Contact Form

 

Riwayat Sakit Ria Irawan, dari Rahim, Kanker Itu Menyebar Hingga ke Otak Halaman all


JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Ria Irawan meninggal dunia pada Senin (6/1/2020) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.

Kabar kematian aktris multitalenta itu dikonfirmasi oleh suami Ria, Mayky Wongkar, saat dihubungi Kompas.com , Senin pagi.

Ria Irawan meninggal dunia setelah mengidap kanker.

Kompas.com merangkum perjalanan riwayat penyakit Ria Irawan sebagai berikut:

Baca juga: Cerita Pilu Melly Goeslaw, dari Jepang Pantau Kabar Ria Irawan Kritis hingga Tutup Usia

Dalam wawancara di Palmerah Barat, Jakarta Barat, pada 5 Mei 2015 lalu, menjelaskan, mulanya pada 2009 ia mengetahui ada mioma di rahimnya.

Saat itu, ia menghindari operasi pengangkatan rahim.

Hingga akhirnya, Ria didiagnosa kanker endometrium atau kanker dinding rahim.

Baca juga: Unggah Foto Keranda Jenazah Ria Irawan, Dewi Irawan: Pulang, Adikku Sayang

Ria menjalani operasi pengangkatan rahim pada 30 September 2014.

Dalam operasi tersebut dokter pun melakukan biopsi.

Tak hanya itu, indung telur Ria juga ikut diangkat bersama rahimnya.

Dari hasil biopsi, kanker di tubuh Ria ternyata sudah menyebar ke kelenjar getah bening pada bagian panggul.

Baca juga: Ria Irawan Berpulang Setelah 10 Tahun Berjuang Lawan Kanker...

“Ternyata kelenjarnya aktif. Jadi kankernya masih endometrium, tapi metastasenya (penyebaran) getah bening. Makanya (stadium) 3 C. Kalau udah stadium 4, itu (penyebaran) di otak, tulang,” terang Ria.

Pada 2014, kanker kelenjar getah bening yang diidap Ria Irawan sempat dinyatakan sembuh. Sebab, Ria rutin menjalani kemoterapi.

Bahkan Ria juga kembali bermain film pada 2015 bertajuk Bulan di Atas Kuburan .

Baca juga: Sempat Rayakan Anniversary, Unggahan Terakhir Ria Irawan Buat Sendu

Pada 2019, Ria terlibat dalam dua film yakni Kuambil Lagi Hatiku.  Dalam film itu Ria Irawan beradu akting dengan Lala Karmela dan Cut Mini.

Yang terbaru Ria membintangi film Wedding Agreement yang juga dibintangi Indah Permatasari, Refal Hadi dan Mathias Muchus.

Dalam film garapan sutradara Archie Hekagery itu Ria berperan sebagai Budhe Tari.

Baca juga: Kondisi Ria Irawan Kritis Sebelum Meninggal

Namun pada pertengahan 2019 kanker diketahui sudah menjalar ke organ paru-paru hingga otak Ria Irawan.

Ria kembali dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, pada 18 November 2019.

Ria Irawan sebelumnya memang dirawat di RSCM karena kondisi fisiknya yang memburuk.

Baca juga: Suami Sebut Ria Irawan Meninggal Saat Azan Subuh

Ketika itu Ria berharap mendapat kesembuhan dan ingin orang-orang mendoakan yang terbaik untuk kondisinya saat itu

Hal tersebut disampaikan Ria dalam sebuah video berdurasi 3 menit 23 detik.

Video itu dikirimkan suami Ria, Mayky Wongkar, kepada Kompas.com via e-mail, pada 11 November 2019.

"Mohon doanya, biar diangkat penyakitnya, amin...," ucap Ria terbata-bata.

Saat mengucapkan harapannya itu, Ria bahkan dibantu kakaknya, Dewi Irawan.

Di dalam video terlihat Ria sedang berbaring di tempat tidur sambil menonton televisi, sesekali Ria tersenyum ke arah kamera.

Ria Irawan meninggal dunia pada Senin (6/1/2020) sekitar pukul 04.00 WIB.

Meninggalnya Ria Irawan dibenarkan oleh sang suami, Mayky Wongkar, saat dihubungi melalui sambungan telepon.

“Iya barusan (meninggal), pas azan Subuh,” ucap Mayky sembari terisak.

Mayky juga menyebutkan bahwa kondisi Ria Irawan sudah kritis. Hingga saat ini, sang suami tengah mengurus keperluan almarhumah.

Selanjutnya, jenazah Ria Irawan dibawa ke rumah duka di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, untuk disemayamkan.




View this post on Instagram

"Rest in Love Ria Irawan.. speechless gue.. @riairawan .. gue bakal kangen banget sama lo.. komitmen lo buat film Indonesia itu luar biasa dan komitmen lo buat sesama lo lebih dari semua itu.. I love you and you will be missed ?????????????"

A post shared by Lukman Sardi (@lukmansrd) on Jan 5, 2020 at 2:57pm PST


#4niesDatangIndonesiaSenang Vs #gubernurterbodoh, hingga Ria Irawan Jadi Trending Awali Pekan Ini

Banjir Jakarta masih menjadi pembicaraan hangat warganet sepekan belakangan ini. Tagar tentang banjir dan mengkritik Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun menjadi trending topik setiap harinya. Hari ini, Senin 6 Januari 2020, tagar #4niesDatangIndonesiaSenang menjadi trending.

Sudah ada lebih dari 51 ribu cuitan yang menggunakan tagar #4niesDatangIndonesiaSenang. Dalam cuitannya, warganet mengapresiasi langkah Anies yang terjun langsung membantu kerja bakti di wilayah yang terkena banjir di Jakarta. Lokasi yang didatangi Anies, yakni Jakarta Timur.

Baca Juga: Anies Klaim Hampir Semua Wilayah Jakarta Sudah Surut

Salah satu akun @HukumDan menyebut, semua korban banjir yang terjadi di Jabodetabek mengadu ke Anies.

@HukumDan: Saking ngefans sama pak anies. Banjir di Serpong ngadunya ke pak anies. Banjir di Depok ngadunya juga ke pak Anies. Contoh Yunarto @yunartowijaya ngefans ke pak anies. Banjir di bandung mensen juga pak Anies #4niesDatangIndonesiaSenang

Beda lagi dengan tagar #gubernurterbodoh, warganet meluapkan kekesalannya kepada Anies. Warganet yang tak mendukung Anies menyakinkan kembali apa yang disampaikan saat kampanye Pilkada kemarin.

@MellsDentist: Google said... OMG it's not hoax #gubernurterbodoh shame on you @aniesbaswedan and the stupid opinion from you ia "air dimasukkan ke dalam tanah, bukan dialirkan melalui gorong2 ke laut krn melawan sunatullah" of course that you're abosolutely stupid

Terakhir, tentang tagar Ria Irawan. Kabar duka datang dari aktris senior Ria Irawan. Dia meninggal dunia Senin 6 Januari 2020 usai azan subuh tadi pagi. Ria meninggal saat tengah berjuang melawan kanker endometroim stadium 3 C sejak tahun 2014.

Warganet kaget sekaligus mendoakan kepergian aktris terbaik di Indonesia ini. @muti_moutia: Rest in peace mba Ria Irawan. You're really amazing and stronger women . Innalillahiwainaillaihi rojiun

@muind: Woke up to the news of Ria Irawan’s passing. Thank you for your art and the friendly banters in the early ages of social media, Mbak. Rest in love

Partner Sindikasi Konten: Viva


JAKARTA, KOMPAS.com  - Artis peran Tora Sudiro terlihat melayat ke rumah duka Ria Irawan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020).

Kepada awak media, Tora pun mengaku tahu kabar meninggalnya Ria Irawan malalui Twitter .

“Kaget saja tadi pagi saya baru bangun pas hujan deres, saya buka Twitter dapet kabar kalau Ria sudah enggak ada. Tapi, ya mau bagaimana, Tuhan lebih sayang kayaknya,” ucap Tora Sudiro.

Baca juga: Riwayat Sakit Ria Irawan, dari Rahim, Kanker Itu Menyebar Hingga ke Otak

Mengenang sosok Ria Irawan, Tora mengaku almarhumah merupakan pekerja seni yang profesional.

Bahkan, Tora sempat terlibat beberapa kali syuting bersama Ria Irawan.

“Ria orang yang profesional banget ya. Saya syuting beberapa kali sama dia, minder saya, dia baik juga sama temen, asyik lah pokoknya,” tuturnya lagi.

Sayang, Tora belum sempat menjenguk Ria Irawan semasa dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Baca juga: Cerita Pilu Melly Goeslaw, dari Jepang Pantau Kabar Ria Irawan Kritis hingga Tutup Usia

Ria Irawan memang diketahui berjuang melawan penyakit kanker getah bening sejak tahun 2009.

Sempat dinyatakan sembuh, namun kanker getah bening yang diidap Ria Irawan kembali aktif.

Ria Irawan pun kembali menjalani pengobatan sejak September 2019 lalu.

Namun, kondisi Ria Irawan semakin memburuk hingga dirinya menghembuskan napas terakhir pada Senin (6/1/2020) subuh.

Baca juga: Ria Irawan Meninggal Dunia, Pelayat Mulai Berdatangan ke Rumah Duka




Kapanlagi.com - Perjuangan panjang Ria Irawan sebagai kanker survivor akhirnya berakhir juga. Hari Senin (6/1), sang aktris senior meninggal dunia di usia 51 tahun. Kabar itu begitu mengejutkan banyak pihak, mengingat kondisi beliau dalam beberapa waktu terakhir ini tak terlihat sedang drop. Selain pihak keluarga, sosok aktris Ine Febriyanti juga terlihat hadir di rumah duka. Ia dan suaminya memang bersahabat dekat dengan sang almarhumah. Bahkan, banyak sekali kenangan yang hingga saat ini masih begitu dikenang oleh Ine. "Saya nggak banyak ketemu (Ria), tapi setiap saya ketemu beliau selalu ingatan-ingatan itu saya simpan karena sangat berkesan. Contohnya saya pernah sakit di Yogya, waktu lagi syuting BUMI MANUSIA , dia bikinin saya oil biar nggak sakit dan oil itu masih ada sampai sekarang dan selalu saya pakai," ungkap Ine ketika ditemui di rumah duka Ria Irawan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, (6/01) Senin pagi. Â

Semasa hidupnya, sosok Ria dikenal begitu ceplas-ceplos dalam bertutur kata. Namun di sisi lain, beliau juga sangat perhatian terhadap teman-temannya. Hal itu diamini oleh Ine yang juga pernah merasakan perhatian tulus dari sang almarhumah. "Saya kemarin udah mau minta lagi (oil), tapi nggak mungkin, lagi sakit kan Mbak Ria-nya. Gitu lah mbak Ria itu perhatian orangnya, baik. Emang sih agak cuek banget dan ceplas-ceplos, tapi she's really hatinya baik sekali," sambungnya.

Ine adalah artis pertama yang terlihat hadir di rumah duka untuk melihat almarhumah untuk terakhirnya. Tak lupa doa-doa baik pun disematkannya untuk mengiringi kepergian Ria Irawan. "Kita semua pasti akan mendoakan beliau. Semua yang hadir di sini, kawan-kawan dekat beliau yang pasti mendoakan dengan tulus. Yang pasti semua kesalahan beliau, kita maafkan kesalahannya dan kebaikannya kita doakan semoga bisa diterima di sisi Allah," tutup bintang film BUMI MANUSIA itu. Berita Meninggalnya Ria Irawan Lainnya..




Jakarta - Ria Irawan meninggal dunia Senin, 6 Januari 2020 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Ia tutup usia setelah berjuang melawan kanker yang diidapnya selama bertahun. Semasa hidupnya, Ria Irawan dikenal sebagai aktris yang ramah dan mudah bergaul. Ia bahkan dikabarkan pernah dekat dengan personel The Rolling Stones, Mick Jagger. Kabar tersebut santer terdengar pada masanya. Akan tetapi kebenaran hubungan mereka belum pernah terkonfirmasi.

Hanya saja, pada saat itu, Ria Irawan membenarkan bahwa Mick Jagger pernah bermalam di kediamannya. Majalah TEMPO terbitan 3 Desember 1988 pernah menulis mengenai hal itu. "Mick sempat menginap di rumah saya," ujarnya. Dalam pertemuan Mick Jagger dan Ria Irawan berkeliling Jakarta bahkan sempat piknik ke Kebun Raya Bogor dan Puncak. Hubungan pertemanan tersebut terjadi ketika vokalis The Rolling Stone itu tampil di Stadion Utama Jakarta, Senayan dalam konsernya yang berlangsung pada 30 Oktober 1988. Kenangan mengenai kedekatan Ria Irawan dan Mick Jagger juga diunggah oleh vokalis D'MASIV, Rian Ekky Pradipta di akun Instagram. Rian mengunggah foto Ria Irawan dan Mick Jagger tengah menaiki sepeda. Keduanya terlihat tertawa bahagia. "Innalillahi wa inna illaihi rajiun. selamat jalan mba @riairawan ..Turut berduka cita, semoga almarhumah husnul khotimah. 🙏😭 foto ini moment saat @mickjagger manggung di jakarta tahun 1988," tulis Rian. [Gambas:Instagram]

Simak Video " Mengenang Perjuangan Ria Irawan Hadapi Kanker "




Jakarta - Ria Irawan mengungkapkan dirinya telah sembuh dari kanker pada Maret 2019. Namun, mengalami metastase, sel kankernya kembali menyebar. Melihat dari berbagai sumber, metastase atau metastasis adalah penyebaran sel kanker dari satu organ atau jaringan ke organ atau jaringan lainnya. Penyebaran tersebut biasanya menyebar melalui darah atau kelenjar getah bening. Saat itu, Ria Irawan kembali menjalani perawatan di RSCM, Salemba, Jakarta Pusat pada 1 September 2019. Selama dirawat, Dewi mengatakan Ria tak pernah mau menunjukkan rasa sedih jika ada teman yang menjenguk. Baca juga: Sembuh dari Kanker, Ria Irawan Berjanji Ingin Bermanfaat untuk Orang Banyak

"Dia kalau ada teman-temannya datang berusaha ceria. Dia nggak mau nunjukin wajah sedihnya," kata Dewi Irawan saat itu kepada detikcom. Ria Irawan sempat memperlihatkan proses radiasi yang dilakukannya. "Baru selesai Radiasi pertama fase yang ke dua.. Kali ini akan menjalankan radiasi sebanyak 5 kali," tulis Ria Irawan di sebuah postingannya di Instagram. Kini Ria Irawan telah berpulang untuk selama-lamanya. Meninggal di RSCM, Salemba, Jakarta Pusat, jenazah Ria akan dibawa ke rumah duka di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Simak Video " Mengenang Perjuangan Ria Irawan Hadapi Kanker "




JAKARTA, Aktris Ria Irawan meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker. Kabar duka itu disampaikan komika, aktor dan sutradara Ernest Prakasa melalui akun Twitternya.

Ernest Prakasa sendiri mengaku mengetahui kabar duka tersebut langsung dari kakak Ria Irawan, Dewi Irawan. “Baru dapat kabar dari Mbak @dewiirawan13, Mbak @RiaIrawan tersayang sudah berpulang. Selamat jalan Mbak Ria yang baik, sampai jumpa lagi,” cuit Ernest Prakasa, Senin (6/1) pagi.

Seperti diketahui, Ria Irawan selama beberapa bulan terakhir tengah berjuang melawan kanker dan tumor yang kembali menjalar di tubuhnya. Belakangan, kanker dan tumor tersebut sudah menjalar di paru-paru hingga otaknya.

Ria Irawan merupakan aktris kelahiran 24 Juli 1969, merupakan putri dari aktor dan aktris terkenal Tanah Air, Bambang dan Ade Irawan. Ria membintangi sejumlah film layar lebar sejak tahun 1970-an. Beberapa film Ria yang terkenal di antaranya: Lupus, Istriku Sayang Istriku Malang, Biola Tak Berdawai dll.

Ria Irawan pernah mengatakan sembuh dari kanker kelenjar getah bening yang diidapnya. Namun kondisinya kembali drop. Ria pun beberapa kali menjalani perawatan di RSCM. Meski sakit, ia tak pernah menunjukkan kesedihan.

“Dia kalau ada teman-temannya datang berusaha ceria. Dia nggak mau nunjukin wajah sedihnya,” kata Dewi Irawan, sang kakak.

Dalam postingannya, Ria pun membagikan momen dirinya semangat menjalani pengobatan. Meski tersenyum, Ria juga memperlihatkan kepalanya harus kembali botak. Ia memperlihatkan salah satu momennya di rumah sakit lewat postingan tersebut.

“Never give up, hari keempat alhamdulillah. Semakin baik, tadi sudah bisa jalan ke toilet. Buat pasien di kamar ini, kalau bisa turun dari kasur rasanya sudah sesuatu banget. Kualitas nenikmati hidup dengan bertahap tetap semangat semuanya,” tulis Ria Irawan.

Hari ini, Ria Irawan dikabarkan meninggal dunia. Ria meninggal dunia di RSCM, Salemba, Jakarta Pusat .(suara)




Liputan6.com, Jakarta - Awan duka tengah menyelimuti dunia perfilman Tanah Air. Salah satu bakat terbaiknya, aktris Ria Irawan mengembuskan napas terakhir pada Senin (6/1/2020) pagi.

Ria Irawan meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker yang dideritanya sejak 2014 lalu. Kabar duka pun disampaikan oleh deretan pesohor, salah satunya aktris Marsha Timothy.

"Innalillahi Wa Innailaihi rojiun" selamat jalan mbak ria irawan... May you rest in love. Turut berduka cita sedalam-dlamanya, semoga utk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi ketabahan dan kelikhlasan.." tulisnya di Instagram Story pribadi.


Kabar duka datang dari dunia entertainment. Ria Irawan meninggal dunia di RSCM, Jakarta Pusat. Banyak netizen yang berduka dan mengucapkan bela sungkawa.



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply