehidupan bangsa. "Kami berharap Belva bisa menyalurkan semangat itu dalam skala yang lebih luas dan untuk kepentingan yang lebih besar," tambah Iman. Selamat bertugas Belva! Simak Video " Jadi Staf Khusus, Gracia Ajak Jokowi Bangun Indonesia dari Papua "




Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Staf Khusus Presiden Gracia Billy Mambrasar mengajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun Indonesia dimulai dari tanah Papua .

"Pak mari kita bangun Indonesia dari Papua , itu narasi yang akan kita usung," ujar Billy di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Saat ini dirinya sedang menyelesaikan studi pascasarjana di University of Oxford dan akan lanjut program doktoral di Harvard University pada Oktober mendatang.

Baca: Profil Adamas Belva Syah Devara, CEO Ruang Guru Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi Bidang Teknologi

Berbekal pengetahuannya, Billy akan bekerja untuk pemerintah saat ini dengan menerapkan teknologi agar sistem yang ada menjadi lebih efektif dan efisien.

"Saya sudah bekerja sembilan tahun fokus di daerah-daerah terluar, untuk melatih anak-anak muda untuk menjadi enterpreneur," kata Billy yang merupakan CEO Kitong Bisa.

"Saya akan membawa pengalaman ini untuk membantu presiden dan pemerintah Indonesia untuk menjangkau daerah-daerah terluar secara digital," sambung Billy.

Baca: Andi Taufan, CEO Muda di Amartha Kini Jadi Staf Khusus Presiden

Sementara itu, Pendiri Ruangguru.com Adamas Belva Syah Devara mengaku tidak menyangka dipercaya Jokowi menjadi staf khusus presiden pada usia yang terbilang muda.

Menurutnya, Jokowi memiliki komitmen besar untuk melibatkan anak muda dalam memutuskan kebijakan publik.




TRIBUNNEWS.COM - Ada satu hal yang mencuri perhatian saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan tujuh staf khusus presiden di kompleks Istana Kepresidenan , Jakarta, Kamis (21/11/2019) sore tadi.

Berbeda dengan 'senior-senior' mereka seperti para menteri dan wakil menteri yang hanya duduk di deretan tangga saat diperkenal kan ke publik.

Terlihat ketuju orang ini duduk di atas alas mirip bantal namun lebih besar.

Dikutip dari laman en.wikipedia.org, bean bag dirancang oleh Piero Gatti, Cesare Paolini dan Franco Teodoro.

Dan mulai diproduksi oleh perusahaan Italia Zanotta pada tahun 1969.

Baca:  Profil Adamas Belva Syah Devara, CEO Ruang Guru Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi Bidang Teknologi

Sacco sendiri merupakan tas kulit berbentuk buah pir diisi dengan styrofoam.

Bean bag dapat terbuat dari bahan termasuk kulit, suede, korduroi dan bulu palsu.




Jokowi Resmi Umumkan 7 Staf Khusus Milenial Presiden, Fadjroel Rachman Pemerkan Kebersamaan

TRIBUNNEWS.COM - Mochammad Fadjroel Rachman selaku juru bicara Presiden Jokowi pada Kabinet Indonesia Maju pamerkan foto kebersamaan dengan ketujuh Staf Khusus Presiden yang baru saja diumumkan Kamis (21/11/2019).

Melalui unggahan di akun Instagram @fadjroelrachman Kamis (21/11/2019), Fadjroel yang mengenakan kemeja warna putih tampak segar saat berfoto dengan mereka.

Ketujuh Staf Presiden yang baru saja dilantik juga terlihat kompak dengan kemeja warna putih dan bawahan warna hitam.

Tak hanya itu, melalui kolom keterangan Fadjroel Rahman juga memperkenalkan ketujuh nama mereka.

1. Adamas Belva Syah Devara (29) - Founder dan CEO Ruang Guru

2. Putri Tanjung (23) - Founder dan CEO Creativepreneur

3. Andi Taufan Garuda Putra (32) - Founder dan CEO Amartha

4. Ayu Kartika Dewi (36) - Pendiri Gerakan SabangMerauke



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply