Contact Form

 

Meme Pencarian Hilal Bikin Ngakak Jelang Jadwal Awal Puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H


BANJARMASINPOST.CO.ID - Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan jadwal awal puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H.

Rukyatul Hilal untuk penetapan jadwal awal puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H akan dilaksanakan besok hari Selasa (15/5/2018) pada 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 Provinsi di Indonesia.

Jelang penentuan jadwal awal puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H, kata hilal yang paling sering jadi perhatian di awal Ramadhan dan akhir Ramadhan.

Sebab, hilal adalah penentu awal puasa. Juga saat akhir Ramadhan, jadi penentu awal Syawal atau Hari Raya Idul Fitri.

Baca: Beredar Video Menteri Agama Umumkan Jadwal Awal Puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H Pada Kamis 17 Mei

Baca: Jadwal Imsakiyah Puasa 2018, Ramadhan 1439 H Beberapa Kota Besar di Indonesia

Baca: Link LIVE STREAMING Sidang Isbat Kemenag RI, Penentuan Jadwal Awal Puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H

Hilal adalah bulan sabit tipis yang jadi acuan penentuan awal bulan dalam kalender Islam, biasa menjadi penanda mulainya Ramadhan.

Pencarian hilal sebagai penentu jadwal awal puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H yang kadang sulit terlihat banyak dijadikan meme.

Meme hilal pun tersebar dan bahkan tersebar viral di media sosial.

Baca: Bupati Tanah Bumbu, Mardani Maming Bagikan Video Jadwal Awal Puasa 2018 Jatuh Pada Hari Kamis

Baca: Live JTV! Live Streaming Persik Kediri vs Persela Lamongan Piala Indonesia 2018 via Streaming JTV

Berikut meme hilal, penentu jadwal awal puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H dari rangkuman banjarmasinpost.co.id:




Bintang.com, Jakarta Kementerian Agama telah mentapkan awal Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018 mendatang, yang mana hal tersebut diputuskan setelah melakukan pemantauan hilal  dan menggelar sidang isbat.

Ngomong-ngomong soal Hilal, kamu sudah tahu apa itu Hilal? Mengutip laman Wikipedia, Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulan baru) pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam. Terkait penentuan 1 Ramadan, sebenarnya ada dua cara, yang pertama hisab, yaitu dengan melakukan perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan dimulainya awal bulan. Lalu yang kedua, dengan cara rukyat, yaitu menentukan awal bulan dengan cara melihat hilal.

Nah bicara soal menentukan awal bulan Ramadan dengan cara rukyat, ternyata ada banyak cara lho untuk melihat dan menentukan hilal. Dalam menentukannya juga ada kriteria khusus, yang menunjukkan bahwa bulan sudah memasuki awal yang baru.

Melansir Liputan6.com , dua cara yang kerap digunakan dalam penentuan hilal , di mana Nahdlatul Ulama (NU) menggunakan metode Imkanur Rukyat dan Muhammadiyah dengan cara Hisab Wujudul Hilal. Meski Sibuk Syuting, Cut Syifa Utamakan Jaga Kesehatan di Bulan Ramadan




MENJELANG bulan Ramadan, salah satu hal yang dinanti-nanti masyarakat adalah kemunculan hilal. Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat untuk menjadi acuan penentu awal bulan dalam kalender Islam.

Pemantauan hilal ini biasanya digunakan untuk menentukan awal puasa oleh berbagai pihak, sehingga secara sah Kementerian Agama akan mengumumkan jatuhnya tanggal 1 Ramadan setelah berhasil melihat kemunculan hilal. Berbicara soal kemunculan hilal, tak hanya masyarakat yang menanti kabar di depan televisi. Namun biasanya warganet juga dibuat heboh dengan munculnya meme-meme kocak terkait hilal.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Okezone berikan beberapa meme kocak terkait pemantauan dan kemunculan hilal.

(Baca Juga: Tega Banget! 3 Pendaki Perempuan Ini Hipotermia karena Ditinggal Temannya demi Sampai Puncak )

Sama seperti hilal yang dinanti-nantikan, banyak orang yang masih menanti jodohnya. Jika kemunculan hilal digunakan untuk menentukan awal puasa, kemunculan jodoh bisa jadi pertanda bahwa Lebaran kali ini sudah bisa merayakannya bersama keluarga. Namun apa jadinya jika jodoh belum juga muncul?

Tunjangan Hari Raya juga menjadi satu hal yang dinantikan karyawan kantoran saat bulan puasa. Untuk yang baru beberapa bulan bekerja di kantor baru, kira-kira sudah dapat THR belum ya? Seperti meme yang satu ini. THR belum kelihatan, jodoh pun masih tak nampak.

(Baca Juga: Jelang Royal Wedding, Mayoritas Warga Inggris Masa Bodoh dengan Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle )

Banyak orang mencari hilal sebelum puasa. Bagaimana hilalnya bisa ketemu kalau sudah ditangkap sama Barack Obama.

Jika biasanya pemantauan hilal dilakukan menggunakan teleskop, kamu bisa mencoba sesuatu yang berbeda. Yayan Ruhian punya saran sendiri buat melihat hilal petang ini. Cobalah pakai sedotan agar terasa lebih greget.

(Baca Juga: Anak Milenial yang Dibesarkan dari Keluarga Broken Home Bikin Hidupnya Lebih Tegar? )

Pemantauan hilal biasanya memakan waktu, sehingga tidak bisa diputuskan dengan cepat kapan satu Ramadan akan tiba. Namun meme yang satu ini memperlihatkan Robby Purba, host sebuah ajang pencarian bakat yang menyerukan agar penentuan hilal ditentukan dari voting. Ada-ada saja ya.




Etymology. The word batik is Javanese in origin. It may either come from the Javanese word amba ‘to write’ and titik ‘dot’ , or may derive from a hypothetical Proto Austronesian root *beC k ‘to tattoo’ ..

Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply