Contact Form

 

Meme Pencarian Hilal Bikin Ngakak Jelang Jadwal Awal Puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H


BANJARMASINPOST.CO.ID - Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan jadwal awal puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H.

Rukyatul Hilal untuk penetapan jadwal awal puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H akan dilaksanakan besok hari Selasa (15/5/2018) pada 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 Provinsi di Indonesia.

Jelang penentuan jadwal awal puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H, kata hilal yang paling sering jadi perhatian di awal Ramadhan dan akhir Ramadhan.

Sebab, hilal adalah penentu awal puasa. Juga saat akhir Ramadhan, jadi penentu awal Syawal atau Hari Raya Idul Fitri.

Baca: Beredar Video Menteri Agama Umumkan Jadwal Awal Puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H Pada Kamis 17 Mei

Baca: Jadwal Imsakiyah Puasa 2018, Ramadhan 1439 H Beberapa Kota Besar di Indonesia

Baca: Link LIVE STREAMING Sidang Isbat Kemenag RI, Penentuan Jadwal Awal Puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H

Hilal adalah bulan sabit tipis yang jadi acuan penentuan awal bulan dalam kalender Islam, biasa menjadi penanda mulainya Ramadhan.

Pencarian hilal sebagai penentu jadwal awal puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H yang kadang sulit terlihat banyak dijadikan meme.

Meme hilal pun tersebar dan bahkan tersebar viral di media sosial.

Baca: Bupati Tanah Bumbu, Mardani Maming Bagikan Video Jadwal Awal Puasa 2018 Jatuh Pada Hari Kamis

Baca: Live JTV! Live Streaming Persik Kediri vs Persela Lamongan Piala Indonesia 2018 via Streaming JTV

Berikut meme hilal, penentu jadwal awal puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H dari rangkuman banjarmasinpost.co.id:




Info Astronomy  - Menjelang Ramadan, istilah hilal cukup identik dengannya. Terlebih lagi, hilal memang sangat penting dalam menentukan kapan awal mula suatu bulan hijriah. Tapi, sudah tahukah kamu apa itu hilal?

Sederhananya, hilal adalah Bulan sabit muda setelah konjungsi. Apa itu konjungsi? Dalam astronomi, konjungsi bisa diartikan sebagai "searah". Dengan kata lain, Matahari dan Bulan akan tampak di arah yang sama saat konjungsi, sehingga fase Bulan yang terjadi adalah Bulan Baru. Nah, hilal adalah fase Bulan yang terjadi setelah fase Bulan Baru ini.

Para pengamat biasanya mencari hilal pada saat senja. Ada beberapa faktor yang membuat pengamatan hilal selalu dilakukan di momen Matahari terbenam. Pertama, hilal masih sangat redup dan tipis, sehingga akan lebih mudah diamati saat kondisi langit sudah sedikit lebih gelap, yakni ketika Matahari sudah terbenam.

Kedua, Bulan sabit yang teramati di siang hari belum tentu disebut sebagai hilal. Karena meski teramati di siang hari (atau bahkan pagi hari), Bulan sabit muda tidak serta merta terlihat juga saat senja, karena bisa jadi masih terlalu rendah dari cakrawala. Maka belum dapat disebut hilal.

Ketiga, karena untuk menentukan awal bulan hijriah, maka dari itu pengamatan hilal wajib dilakukan saat senja, mengingat pergantian hari pada kalender hijriah adalah pada saat Magrib, bukan pukul 00.00 tengah malam seperti kalender masehi.

Lalu, berapa ketinggian hilal dari cakrawala agar bisa teramati? Secara astronomis, hilal baru bisa teramati ketika ia lebih tinggi dari 2 derajat dari cakrawala. Di bawah itu, hilal tidak teramati sama sekali. Bahkan untuk wilayah Indonesia yang berada di ekuator, hilal biasanya baru mudah terlihat bila sudah berada di ketinggian lebih dari 3 derajat dari cakrawala barat.

Setidaknya, ada dua metode yang digunakan untuk mengamati dan menentukan ketinggian hilal, yakni metode hisab dan metode rukyat.

Hisab sendiri merupakan perhitungan. Dengan kata lain, hisab adalah metode perhitungan astronomis untuk menentukan berapa ketinggian atau posisi Bulan sebagai tanda dimulainya awal bulan hijriah. Di era modern ini, metode hisab telah banyak menggunakan bantuan komputer dengan tingkat presisi dan akurasi yang tinggi.

Metode hisab sering dilakukan sebelum metode rukyat dilakukan. Hal ini untuk melakukan penentuan lebih dulu kapan konjungsi terjadi, yaitu saat Matahari-Bulan-Bumi berada dalam segaris lurus di bidang tata surya. Konjungsi sendiri selalu terjadi 29,5 hari sekali, atau disebut pula satu periode sinodis Bulan.

Sementara itu, rukyat memiliki arti sebagai melihat. Dalam hal ini, melihat hilal tentu saja. Rukyat bisa dilakukan dengan kasat mata, tapi kebanyakan para pengamat hilal kini menggunakan teleskop agar membantu mereka untuk menemukan hilal yang masih sangat tipis fasenya. Apabila hilal terlihat, maka saat Magribnya sudah bisa dikatakan masuk tanggal 1 awal bulan hijriah.

Perbedaan metode inilah yang terkadang membuat awal bulan hijriah bisa berbeda pula antara pemerintah dengan organisasi masyarakat. Tapi, kami tidak akan membahas perbedaan itu. Perbedaan bukan masalah.

Selamat berpuasa Ramadan bagi para pembaca InfoAstronomy.org yang menjalankannya.




MENJELANG bulan Ramadan, salah satu hal yang dinanti-nanti masyarakat adalah kemunculan hilal. Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat untuk menjadi acuan penentu awal bulan dalam kalender Islam.

Pemantauan hilal ini biasanya digunakan untuk menentukan awal puasa oleh berbagai pihak, sehingga secara sah Kementerian Agama akan mengumumkan jatuhnya tanggal 1 Ramadan setelah berhasil melihat kemunculan hilal. Berbicara soal kemunculan hilal, tak hanya masyarakat yang menanti kabar di depan televisi. Namun biasanya warganet juga dibuat heboh dengan munculnya meme-meme kocak terkait hilal.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Okezone berikan beberapa meme kocak terkait pemantauan dan kemunculan hilal.

(Baca Juga: Tega Banget! 3 Pendaki Perempuan Ini Hipotermia karena Ditinggal Temannya demi Sampai Puncak )

Sama seperti hilal yang dinanti-nantikan, banyak orang yang masih menanti jodohnya. Jika kemunculan hilal digunakan untuk menentukan awal puasa, kemunculan jodoh bisa jadi pertanda bahwa Lebaran kali ini sudah bisa merayakannya bersama keluarga. Namun apa jadinya jika jodoh belum juga muncul?

Tunjangan Hari Raya juga menjadi satu hal yang dinantikan karyawan kantoran saat bulan puasa. Untuk yang baru beberapa bulan bekerja di kantor baru, kira-kira sudah dapat THR belum ya? Seperti meme yang satu ini. THR belum kelihatan, jodoh pun masih tak nampak.

(Baca Juga: Jelang Royal Wedding, Mayoritas Warga Inggris Masa Bodoh dengan Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle )

Banyak orang mencari hilal sebelum puasa. Bagaimana hilalnya bisa ketemu kalau sudah ditangkap sama Barack Obama.

Jika biasanya pemantauan hilal dilakukan menggunakan teleskop, kamu bisa mencoba sesuatu yang berbeda. Yayan Ruhian punya saran sendiri buat melihat hilal petang ini. Cobalah pakai sedotan agar terasa lebih greget.

(Baca Juga: Anak Milenial yang Dibesarkan dari Keluarga Broken Home Bikin Hidupnya Lebih Tegar? )

Pemantauan hilal biasanya memakan waktu, sehingga tidak bisa diputuskan dengan cepat kapan satu Ramadan akan tiba. Namun meme yang satu ini memperlihatkan Robby Purba, host sebuah ajang pencarian bakat yang menyerukan agar penentuan hilal ditentukan dari voting. Ada-ada saja ya.




Akibat Hilal Tak Terlihat, Ijtima Tentukan Awal Ramadan

Mesha Mediani , CNN Indonesia | Selasa, 15/05/2018 21:38 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Agama RI  telah mengumumkan 1   Ramadan 1439 hijriah jatuh pada Kamis (17/5). Hal tersebut disampaikan Menteri Agama RI Lukman RI dalam jumpa pers yang digelar di Kantor Kemenag RI, Jakarta, Selasa (15/5) malam. Lukman mengatakan akibat hilal (bulan sabit muda pertama) tak terlihat hingga sidang isbat digelar petang tadi, maka awal Ramadan 1439 hijriah ditentukan mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). "Bulan Syaban saat ini kita genapkan, kita sempurnakan dengan cara ijtima menjadi 30 hari. Maka, malam hari ini adalah tanggal 30 Syaban, dengan demikian 1 Ramadhan 1439 hijriah jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Mei 2018," ujar Lukman membacakan hasil sidang isbat malam ini.

Lukman menyatakan dalam sidang isbat pihaknya menerima laporan terkait dua hal yakni posisi hilal pada petang tadi, serta laporan para pelaku rukyatul hilal di 95 titik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. "Posisi hilal dinyatakan bahwa posisi hilal di seluruh Indonesia masih di bawah ufuk, yaitu berkisar antara minus 1 derajat 36 menit sampai dengan 0 derajat 2 menit," ujar Lukman. "Yang kedua, dari pelaku rukyatul hilal yang tersebar di 95 titik di seluruh tanah air, sampai dengan sidang isbat tadi berlangsung kita menerima laporan kesaksian mereka. Dan, dari yang melaporkan tidak satu pun yang berhasil melihat hilal," imbuhnya.

Dengan ditetapkan awal Ramadan esok lusa, maka awal puasa tahun ini akan jatuh bersamaan dengan ormas Muhammadiyah yang sudah lebih dulu menetapkan 1 Ramadan pada 17 Mei. Muhammadiyah menetapkan awal Ramadan berdasarkan metode hisab atau perhitungan. Sementara pemerintah, selain metode hisab, juga memberlakukan metode rukyatul hilal atau pengamatan hilal langsung. (kid/asa)



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply