Contact Form

 

Manfaat Menabung Bisa Membuat Kita Lebih Mandiri, Mulai Menabung, yuk!


Manfaat menabung telah banyak ditunjukkan oleh para miliarder.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menabung merupakan salah satu kegiatan yang baik dalam pengelolaan uang. Ada beberapa manfaat dari menabung.

Thomas C Corley, seorang akuntan publik sekaligus perencana keuangan bersertifikat menghabiskan waktu selama lima tahun untuk mempelajari kebiasaan para miliarder. Dia juga memperluas wawasannya dengan membaca berbagai buku, termasuk di antaranya adalah buku berjudul Change Your Habits and Change Your Life.

Corley pun mewawancarai 233 orang yang memiliki pendapatan kotor setidaknya 160 ribu dolar AS per tahun dan 3,2 juta dolar AS untuk aset besihnya. Sebanyak 177 di antaranya adalah orang-orang bekerja secara mandiri.

Dalam wawancara tersebut, Corley menemukan banyak fakta mengenai kehidupan miliarder, termasuk kebiasaan sehari-hari untuk menabung yang membuat mereka menjadi seperti saat ini. Corley menulis dalam bukunya bahwa 80 persen dari miliarder yang bekerja mandiri tidak menjadi kaya sampai usia 50 tahun, tetapi hampir semuanya memulai dengan cara yang sama.

"Miliarder yang bekerja mandiri, dalam studi saya, semuanya menetapkan tujuan untuk menghemat 10 hingga 20 persen dari pendapatan mereka selama tahun-tahun sebelum mereka menjadi jutawan," tulis Corley, dilansir Stuff beberapa waktu lalu.

Menurut St Louis Federal Reserve, rata-rata warga di Amerika Serikat (AS) memiliki tingkat tabungan sekitar delapan persen. Satu hal yang lebih penting dari studi Corley ialah para miliarder sebelumnya telah sengaja menyimpan tabungan mereka secara tepat.

Menggunakan strategi yang oleh Corley disebut "the bucket system", mereka membagi-bagikan tabungan mereka ke dalam empat kategori umum. Mereka menyebar asetnya di tabungan pensiun, pengeluaran khusus, pengeluaran tak terduga, dan biaya siklus.

Tabungan pensiun mencakup rencana pensiun di tempat kerja, yaitu uang yang diinvestasikan untuk pertumbuhan dan dibelanjakan di kemudian hari. Kemudian ada biaya pendidikan masa depan, biaya pernikahan, uang muka rumah, dan biaya besar lain yang diharapkan adalah bagian dari kategori berikutnya.

Kategori ketiga kurang lebih merupakan dana darurat dengan rekening terpisah serta uang tunai untuk digunakan kembali atau jika terjadi hal yang tak diinginkan, seperti kehilangan pekerjaan tiba-tiba atau masalah kesehatan darurat. Terakhir, kategori tabungan untuk hadiah ulang tahun dan liburan.

Strategi tabungan ini terbukti penting bagi hampir setengah dari miliarder dalam studi Corley, yang menurutnya mengikuti Saver-Investor Path. Para miliarder pada akhirnya mampu hidup dengan 80 persen atau kurang dari gaji yang dimiliki.

Mereka tetap konsisten dan sabar serta tidak pernah memamerkan kekayaan mereka. Satu hal yang terpenting, mereka menggunakan waktu untuk keuntungan mereka.

"Jutawan yang mandiri membuat kebiasaan menabung. Semakin Anda bisa menabung di usia dini, semakin banyak kekayaan yang akan Anda kumpulkan,” jelas Corley.


BANGKAPOS.COM - Materi belajar melalui TVRI untuk siswa SD kelas 1,2 dan 3 hari ini Jumat 24 April 2020 tentang Mari Menabung.

Materi ini akan ditayangkan di TVRI  pada pukul 08.30 WIB setelah tayangan untuk murid PAUD.

Sahabat Pelangi mesti tahu apa manfaat menabung untuk anak-anak?

- Belajar hemat - Mencegah berhutang - Belajar sabar - Belajar lebih disiplin - Belajar hidup sederhana - Belajar mengelola keuangan

Menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang anda miliki untuk disimpan.

Menabung ialah salah satu cara dalam mengelola keuangan untuk mencapai keinginan anda.

Menurut KBBI, menabung itu memiliki 1 arti. Menabung berasal dari kata dasar yakni tabung.

Menabung itu memiliki arti kedalam golongan atau kelas kata kerja (verba ) sehingga menabung bisa menyatakan sebuah tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.




Bobo.id -  Sebelum berangkat ke sekolah, biasanya orang tua akan memberikan uang jajan atau uang saku kepada kita. Uang saku yang diberikan ini bisa kita gunakan untuk jajan di sekolah, misalnya membeli makanan. Namun uang saku tidak harus selalu dihabiskan untuk jajan ketika di sekolah, nih, teman-teman. Uang saku yang kita dapatkan setiap hari juga bisa disisihkan untuk ditabung, lo. Ternyata ada lima manfaat yang bisa kita dapatkan dari menabung . Apa saja, ya, manfaat menabung ? Baca Juga: Ingin Menjaga Kesehatan Tulang? Hindari Mengonsumsi 3 Makanan dan Minuman Ini, Bisa Bikin Tulang Rapuh! 1. Belajar Mengatur Uang yang Dimiliki Menabung bisa membuat kita mengatur uang yang dimiliki, teman-teman. Ketika ingin membeli sebuah barang dengan cara menabung, ini artinya kita harus menyisihkan sebagian uang jajan. Ada sebagian uang saku yang harus ditabung, sedangkan sisanya digunakan untuk jajan. Nah, hal ini akan membuat kita jadi harus mengatur uang saku yang digunakan untuk ditabung, maupun untuk jajan. Misalnya, kita mendapat uang saku sebesar Rp 10.000, maka uang saku bisa dibagi dua, yaitu Rp 5.000 untuk ditabung, lalu sisanya untuk jajan. Baca Juga: 4 Jenis Rumput Laut yang Ada di Indonesia Beserta Manfaatnya 2. Mengajarkan Kita Hidup Hemat Meski sedang tidak ada barang yang kita inginkan untuk dibeli, teman-teman bisa tetap menabung, kok. Yap, selain saat ingin membeli barang, menabung juga bisa dilakukan kapan saja. Karena menabung membuat kita harus menyisihkan uang saku, maka uang saku yang digunakan untuk jajan jadi lebih sedikit. Ini artinya, menabung bisa mengajarkan kita untuk berhemat. Alasanya, karena uang saku yang didapatkan tidak selalu dihabiskan untuk jajan saja, tapi kita juga bisa menghematnya untuk ditabung. Selain itu, saat uang saku yang kita miliki jadi berkurang karena ditabung, maka kita jadi hanya akan membeli barang yang dibutuhkan, bukan diinginkan. Baca Juga: Apa Saja Nilai-Nilai Moral dalam Perahu Jong? Ketahui Sejarah Permainan Perahu Jong, yuk! 3. Mengajarkan Kita agar Tepat Janji Teman-teman mungkin pernah membuat janji dengan diri sendiri untuk menabung setiap hari, misalnya sebanyak empat ribu rupiah.

Siapa yang pada awalnya sulit untuk menepati janji ini? Namun karena sudah berjanji pada diri sendiri, maka hal ini harus ditepati. Terlebih kalau kita menabung untuk membeli suatu barang. Yap, dengan menabung, manfaat yang bisa didapatkan adalah mengajarkan kepada diri sendiri untuk bisa menepati janji yang sudah dibuat sendiri. Baca Juga: Kulit Ternyata Merupakan Organ Tubuh Terbesar! Ketahui Berbagai Fakta Lain Tentang Kulit 4. Memiliki Dana Cadangan Manfaat menabung lainnya adalah agar kita memiliki dana cadangan, nih. Misalnya, saat orang tua lupa memberikan uang saku sebelum kita berangkat ke sekolah, teman-teman tidak perlu bingung. Karena memiliki uang di tabungan, kita bisa menggunakan uang di tabungan lebih dulu untuk menggantikan uang saku. Selain itu, dana cadangan dari tabungan ini juga bisa digunakan untuk hal lain. Contohnya saat kita memiliki keperluan mendesak yang harus dibeli, maka uang tabungan bisa digunakan untuk membelinya. Baca Juga: Jus Buah Hingga Sereal, Inilah 4 Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Saat Pagi Hari 5. Belajar untuk Mandiri Biasanya, kalau kita ingin membeli barang, seperti buku, mainan, atau sepeda, teman-teman akan meminta untuk dibelikan oleh orang tua. Nah, kalau kita menabung, maka hal ini juga mengajarkan teman-teman untuk belajar mandiri. Dengan menabung, teman-teman jadi memiliki dana yang cukup untuk membeli sendiri barang yang diinginkan. Hasilnya, kita jadi tidak perlu selalu meminta orang tua saat ingin membeli suatu barang. Baca Juga: Berusia Seabad Lebih, Terowongan Ini Tetap Dilintasi Kereta Tiap Hari Wah, ternyata manfaat menabung yang bisa kita dapatkan ada banyak, ya! Teman-teman bisa mulai menabung sedikit dulu, kemudian meningkat menjadi jumlah yang besar, agar terasa lebih mudah. ----- Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa dan komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids dan Album Donal Bebek. Tinggal klik di https://www.gridstore.id Yuk, lihat video ini juga! VIDEO




TRIBUN-TIMUR.COM -  Berikut soal, lengkap dengan kunci jawaban Materi Belajar Matematika bersama Pak Ridwan untuk murid Kelas 4 5 6 SD Gemar Mewarnai TVRI, Jumat (24/4/2020) pagi.

Hari ini Jumat 24 April 2020 , Materi Belajar Matematika bersama Pak Ridwan yakni pemecahan masalah: Perbandingan dan Skala.

Berikut tiga pertanyaan dan jawaban SD kelas 4 5 dan 6 materi Jumat (24/4/2020):

1. Pak Ridwan dapat menyelesaikan 15 pekerjaan dalam waktu 2 hari. Berapa banyak pekerjaan yang dapat ia selesaikan dalam waktu 4 hari?

Ditanya: Berapa banyak pekerjaan yang akan ia selesaikan dalam waktu 4 hari?

Jadi banyak pekerjaan yang akan di selesaikan Pak Ridwan adalah: 30 pekerjaan.







Melansir dari Twitter @TVRINasional, berikut jadwal belajar dari rumah hari ini, Jumat 24 April 2020.

08.30-09.00, Sahabat Pelangi: Mari Menabung (SD Kelas 1-3 dan sederajat)

09.00-09.30, Gemar Matematika: Perbandingan dan Skala (SD Kelas 4-6 dan sederajat)

09.30-10.00, Situs Bersejarah: Batu Berak (SMP dan sederajat)

10.30-11.00, Sahabat Keluarga: Menjadi Orangtua (Orangtua/Guru)

Program belajar dari rumah ini ditayangkan oleh TVRI melalui TV atau link live streaming TV Online berikut :










Berikut soal dan pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI untuk SMP, edisi Jumat 24 April 2020 :

1. Menurutmu, upaya apa yang dapat dilakukan untuk menjadikan wisata alam sebagai wisata andalan suatu daerah?

2. Jika kamu adalah pemimpin di suatu daerah yang memiliki banyak situs bersejarah, apakah yang akan kau lakukan untuk melestarikan situs-situs tersebut?

• UPAYA Jadikan Situs Batu Berak sebagai Wisata Andalan: Jawaban Belajar di Rumah TVRI Jumat 24 April

• Manfaat Menabung dan Cara Menabung: Jawaban Belajar di Rumah TVRI Jumat 24 April

Situs ini pertama kali ditemukan pada tahun 1951 oleh rombongan transmigrasi Biro Rekonstruksi Nasional (BRN) dari Subang, Jawa Barat, berjumlah 70 KK (Kepala Keluarga) yang dipimpin oleh Ama Raden Poeradirja.

Puluhan tahun setelah ditemukan, pada tahun 1980 penelitian pertama dimulai oleh Prof. Dr. Haris Sukendar seorang arkeolog dari Jakarta.

Situs Batu Berak ini berada di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung yang bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten.

Situs ini telah melalui pemugaran sebanyak empat tahap yang dimupai pada 1984 - 1989.

Pada 1989, kompleks Situs Megalitik Batu Berak mulai dibuka untuk umum baik untuk wisata maupun penelitian.

Peninggalan sejarah dan purbakala situs megalitik Batu Berak atau biasa disebut masyarakat sekitar dengan situs Kebon Tebu.






Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply