Contact Form

 

Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi Meninggal di Tengah Persidangan


Siapa Muhammad Mursi? Biografi Lengkap Eks Presiden Mesir, dari Kontroversi Hingga Misteri Kematian

TRIBUNNEWS.COM -  Dunia terkejut oleh meninggalnya Mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi atau Muhammad Mursi secara mendadak saat mengikuti proses persidangan di pengadilan setempat p ada 17 Juni 2019.

Ya, ketua Ikhwanul Muslimin yang juga mantan presiden Mesir ke-5, Mohamed Morsi atau Muhammad Mursi meninggal dunia saat sidang gugatan spionase di Kairo.

Menurut sumber yang diperoleh Egypt Today, setelah pembacaan kesimpulan dan sesi berakhir, Morsi (67) jatuh pingsan.

Mohamed Morsi  merupakan presiden Mesir kelima yang dipilih melalui pemilihan umum pada Juni 2012 lalu.

•   Innalillahi, Kronologi Detikdetik Eks Presiden Mesir Mohammed Morsi Ambruk Pas Sidang Lalu Meninggal

Namun, tak butuh waktu lama, satu tahun kemudian, Morsi dikudeta akibat banyaknya aksi protes masyarakat yang menentang peraturannya.

Mohamed Morsi Isa Al-Ayyat (1951 – 2019) menjadi Presiden Mesir dari 30 Juni 2012 hingga 3 Juli 2013.

HALAMAN SELANJUTNYA =======================>>




KAIRO, KOMPAS.com  — Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi dilaporkan meninggal setelah sebelumnya dilarikan ke rumah sakit akibat pingsan tatkala hadir dalam persidangan.

Baca juga: Pengadilan Banding Mesir Batalkan Hukuman Mati atas Morsi Sumber dari gedung pengadilan dikutip AFP Senin (17/6/2019) menerangkan, Morsi sedang berbicara kepada hakim selama 20 menit ketika dia tiba-tiba roboh. "Saat itu, dia tengah bersemangat sebelum jatuh pingsan. Morsi segera dilarikan ke rumah sakit tempat dia kemudian dinyatakan meninggal dunia," kata sumber itu. Situs berita Al Ahram juga memberitakan Morsi, presiden pertama Mesir yang dipilih secara demokratis pada 30 Juni 2012. Namun, dia hanya berkuasa selama setahun. Masa pemerintahannya berakhir pada 3 Juli 2013 menyusul aksi kudeta yang dilakukan Abdel Fattah el-Sisi buntut aksi protes yang terjadi di Mesir.

Baca juga: Disasar Pakai Bom, Hakim Perkara Presiden Morsi Lolos dari Maut




KIBLAT.NET, Kairo – Syaikh Abu Qathadah Al-Filistini mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Dr. Muhammad Mursi, presiden Mesir yang dikudeta, dalam persidangan. Ia pun menyeru umat Islam di seluruh dunia memintakan ampun atas berbagai kesalahan Mursi.

“Semoga Allah memberimu rahmat wahai doktor Muhammad. Kami ucapkan bela sungkawa kepada keluarganya, dan kami katakan kepada mereka inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Semoga Allah memberi balasan besar kepada kalian,” tulis Syaikh Al-Filisthini dalam Channel Telegram-nya pada Senin (17/06/2019).

Ia menunjukkan bahwa Mursi meninggal dalam keadaan terzalimi. Mursi merupakan orang yang memiliki hati tulus untuk agamanya dan umatnya.

Selain menyeru umat Islam untuk memintakan ampun kepada Mursi, ulama kelahiran Palestina itu juga mengimbau menyertakan doa untuk kehancurkan musuh-musuh Islam. Bahkan, ia berdoa kematian Mursi mendatangkan laknat bagi orang-orang yang melampaui batas dan murtad.

“Ya Allah, jadikanlah kematiannya laknat bagi orang-orang yang melampau batas dan murtad. Semoga Allah melaknat orang-orang yang mendukung musuh Islam meskipun dengan satu kalimat menyerang umat Islam,” ucap Syaikh Al-Filistini.

“Ya Allah, jadikanlah kematiannya muka terhadap seluruh tentara thaghut,” sambuya.

Mursi dilaporkan meninggal sesaat setelah berbicara 20 menit di persidangan. Ia sempat pingsan dan dilarikan ke rumah sakit.




KIBLAT.NET – Abdul Mun’im Abdul Maqsud, pengacara mantan presiden Mesir Muhammad Mursi, mengungkapkan rincian detik-detik terakhir dalam kehidupan kliennya.

Muhammad Mursi meninggal dunia, setelah dia jatuh pingsan selama persidangannya dalam tuduhan berkomunikasi dengan intelijen Qatar.

“Mursi berbicara selama 7 menit sebelum sidang ditunda, dan semenit kemudian kami mendengar suara di dalam kotak kaca pengadilan. Kami bisa mendengar para terdakwa berteriak: ‘Dr. Mursi jatuh’,” ungkapnya.

Berdasarkan kesaksian Abdul Mun’im yang hadir di persidangan, Mursi berbicara tentang proses persidangannya, dan mengatakan dia tidak akan pernah membicarakan apa pun yang membahayakan keamanan negara.

Ia menambahkan, “Dia tidak diizinkan menemui pengacaranya atau berkomunikasi dengan dunia luar, atau keluarganya, dan ditahan di sel isolasi.”

Mursi mengakhiri pidatonya dengan sebuah syair. Semenit setelah siding ditunda, ada keributan besar di dalam kotak kaca, dan beberapa dokter bergegas untuk melakukan pemeriksaan terhadap Dr. Mursi.

“Kami mengerti dari tengah keributan bahwa ia (Dr. Mursi) telah meninggal,” ungkap pengacara itu.

Para terdakwa lain yang juga dihadirkan dalam persidangan, memberi tahu dengan isyarat bahwa Mursi telah meninggal dunia. “Satu jam kemudian aku melihatnya di atas tandu sekitar pukul 4.30.”

Abdul Mun’im juga menjelaskan bahwa kotak kaca telah mengisolasi suara Dr. Mursi dan para terdakwa lainnya. “Tetapi kami bisa mendengar suara itu karena tangisan para terdakwa sangat tinggi,” kata dia.




Mursi dianggap sebagai seorang pemimpin yang memiliki keberanian. REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Para pejabat pemerintahan Turki mengungkapkan rasa belasungkawa atas meninggalnya mantan presiden Mesir Muhammad Mursi. Dia dianggap sebagai seorang pemimpin yang memiliki keberanian.

"Presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis Muhammad Mursi yang digulingkan melalui kudeta berdarah di depan mata seluruh dunia meninggal di ruang sidang. Semoga dia beristirahat dalam damai," kata Direktur Komunikasi Kepresidenan Turki Fahrettin Altun melalui akun Twitter -nya, Senin (17/6), dikutip laman Anadolu Agency. Menteri Kehakiman Turki Abdulhamit Gul turut mengutarakan rasa duka atas meninggalnya Mursi melalui Twitter pribadinya. "Saudaraku, kamu bebas! Semoga Anda beristirahat dalam damai! Semoga Allah mengistirahatkan jiwamu!" ujarnya. Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan memori tentang perjuangan Mursi tidak akan pudar dengan kepergiannya. "Kudeta menyeretnya pergi dari kekuasaan, tapi ingatan tentangnya tidak akan dihapus dari hati kita. Umat tidak akan melupakan sikap tegasnya. Beristirahatlah dengan tenang Mursi," kata Cavusoglu. Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop juga menyatakan kesedihan mendalam atas mangkatnya Mursi. "Belasungkawa kepada rakyat Mesir, dunia Islam, dan semua orang yang tertindas. Saya yakin perjuangannya dan hidupnya akan membimbing mereka yang mengikutinya," ucapnya. "Mursi adalah pemimpin hebat yang memiliki keberanian berdiri di sisi legitimasi. Mursi dipenjara, tapi lebih bebas daripada mereka yang memenjarakannya," kata Sentop. Mursi meninggal saat sedang menjalani persidangan pada Senin lalu. Di ruang sidang, dia sempat pingsan. Beberapa saat kemudian, dia dinyatakan meninggal. Terdapat enam dakwaan yang harus dihadapi Mursi dalam persidangan itu, antara lain pembunuhan dan mata-mata untuk Qatar, Hizbullah serta Hamas. Dia juga dituduh terlibat terorisme. Semua dakwaan itu diyakini banyak pihak bermotif politik.




KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Komisi Dakwah MUI, Kyai Cholil Nafis memberikan tanggapan soal wafatnya Mantan Presiden Mesir, Muhammad Mursi. Ia mengatakan bahwa orang yang berjuang di jalan Allah akan meninggal saat ia berjuang.

“Orang akan meninggal sesuai dengan kebiasaan hidupnya. Orang yang berjuang di jalan Allah akan meninggal saat ia berjuang,” katanya dalam akun twitter pribadinya pada Selasa (18/06/2019).

Ia lantas mendoakan agar Allah mengampuni segala kesalahan Mursi. Selain itu, ia juga berharap agar Mursi diterima sebagai syuhada.

“Semoga Allah mengampunimu duhai muhammad mursi dan semoga surga tempat kembalimu. Semoga Allah mencatatmu sebagai syuhada dan dimasukkan ke surga Firdaus,” tulisnya dengan bahasa Arab.

Hingga berita ini dibuat, postingan tersebut mendapat seribu lebih like dan ratusan retweet. Tak sedikit netizen yang mengamini doa Kyai Cholil.




MoeslimChoice | Syaikh Abu Qatadah Al-Filistini mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Dr. Muhammad Mursi, Presiden Mesir yang dikudeta, dalam persidangan.

Ia pun menyeru umat Islam di seluruh dunia memintakan ampun atas berbagai kesalahan Mursi.

“Semoga Allah memberimu rahmat wahai doktor Muhammad. Kami ucapkan bela sungkawa kepada keluarganya, dan kami katakan kepada mereka inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Semoga Allah memberi balasan besar kepada kalian,” tulis Syaikh Al-Filisthini dalam Channel Telegram -nya pada Senin (17/6/2019).

Ia menunjukkan bahwa Mursi meninggal dalam keadaan terzalimi. Mursi merupakan orang yang memiliki hati tulus untuk agamanya dan umatnya.

Selain menyeru umat Islam untuk memintakan ampun kepada Mursi, ulama kelahiran Palestina itu juga mengimbau menyertakan doa untuk kehancurkan musuh-musuh Islam.

Bahkan, ia berdoa kematian Mursi mendatangkan laknat bagi orang-orang yang melampaui batas dan murtad.

“Ya Allah, jadikanlah kematiannya laknat bagi orang-orang yang melampau batas dan murtad. Semoga Allah melaknat orang-orang yang mendukung musuh Islam meskipun dengan satu kalimat menyerang umat Islam,” ucap Syaikh Al-Filistini.

“Ya Allah, jadikanlah kematiannya muka terhadap seluruh tentara thaghut,” sambungnya.

Mursi dilaporkan meninggal sesaat setelah berbicara 20 menit di persidangan. Ia sempat pingsan dan dilarikan ke rumah sakit. [yhr]







MEDIAHARAPAN.COM , Yerusalem – Shalat ghaib untuk Presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis Muhammad Mursi, digelar di masjid Aqsha, setelah meninggalnya Mursi di persidangan, pada Senin (17/6). Shalat ghaib itu digelar setelah shalat Isya di masjid di Kota Tua Yerusalem Timur yang diduduki. Sementara itu, gerakan perlawanan Palestina Hamas mengeluarkan pernyataan terima kasih kepada Mursi atas upayanya “dalam melayani cita-cita perjuangan Palestina” dan sikapnya terhadap Jalur Gaza, menyusul kematian mendadaknya. Kelompok yang memerintah Gaza itu, pada Senin mengatakan, mereka mengingat “posisi Mursi yang tak terlupakan dan berani serta usahanya untuk menghilangkan pengepungan atas Gaza.” Israel dan Mesir memberlakukan blokade terhadap Gaza setelah Hamas mengambil kendali pada 2007. Selama pemerintahan Mursi, Kairo meringankan pembatasan perjalanan dan perdagangan dari pihaknya secara signifikan. Direktorat Urusan Agama Turki juga mengumumkan bahwa shalat ghaib akan diadakan pada hari Selasa di masjid-masjid di seluruh negara untuk menghormati kehidupan Mursi dan perjuangannya. Mursi terpilih sebagai presiden pada tahun 2012, tetapi digulingkan dalam kudeta militer setahun kemudian. Militer menghancurkan gerakan Ikhwanul Muslimin dalam penumpasan besar-besaran, menangkap Mursi dan banyak pemimpin kelompok lainnya, yang telah berada di penjara menjalani berbagai pengadilan sejak kudeta. Mursi pingsan di pengadilan dalam salah satu persidangan dan meninggal pada Senin malam. (dailysabah/bilal) Comments comments




67-årige Muhammad Mursi ska ha svimmat efter en förhandling i domstol i Egyptens huvudstad Kairo under måndagen, skriver Al Jazeera . Kort därefter avled han på sjukhus. En plötslig hjärtattack uppger statlig egyptisk tv var dödsorsaken som hänvisar till sjukhuskällor, rapporterar Reuters . Enligt en källa ska Mursi även ha lidit av en godartad tumör, som han fick återkommande behandling för. – Han talade inför domaren i 20 minuter och blev sedan väldigt upphetsad och svimmade. Han fördes snabbt till sjukhus där han senare avled, säger en källa inom rättsväsendet till AFP. Han ska ha deltagit i domstolsförhandlingar som hade att göra med spionage som härrör till misstänkta kontakter med den palestinska islamistiska gruppen Hamas, skriver Reuters. Första folkvalda presidenten efter Mubarak Muhammad Mursi tillhörde Muslimska brödraskapet och valdes till president 2012. Detta sedan den mångårige diktatorn Hosni Mubarak avsatts och islamistpartier gått framåt. Sommaren 2013 avsattes han dock av militären efter att omfattande protester blossat upp även mot honom och reformer han skyndat igenom gav honom större makt. Dömdes till döden Under landets nye ledare Abd al-Fattah al-Sisi, som var försvarsminister i Mursis regering, har ex-presidenten och många anhängare till Muslimska Brödraskapet dömts. Tusentals har fängslats och många har fått dödsstraff. 2015 dömdes också Mursi till döden. Domen drogs senare tillbaka, men Mursi avtjänade ett 20-årigt fängelsestraff efter flera andra domar, som bland annat hade med dödandet av demonstranter 2012 att göra. Klagar på behandlingen Enligt Sarah Leah Whitson, chef för Mellanöstern- och Nordafrikafrågor i människorättsorganet Human Rights Watch (HRW), höll organisationen på att färdigställa en rapport om Mursis hälsa när nyheten om hans död kom. Ex-presidenten led bland annat av typ 2-diabetes och en leversjukdom. ”Det är hemskt men HELT förutsägbart med tanke på regeringens underlåtelse att ge honom tillräcklig sjukvård, och än mindre familjebesök”, skriver hon på Twitter. Mursis advokat, Abd al-Menem Abd al-Maqsood, klagar på den medicinska behandlingen den fängslade ex-presidenten fick. – Vi har lämnat in flera begäranden om behandling. Några har accepterats, andra inte, säger advokaten. Har terrorstämplats Muslimska brödraskapet grundades på 1920-talet och har anhängare över stora delar av Mellanöstern. Rörelsen terrorstämplades i Egypten 2013 sedan al-Sisi tagit över. I april klargjorde Vita huset, efter ett besök av al-Sisi, att USA:s president Donald Trump överväger att utfärda en order om att terrorstämpla Muslimska brödraskapet.



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply