Contact Form

 

Asal Usul Tahun Baru, Sejarah, dan Perkembangannya


Foto: istockphotos/MicroStockHub

ilustrasi tahun baru Foto: istockphotos/MicroStockHubilustrasi tahun baru

Jakarta, CNN Indonesia -- Perayaanbukanlah suatu yang baru. Sejarah tahun baru menunjukkan perayaan ini sudah berlangsung sejak ribuan tahun lalu sampai tahunsaat ini. Asal usul tahun baru berawal dari Mesopotamia.Berdasarkan catatan sejarah, perayaan tahun baru yang paling awal terjadi di Mesopotamia pada tahun 2000 Sebelum Masehi. Mesopotamia merupakan peradaban tertua di dunia, yang terletak di antara dua sungai besar yaitu Efrat dan Tigris, kini dikenal sebagai Irak.Bangsa Romawi awalnya menggunakan tanggal 1 Maret sebagai hari tahun baru. Budaya lain menggunakan equinox musim gugur atau titik balik matahari musim dingin untuk menandai tahun baru.Dikutip dari CNN, berbagai perayaan dan pemujaan dilakukan untuk menyambut tahun baru di masa ini.Barulah pada 1582, saat Gereja Katolik Roma mengadopsi Kalender Gregorian, perayaan tahun baru mengalami pergeseran menjadi 1 Januari. Kalender Gregorian menandai 1 Januari sebagai tahun baru. Januari diambil dari nama Janus, dewa dengan dua wajah, satu melihat ke depan dan satu lagi melihat ke belakang.Dari beragam tradisi dan pemujaan, makna tahun baru terus mengalami pergeseran. Banyak orang mulai membuat resolusi untuk mengubah kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan baik.Seperti, orang Persia Kuno yang memberi hadiah telur saat tahun baru. Tradisi ini melambangkan produktivitas yang meningkat di di tahun yang baru.Tahun baru juga dijadikan momen untuk memohon keberuntungan di tahun yang akan datang. Di Amerika Serikat terdapat tradisi makan kacang polong hitam sebagai harapan untuk tahun baru.Pada 1788 lagu tradisional Auld Lang Syne dinyanyikan di malam tahun baru. Lagu yang berarti waktu yang berlalu ini ditulis penyair Skotlandia, Robert Burns berdasarkan cerita rakyat yang berkembang saat itu.Perayaan di pusat-pusat kota yang berlangsung hingga saat ini disebut berawal dari Times Square, New York. Perayaan di atas atap One Times Square pertama kali berlangsung pada 1904 untuk meresmikan kantor baru, Times Square. Perayaan itu dilengkapi dengan kembang api.Pada 1907, perayaan tahun baru dengan menjatuhkan bola pertama di One Times Square diadakan pada 31 Desember 1907.Pada 1942 dan 1943, penurunan bola ditunda karena Perang Dunia. Saat itu, kerumunan merayakan tahun baru dengan kesunyian, diikuti dengan lonceng yang berdering dari sebuah truk.Saat ini, perayaan tahun baru dibuat dengan semeriah mungkin. Mulai dari pesta, terompet, kembang api, hingga petasan. Asal usul dan sejarah tahun baru mengalami banyak perubahan sejak pertama kali dirayakan.Selamat tahun baru 2020!


Jakarta - Perayaan tahun baru 2020 akan berlangsung di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tahun baru menjadi moment untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Di Indonesia acara tahun baru selalu meriah setiap tahunnya. Banyak cara digunakan untuk merayakan malam pergantian tahun. Mulai dari menyalakan kembang api, meniup terompet atau sekadar ngobrol bersama dengan teman, tetangga juga keluarga.

Berikut beberapa kegiatan yang dilakukan saat perayaan tahun baru di Indonesia: 1. Kembang Api Kembang api akan mengiasi langit pada perayaan tahun baru, dan sudah menjadi tradisi di seluruh masyarakat dunia. Bahkan setiap negara mempunyai kembang api yang khas. 2. Begadang Ada juga yang menggelar perayaan tahun baru dengan begadang sambil minum kopi, bakar ayam, atau bakar jagung bersama keluarga dan teman. 3. Terompet Tak ketinggalan, terompet menjadi benda yang sangat identik dengan malam pergantian Tahun baru. Para penjual terompet banyak menjajakan di pinggir jalan. Catat! Rekayasa Lalu Lintas Jakarta di Malam Tahun Baru:




Jakarta - Polisi mengimbau masyarakat untuk tidak menyalakan kembang api di malam pergantian tahun. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi masyarakat untuk melihat pesta kembang api. "Kembang api itu ada ketentuannya, untuk ukuran 2 inchi dan maksimal 8 inchi itu harus dengan izin," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (31/12/2019). Adapun, pesta kembang api untuk menyambut tahun baru akan dilaksanakan di beberapa tempat, seperti di Ancol, Monas dan Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Sementara untuk petasan dilarang. Sebab, petasan membahayakan keselamatan. Rangkaian acara malam tahun baru di Jkaarta dimulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Selain titik yang disiapkan Pemprov DKI, ada juga lokasi perayaan malam tahun baru yang disiapkan pihak lain. Selain pesta kembang api, Pemprov DKI Jakarta juga menggelar acara nikah massal. Konser musik juga akan menyemarakan pesta pergantian tahun nanti malam. Warga diimbau menggunakan transportasi umum untuk menuju lokasi. Berikut daftar lokasi perayaan malam tahun baru di Jakarta: - Car Free Night pukul 17.00 WIB-24.00 WIB sepanjang Jalan MH Thamrin-Spot Budaya Dukuh Atas - Nikah Massal, Itsbat Nikah hingga marawis mulai pukul 17.00 WIB di Halaman Gedung Balai Kota DKI - Konser musik di Area Bundaran HI - Konser musik Pintu Barat Daya Monas - Hiburan gambang kromong di Jalan Wahid Hasyim (depan Gedung Jaya) - Gambus hingga fashion show di Spot Budaya Dukuh Atas - Konser musik dan pesta kembang api di Ancol. Catat! Rekayasa Lalu Lintas Jakarta di Malam Tahun Baru: [Gambas:Video 20detik]




Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sejumlah lokasi sebagai titik perayaan malam tahun baru 2020. Lokasi tersebar di beberapa titik dengan berbagai acara. "Pemprov DKI Jakarta siap menggelar acara Malam Pergantian Tahun Baru 2020. Ada Nikah dan Itsbat Massal hingga berbagai macam panggung hiburan bersama artis top ibu kota," tulis Pemprov DKI lewat akun Instagram resmi @dkijakarta, Selasa (31/12/2019).

Rangkaian acara malam tahun baru dimulai pukul 17.00 WIB-24.00 WIB. Selain titik yang disiapkan Pemprov DKI, ada juga lokasi perayaan malam tahun baru yang disiapkan pihak lain. Warga diimbau menggunakan transportasi umum untuk menuju lokasi. Berikut daftar lokasi perayaan malam tahun baru di Jakarta: - Car Free Night pukul 17.00 WIB-24.00 WIB sepanjang Jalan MH Thamrin-Spot Budaya Dukuh Atas - Nikah Massal, Itsbat Nikah hingga marawis mulai pukul 17.00 WIB di Halaman Gedung Balai Kota DKI - Konser musik di Area Bundaran HI - Konser musik Pintu Barat Daya Monas - Hiburan gambang kromong di Jalan Wahid Hasyim (depan Gedung Jaya) - Gambus hingga fashion show di Spot Budaya Dukuh Atas - Konser musik dan pesta kembang api di Ancol. Catat! Sejumlah Titik Perayaan Tahun Baru 2020 di Jakarta: [Gambas:Video 20detik]




Suara.com - Tidak terasa tahun 2019 akan berakhir hanya dalam hitungan beberapa jam saja. Itu artinya, Tahun Baru 2020 sudah di depan mata.

Tradisi perayaan Tahun Baru tidak hanya mengadakan pesta kembang api atau berbagi hadiah.

Kebiasaan membagikan ucapan selamat Tahun Baru juga tidak pernah dilewatkan oleh orang pada umumnya.

Tentunya kita tidak mau terlewat untuk memberi ucapan Tahun Baru 2020 kepada pacar atau mantan. Setidaknya kalian pasti menulis ucapan ulang tahun di status media sosial seperti Whatsapp.

Berikut 10 ucapan Tahun Baru 2020 untuk pacar, mantan atau diunggah dalam status di Whatsapp.

1. Seterang apapun kembang api di malam tahun baru, tapi jika kamu tidak ada di sisiku. Semuanya tetap terlihat gelap. Selamat Tahun Baru 2020.

2. Nights will be dark but days will be light, wish your life to be always bright – Happy New Year 2020.

3. Selamat Tahun Baru 2020. Tak perlu pesta kembang api, sebab tatapmu saja buat dadaku meletup setiap hari.

4. Sebelum kalender lama dihancurkan, sebelum kembang api diledakkan, saya mengucapkan Selamat Tahun Baru 2020 untuk kalian.

5. Kenapa tahun baru dirayakan dengan kembang api? Karena begitulah kehidupan. Berpijar sejenak, kemudian hilang tak berjejak. Selamat Tahun Baru 2020 untukmu mantan.

6. Bukan hanya tahun yang berganti, tapi sikap dan perilaku kita semoga berubah lebih baik lagi. Semoga keberkahan dan kerahmatan senantiasa berada di sisi kita semua. Selamat Tahun Baru 2020.

7. “Wishing a very Happy New Year to the one who adds sunshine to our family.”

8. Ketika Tahun Baru dimulai dengan kembang api yang berwarna-warni, biarkan hal itu menerangi hidup seperti lilin di malam hari, dan semoga hal itu mewarnai tahun ini seperti pelangi.

9. Tahun lalu yang indah akan berakhir. Tapi jangan khawatir. Semoga tahun depan kebahagiaan selalu hadir. Happy New Year 2020.

10. Tahun lalu banyak tantangan, ayo tuntaskan dengan ketekunan. Jika tahun lalu ada kekecewaan, mari dihadapi dengan senyuman. Selamat Tahun Baru 2020.


Medan - Pemerintah Kota Medan memusatkan perayaan malam pergantian tahun di Lapangan Merdeka. Ada sejumlah acara yang bakal digelar pada malam tahun baru 2020. "Pada pukul 21.00 WIB ada zikir dan doa bersama Forkopimda di pendopo Lapangan Merdeka. Kemudian, pada pukul 22.30 WIB ada hiburan rakyat dan kembang api juga di Lapangan Merdeka," kata Kabag Humas Pemko Medan Arrahman Pane, Selasa (31/12/2019). Arrahman juga mengingatkan rekayasa lalu lintas bakal dilakukan pada malam tahun baru. Dia mengimbau warga agar mematuhi arahan dari petugas untuk menghindari kemacetan.

"Kita berharap di tahun depan, mari sama-sama kita warga dan Pemko Medan membangun Medan lebih baik lagi. Seperti kita tingkatkan keperdulian terhadap sampah dengan membuang pada tempatnya," ujar Arrahman. Polisi sendiri bakal melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Lapangan Merdeka Medan saat perayaan malam tahun baru 2020. Sejumlah jalan mengalami penutupan dan pengalihan arus lalu lintas. "Rekayasa arus lalu lintas ini kita buat untuk meminimalisir kemacetan saat pergantian tahun. Kita mulai lakukan rekayasanya sejak pukul 18.00 WIB nanti," kata Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Juliani Prihatini. Catat! Rekayasa Lalu Lintas Jakarta di Malam Tahun Baru: [Gambas:Video 20detik]




JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolda Metro Jaya Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan, ada empat titik keramaian yang menjadi fokus pengamanan polisi saat malam pergantian tahun 2020

"Satu di Ancol, di sana ada tiga titik untuk kembang apinya," ujar Gatot saat ditemui Kompas.com di Polda Metro Jaya, Selasa (31/12/2019).

Selain di Ancol, tiga tempat lainnya berada di Bunderan Hotel Indonesia, Monas, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Sudah kita siapkan juga (penjagaan) di beberapa tempat-tempat keramaian dan kegiatan," jelas dia.

Baca juga: 6.900 Kembang Api Akan Ditembakkan pada Malam Tahun Baru 2020 di TMII

Tempat keramaian dimaksud adalah salah satunya kegiatan keagamaan yang akan berlangsung bertepatan dengan malam tahun baru .

Baik umat Kristen yang akan beribadah di gereja ataupun umat islam yang akan melakukan zikir dan ibadah di masjid dan tempat lainnya.

Gatot mengatakan, acara pergantian malam tahun baru tersebut akan dijaga oleh 10.000 personel dari Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Pengamanan akan bekerjasama dengan instansi terkait seperti TNI dan Satpol PP Jakarta.

"Personel kita seluruhnya itu lebih kurang 10.000 masih tergabung dalam Operasi Lilin Jaya 2019," ujar Gatot.

Baca juga: Catat, 5 Panggung Hiburan di Pusat Kota Jakarta saat Malam Tahun Baru




Jakarta - Kadang, tidak perlu berpanjang-panjang kalimat untuk mengucapkan selamat Tahun Baru kepada keluarga atau teman. Sebuah stiker bisa mewakili apa yang ingin kalian ungkapkan. Nah untuk merayakannya, kalian bisa membagikan stiker bertema Tahun Baru lewat WhatsApp. Selain simpel, ucapan kalian akan jadi lebih unik karena stiker-stiker ini tersedia dalam berbagai pilihan gambar yang menarik dan lucu. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk bisa mengirimkan stiker WhatsApp ucapan Tahun Baru.

- Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mengakses seperti biasa bagian stiker dengan membuka salah satu kontak WhatsApp. - Tap pada ikon emoji yang ada di sudut kiri kotak pesan. Akan ada tiga pilihan di bagian bawah yakni emoji, GIF dan stiker. Lalu pilih stiker. - Cari tanda "+" di bagian kanan dan klik. - Ketika kotak baru terbuka, kalian akan melihat ikon + di sisi kanan kotak pesan dan tap. Ikon ini memungkinkan kalian mengunduh dan menggunakan lebih banyak paket stiker. - Untuk menambah pak stiker baru, kalian harus scroll ke arah bawah untuk mencari tulisan "Get More Stickers". Tap tulisan tersebut, dan kalian akan dibawa ke PlayStore - Lalu, kalian bisa cari stiker bertema Tahun Baru yang ingin diunduh. Jika pilihannya terbatas, untuk memudahkan, kalian bisa langsung ketik "wastickerapps tahun baru" pada kolom pencarian, sehingga yang ditampilkan pak stiker bertema Tahun Baru. - Download pak stiker yang diinginkan. - Setelah unduhan selesai, buka pak stiker yang sudah diunduh lalu tap "add" atau tanda centang untuk menambahkannya ke WhatsApp. - Jika sudah, kembali ke halaman chat. Pilih kontak yang ingin dikirimkan stiker. - Pak stiker bertema Tahun Baru yang sudah diunduh kini sudah tersedia di pilihan stiker. Tinggal tap dan kirim ke kontak. Selamat Tahun Baru! Simak Video " Patokan Harga Manggung Tahun Baru Rossa "




JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 2.000 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan perayaan tahun baru 2020 di Jakarta Timur, pada Selasa (31/12/2019).

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Arie Ardian mengatakan, seluruh personel gabungan itu akan mengamankan sejumlah titik keramaian pada malam tahun baru.

"Sekitar kurang lebih 2.000 personel dari Polres, Polda, TNI, dan Brimob untuk pengamanan malam tahun baru," kata Arie di Mapolres Metro Jakarta Timur, Selasa.

Adapun titik keramaian yang akan diperketat pengamanannya, yakni berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), AEON Mall Cakung, dan Jalan Jatinegara.

Baca juga: Parkir di Jalan Alternatif pada Malam Tahun Baru, Siap-siap Diderek dan Denda Rp 500.000

"Titik keramaian di taman mini itu ada berbagai kegiatan seperti kembang api, kemudian di AEON Mall Cakung juga ada pesta kembang api, dan di Jalan Jatinegara ada dzikir bersama. Kita sudah plotting semua personel di titik-titik itu," ujar Arie.

Adapun selama menjelang tahun baru, polisi bersama TNI telah melaksanakan operasi cipta kondisi untuk mencegah potensi kejahatan terjadi menjelang tahun baru.

"Kita juga lakukan razia minuman keras, tadi malam seluruh polsek razian miras dan turut diamankan ribuan botol minuman keras ilegal," ujar Arie.




Agung Pratnyawan Selasa, 31 Desember 2019 | 14:05 WIB

Tahun Baru 2020. (Pixabay)

Hitekno.com - Pergantian tahun tinggal menunggu jam saja, sudah siap menyambut Tahun Baru 2020 nanti? Sudah menyiapkan Kartu Ucapan Tahun Baru 2020 juga?

Jika ucapan selamat Tahun Baru 2020 dalam wujud kata-kata saja tidak cukup, kamu bisa memakai kartu ucapan.

Ucapan ini bisa dikirim untuk orang tercinta yang telah mewarnai hari-hari di sepanjang 2019.

Sejumlah aplikasi mobile saat ini bisa dimanfaatkan untuk berkreasi membuat kartu ucapan yang menarik.

Berikut lima aplikasi katu ucapan untuk Tahun Baru 2020 yang telah dihimpun tim HiTekno.com:

1. Canva

Aplikasi ucapan selamat tahun baru, Canva. [Google Play Store]

Aplikasi edit sejuta umat ini memiliki ukuran sebesar 22 MB. Pengguna bisa membuat kartu Tahun Baru, wallpaper liburan, ataupun ucapan Tahun baru dengan foto ataupun video.

Canva menyediakan 60 ribu template gratis yang dibuat oleh desainer profesional dan dapat diedit untuk mengekspresikan kreativitas pengguna.

Pengguna juga dapat menambahkan atau mengedit teks dengan lebih dari 500 jenis huruf ke foto atau video. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Play Store.

2. TouchNote

Aplikasi ucapan selamat tahun baru, TouchNote. [Google Play Store]

Aplikasi yang memiliki ukuran sebesar 68 MB ini memungkinkan pengguna membuat katu ucapan dan bahkan kartu pos yang dipersonalisasi dengan foto langsung dari ponsel atau ilustrasi yang disediakan TouchNote.

TouchNote juga menawarkan fitur filter foto, stiker bergaya vintage, dan perangko. Menariknya, pengguna dapat mengirim kartu ucapan yang dibuatnya secara fisik ke penerima dengan gratis pengiriman yang disediakan TouchNote.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store.

3. Greeting Cards For All Occasions: The Card Shop

Aplikasi ucapan selamat tahun baru, Greeting Cards For All Occasions: The Card Shop. [Google Play Store]

Aplikasi yang dikembangkan oleh The Card Shop ini memiliki ukuran sebesar 17 MB. Pengguna dapat membuat beragam kartu ucapan yang eksklusif dan dapat dibagikan melalui Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram, atau SMS.

Greeting Cards menyediakan berbagai jenis kartu ucapan, mulai dari kartu ucapan Tahun Baru, Natal, Idul Fitri, Ulang Tahun, hingga Hari Valentine dengan desain yang bervariasi.

Fitur yang ditawarkan mencakup edit teks, emoji, dan stiker. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

4. New Year Greeting Cards 2020

Aplikasi ucapan selamat tahun baru, New Year Greeting Cards 2020. [Google Play Store]

Aplikasi berukuran 9,2 MB ini dikembangkan oleh Appisma. Sama seperti aplikasi sebelumnya, pengguna dapat membuat kartu ucapan Tahun Baru yang dipersonalisasi.

Aplikasi ini menawarkan semua jenis kartu ucapan Tahun Baru 2020 dengan beragam desain.

Tak hanya kartu, pengguna juga dapat membuat wallpaper Tahun Baru dan gambar dengan kutipan kalimat bertema Tahun Baru. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

5. Greeting Cards Maker

Aplikasi ucapan selamat tahun baru, Greeting Cards Maker. [Google Play Store]

Aplikasi yang ditawarkan oleh Micro Bots ini memiliki ukuran sebesar 14 MB. Pengguna dapat membuat kartu ucapan Tahun Baru yang dipersonalisasikan dan mengirimnya melalui jejaring media sosial atau pesan instan.

Pengguna juga dapat menyesuaikan desain kartu dengan menambahkan foto dari galeri ponsel dan grafis.

Selain kartu ucapan Tahun Baru, aplikasi ini menawarkan desain kartu untuk ucapan Natal, Valentine, Ulang Tahun, Perayaan, kelahiran, Pernikahan, hingga Persahabatan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Itulah 5 aplikasi mobile yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat kartu ucapan Tahun Baru 2020. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply