Contact Form

 

Ini Dia 5 Tempat Pementasan Musik Malam Tahun Baru di Jakarta


JAKARTA, KOMPAS.com - Merayakan malam pergantian tahun 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar sejumlah acara di ibu kota.

Acara-acara tersebut akan tersebar di sejumlah titik sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Akan terdapat panggung hiburan di lima lokasi, yakni Halaman Balai Kota Jakarta, Pintu Barat Daya Monas, Jalan Wahid Hasyim (Depan Gedung Jaya), area Bundaran Hotel Indonesia, dan Spot Budaya Dukuh Atas.

Baca juga: Jadwal Operasi MRT, LRT, Transjakarta, dan KRL pada Malam Tahun Baru

Panggung hiburan tersebut dapat disaksikan warga Jakarta pada pukul 19.00 – 24.00 WIB.

"Untuk panggung hiburan di area Bundaran Hotel Indonesia, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan salah satu media akan menghadirkan sejumlah artis papan atas, salah satunya Rhoma Irama," ucap Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah beberapa waktu lalu.

Tak hanya panggung hiburan di lima lokasi tersebut, ada pula penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur di empat lokasi, yakni Terowongan Kendal, Trotoar Halte Menara UOB, Trotoar sekitar Bawaslu RI, dan Trotoar Depan Sarinah.

Penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur dapat disaksikan mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB.

Baca juga: Transjakarta Tambah Armada dan Jam Operasional di Malam Tahun Baru, Ini Jadwal dan Rutenya

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Instruksi Sekretaris Daerah Nomor 122 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2020.




TEMPO.CO , Jakarta - Saat bepergian menikmati perayaan malam tahun baru , beberapa tempat di Jakarta mengadakan acara hiburan. Dari berbagai acara hiburan, pementasan musik bakal memikat minat masyarakat. Berikut lima tempat di Jakarta yang menawarkan beragam hiburan musik. Pantai Festival dan Pantai Lagoon Ancol Taman Impian Jaya Ancol mengadakan acara hiburan pesta dangdut di Floating Stage, Pantai Festival. Pementasan New Pallapa akan diadakan, pada 31 Desember 2019. Sedangkan pada 31 Desember 2019 di Pantai Lagoon dimeriahkan pementasan Ras Muhamad, Denny Frust dam pada 1 Januari 2020, Tipe-X. Pantai Carnaval Ancol dan Putri Duyung Resort

Pada malam pergantian tahun di Pantai Carnaval, dimeriahkan pertunjukan musik di antaranya Noah, Armada, Geisha, d’Masiv, dan Setia Band. Sedangkan di Putri Duyung Resort, Vina Panduwinata akan mengisi acara malam pergantian tahun membawa nuansa era 1990-an. Personel grup musik Noah Ariel (tengah), Lukman (kanan), dan David (kiri) akan tampil memeriahkan malam tahun baru di Ancol. ANTARA JIExpo Kemayoran Big Bang Jakarta sebagai ajang cuci gudang berbagai produk, dimeriahkan dengan festival musik. Acara tersebut dihelat di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, pada 21 Desember hingga 1 Januari 2020. Saat malam pergantian tahun, 31 Desember 2019, Big Bang Jakarta akan mementaskan musik reggae, dengan musisi yang tampil di antaranya Steven & Coconut Treez, Tony Q Rastafara, dan The Ikan Bakars. Bundaran Hotel Indonesia (HI) Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan menjadi pusat keramaian ketika malam tahun baru. Berbagai hiburan termasuk pementasan musik akan memeriahkan acara malam tahun baru di Bundaran HI. Rhoma Irama menjadi musisi yang tampil dalam acara tersebut. Musisi dangdut Rhoma Irama (kiri) tampil bersama group dangdut asal Amerika 'Dangdut Cowboys' pimpinan Andrew Weintraub (kanan) saat Konser Dangdut Mendunia di stasiun televisi Indosiar Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019. Group dangdut asal Pittsburgh Pennsylvania Amerika mengadakan tour ke Indonesia dalam rangka merayakan 70 tahun kemitraan Indonesia-AS. ANTARA Summarecon Mall Kelapa Gading Summarecon Mall Kelapa Gading mengadakan New Year’s Eve Party bertema Infinity Night at Tokyo, pada 31 Desember 2019. Perayaan yang mengusung hashtag #LetsGetLoud itu berada di area L5, La Piazza. Deretan acara mulai dinikmati pengunjung pukul 19.00. Pementasan tersebut antara lain RAN, DJ Iris Stroganova.




KOMPAS.com - Beberapa gunung tak bisa digunakan untuk kegiatan pendakian pada 31 Desember 2019 atau pada malam tahun baru 1 Januari 2020.

Alasannya bermacam-macam, ada yang jalurnya ditutup karena status gunung, hingga belum gunung belum bisa didaki sebagai efek kebakaran hutan di wilayah gunung tersebut.

Gnung mana saja yang tidak bisa didaki pada malam Tahun Baru 2020?

Pendakian di Gunung Semeru ditutup selama masa libur tahun baru 2020 .

Gunung Semeru masih belum memungkinkan untuk didaki setelah mengalami kebakaran hutan beberapa bulan lalu.

Selain itu, keadaan tanah di gunung ini juga belum stabil dan berpotensi terjadinya longsoran.

Apalagi, saat ini hujan masih sering mengguyur wilayah pegunungan. Dikutip dari pemberitaan  Kompas.com , 28 Desember 2019, pendakian di Gunung Semeru telah ditutup sejak September 2019, menyusul kebakaran yang melanda wilayah gunung tersebut.

Tercatat, baru kali ini pendakian di Gunung Semeru tutup saat libur akhir tahun.

Baca juga: Rawan Longsor, Gunung Semeru Tetap Ditutup Selama Libur Tahun Baru

Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menutup jalur pendakian dari 1 Januari hingga 31 Maret 2020.

Melalui pengumuman resmi di situs TNGR, penutupan dilakukan dalam rangka pemulihan ekosistem, dan musim hujan dengan kecenderungan terjadi cuaca ekstrim yang berpotensi membahayakan pengunjung.

Dalam surat tersebut, jika terdapat perubahan situasi dan kondisi tertentu di jalur pendakian sampai dengan waktu penutupan berakhir, maka pembukaan jalur akan diinformasikan setelah dilakukan peninjauan kondisi jalur pendakian TN Gunung Rinjani.

Sementara itu, pemberitaan  Kompas.com , 28 Desember 2019, menuliskan, 4 jalur pendakian Rinjani ditutup yaitu jalur Senaru, jalur Sembalun, jalur Timbanuh, dan jalur Aik Berik.

Baca juga: Musim Hujan, Pendakian Gunung Rinjani Ditutup hingga Maret 2020

WhatsApp Gunung Merapi meletus dan mengeluarkan kolom abu, Minggu (17/11/2019). Status Gunung Merapi masih berada di level 2 atau waspada. Status ini membuat Balai Besar Taman Nasional Gunung Merapi menutup kegiatan pendakian sejak Oktober 2019.

Jalur pendakian resmi Gunung Merapi, yaitu Selo di Boyolali dan Sapuangin di Klaten, masih ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan karena status waspada itu.

Pengelola jalur pendakian Gunung Slamet melarang kegiatan pendakian karena masih berstatus waspada atau level II.

Pendaki yang nekat melakukan pendakian di Gunung Slamet akan mendapatkan sanksi.

Diberitakan  Kompas.com , Senin (30/12/2019), Junior Manajer Bisnis Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur Sugito mengatakan, siapa pun yang mengetahui ada pendaki yang melakukan pendakian pada malam Tahun Baru 2020 , agar segera melaporkannya.

Sejak penutupan jalur pendakian pada 9 Agustus 2019, ada tiga orang pendaki yang mendapatkan sanksi tidak boleh mendaki Gunung Slamet selama dua tahun.

Surat blacklist ditembuskan kepada pengelola jalur pendakian Gunung Slamet di kabupaten lain, seperti Brebes, Tegal, dan Pemalang.

Hingga saat ini, jalur pendakian dari wilayah Kabupaten Purbalingga dan Banyumas masih ditutup total.

Baca juga: Nekat Mendaki Gunung Slamet Saat Tahun Baru, Siap-siap Kena Blacklist




JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya ada lima lokasi di Kota Bekasi yang menjadi titik pesta kembang api di malam tahun baru 2020, Selasa (31/12/2019).

Kelima lokasi itu, yakni kawasan Summarecon Bekasi, Giant Mega Bekasi, Kota Harapan Indah, wilayah Pondok Gede, dan Mal Lagoon.

Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Eka Mulyana mengatakan, kelima lokasi itu yang akan terdapat pesta kembang api saat waktu pergantian tahun.

Lima lokasi itu juga sudah mengantongi izin dari pihak kepolisian.

"Untuk tahun baru yang merayakan pesta kembang api ada 5 titik di Kota Bekasi yaitu Giant (Mega Bekasi), SMB (Summarecon Mall Bekasi), Harapan Indah, Pondokgede, Lagoon Mall," kata Eka dalam keterangannya, Senin (30/12/2019).

Baca juga: Malam Tahun Baru, Langit di Danau Sunter Akan Dihiasi 100 Lampion dan Kembang Api

Eka menambahkan, dengan adanya lima lokasi pesta kembang api tersebut, diprediksi keramaian tidak akan berpusat pada satu titik.

Untuk Jalan Ahmad Yani yang merupakan akses utama menuju kawasan Summarecon Bekasi, jika situasi lalu lintas padat, polisi memungkinkan akan menutup jalan.

"Walau tidak ada tutup di Jalan Ahmad Yani, tapi nanti penutupan secara situasional. Kalau disana padat pada jam 9 ke atas otomatis di tutup. Tapi di prediksikan Jalan Ahmad Yani normal jadi tidak ada penutupan jalan," ujar Eka.




Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya telah memetakan sejumlah titik yang akan menjadi prioritas pengamanan selama berlangsungnya perayaan Malam Tahun Baru 2020 di Jakarta.

Lokasi yang mendapatkan prioritas pengamanan adalah kawasan Ancol, Monas, Bunderan HI dan Balai Kota Jakarta.

"Skala prioritas untuk kegiatan pergantian tahun, yang pertama ada di Ancol nanti akan ada titik yang dijadikan arena pesta kembang api. Kemudian yang kedua ada di Monas, yang ketiga ada di daerah Patung Selamat Datang Bunderan HI dan juga nanti ada kegiatan di Kantor Gubernur DKI Jakarta itu mulai dari sore ada kegiatan nikah massal sebanyak 3.000 orang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Senin (30/12/2019).

Dia juga mengatakan pihaknya telah bersiap untuk melaksanakan car free night yang akan diberlakukan mulai pukul 17.00 WIB di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman, serta Jalan Medan Merdeka Selatan.

"Mulai pukul 17.00 WIB akan dilaksanakan car free night mulai dari Thamrin sampai Sudirman, juga ada tambahan sedikit di Medan Merdeka Selatan," sambungnya.

Pengamanan juga telah disiapkan di lima panggung yang tersebar di sepanjang lokasi car free night .

"Ada lima panggung gembira yang disiapkan pemerintah daerah, kita siapkan pengamanan di sana. Pertama di Monas, kedua di depan Kantor Gubernur, yang ketiga di Bunderan HI, ada juga di Jalan Dukuh Atas dan di depan Kantor Jaya di daerah Thamrin," ujarnya.




Pekanbaru - Gubernur Riau Syamsuar melarang warganya merayakan malam tahun baru 2020 termasuk meniupkan terompet. Larangan ini termuat dalam surat edaran (SE) yang ditujukan kepada jajaran pejabat Pemprov Riau, rektor di Riau, dan masyarakat. SE bernomor 216/SE/2019 itu diteken Syamsuar pada 30 Desember 2019. Dalam surat edaran yang diterima detikcom , Selasa (31/12/2019), imbauan itu dikeluarkan Syamsuar atas dasar keprihatinan. Ada empat poin yang disampaikan Syamsuar dalam SE tersebut. SE tersebut dikeluarkan atas dasar prihatin terjadinya bencana alam dan musibah yang telah terjadi di Riau.

Berikut empat imbauan Syamsuar: 1. Tidak merayakan malam tahun baru dalam bentuk hiburan maupun menyalakan kembang api, petasan, dan penipuan terompet. 2. Dianjurkan kepada seluruh pemilik dan pengelola tempat hiburan untuk tidak membuka kegiatan pada malam pergantian tahun. 3. Mengisi malam tahun baru dengan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama masing-masing dan khususnya yang beragama Islam agar melaksanakan zikir istigosah dan doa keselamatan terhindar dari segala bencana. Surat Edaran Gubernur Riau Syamsuar meminta warga tak rayakan tahun baru termasuk tiup terompet (Dok. Istimewa)




Selain itu, pengunjung dapat pula memarkirkan kendaraan di area parkir ex-Asian Games Kemayoran. Dari sana pengunjung dapat naik bus Transjakarta yang khusus mengantarkan pulang pergi Ancol-area parkir Kemayoran.

Bahkan, Direktur PT Transjakarta Achmad Izzul mengatakan bahwa Transjakarta akan mengerahkan 155 bus Transjakarta pada perayaan malam tahun baru.

Selain itu, pada malam tahun baru akan dilakukan sterilisasi di sepanjang jalan menuju Karnaval yang akan menjadi tempat acara utama diadakan. Hanya bus wara-wiri, kereta sato-sato, mobil difabel, ambulans, PMK, petugas patroli, dan truk sampah yang dapat melewati jalan utama.

Ancol menyiapkan 10 armada tambahan untuk bus wara-wiri. Setiap bus wara-wiri akan dilengkapi dengan pemandu yang akan memberikan informasi tentang rute bus serta halte yang akan dikunjungi.

Selain itu, Ancol menyediakan parkir dengan kapasitas 600 untuk mobil dan 1.500 untuk kendaraan roda dua. Terkait penyediaan lahan parkir ini, Dishub juga bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran.




Terlepas dari informasi di atas, polisi akan menerjunkan 10.000 personel untuk pengamanan malam tahun baru. Petugas dari masing-masing kantor polisi wilayah Jakarta akan mengamankan Ibu Kota.

"Pengamanan tahun baru besok kita masing masing wilayah polres dan polda akan melaksanakan apel kesiapan pengamanan tahun baru, kurang lebih 10 ribu kekuatan yang diturunkan di saat memang ini masih dalam rangka Ops Lilin Jaya 2019," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, di kantornya, Senin (30/12/2019).

Dia menambahkan, ada beberapa tempat yang menjadi skala prioritas untuk kegiatan pergantian tahun baru.

Pertama ada di Ancol, Jakarta Utara. Di sana, ada titik yang dijadikan arena pesta kembang api. Kedua di Monas dan ketiga di Bundaran HI.

"Dan juga nanti ada kegiatan kantor gubernur DKI Jakarta itu mulai dari sore ada kegiatan nikah masal sebanyak 3.000 karena memang mulai 17.00 WIB akan dilaksanakan car free night dari mulai Thamrin sampai Sudirman juga ada tambahan sedikit di Medan Merdeka Selatan," kata Yusri.




Purworejo - Malam pergantian tahun jadi momen yang ditunggu-tunggu. Purworejo tak mau ketinggalan, ada serangkaian acara meriah yang diadakan pada malam tahun baru . Malam tahun baru nanti Purworejo akan punya pertunjukan 4 sudut yang digelar serempak di alun-alun kota serta pertunjukan sinar ultra violet terbesar se-Jateng yang digelar di Sumber Adventure Center (SAC). Alun-alun kota Purworejo akan jadi lautan manusia pada malam perayaan pergantian tahun baru 2020. Di tempat itu, berbagai hiburan akan dihelat di 4 sudut alun-alun secara serempak.

Tak hanya itu, pertunjukan sinar ultra violet outdoor terbesar di Jawa Tengah juga akan disuguhkan di Sumber Advanture Center (SAC), Jl Kutoarjo-Kebumen, Km 3,5, Desa Andong, Kecamatan Butuh. Mau malam tahun baruan di Purworejo? (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom) Bagi siapa saja yang ingin mengisi waktu liburan menjelang pergantian tahun baru bisa mengunjungi dua tempat tersebut. Di SAC yang merupakan wahana water boom terbesar di Purworejo, akan digelar berbagai acara sejak 28-31 Desember 2019 dengan puncak acara berupa pertunjukan musik, pesta kembang api hingga pesta ultra violet. Ketua penyelenggara kegiatan dengan tajuk 'Event Ultra 2020' di SAC, Indra Raharja mengatakan bahwa sebelum acara puncak pergantian tahun baru dilaksanakan, pihaknya akan menggelar berbagai event lain. Kegiatan tersebut nantinya juga akan dilombakan. "Acara puncaknya memang tanggal 31 Desember 2019 saat pergantian tahun, tapi beberapa hari sebelumnya kami juga sudah menyiapkan pra event seperti meet up kontes modifikasi mobil, kontes kesenian tradisional, kuliner dan lain-lain," papar Indra ketika ditemui detikcom di SAC pada akhir pekan. Sumber Advanture Center (SAC) Foto: (Rinto Heksantoro/detikcom) Indra menambahkan, dalam menyambut tahun baru 2020 itu juga digelar pertunjukan lain seperti drifting nasional, freestyler tingkat asia, fire dance, disc jockey, pesta kembang api serta pesta ultra violet. Melalui event ultra 2020 ini, SAC menghadirkan hiburan untuk masyarakat Purworejo dan sekitarnya serta turut mendorong potensi wisata di daerah ini agar lebih dikenal di masyarakat. "Untuk pesta ultra violet ini menjadi ultra violet outdoor terbesar se-Jawa Tengah bahkan mungkin Indonesia karena biasanya kan di indoor. Acara nantinya juga akan full doorprize," imbuhnya. Diwawancara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo AP menuturkan bahwa gelaran dalam rangka menyambut tahun baru yang dilaksanakan di alun-alun Purworejo sengaja mengambil tema 'Romansa Mengangkasa' agar Purworejo lebih mengangkasa dan dikenal khalayak luas serta bisa menyejahterakan masyarakatnya. Beragam hiburan menarik yang melibatkan banyak talenta seni dari Purworejo dan sekitarnya akan ditampilkan pada malam tahun baru dengan pesta kembang api sebagai puncak acara. Empat sudut Alun-alun akan diramaikan dengan empat event berbeda sekaligus yang digelar serempak di atas panggung. Purworejo punya acara tahun baruan seru. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom) "Ada panggung galaxy, panggung bulan, panggung bintang dan panggung romansa yang akan menampilkan hiburan berbeda dan dilaksanakan serempak sejak sore hingga malam puncak pergantian tahun baru 2020," kata Agung Wibowo. Panggung galaxy yang terletak di sudut timur laut alun-alun nantinya akan menyuguhkan musik dangdut dan sejenisnya, sedangkan panggung bulan berisikan sajian pertunjukan religi yang akan di-setting di depan Masjid Agung Purworejo. Sementara panggung bintang yang berada di sisi tenggara alun-alun akan menyajikan berbagai kesenian tradisional asal Purworejo. "Untuk panggung utama yang menjadi center point atau panggung romansa berada di pojok barat daya tepatnya di amphitheater dan akan menghibur masyarakat dengan musik top 40 hingga gebyar kembang api sebagai puncak acara," lanjutnya. Menjelang acara pergantian tahun baru, tidak ada satu pun jenis kendaraan bermotor diperbolehkan memasuki kawasan alun-alun ketika Car Free Night diberlakukan. Sesuai rencana, Alun-alun akan steril dari kendaraan bermotor pada Selasa (31/12/2019) mulai dari pukul 17.00-01.00 WIB. Simak Video " Lomba Durian, Purworejo "




TEMPO.CO , Jakarta - Malam tahun baru 2019, Pemerintah Kota Batam  memanjakan warganya dengan berbagai hiburan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Pemerintah Kota Batam menggelar pesta kembang api besar-besaran. Kegiatan tersebut terlaksana disponsori pihak swasta. Kabag Humas Pemko Batam Efrius mengatakan, perayaan pergantian tahun baru tersebut bertajuk "Kenduri Akhir Tahun", "Acara akan dipusatkan di Dataran Engku Putri Batam Center," ujarnya kepada TEMPO , 30 Desember 2019.  Ia melanjutkan, acara akan dimulai pukul 16.30 sampai selesai. Selain pesta kembang api pemerintah Kota Batam juga mengadakan bazaar. "Selain itu insya allah juga hadir, The Titans," ujar Efrius.  Di Kota Batam perayaan malam tahun baru tidak hanya dengan kembang api, tetapi juga dihelat tablig akbar yang mengundang ustad kondang Abdul Somad (UAS). Kedua acara dilaksanakan bersamaan pada malam pergantian tahun tersebut. 

Tidak hanya di Dataran Engku Putri, perayaan tahun baru di Kota Batam juga dihelat di beberapa tempat lainnya.  YOGI EKA SAHPUTRA



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply