Contact Form

 

Kroasia dan Argentina Lolos, Ini Klasemen Akhir Grup D Piala Dunia 2018


KOMPAS.com - Timnas Argentina menang secara dramatis atas Nigeria pada laga pamungkas penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Selasa (26/6/2018) atau Rabu dini hari WIB. Marcos Rojo menjadi pahlawan Albiceleste lewat tendangan volinya pada menit ke-86.

Sebelumnya, Argentina memimpin lewat gol Lionel Messi pada menit ke-14. Namun Nigeria membalasnya melalui penalti Victor Moses pada menit ke-51, sebelum Rojo mematri kemenangan peraih dua gelar juara dunia ini.

Dengan demikian, Argentina menjadi runner-up Grup D, mendampingi Kroasia ke babak 16 besar. Sementara itu Nigeria harus gigit jari karena kekalahan ini membuat mereka tergusur dari peringkat kedua lantaran hanya mengumpulkan tiga poin, terpaut satu dari Argentina.

Pada fase knock-out, Argentina bertemu Perancis yang merupakan juara Grup C, sedangkan Kroasia menghadapi Denmark (runner-up Grup C). Duel Perancis vs Argentina berlangsung Kazan Arena, Kazan, 30 Juni, sedangkan Kroasia vs Denmark berlangsung di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, 1 Juli.

Argentina bermain agresif sejak peluit kick-off berbunyi. Tak perlu waktu yang lama bagi mereka untuk mencetak gol karena pada menit ke-14, Messi membobol gawang Nigeria.

Megabintang Barcelona ini memperlihatkan skill individu yang memukau. Menerima umpan lambung Ever Banega dari tengah lapangan, Messi yang berlari ke dalam kotak penalti melakukan kontrol dan dengan dua sentuhan, dia melepaskan tembakan dengan kaki kanan. Si kulit bulat bersarang di sisi kanan gawang Nigeria.

Ini menjadi gol pertama Messi dalam Piala Dunia 2018. Lesakkannya ini pun mengakhiri penantian selama 662 menit dalam ajang serupa sejak terakhir kali dia membobol gawang Nigeria pada Piala Dunia 2014.

Baca juga: Argentina Keluar dari Mulut Singa dan Masuk ke Mulut Buaya jika Lolos dari Fase Grup Piala Dunia 2018

Menit ke-34, Messi nyaris menggandakan keunggulan lewat tendangan bebas setelah Angel Di Maria dilanggar dekat kotak penalti. Sayang, bola sepakan Messi ke sisi kiri gawang Nigeria bisa ditepis Francis Uzoho sehingga skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada paruh kedua, Nigeria berusaha keluar dari tekanan. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-51 setelah mendapat penalti akibat pelanggaran Javier Mascherano terhadap Leon Balogun saat terjadi tendangan pojok. Moses dengan sempurna mengeksekusi hukuman itu.

Situasi yang membuat mereka bakal gagal ke babak selanjutnya membuat Argentina kembali bermain ofensif. Sergio Aguero pun dimasukkan untuk meningkatkan intensitas serangan.

Usaha Albiceleste membuahkan hasil pada menit ke-86. Rojo melakukan voli ketika menerima umpan silang Gabriel Mercado dari sayap kanan, membuat Argentina memimpin 2-1 yang bertahan hingga laga usai.

Baca juga: Pelatih Iran Bantu Cristiano Ronaldo Cicipi Kemenangan 7-0

Pada pertandingan lain, Kroasia menang 2-1 atas Islandia, yang membuat Luka Modric dkk lolos dengan nilai sempurna karena menang dalam tiga laga penyisihan grup. Kroasia unggul berkat gol Milan Badelj pada menit ke-53 sebelum dibalas melalui penalti Gylfi Sigurdsson pada menit ke-76. Ivan Perisic memastikan Kroasia menang pada menit ke-90.

Susunan pemain Nigeria vs Argentina

Nigeria (3-5-2): 23-Francis Uzoho; 22-Kenneth Omeruo (Alex Iwobi 90'), 5-William Troost-Ekong, 6-Leon Balogun; 21-Tyronne Ebuehi, 4-Onyinye Ndidi, 10-John Obi Mikel, 8-Oghenekaro Etebo, 11-Victor Moses; 14-Kelechi Iheanacho (Odion Ighalo 46'), 7-Ahmed Musa (Simy 90')

Pelatih: Gernot Rohr

Argentina (4-4-2): 12-Franco Armani; 3-Nicolas Tagliafico (Sergio Aguero 80'), 17-Nicolas Otamendi, 2-Gabriel Mercado, 18-Marcos Rojo; 11-Angel Di Maria (Maximiliano Meza 72'), 15-Enzo Perez (Cristian Pavon 61'), 14-Javier Mascherano, 7-Ever Banega; 9-Gonzalo Higuain, 10-Lionel Messi

Pelatih: Jorge Sampaoli

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)


Timnas Argentina Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Putra Permata Tegar Idaman , CNN Indonesia | Rabu, 27/06/2018 02:54 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Argentina berhasil  lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah meraih kemenangan 2-1 atas Nigeria di St. Petersburg, Selasa (26/6) waktu setempat. Timnas Argentina bermain bagus di babak pertama dan mendominasi penguasaan bola. Albiceleste lalu berhasil mencetak gol pertama di menit ke-14 melalui Lionel Messi. Messi menerima umpan jauh Ever Banega dengan kontrol yang baik lalu melepaskan tembakan kaki kanan silang yang tak bisa dihentikan oleh Francis Uzuho.

Lionel Messi membawa Argentina unggul di babak pertama. (Foto: REUTERS/Jorge Silva)

Messi punya peluang menggandakan keunggulan bagi Argentina di menit ke-34. Namun tendangan bebas Messi hanya mengenai tiang gawang. Setelah unggul satu gol di babak pertama, Argentina mendapat kejutan di awal babak kedua. Javier Mascherano melakukan kesalahan fatal karena menarik Leon Balogun di kotak penalti saat situasi pertandingan sejatinya tidak terlalu berbahaya untuk Argentina. Keputusan wasit Cuneyt Cakir memberikan penalti untuk Argentina membuat pertandingan sempat terhenti karena ada adu argumen antar pemain kedua tim. Wasit sendiri tetap pada keputusannya untuk memberikan penalti. Victor Moses yang maju sebagai eksekutor penalti mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Moses sukses mengecoh kiper Argentina, Franco Armani untuk membuat skor menjadi 1-1. Setelah skor 1-1, permainan Nigeria menjadi jauh lebih baik. Mereka mampu tampil lebih cepat dan membuat lini pertahanan Argentina menjadi kerepotan.

Victor Moses mencetak gol penyama kedudukan lewat eksekusi penalti. (Foto: REUTERS/Lee Smith)

Pada menit ke-76, Odion Ighalo mendapat ruang bebas untuk melakukan tembakan, namun tendangannya jauh melebar dari gawang. Setelah momen itu, pemain-pemain Nigeria meminta wasit untuk melihat VAR karena menganggap bola sempat menyentuh tangan saat Marcos Rojo melakukan sundulan. Adu argumen kemudian kembali terjadi namun wasit akhirnya menganggap tidak ada pelanggaran setelah melihat VAR. Di menit ke-81, Argentina mendapat peluang emas mencetak gol. Namun Gonzalo Higuain tidak bisa mengeksekusi dengan baik umpan silang datar yang dilepaskan oleh Marcos Rojo. Lima menit berselang, tendangan bebas Oghenekaro Etebo sempat membuat pendukung Argentina terkejut karena bola menerpa sisi gawang. Di menit ke-86, Marcos Rojo akhirnya berhasil membawa Argentina unggul. Ia mampu melepaskan tembakan voli menyambut umpan Gabriel Mercado. Bola meluncur deras ke pojok kiri gawang. Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan. Argentina lolos ke babak 16 besar.  Susunan Pemain Nigeria (3-5-2) Francis Uzoho; Leon Balogun, William Troost-Ekong, Kenneth Omeruo; Victor moses, Oghenekaro Etebo, John Obi Mikel, Onyinye Ndidi, Brian Idowu; Kelechi Iheanacho, Ahmed Musa Argentina (4-4-2) Franco Armani; Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Marcos Rojo, Nicolas Tagliafico; Enzo Perez, Ever Banega, Javier Mascherano, Angel Di Maria; Lionel Messi, Gonzalo Higuain [Gambas:Video CNN] (ptr)




Jakarta - Argentina mengalahkan Nigeria untuk merebut posisi dua klasemen Grup D Piala Dunia 2018 dan lolos ke 16 besar. Albiceleste menemani Kroasia yang jadi juara grup. Setelah sekali imbang dan sekali kalah di dua laga pertama Piala Dunia 2018, Argentina akhirnya meraih kemenangan. Dengan susah payah dan melalui laga yang berjalan dramatis, Albiceleste dkk menundukkan Nigeria dengan skor tipis 2-1. Gol Lionel Messi di babak pertama sempat dibalas penalti Victor Moses di awal paruh kedua. Argentina baru memastikan kemenangan saat laga waktu normal tersisa empat menit melalui tendangan Marcos Rojo.

Kemenangan ini mengangkat Argentina yang sebelumnya berada di dasar klasemen Grup D naik ke posisi dua. Skuat besutan Jorge Sampaoli mengoleksi empat angka dan punya selisih gol -2. Pada klasemen akhir Grup D, Argentina tertinggal lima angka di belakang Kroasia. Pada laga yang digelar bersamaan, Ivan Rakitic dkk menundukkan Islandia dengan skor 2-1. Kroasia lolos dengan catatan 100% kemenangan. Mereka juga punya selisih gol superior yakni +6. Berikut Klasemen Grup D Piala Dunia 2018 setelah melewati tiga pertandingan. Klasemen Grup D Piala Dunia 2018 setelah seluruh pertandingan dijalani Foto: ist. Saksikan juga video 'Gol Marcos Rojo Bawa Argentina Lolos ke Babak 16 Besar': [Gambas:Video 20detik]




Saint Petersburg - Lionel Messi lega Argentina akhirnya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 . Messi pun berterima kasih kepada Tuhan dan suporter Argentina. Argentina lolos dari lubang jarum setelah menang 2-1 atas Nigeria di laga terakhir Grup D di Saint Petersburg Stadium, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB. Kemenangan tersebut mengantar Argentina ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Sebelumnya, La Albiceleste sempat berada di ujung tanduk usai diimbangi Islandia dan dikalahkan Kroasia.

Messi begitu gembira menyambut kemenangan Argentina. Pemain yang turut mencetak satu gol ke gawang Nigeria itu mengaku sudah yakin sejak awal bahwa Argentina akan menang. "Saya tahu Tuhan bersama kami dan bahwa Ia tak akan membiarkan kami tersingkir," kata Messi usai pertandingan seperti diwartakan Marca . "Kami yakin akan memenangi pertandingan ini. Menang dengan cara seperti ini terasa menakjubkan. Ini adalah sukacita yang pantas kami rasakan." Messi kemudian juga berterima kasih atas dukungan suporter yang datang ke Saint Petersburg dan di Argentina. "Saya berterima kasih kepada semua yang ada di sini, untuk pengorbanan mereka, dan kepada semua orang di Argentina yang selalu bersama kami. Seragam tim nasional di atas segalanya," ucap Messi. Saksikan juga video 'Gol Marcos Rojo Bawa Argentina Lolos ke Babak 16 Besar': [Gambas:Video 20detik]



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply