Contact Form

 

Sambil Menangis, Iniesta Ucapkan Perpisahan dengan Barcelona


BARCELONA , KOMPAS.com — Teka-teki masa depan Andres Iniesta terjawab saat konferensi pers yang digelar di pusat latihan Barcelona , Ciutat Esportiva Joan Gamper, Jumat (27/4/2018).

Iniesta memutuskan akan mengakhiri kebersamaannya selama 16 tahun di Barcelona. Dia pastikan hengkang dari Camp Nou pada akhir musim ini.

Dihadiri seluruh pemain Barcelona, Iniesta tak kuasa menahan tangis ketika mengumumkan keputusan ini.

"Konferensi pers ini adalah untuk membuat keputusan ke publik bahwa musim ini adalah yang terakhir (air mata Iniesta mengalir). Ini adalah musim terakhir saya di sini," ucap Iniesta dikutip dari Bolasport.com .

(Baca Juga:  Buset! 3 Pemain Juventus Bisa Jadi Pemain Gratisan pada Akhir Musim Ini )

The moment... ???????????? #Infinit8Iniesta pic.twitter.com/OKFwD6fg6p

"Ini adalah keputusan yang tepat bagi saya. Saya mengerti bahwa setelah 22 tahun di sini (sejak berusia 12 tahun) saya tahu apa artinya menjadi pemain di tim ini (Barcelona), bagi saya tim ini terbaik di dunia," ucap Iniesta menambahkan.

Namun, pemain bernomor punggung delapan ini belum menentukan di klub mana dia akan melanjutkan karier. Beredar rumor Iniesta akan melanjutkan kariernya di Liga China bersama Tianjin Quanjian.

Berikut adalah berbagai gelar yang diraih Iniesta selama berseragam Barcelona:

8-Liga Spanyol: 2005, 2006, 2009, 2010, 2011, 2013, 2015, 2016, (Bisa bertambah jika musim ini Barcelona menjadi juara).

6-Piala Super Spanyol: 2005, 2006, 2009, 2011, 2012, 2014




Manchester - Pep Guardiola turut menyampaikan salam perpisahan untuk Andres Iniesta, yang akan meninggalkan Barcelona di akhir musim. Guardiola mengucapkan rasa terima kasihnya. Iniesta memutuskan bakal pergi dari Barcelona di akhir musim. Gelandang berusia 33 tahun itu meninggalkan tim yang sudah dibelanya selama 22 tahun atau sejak duduk di bangku akademi. Kepergian Iniesta membuat keluarga besar Barca kehilangan salah satu aset terbaiknya. Maklum, Iniesta adalah salah satu jebolan terbaik La Masia, yang sudah mempersembahkan 31 trofi bergengsi untuk klub asal Catalan tersebut. Guardiola, yang melatih Barca pada 2008-2012, turut mengucapkan terima kasihnya kepada Iniesta. Sebagai pelatih, ia merasa terbantu dengan kualitas Iniesta untuk membawa Barca tampil brilian. Keduanya pun bisa mempersembahkan 14 trofi untuk Barca. "Saya pikir dia adalah bagian dari sejarah Barcelona dalam kurun waktu 15-20 tahun terakhir yang tak mungkin terwujud tanpanya. Saya cuma bisa bilang terima kasih, dia sudah membantu saya," kata Guardiola seperti dilansir 101greatgoals. "Orang-orang berpikir manajerlah yang membantu pemain, tapi dalam beberapa kasus, Andres adalah salah satunya, dia membantu saya memahami permainan dengan lebih baik." "Lihat saja dia bermain, apa yang dia lakukan di lapangan. Jumlah tekel yang dia menangi, caranya bermain, adalah contoh untuk menjadi profesional di dalam dan luar lapangan." "Saya mendoakan yang terbaik untuk masa depannya. Ketika dia memutuskan pensiun, mudah-mudahan setelah satu dekade lagi, dia bisa kembali ke sepakbola, ke Barcelona pada khususnya, untuk melatih para pemain muda atau bahkan pemain profesional di lapangan," kata Guardiola. [Gambas:Video 20detik]




loading... BARCELONA - Andres Iniesta mengonfirmasi rencana pensiun dari Barcelona FC di akhir musim 2017/2018. Gelandang andalan El Barca berjanji tidak akan bergabung dengan tim manapun setelah pensiun. Iniesta telah 22 tahun bergabung dengan Barcelona. Dalam 16 musim terakhir, gelandang Spanyol memperkuat tim utama. Dia telah memainkan 669 pertandingan, membuat 57 gol dan merebut delapan gelar La Liga. Iniesta juga menyumbang enam gelar Copa del Rey, 7 Super Copa Spanyol, 4 trofi Liga Champions, 3 Piala Super Spanyol dan tiga trofi Piala Dunia Antar-klub. "Konferensi pers ini untuk menyampaikan bahwa ini menjadi musim terakhir saya di Barcelona. Setelah 22 tahun di sini, saya tahu arti menjadi pemain di tim terbaik dunia," kata Iniesta sambil meneteskan air mata saat konferensi pers di Ciutat Esportiva. "Jika saya membayangkan bagaimana karier saya harus berakhir, sekarang adalah waktu yang tepat. Sebetulnya sangat sulit untuk meningkalkan karier di sini, tetapi untuk terus berada di level terbaik sangat sulit," kata pemain 33 tahun. Iniesta telah dikaitkan dengan pindah ke Major League Soccer di Amerika Serikat dan Liga Super Cina. Ketika ditanya tentang langkah selanjutnya, dia menjawab "Musim ini belum selesai," katanya. (nug)




Media playback is not supported on this device World Cup moments: Andres Iniesta's winner in 2010 final

Barcelona legend Andres Iniesta will leave the Spanish club at the end of the season.

The Spain midfielder, 33, has made 669 appearances in 16 seasons, winning 31 trophies with Barca and three major tournaments for Spain.

Iniesta, who has been linked to a move to the Chinese Super League, has not said where he will play next season.

"I said I would never play against Barca so it is not going to be in Europe," he said.

"We will know at the end of the season - there are still things to talk about."

Media playback is not supported on this device Iniesta helped me understand football better - Guardiola

Iniesta has won the 2010 World Cup, Euro 2008 and Euro 2012 with Spain, as well as four Champions Leagues and eight La Liga titles - soon set to become nine - with Barcelona.

"It is a difficult day for me to be here saying goodbye when I've spent my whole life here," he said in an emotional news conference watched by his family, team-mates and manager Ernesto Valverde.

Fighting back tears, he added: "A great deal of who I am, is down to Barca and La Masia - I am very thankful to them.

"I spoke to a lot of people - players, coaches - and I know what they want, but I tried to be honest with myself and the club."

Iniesta has been an integral part of the Barcelona team this season, scoring in the 5-0 Copa del Rey final win over Sevilla.

They have five games left this season and will wrap up the title if they avoid defeat by Deportivo la Coruna on Sunday.

He has spent his entire career with Barcelona after joining as a 12-year-old and has made the second most appearances in the club's history - behind Xavi, his midfield partner of over a decade before his 2015 move to Al Sadd in Qatar.

Iniesta was magnificent in Saturday's cup final win over Sevilla, scoring an excellent goal and running the game before coming off to a standing ovation from both sets of fans.

"I want to be remembered as a great footballer and a great player," he said. "When our football days are over, that's all we are - people."

'It's been an honour to play alongside you' - reaction

Manchester City manager Pep Guardiola, who coached Iniesta at Barcelona: "He's another part of the history of Barca, the last 15 or 20 years would not be possible without him.

"I just want to say thank you because he helped me to understand the game better. Just watching him, what he does on the football pitch despite of the amount of tackles, the way he's a professional.

"It was a pleasure - I learned a lot just being with him."

Chelsea and Spain forward Pedro, who played alongside Iniesta at Barcelona, tweeted: "Thanks a lot, it has been a great honour to play alongside you. Good luck in your next stage."

Atletico Madrid striker Fernando Torres, who won the World Cup and two European Championships alongside Iniesta, tweeted:"How many wonderful moments we have lived together!"

Spain and former Real Madrid goalkeeper Iker Casillas tweeted: "It has been a pleasure to be able to enjoy your football for Spain and share the jersey with you. Together we won the most beautiful. Separately, maximum rivalry with the most respect. Good luck in your new stage."

Barcelona president Josep Maria Bartomeu: "You have the eternal gratitude of Barca fans and the whole football world. Today is not a farewell, it's a see you soon."

La Liga rivals Valencia on Twitter: "Thanks for your football! Good luck for the future!"

La Liga rivals Sevilla on Twitter "We want to say congratulations to a legend of Spanish football on a stunning career with Barcelona. You will always have our respect and appreciation and we wish you luck in your next adventure."

Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply