Contact Form

 

Kutukan Musim Ketiga Jose Mourinho


MANCHESTER, KOMPAS.com — Jose Mourinho resmi menanggalkan jabatan Manajer Manchester United. Dilansir dari situs web BBC, Man United memecat pelatih asal Portugal itu.

"Manchester United mengumumkan bahwa Jose Mourinho telah meninggalkan klub. Kami mengucapkan terima kasih atas hasil kerja dia di Man United dan mendoakan sukses pada masa depan," demikian pernyataan resmi klub.

Sebagai pelatih pengganti, seperti dilaporkan BBC, Man United belum mengumumkannya. Namun, manajemen akan meminta caretaker pelatih itu bertugas hingga akhir musim.

Baca juga:

Manchester United has announced that Jose Mourinho has left the Club.

We would like to thank him for his work during his time at Manchester United and wish him success in the future. #MUFC


KOMPAS.com - Kutukan pemecatan di musim ketiga kembali menimpa Jose Mourinho setelah resmi didepak Manchester United , Selasa (18/12/2018).

Ini menjadi kali keempat Mourinho harus meninggalkan jabatannya pada musim ketiga saat membesut sebuah klub.

Sebelumnya, Mourinho telah dua kali didepak Chelsea (2007 dan 2015) serta Real Madrid (2012/2013). Semua pemecatan ini terjadi setelah Mourinho menelan hasil buruk di musim ketiga bersama klubnya.

Mourinho sempat meraih hasil gemilang pada periode pertamanya menukangi Chelsea (2004-2007). Pelatih asal Portugal ini mempersembahkan dua gelar Liga Premier (2004/2005 dan 2005/2006), trofi Piala Liga 2004/2005, dan juara Community Shield pada 2005.

Keberhasilan itu membuat Mourinho lantas menjuluki dirinya sebagai The Special One.

Pada musim ketiganya di Stamford Bridge, Mourinho hanya membawa The Blues finis di peringkat kedua Liga Premier dengan hanya berjarak enam poin dari Manchester United yang menjadi juara.

Meski demikian, dia juga menyumbangkan trofi Piala FA dan Piala Liga serta mengantarkan Chelsea memijak semifinal Liga Champions.

Namun, periode gemilang Mourinho mulai memudar setelah musim ketiganya bersama The Blues. Dia diterpa isu konflik dengan pemilik klub, Roman Abramovich. Mourinho lalu memutuskan hengkang dari Chelsea sesaat setelah musim 2007/2008 dimulai.

Baca juga: Jose Mourinho, Manajer Ketiga Man United yang Dipecat Pasca-Era Fergie

Setelah meninggalkan Chelsea, Mourinho lalu menikmati kegemilangan karier bersama Real Madrid. Dia mempersembahkan gelar Liga Spanyol (2011/2012) dan Copa del Rey (2010/2011) pada musim kedua di Madrid.

Namun, karier Mourinho meredup pada musim ketiga menukangi Los Blancos. Dia membuat raksasa Spanyol itu finis di peringkat kedua dan tertinggal 15 poin dari Barcelona yang menjuarai Liga Spanyol 2012/2013.

Kegagalan di Liga Spanyol diperburuk dengan tersingkirnya Real Madrid dari semifinal Liga Champions setelah dikalahkan Borussia Dortmund serta kekalahan dari Atletico Madrid pada final Copa del Rey.

Mourinho lantas menyebut ini adalah musim terburuk di sepanjang kariernya. Dia lalu angkat kaki dari Real Madrid, tiga hari setelah musim 2012/2013 berakhir.

Lepas dari Real Madrid, Mourinho pun kembali ke Chelsea. Dia sukses meraih gelar Liga Premier dan trofi Piala Liga pada musim keduanya bersama The Blues pada 2014/2015.

Namun, segala hal buruk melanda Chelsea pada musim ketiga Mourinho. Chelsea terseok di peringkat ke-16 pada klasemen sementara Liga Premier, tersisih di babak 16 besar Liga Champions, tersingkir pada putaran keenam Piala FA, dan hanya mampu memijak putaran keempat Piala Liga.

Mourinho sempat menandatangani kontrak anyar yang berlaku selama empat tahun pada musim panas 2015. Akan tetapi, kondisi Chelsea yang terus memburuk akhirnya membuat The Special One tidak bisa bertahan lebih lama di Stamford Bridge. Dia akhirnya didepak untuk kedua kalinya dari Chelsea pada Desember 2015.

Setelah sempat menganggur, Mourinho kembali mendapatkan pekerjaan di Manchester United. Dia menandatangani kontrak tiga tahun bersama Man United pada 27 Mei 2016.

Mourinho berhasil mempersembahkan tiga gelar untuk Setan Merah pada musim pertamanya, yakni Community Shield, Piala Liga Inggris, dan Europa League.

Namun, kutukan musim ketiga kembali menimpa Mourinho. Dia membuat Man United berada di peringkat keenam pada klasemen sementara Liga Premier dengan hanya mengoleksi 26 poin dari 17 laga.

Setan Merah semakin menderita setelah menelan kekalahan 1-3 melawan rival abadinya, Liverpool, di laga terakhir Liga Premier, Minggu (16/12/2018).

Kekalahan ini akhirnya membuat Mourinho harus kembali kehilangan pekerjaan sebelum musim ketiganya bersama Man United tuntas.

Baca juga: Sudah 3 Kali Mourinho Dipecat Usai Kalah dari Juergen Klopp




Manchester United dilaporkan telah membuat keputusan yang mengejutkan di paruh musim ini. Klub berjuluk Setan Merah itu memastikan telah memecat sang manajer, Jose Mourinho, usai menelan kekalahan dari Liverpool.

"Manchester United mengumumkan manajer Jose Mourinho telah meninggalkan klub," tulis pernyataan resmi klub. Sontak, kabar ini menuai beragam reaksi fans sepakbola di media sosial. Bahkan, topik seputar Jose Mourinho menjadi Trending Topic di Twitter.

Banyak warganet yang mengomentari kepergian pria berkebangsaan Portugal tersebut. Beberapa di antaranya berisi ucapan terima kasih atas kinerjanya selama memimpin Manchester United, tapi tidak sedikit pula yang mengaku lega dengan keputusan tersebut.

Seperti diketahui, performa MU musim ini tidak terlalu membanggakan. Di penghujung paruh musim ini, klub tersebut masih bertengger di papan tengah, tepatnya posisi enam.

Tak hanya itu, Mourinho juga dikabarkan memiliki hubungan yang kurang baik dengan Paul Pogba. Untuk mengetahui seperti apa kicauan para warganet, berikut ini beberapa yang sudah dihimpun oleh Tekno Liputan6.com, Selasa (18/12/2018).

Thank you for everything José Mourinho. This ride could have been much better, but it was worth it. He exposed the board for their flaws, this problem at the club is bigger than just the manager. pic.twitter.com/ijvIscI7Ou — Devils of United (@DevilsOfUnited) December 18, 2018

Thank you for all the memories Jose Mourinho, but this is the right decision made by the club. pic.twitter.com/GssjZBwtPU — 𝕆 𝕞 𝕒 𝕚 𝕣 𝔸 𝕤 𝕚 𝕗 (@TheOmairAsif) December 18, 2018

Thank you Jose. I will never forget everything you have done for me. Your time at Manchester United was a pure joy. Yours, a football Fan — Troll Football (@TrollFootball) December 18, 2018

Absolutely adore Jose Mourinho. Gutted that things didn’t turn out well. You will always be the special one. ❣️ pic.twitter.com/n0be2wvn2G — Harjeet (@randhawamufc) December 18, 2018

Thank you Jose Mourinho. Sorry it did not work at #MUFC. Thank you for Pogba, Zlatan and the Europa League.All the best in your future. #1MUN — Man United Source (@1ManUnitedNews) December 18, 2018

Right man at the wrong time. Thank you for the small victories José. Hopefully we have a foundation to build on from here. #mufc pic.twitter.com/AoyAU80RuG — UTDST. (@utdstreet) December 18, 2018

One thing I will say for Jose - He took this job knowing how much of a monumental task it would be. He wasn't the eventual saviour but he stabilised the ship in many ways. He leaves behind our best squad since Sir Alex's retirement. 🇾🇪 pic.twitter.com/qf979eZler — JoshGI 🇾🇪 (@JoshGI97) December 18, 2018


MANCHESTER, KOMPAS.com - Jose Mourinho tercatat menjadi Manajer Manchester United yang ketiga dipecat setelah berakhirnya era Sir Alex Ferguson .

Ferguson tercatat terakhir kali menangani Man United pada musim 2012-2013. Fergie, sapaan Ferguson, kemudian mundur setelah 27 tahun menangani klub tersebut.

Mulai musim 2013-2014, posisi yang digantikan Fergie diisi David Moyes.

Moyes menjadi manajer pertama setelah era Fergie yang dipecat. Belum genap semusim, dia sudah harus mengakhiri tugas menyusul serangkaian hasil buruk.

Posisi yang ditinggalkan Moyes kemudian diisi Ryan Giggs yang menjadi manajer sementara.

Baca juga: 5 Nilai Minus Mourinho Sebelum Dipecat Man United, Moyes Lebih Baik

Memasuki musim 2014-2015, giliran Louis van Gaal yang mencoba peruntungannya.

Meski nasibnya tak seburuk Moyes, Van Gaal menjadi manajer kedua yang dipecat. Ia tercatat hanya menangani Man United selama dua musim.

Mulai musim 2016-2017, posisi Van Gaal mulai digantikan Mourinho. Namun, alih-alih seperti Fergie, Mourinho justru mengikuti jejak Moyes dan Van Gaal.

Mourinho menjadi manajer ketiga yang dipecat setelah 2,5 tahun.

Baca juga: Jose Mourinho Dipecat, Man United Pakai Manajer Sementara



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply