Contact Form

 

Anies Baswedan Jadi "Gubernur Terbodoh" di Google


JAKARTA - Kalau kamu mengetikkan “Gubernur Terbodoh” di pencarian Google, maka yang muncul adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Hasil pencarian akan mengarah ke Line Today, Seword, Telset, dan Quora. Begitu juga kalau "Gubernur Terbodoh" diketik pada pencarian Google Images, maka yang muncul adalah foto Anies Baswedan. Insiden ini serupa dengan yang dialami oleh Donald Trump pada 2018.Kala itu, pengguna yang mengetikkan kata "idiot" akan melihat ulasan atau foto terkait Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Lalu, kenapa hal ini bisa terjadi?Hal ini disebabkan oleh algoritma Google yang menampilkan hasil dengan keterikatan kuat atas kata kunci yang diketikkan. CEO Google, Sundar Pichai pernah menjelaskan bahwa Google menjelajah miliaran laman setiap pengguna mengetikkan kata kunci. Google lalu mencocokkan laman tersebut dan memberikan peringkat berdasarkan lebih dari 200 indikasi. Indikasi ini berupa relevansi, popularitas, paling baru, dan cara orang lain menggunakannya.Demikian dilansir Indozone.id. Penelusuran GoNews.co pada Minggu (5/1/2020), kata kunci "Gubernur Terbodoh" memang menampilkan banyak sekali foto Anies Baswedan, tapi sebatas mata memandang, kebanyakan foto tersebut merupakan unggahan beberapa hari terakhir.***




Sign in

Welcome! Log into your account

your username


A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on Jan 1, 2020 at 5:15pm PST

ARTIKEL LAINNYA


WowKeren - Banjir di sebagian besar wilayah Ibu Kota turut dirasakan sejumlah artis. Dampak tersebut membuat beberapa artis menuliskan kritiknya pada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Seperti yang dilakukan Celine Evangelista dan Fero Walandouw.

Celine bahkan terang-terangan membandingkan kinerja Anies Baswedan dan Gubernur sebelumnya, yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sedangkan Fero merasa heran akan kinerja Gubernur Anies yang bahkan diketahui memangkas anggaran dana untuk penanggulangan banjir.

Kritik yang sama juga diutarakan Rayen Pono. Mantan vokalis grup bentukan Maia Estianty yakni Pasto tersebut membagikan capture pencarian Google "gubernur terbodoh" yang lantas memunculkan berita-berita soal Anies. Lebih lanjut, Rayen mengkritik agar kebodohan tersebut tak mengorbankan banyak orang.

"Google cuma engine (Objek).. ini bukti hasil dari penilaian publik (Subjek).. BODOH itu artinya orang yg gak mau belajar, cuek, malas (lanjutin sendiri)," tulis Rayen pada Jumat (3/1). "Kalo bodohmu cuma buat dirimu sendiri gak masalah... Tapi bodohmu kali ini akhirnya mengorbankan BANYAK ORANG & BANYAK HAL."

Melihat postingan tersebut, followers Rayen justru menyindir balik. Beberapa penggemar mengaku kehilangan respect lantaran Rayen mengatakan hal demikian. Sebagian yang lain bahkan menyebut Rayen artis tak laku hingga terbodoh karena kritiknya tersebut.

Instagram

"Sorry mabro, respect gua ilang ke lu," komentar akun @a***ikafmubarok. "Wah hilang respect nih sama rayen pono, karya lu apa sih yg bermanfaat sampe bisa ngatain bodoh ke orang. Yg kaya gini nih bikin males follow. Bukannya berkarya malah nyinyir," sahut akun @f***drichromero. "Artis yg pengikutnya cuma 35rb. Pikirannya kayak gini," tulis akun @a***nishaklestaluhu.

"Artis kurang laku," balas akun @m***mmadtohiri. "@rayenpono ARTIS TERBODOH DALAM SEJARAH," komentar akun @w****an_charra. "Pdhl dlu aku ngefans...yg banjir dmn2 mas..dn gubernurx bkn dia aja..kl sdh ga suka emang ya..ada aj," sahut akun @e***da262.

You can share this post!


JAKARTA - Kata kunci 'Gubernur Terbodoh' dan 'Anies Baswedan Gubernur Terbodoh' banyak dicari di google. Hingga Minggu (5/1/2020) pukul 16.00 WIB, ada 29 daerah di Indonesia tertarik pada 'Gubernur Bodoh', dan 8 daerah tertarik pada 'Anies Baswedan Gubernur Bodoh'.10 besar dari 29 daerah itu meliputi:1. Kalimantan Tengah2. Sulawesi Barat

3. Jambi 4. Bali5. Kalimantan Utara6. DKI Jakarta7. Banten8. Kalimantan Barat9. Nusa Tenggara Barat10. MalukuDan 8 daerah yang tertarik dengan 'Anies Baswedan Gubernur Bodoh' meliputi:1. Banten2. Jakarta3. Bali4. Sumatera Utara5. Jawa Barat6. Jawa Tengah7. Jawa Timur8. DIYIsu ini melibatkan lebih dari 15 ribuan pengguna internet dengan total 22 konten yang tersedia.Konten pada platform YouTube mendapat perhatian paling banyak. Judul 'Anies Baswedan Gubernur Terbodoh Dalam Sejarah' disaksikan sekira 4.100 pengguna internet. Lebih luas, konten youtube terkait dengan isu ini ditonton oleh 4.900 pengguna Facebook.Penelusuran Google mencatat, pencarian "Gubernur Terbodoh" itu sudah dimulai dari Desember lalu dan mulai naik pada tanggal 1 Januari, puncaknya terjadi pada 4 Januari 2020. Kenaikan pencarian "Gubernur Terbodoh" berbarengan dengan pencarian "gubernur terbodoh + anies baswedan". Search intent yang paling mendekati muncul di web "seword.com" dengan kontennya "Anies Baswedan, Gubernur Terbodoh Dalam Sejarah" yang dipublikasikan tanggal 31 Oktober 2019 dan beberapa konten judul di youtube. "Adapun Kaskus atau lainnya, dilihat bersumber dari web tersebut," kata Analis Sistem Teknologi Informasi, Muhammad Iqbal kepada wartawan, Minggu (5/1/2019).Jika dilihat dari konten-konten di seword.com, Ia menjelaskan, isinya banyak menjelekan Anies, sedangkan di web-web lain mempertanyakan "Kenapa anies baswedan menjadi gubernur terbodoh". Kondisi ini "meningkatkan kecocokan kata 'gubernur terbodoh' dan 'anies baswedan' di search intent Google,"." Search inten 'gubernur terbodoh' dengan anies Baswedan hanyalah gara-gara kecocokan kata pada konten terbanyak yaitu 'mengapa anies baswedan menjadi gubernur terbodoh di google'. Bukan karena Anies baswedan sebagai gubernur terbodoh," kata dia.Iqbal menjelaskan, fenomena isu tersebut merupakan potret dari butterfly effect . "Dari banyak konten yang mempertanyakan dan menjelaskan 'kenapa anies baswedan jadi gubernur terbodoh di google' menjadi kesimpulan 'Anies baswedan gubernur terbodoh' berdasarkan pembuktian search di google,".***




- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengadakan kerja bakti bersama warga di kawasan Makasar, Jakarta Timur (Jaktim). Anies mengatakan berbagai macam sampah ada di lokasi tersebut."Banyak sampah-sampah. Sampahnya segala macam. Segala macam ada di situ. Ada apa saja. No limit. Semuanya ada. Everything under the sky gitu. Semuanya ada. Bahkan mobil yang terendam ada semua," kata Anies di Jalan Kerja Bakti, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020).Anies mengatakan dirinya dan seluruh warga serta petugas yang ada mengangkat segala jenis sampah yang sudah tertumpuk di lokasi. Menurutnya, tanpa bantuan dari banyak pihak, warga sekitar tidak akan mungkin dapat membersihkan lingkungan di sana."Jadi kita tadi angkat apa saja yang sudah terkumpul di sini karena jelas tidak mungkin warga di sini membawa itu semua. Kalau tidak datang para relawan kerja bakti ini tidak mungkin cukup kekuatan untuk mengangkat (sampah)," ujar Anies.Dia juga mengatakan akses dari lokasi kerja bakti menuju jalan raya cukup jauh. Dia pun mengapresiasi setiap orang yang berpartisipasi dalam proses kerja bakti yang dilakukan secara estafet tadi pagi."Dari sini keluar aja panjangnya sekitar 300 meter, 300 meter itu tadi.. seperti pagar betis, memindahkan sampah dari tangan ke ujung. Jadi semangat ini yang kita apresiasi sekali," kata Anies."Saya berkali-kali menyampaikan bisa saja hanya pemerintah dan TNI dan polisi yang datang di semua tempat untuk membersihkan, tapi yang dibutuhkan sekarang ini bukan saja membersihkan sampahnya, tapi mendorong ikatan perasaan kebersamaan keluarga Jakarta," imbuh Anies.Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut serta dalam kerja bakti di kawasan Makassar, Jakarta Timur, usai banjir melanda kawasan itu sejak pagi hari. Kerja bakti tersebut dilakukan sejak pukul 7.30 hingga 12.00 WIB.Anies mengenakan jaket seragam BPBD DKI Jakarta lengkap dengan sepatu bot dan sarung tangan karet berwarna oranye. Dia melakukan kerja bakti bersama warga sekitar, beberapa personel TNI, serta para petugas dari Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur dan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur.

[Gambas:Video 20detik]

Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply