Contact Form

 

Daftar Negara Tercepat dan Terakhir yang Rayakan Tahun Baru


JAKARTA, KOMPAS.com - Merayakan malam pergantian tahun 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar sejumlah acara di ibu kota.

Acara-acara tersebut akan tersebar di sejumlah titik sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Akan terdapat panggung hiburan di lima lokasi, yakni Halaman Balai Kota Jakarta, Pintu Barat Daya Monas, Jalan Wahid Hasyim (Depan Gedung Jaya), area Bundaran Hotel Indonesia, dan Spot Budaya Dukuh Atas.

Baca juga: Jadwal Operasi MRT, LRT, Transjakarta, dan KRL pada Malam Tahun Baru

Panggung hiburan tersebut dapat disaksikan warga Jakarta pada pukul 19.00 – 24.00 WIB.

"Untuk panggung hiburan di area Bundaran Hotel Indonesia, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan salah satu media akan menghadirkan sejumlah artis papan atas, salah satunya Rhoma Irama," ucap Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah beberapa waktu lalu.

Tak hanya panggung hiburan di lima lokasi tersebut, ada pula penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur di empat lokasi, yakni Terowongan Kendal, Trotoar Halte Menara UOB, Trotoar sekitar Bawaslu RI, dan Trotoar Depan Sarinah.

Penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur dapat disaksikan mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB.

Baca juga: Transjakarta Tambah Armada dan Jam Operasional di Malam Tahun Baru, Ini Jadwal dan Rutenya

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Instruksi Sekretaris Daerah Nomor 122 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2020.




KOMPAS.com - Beberapa gunung tak bisa digunakan untuk kegiatan pendakian pada 31 Desember 2019 atau pada malam tahun baru 1 Januari 2020.

Alasannya bermacam-macam, ada yang jalurnya ditutup karena status gunung, hingga belum gunung belum bisa didaki sebagai efek kebakaran hutan di wilayah gunung tersebut.

Gnung mana saja yang tidak bisa didaki pada malam Tahun Baru 2020?

Pendakian di Gunung Semeru ditutup selama masa libur tahun baru 2020 .

Gunung Semeru masih belum memungkinkan untuk didaki setelah mengalami kebakaran hutan beberapa bulan lalu.

Selain itu, keadaan tanah di gunung ini juga belum stabil dan berpotensi terjadinya longsoran.

Apalagi, saat ini hujan masih sering mengguyur wilayah pegunungan. Dikutip dari pemberitaan  Kompas.com , 28 Desember 2019, pendakian di Gunung Semeru telah ditutup sejak September 2019, menyusul kebakaran yang melanda wilayah gunung tersebut.

Tercatat, baru kali ini pendakian di Gunung Semeru tutup saat libur akhir tahun.

Baca juga: Rawan Longsor, Gunung Semeru Tetap Ditutup Selama Libur Tahun Baru

Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menutup jalur pendakian dari 1 Januari hingga 31 Maret 2020.

Melalui pengumuman resmi di situs TNGR, penutupan dilakukan dalam rangka pemulihan ekosistem, dan musim hujan dengan kecenderungan terjadi cuaca ekstrim yang berpotensi membahayakan pengunjung.

Dalam surat tersebut, jika terdapat perubahan situasi dan kondisi tertentu di jalur pendakian sampai dengan waktu penutupan berakhir, maka pembukaan jalur akan diinformasikan setelah dilakukan peninjauan kondisi jalur pendakian TN Gunung Rinjani.

Sementara itu, pemberitaan  Kompas.com , 28 Desember 2019, menuliskan, 4 jalur pendakian Rinjani ditutup yaitu jalur Senaru, jalur Sembalun, jalur Timbanuh, dan jalur Aik Berik.

Baca juga: Musim Hujan, Pendakian Gunung Rinjani Ditutup hingga Maret 2020

WhatsApp Gunung Merapi meletus dan mengeluarkan kolom abu, Minggu (17/11/2019). Status Gunung Merapi masih berada di level 2 atau waspada. Status ini membuat Balai Besar Taman Nasional Gunung Merapi menutup kegiatan pendakian sejak Oktober 2019.

Jalur pendakian resmi Gunung Merapi, yaitu Selo di Boyolali dan Sapuangin di Klaten, masih ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan karena status waspada itu.

Pengelola jalur pendakian Gunung Slamet melarang kegiatan pendakian karena masih berstatus waspada atau level II.

Pendaki yang nekat melakukan pendakian di Gunung Slamet akan mendapatkan sanksi.

Diberitakan  Kompas.com , Senin (30/12/2019), Junior Manajer Bisnis Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur Sugito mengatakan, siapa pun yang mengetahui ada pendaki yang melakukan pendakian pada malam Tahun Baru 2020 , agar segera melaporkannya.

Sejak penutupan jalur pendakian pada 9 Agustus 2019, ada tiga orang pendaki yang mendapatkan sanksi tidak boleh mendaki Gunung Slamet selama dua tahun.

Surat blacklist ditembuskan kepada pengelola jalur pendakian Gunung Slamet di kabupaten lain, seperti Brebes, Tegal, dan Pemalang.

Hingga saat ini, jalur pendakian dari wilayah Kabupaten Purbalingga dan Banyumas masih ditutup total.

Baca juga: Nekat Mendaki Gunung Slamet Saat Tahun Baru, Siap-siap Kena Blacklist




Jakarta, CNN Indonesia -- Perayaan menyambut  tahun baru kerap dilakukan sejumlah masyarakat di berbagai negara di seluruh dunia .  Pesta kembang api di Sydney, tradisi makan 12 buah anggur di Spanyol, membawa koper kosong keliling kompleks di Kolombia, hingga melemparkan piring dan gelas tua ke pintu rumah masing-masing merupakan sejumlah tradisi unik yang dilakukan masyarakat di sejumlah negara dalam menyambut tahun baru. Meski begitu, masing-masing negara memiliki waktu yang berbeda memasuki tahun baru. Berdasarkan waktu Indonesia bagian barat (WIB), negara-negara di Pasifik Selatan seperti Samoa dan Pulau Christmas, Kiribati, merupakan negara pertama yang akan memasuki 2020. Samoa dan Pulau Christmas akan merayakan tahun baru pada 31 Desember sekitar pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, Selandia Baru akan memasuki tahun baru sekitar pukul 18.00 WIB, dan Australia sekitar pukul 20.00 WIB. Sebagian wilayah Asia Timur seperti Jepang, Korea Utara, dan Korea Selatan baru memasuki 2020 sekitar pukul 22.00 WIB. China, Filipina, Hong Kong, Singapura, dan Malaysia juga memasuki tahun baru satu jam lebih awal dari Indonesia yakni sekitar pukul 23.00 WIB. Sementara itu, Iran, Rusia, negara Eropa, dan Amerika Latin baru memasuki tahun baru pada 1 Januari pagi harinya. Jerman, Perancis, Italia memasuki tahun baru pada 1 Januari sekitar pukul 06.00 WIB. [Gambas:Video CNN] Sedangkan Inggris, Irlandia, dan Portugal baru merayakan tahun baru satu jam setelahnya. Argentina, Venezuela, Brasil baru menyongsong tahun 2020 sekitar pukul 09.00-10.00 WIB. Sebagian besar wilayah Kanada dan Amerika Serikat memasuki tahun baru sekitar pukul 11.00 dan pukul 12.00 WIB. Pulau Hawai, Pulau Samoa milik AS (American Samoa) yang bersebelahan dengan Pulau Samoa di Pasifik, menjadi salah satu negara paling akhir memasuki 2020 yakni sekitar pukul 17.00 dan 18.00 WIB.

Pulau Howland dan Pulau Baker milik AS menjadi wilayah terakhir di dunia yang menyambut 2020 yakni sekitar pukul 19.00 WIB. Berikut daftar perayaan tahun baru negara-negara di dunia berdasarkan Waktu Indonesia Barat (WIB). Selasa, 31 Desember 2019: - Samoa dan Pulau Christmas, Kiribati, pukul 17.00 WIB - Selandia Baru pukul 18.00 WIB - Sebagian wilayah Rusia seperti Anadyr, Fanafuti, Yaren, dan Majuro pada pukul 19.00 WIB - Australia pukul 20.00 WIB - Jepang, Korea Utara, Korea Selatan sekitar pukul 22.00 WIB - China, Filipina, Hong Kong, Singapura, Malaysia, pukul 23.00 WIB - Indonesia, Thailand, Vietnam sekitar pukul 00.00 WIB

Rabu, 1 Januari 2020: - Bangladesh, Nepal, India, Pakistan sekitar pukul 01.00-01.30 WIB - Azerbaijan, Uni Emirat Arab, Iran sekitar pukul 03.00 WIB - Rusia, Turki, Yunani, Mesir, Afrika Selatan sekitar pukul 04.00-05.00 WIB. - Jerman, Spanyol, Denmark, Prancis, Italia, Inggris, Irlandia, Portugal sekitar pukul 06.00-07.00 WIB. - Brazil, Argentina, Venezuela sekitar pukul 10.00-11.00 WIB - Amerika Serikat pukul 12.00 WIB - Hawaii, American Samoa, Pulau Baker, dan Pulau Howland sekitar pukul 17.00-19.00 WIB (rds/dea)




Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi dan Geofisika ( BMKG ) merilis peringatan dini mengenai  prakiraan cuaca di malam jelang pergantian tahun.  Malam tahun baru 2020 di DKI Jakarta, BMKG memperkirakan hujan petir melanda sebagian besar ibu kota. "Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara pada sore hingga malam hari," bunyi peringatan dini yang disampaikan BMKG melalui situs resmi, diakses CNNIndonesia.com , Selasa (31/12) pagi. BMKG menyebut potensi hujan disertai kilat/petir akan melanda wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Utara, hingga Kepulauan Seribu. Sementara itu wilayah Jakarta Timur berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang.

Sementara itu prakiraan suhu udara di tiga daerah yang berpotensi dilanda hujan petir berkisar 24 hingga 32 derajat celcius. Kelembapan dalam rentang 75 hingga 100 persen. Sedangkan kelembapan Kepulauan Seribu di malam pergantian tahun berkisar 80 hingga 95 persen.

BMKG sebelumnya telah memperingatkan mengenai cuaca ekstrem secara umum di Indonesia jelang libut natal dan tahun baru. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyebut distribusi curah hujan naik cukup signifikan di sejumlah wilayah Indonesia. Curah hujan meningkat di wilayah Sumatera, Kalimantan, Jabodetabek, Jawa Barat, Tengah, dan Timur, Sulawesi Selatan, dan Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

[Gambas:Video CNN] "Akibat faktor dinamika atmosfer skala regional dan lokal terkini yaitu adanya Monsun Asia yang mulai menunjukkan aktivitas signifikan," kata Dwikorita, awal pekan kemarin. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan massa udara basah, terbentuknya pola konvergensi, perlambatan, dan belokan angin di beberapa wilayah. "Suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia yang masih hangat dan mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia," ujar Dwikorita.




JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya ada lima lokasi di Kota Bekasi yang menjadi titik pesta kembang api di malam tahun baru 2020, Selasa (31/12/2019).

Kelima lokasi itu, yakni kawasan Summarecon Bekasi, Giant Mega Bekasi, Kota Harapan Indah, wilayah Pondok Gede, dan Mal Lagoon.

Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Eka Mulyana mengatakan, kelima lokasi itu yang akan terdapat pesta kembang api saat waktu pergantian tahun.

Lima lokasi itu juga sudah mengantongi izin dari pihak kepolisian.

"Untuk tahun baru yang merayakan pesta kembang api ada 5 titik di Kota Bekasi yaitu Giant (Mega Bekasi), SMB (Summarecon Mall Bekasi), Harapan Indah, Pondokgede, Lagoon Mall," kata Eka dalam keterangannya, Senin (30/12/2019).

Baca juga: Malam Tahun Baru, Langit di Danau Sunter Akan Dihiasi 100 Lampion dan Kembang Api

Eka menambahkan, dengan adanya lima lokasi pesta kembang api tersebut, diprediksi keramaian tidak akan berpusat pada satu titik.

Untuk Jalan Ahmad Yani yang merupakan akses utama menuju kawasan Summarecon Bekasi, jika situasi lalu lintas padat, polisi memungkinkan akan menutup jalan.

"Walau tidak ada tutup di Jalan Ahmad Yani, tapi nanti penutupan secara situasional. Kalau disana padat pada jam 9 ke atas otomatis di tutup. Tapi di prediksikan Jalan Ahmad Yani normal jadi tidak ada penutupan jalan," ujar Eka.




Jakarta Tahun baru 2020 tinggal menghitung jari saja. Momen akhir tahun ini tentu identik dengan perayaan bersama keluarga maupun teman dekat.  Ada banyak pilihan tempat untuk mereka yang ingin merayakan momen tahunan di keramaian.

Di Jakarta ada beberapa spot menarik untuk merayakan tahun baru dengan meriah dan hampir semuanya sudah rutin menggelar acara perayaan ini yang dilansir dari Antara, 28 Desember 2019.

Bundaran Hotel Indonesia (HI) merupakan salah satu lokasi perayaan tahun baru di Jakarta yang selalu meriah tiap tahunnya. Kali ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menghadirkan lima panggung hiburan yaitu di Bundaran HI, Halaman Balai Kota Jakarta, Pintu Barat Daya Monas, Jalan Wahid Hasyim (Depan Gedung Jaya), dan Spot Budaya Dukuh Atas.

Akan ada panggung hiburan yang menampilkan konser musik para musisi kenamaan Indonesia serta pesta kembang api. Karena padatnya lalu lintas, siap-siap untuk adanya pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan Bundaran HI. Pengunjung juga sebaiknya menyiapkan jaket hingga payung karena acara bertempat di luar ruangan.

Monumen Nasional atau Monas selalu dipadati sebagian warga Jakarta yang ingin merayakan malam pergantian tahun. Monas akan dihiasi dengan permainan tata cahaya (video mapping) hingga malam pergantian tahun. Pertunjukan video mapping itu berlangsung di pelataran sisi barat Tugu Monas, mulai 22-31 Desember 2019.

Tempat alternatif merayakan tahun baru di Jakarta lainnya adalah Ancol, Jakarta Utara. Kawasan Ancol dari tahun ketahun selalu dipadati oleh ribuan warga sekitaran Jakarta, bahkan warga luar Jakarta.

Penghujung tahun ini, Ancol menggelar acara bertemakan "Symphony Of The Sea Countdown 2020". Dikutip dari laman resmi Taman Impian Jaya Ancol, sejumlah acara hiburan akan dimulai 25 Desember hingga 1 Januari 2020.

Acara menyambut tahun baru ini akan berlangsung di beberapa lokasi seperti Pantai Lagoon, Pantai Festival, Pantai Carnaval, Pantai Indah, dan Monumen. Perayaan tahun baru di kawasan itu nantinya dimeriahkan dengan sederet musisi Indonesia seperti Noah, Armada, Geisha, D'Masiv, SETIA Band, hingga Tipe-x.




Jakarta - Berbagai persiapan terus dilakukan Pemerintah Kota Semarang jelang perayaan malam pergantian akhir tahun. Tahun ini, gelaran perayaan malam tahun baru dipusatkan di sepanjang jalan depan BCA Pemuda, Kota Semarang. Di samping menghadirkan musisi-musisi kenamaan, Pemkot Semarang melalui Dinas Perhubungan juga merencanakan penutupan beberapa ruas jalan dan melakukan rekayasa lalu lintas guna memastikan kelancaran jalannya event tersebut. Dishub Kota Semarang melakukan penutupan ruas Jalan Pemuda mulai dari Persimpangan Gendingan hingga Persimpangan PLN atau ACE Hardware. Penutupan ruas jalan menuju area perayaan tahun baru dimulai sejak Senin (30/12/2019) pukul 19.00 WIB. Terkait adanya penutupan jalan tersebut, Kabag Humas Pemkot, Wing Wiyarso menjelaskan adanya rekayasa pengalihan lalu lintas bagi pengguna jalan.

"Bagi pengguna jalan dari arah Jalan Tanjung masih tetap dapat melintas ke Jalan Thamrin dan Jalan Pemuda. Demikian pula pengguna dari Jalan Depok masih dapat melintasi arah Thamrin dan Pemuda. Sedangkan bagi pengunjung Kota Lama yang hendak menuju pusat kota, kami menyarankan agar dapat melewati Bubakan atau Jalan Imam Bonjol," ujar Wing dalam keterangan tertulis, Senin (20/12/2019). Dengan rekayasa lalu lintas tersebut, Dishub telah menyiapkan kantong-kantong parkir bagi pengunjung. Untuk roda empat dapat memanfaatkan lebar Jalan Thamrin, sedangkan roda dua dapat mempergunakan Jalan Pemuda dan area belakang panggung. Meski perayaan Tahun Baru di Kota Semarang tanpa kembang api, namun Pemkot Semarang melalui Disbudpar berjanji akan menyiapkan laser show dan permainan animasi untuk menghibur warganya. "Kami tidak mengadakan pesta kembang api. Karena konsepnya berkesenian, kami hadirkan hiburan untuk bareng-bareng kita nikmati," ujar Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata, Indriyasari. Sejumlah artis lokal maupun nasional juga turut memeriahkan seperti Senopati Band, Rumah Pancasila, Ndarboy Genk, Pendhoza, Deni Caknan, Hendra Kumbara dan puncak acara akan diisi dengan penampilan band Naif. Kemeriahan menyambut Tahun Baru 2020 diharapkan tidak hanya di panggung perayaan namun juga di titik lain. Sebab, Pemkot Semarang juga menyiapkan Semarang Bridge Fountain dan animasi pergantian tahun di Downtron Gedung Pandanaran, depan Tugu Muda.




JAKARTA, KOMPAS.com  - Menjelang malam pergantian tahun, kepolisian tetap memberlakukan ganjil genap di sejumlah kawasan pada Selasa (31/12/2019), pagi ini.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yusuf mengatakan, dalam rangka kegiatan malam pergantian tahun baru 2020, kawasan ganjil genap hanya diberlakukan  hingga pukul 10.00 WIB.

"Tetap berlaku 06.00 sd pukul 10.00 WIB, sedangkan pada pukul 16.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB tidak diberlakukan," kaya Yusri.

Baca juga: Jadwal Pembebasan Ganjil Genap di Jakarta pada Natal dan Tahun Baru

Yusri mengatakan, kawasan ganjil genap juga tidak berlaku di hari berikutnya, yakni tanggal 1 Januari 2020.

"Pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap pada hari Rabu 1 Januari 2020 tidak diberlakukan," ujar dia.

Sedangkan untuk arus lalu lintas di kawasan Car Free Night, Jalan Sudirman-Thamrin akan ditutup pukul 15.00 sampai dengan 24.00 WIB.

Baca juga: Ini Lokasi Parkir Kendaraan untuk Nikmati Car Free Night Sudirman-Thamrin

Yusri mengatakan, ada 13 titik yang akan diberlakukan pengalihan arus lalu lintas jelang Car Free Night (CFN) malam pergantian tahun di sepanjang jalan Sudirman Thamrin.

Ada ribuan personel dari jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya yang akan diturunkan untuk mengarahkan pengguna jalan.




JAKARTA,KOMPAS.com - Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengimbau warganya untuk tertib dalam merayakan Tahun Baru 2020

Salah satu imbauannya adalah tidak menggunakan petasan dan kemang api saat merayakan tahun baru .

“Untuk perayaannya, rayakan tahun baru ini dengan cara-cara yang baik dan safe. Hindari hal-hal yang membahayakan. Saya sudah sampaikan larangan untuk menggunakan petasan, kembang api, dan sejenisnya supaya tidak membahayakan di lingkungan kita masing-masing,” kata Marullah saat dihubungi di Jakarta, Senin (30/12/2019).

Baca juga: Jadwal Operasi MRT, LRT, Transjakarta, dan KRL pada Malam Tahun Baru

Dia juga mengimbau warganya agar tidak merayakan tahun baru dengan aksi anarkistis seperti tawuran dan tindakan kriminal lain.

Di tahun yang akan datang, Marullah berharap warga Jakarta Selatan tetap menjaga kerukunan dan persatuan.

Baca juga: Ini Wilayah yang Rayakan Tahun Baru Paling Awal dan Paling Akhir di Dunia

“Kemudian kebersamaan warga Jakarta Selatan tentu sudah sangat baik, kerukunan sangat baik, itu kita mantapkan. Beberapa pembangunan sudah ikut serta masyarakat dengan pemerintah Jakarta Selatan. Terus kita kompak untuk meningkatkan lagi kualitas hidup di Jakarta Selatan,” ucap dia.




Jakarta - Polda Metro Jaya berencana melakukan rekayasa lalu lintas pada malam tahun baru, hari ini. Pengalihan arus lalu lintas dalam rangka Malam Bebas Kendaraan Bermotor (MBKB) Perayaan Malam Tahun Baru. Berdasarkan informasi akun twitter TMC Polda Metro Jaya, Selasa (31/12/2019). Pengalihan arus lalu lintas dilakukan di beberapa titik lokasi.

Berikut pengalihan arus lalu lintas: 1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk diarahkan ke Jalan Djuanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya diarahkan ke Jalan Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada 2. Arus lalu lintas dari Tugu Tani menuju ke Jalan Merdeka Utara diarahkan ke Jalan Perwira 3. Arus lalu lintas dari Tugu Tani Menuju ke Jalan Merdeka Selatan ditutup diluruskan ke arah Jalan Perwira 4. Arus lalu lintas dari Budi Kemuliaan menuju Jalan Thamrin, Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Barat ditutup diarahkan Jalan Abdul Muis 5. Arus lalu lintas dari Jalan Museum ke arah Merdeka Barat ditutup diluruskan ke Jalan Abdul Muis 6. Arus lalu lintas dari Jalan Galungung menuju Sudirman dilakukan penutupan dan diluruskan ke Tanah Abang. Demikian juga sebaliknya dari Tanah Abang diluruskan ke arah Manggarai atau Pasar Rumput 7. Arus lalu lintas dari arah Kasablanka menuju Jalan Jenderal Sudirman dilakukan penutupan kedua arahnya 8. Lingkaran Semanggi dan Simpang Susun Semanggi ditutup total dari timur diarahkan ke Slipi/arah dari barat ke Pancoran 9. Arus lalu lintas dari arah Hotel Mulia menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir 10. Arus lalu lintas yang dari Jalan Asia Afrika menuju Bunderan Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir 11. Arus lalu lintas yang dari Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir 12. Arus lalu lintas yang dari Jalan Pattimura menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir/diarahkan ke kiri Jalan Sisingmangaraja 13. Arus lalu lintas yang dari Jalan Senopati menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Pattimura Foto: Twitter @TMCPoldaMetro



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply