Contact Form

 

Polisi Jaga 4 Titik Keramaian di Jakarta pada Malam Tahun Baru 2020


Jakarta - Polisi mengimbau masyarakat untuk tidak menyalakan kembang api di malam pergantian tahun. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi masyarakat untuk melihat pesta kembang api. "Kembang api itu ada ketentuannya, untuk ukuran 2 inchi dan maksimal 8 inchi itu harus dengan izin," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (31/12/2019). Adapun, pesta kembang api untuk menyambut tahun baru akan dilaksanakan di beberapa tempat, seperti di Ancol, Monas dan Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Sementara untuk petasan dilarang. Sebab, petasan membahayakan keselamatan. Rangkaian acara malam tahun baru di Jkaarta dimulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Selain titik yang disiapkan Pemprov DKI, ada juga lokasi perayaan malam tahun baru yang disiapkan pihak lain. Selain pesta kembang api, Pemprov DKI Jakarta juga menggelar acara nikah massal. Konser musik juga akan menyemarakan pesta pergantian tahun nanti malam. Warga diimbau menggunakan transportasi umum untuk menuju lokasi. Berikut daftar lokasi perayaan malam tahun baru di Jakarta: - Car Free Night pukul 17.00 WIB-24.00 WIB sepanjang Jalan MH Thamrin-Spot Budaya Dukuh Atas - Nikah Massal, Itsbat Nikah hingga marawis mulai pukul 17.00 WIB di Halaman Gedung Balai Kota DKI - Konser musik di Area Bundaran HI - Konser musik Pintu Barat Daya Monas - Hiburan gambang kromong di Jalan Wahid Hasyim (depan Gedung Jaya) - Gambus hingga fashion show di Spot Budaya Dukuh Atas - Konser musik dan pesta kembang api di Ancol. Catat! Rekayasa Lalu Lintas Jakarta di Malam Tahun Baru: [Gambas:Video 20detik]




Medan - Pemerintah Kota Medan memusatkan perayaan malam pergantian tahun di Lapangan Merdeka. Ada sejumlah acara yang bakal digelar pada malam tahun baru 2020. "Pada pukul 21.00 WIB ada zikir dan doa bersama Forkopimda di pendopo Lapangan Merdeka. Kemudian, pada pukul 22.30 WIB ada hiburan rakyat dan kembang api juga di Lapangan Merdeka," kata Kabag Humas Pemko Medan Arrahman Pane, Selasa (31/12/2019). Arrahman juga mengingatkan rekayasa lalu lintas bakal dilakukan pada malam tahun baru. Dia mengimbau warga agar mematuhi arahan dari petugas untuk menghindari kemacetan.

"Kita berharap di tahun depan, mari sama-sama kita warga dan Pemko Medan membangun Medan lebih baik lagi. Seperti kita tingkatkan keperdulian terhadap sampah dengan membuang pada tempatnya," ujar Arrahman. Polisi sendiri bakal melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Lapangan Merdeka Medan saat perayaan malam tahun baru 2020. Sejumlah jalan mengalami penutupan dan pengalihan arus lalu lintas. "Rekayasa arus lalu lintas ini kita buat untuk meminimalisir kemacetan saat pergantian tahun. Kita mulai lakukan rekayasanya sejak pukul 18.00 WIB nanti," kata Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Juliani Prihatini. Catat! Rekayasa Lalu Lintas Jakarta di Malam Tahun Baru: [Gambas:Video 20detik]




JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolda Metro Jaya Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan, ada empat titik keramaian yang menjadi fokus pengamanan polisi saat malam pergantian tahun 2020

"Satu di Ancol, di sana ada tiga titik untuk kembang apinya," ujar Gatot saat ditemui Kompas.com di Polda Metro Jaya, Selasa (31/12/2019).

Selain di Ancol, tiga tempat lainnya berada di Bunderan Hotel Indonesia, Monas, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Sudah kita siapkan juga (penjagaan) di beberapa tempat-tempat keramaian dan kegiatan," jelas dia.

Baca juga: 6.900 Kembang Api Akan Ditembakkan pada Malam Tahun Baru 2020 di TMII

Tempat keramaian dimaksud adalah salah satunya kegiatan keagamaan yang akan berlangsung bertepatan dengan malam tahun baru .

Baik umat Kristen yang akan beribadah di gereja ataupun umat islam yang akan melakukan zikir dan ibadah di masjid dan tempat lainnya.

Gatot mengatakan, acara pergantian malam tahun baru tersebut akan dijaga oleh 10.000 personel dari Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Pengamanan akan bekerjasama dengan instansi terkait seperti TNI dan Satpol PP Jakarta.

"Personel kita seluruhnya itu lebih kurang 10.000 masih tergabung dalam Operasi Lilin Jaya 2019," ujar Gatot.

Baca juga: Catat, 5 Panggung Hiburan di Pusat Kota Jakarta saat Malam Tahun Baru




Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sejumlah lokasi sebagai titik perayaan malam tahun baru 2020. Lokasi tersebar di beberapa titik dengan berbagai acara. "Pemprov DKI Jakarta siap menggelar acara Malam Pergantian Tahun Baru 2020. Ada Nikah dan Itsbat Massal hingga berbagai macam panggung hiburan bersama artis top ibu kota," tulis Pemprov DKI lewat akun Instagram resmi @dkijakarta, Selasa (31/12/2019).

Rangkaian acara malam tahun baru dimulai pukul 17.00 WIB-24.00 WIB. Selain titik yang disiapkan Pemprov DKI, ada juga lokasi perayaan malam tahun baru yang disiapkan pihak lain. Warga diimbau menggunakan transportasi umum untuk menuju lokasi. Berikut daftar lokasi perayaan malam tahun baru di Jakarta: - Car Free Night pukul 17.00 WIB-24.00 WIB sepanjang Jalan MH Thamrin-Spot Budaya Dukuh Atas - Nikah Massal, Itsbat Nikah hingga marawis mulai pukul 17.00 WIB di Halaman Gedung Balai Kota DKI - Konser musik di Area Bundaran HI - Konser musik Pintu Barat Daya Monas - Hiburan gambang kromong di Jalan Wahid Hasyim (depan Gedung Jaya) - Gambus hingga fashion show di Spot Budaya Dukuh Atas - Konser musik dan pesta kembang api di Ancol. Catat! Sejumlah Titik Perayaan Tahun Baru 2020 di Jakarta: [Gambas:Video 20detik]




Bandung - Polisi melakukan pengamanan saat malam tahun baru 2020. Terdapat sejumlah titik di Kota Bandung yang diprediksi menjadi pusat keramaian. Wilayah yang jadi pusat keramaian itu di antaranya kawasan Alun-alun Bandung, Gasibu, dan Tegalega. Masyarakat diprediksi akan menghabiskan detik-detik pergantian tahun di tiga lokasi tersebut. "Titik-titik itu merupakan tempat yang dijadikan masyarakat untuk berkegiatan. Itu yang menjadi perhatian," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (31/12/2019).

Selain di titik-titik keramaian, polisi mengamankan jalur-jalur keramaian di Kota Bandung. Jalur tersebut di antaranya kawasan Dago, Pasteur, Sukajadi, Asia Afrika, dan Tegalega. "Kemudian diharapkan tidak parkir sembarangan, tapi di tempat-tempat yang sudah disiapkan baik untuk membantu melancarkan arus lalu lintas. Kemudian tetap ikuti arahan petugas," kata Irman. Polisi mengerahkan total 2.390 personel guna mengamankan perayaan malam tahun baru. Personel disebar di sejumlah titik yang menjadi pusat keramaian. Simak Video "Catat! Sejumlah Titik Perayaan Tahun Baru 2020 di Jakarta" [Gambas:Video 20detik]




JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 2.000 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan perayaan tahun baru 2020 di Jakarta Timur, pada Selasa (31/12/2019).

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Arie Ardian mengatakan, seluruh personel gabungan itu akan mengamankan sejumlah titik keramaian pada malam tahun baru.

"Sekitar kurang lebih 2.000 personel dari Polres, Polda, TNI, dan Brimob untuk pengamanan malam tahun baru," kata Arie di Mapolres Metro Jakarta Timur, Selasa.

Adapun titik keramaian yang akan diperketat pengamanannya, yakni berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), AEON Mall Cakung, dan Jalan Jatinegara.

Baca juga: Parkir di Jalan Alternatif pada Malam Tahun Baru, Siap-siap Diderek dan Denda Rp 500.000

"Titik keramaian di taman mini itu ada berbagai kegiatan seperti kembang api, kemudian di AEON Mall Cakung juga ada pesta kembang api, dan di Jalan Jatinegara ada dzikir bersama. Kita sudah plotting semua personel di titik-titik itu," ujar Arie.

Adapun selama menjelang tahun baru, polisi bersama TNI telah melaksanakan operasi cipta kondisi untuk mencegah potensi kejahatan terjadi menjelang tahun baru.

"Kita juga lakukan razia minuman keras, tadi malam seluruh polsek razian miras dan turut diamankan ribuan botol minuman keras ilegal," ujar Arie.




JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup menyediakan 21 bus toilet yang tersebar di beberapa wilayah.

Bus toilet ini untuk acara malam tahun baru 2020 di yang berpusat di sekitar Jakarta Pusat.

"Total 21 bus toilet di area Jakarta Pusat saat malam tahun baru 2020," ujar Kepala Dinas Lingkunan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih dalam keterangan tertulis, Selasa (31/12/2019).

Selain toilet, Dinas Lingkungan Hidup juga menyediakan sarana kebersihan dengan mengerahkan kendaraan angkut sampah jenis compactor 150 unit, 25 truk sampah anorganik, mobil penyapu jalan otomatis atau road sweeper 50 unit, pickup lintas 42 unit,

"Serta menyebar ribuan tempat sampah beroda di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru. Selain itu, TPST Bantargebang juga disiagakan beroperasi 24 jam," kata dia.

Baca juga: Ini Lokasi Parkir Kendaraan untuk Nikmati Car Free Night Sudirman-Thamrin

Berikut daftar penempatan bus toilet di kegiatan malam tahun baru 2020:

- 2 unit bus toilet di Silang barat Monas, dekat air mancur.

- 2 unit Jalan MH. Thamrin (Depan halte Plaza Indonesia),

- 2 unit di Jalan Kebon Kacang Raya (Samping Plaza Indonesia).

- 1 unit bus toilet di Jalan KH Wahid Hasyim (Jakarta Theater).

- 1 Unit bus toilet di Jalan KH Wahid Hasyim (Bawaslu).

- 1 unit di Jalan Sutan Syahrir (Belakang Power Bank PLN).




JAKARTA, KOMPAS.com - Merayakan malam pergantian tahun 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar sejumlah acara di ibu kota.

Acara-acara tersebut akan tersebar di sejumlah titik sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Akan terdapat panggung hiburan di lima lokasi, yakni Halaman Balai Kota Jakarta, Pintu Barat Daya Monas, Jalan Wahid Hasyim (Depan Gedung Jaya), area Bundaran Hotel Indonesia, dan Spot Budaya Dukuh Atas.

Baca juga: Jadwal Operasi MRT, LRT, Transjakarta, dan KRL pada Malam Tahun Baru

Panggung hiburan tersebut dapat disaksikan warga Jakarta pada pukul 19.00 – 24.00 WIB.

"Untuk panggung hiburan di area Bundaran Hotel Indonesia, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan salah satu media akan menghadirkan sejumlah artis papan atas, salah satunya Rhoma Irama," ucap Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah beberapa waktu lalu.

Tak hanya panggung hiburan di lima lokasi tersebut, ada pula penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur di empat lokasi, yakni Terowongan Kendal, Trotoar Halte Menara UOB, Trotoar sekitar Bawaslu RI, dan Trotoar Depan Sarinah.

Penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur dapat disaksikan mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB.

Baca juga: Transjakarta Tambah Armada dan Jam Operasional di Malam Tahun Baru, Ini Jadwal dan Rutenya

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Instruksi Sekretaris Daerah Nomor 122 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2020.




Ciamis - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis mengingatkan kepada para pelajar untuk tidak melakukan konvoi kendaraan pada malam tahun baru 2020. Disdik menyarankan pelajar berada di rumah atau melaksanakan kegiatan positif, seperti doa bersama. Kadisdik Ciamis Tatang mengatakan pihaknya sudah mengirim edaran imbauan ke setiap sekolah. Para guru dan tenaga pendidik lainnya diharapkan menjaga anak didiknya meskipun saat ini masa libur sekolah. Di era teknologi informasi saat ini, kata Tatang, banyak sarana untuk mengingatkan dan memantau para pelajar. "Imbauannya, kepada pelajar, para tenaga pendidik, kita melakukan syukur nikmat di malam tahun baru. Tidak keluyuran," ujar Tatang saat ditemui di aula Disdik Ciamis, Jalan RAA Kusumasubrata, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (31/12/2019).

Tatang menjelaskan imbauan tersebut sesuai dengan instruksi Bupati Ciamis pada malam pergantian tahun baru untuk melaksanakan doa bersama. Pelajar diharapkan tak melaksanakan aktivitas yang membahayakan keselamatan diri. "Ini salah satu proses edukasi yang harus diterapkan. Malam pergantian tahun baru merupakan nikmat yang harus disyukuri. Intinya, pelajar di Ciamis jangan konvoi, jangan turun ke jalan di malam tahun baru," kata Tatang. Hal senada disampaikan Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso. Ia mengimbau masyarakat tidak turun ke jalan saat merayakan tahun baru. "Lebih bagus melaksanakan tahun baru itu di masjid. Berdoa supaya di tahun baru lebih baik lagi. Juga saya imbau, jangan ada kegiatan sweeping ," ucap Bismo. Simak Video "Yuk! Intip Persiapan Perayaan Malam Tahun Baru di Bundaran HI" [Gambas:Video 20detik]




Sukabumi - Ruas jalan dalam kota diprediksi akan dipenuhi warga Kota Sukabumi yang akan merayakan malam tahun baru 2020. Sejumlah rekayasa lalu lintas dilakukan polisi untuk menghindari kepadatan kendaraan di sejumlah titik ruas jalan. Melihat posisi keramaian warga pada tahun sebelumnya, warga biasa menikmati malan tahun baru di sekitar Tugu Adipura dan Lapang Merdeka pusat kota. Polisi memprediksi titik keramaian di dua lokasi tersebut. "Kita siapkan Pos pelayanan tahun baru di Tugu Adipura yang memang berdekatan dengan Lapang Merdeka pusat Kota Sukabumi, dua lokasi itu diprediksi akan ramai warga yang merayakan malam pergantian tahun," kata Kasatlantas Polres Sukabumi Kota, AKP Atik Suswanti kepada detikcom , Selasa (31/12/2019).

Polisi memprediksi kepadatan akan terjadi mulai hari ini hingga 1 Januari 2020. Peningkatan Arus lalin cenderung meningkat dari arah barat maupun arah timur yang mengarah Kota Sukabumi. Selain pusat kota, peningkatan pengunjung akan meningkat ke tempat wisata mulai jembatan gantung Situ Gunung dan Selabintana, hingga water boom Rizzy Azzahra. "Kami coba memetakan dan merekayasa lokasi atau jalur ketika ada kemacetan. Menempatkan anggota lantas dan polsek ditempat keluar-masuk kendaraan pengunjung yang dianggap akan memicu kemacetan dan rawan kecelakaan. Kemudian membentuk tim urai yang akan membantu melancarkan kemacetan," tutur Atik. Untuk arah menuju kota, Atik menjelaskan, pihaknya telah memetakan jalur nasional dan alternatif mengantisipasi kemacetan di dalam kota. "Prediksi kita warga akan merayakan tahun baru di beberapa lokasi di dalam kota. Penempatan anggota lantas di tempat rawan kemacetan dan laka lantas. Mulai dari jalur barat Cibolang, jalur dalam Kota Sukabumi sampai jalur timur Sukalarang," ujarnya. Tim urai dikerahkan sewaktu terjadi kemacetan kendaraan. Tugas tim tersebut untuk menelisik berbagai faktor penyebab kemacetan. "Tim urai akan secara mobile bergerak menggunakan motor, tugasnya mengurai ketika terjadi kemacetan. Total anggota yang akan kita turunkan 84 personel," kata Atik.



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply