Contact Form

 

Asal Usul Tahun Baru, Sejarah, dan Perkembangannya


Jakarta - Perayaan tahun baru 2020 akan berlangsung di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tahun baru menjadi moment untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Di Indonesia acara tahun baru selalu meriah setiap tahunnya. Banyak cara digunakan untuk merayakan malam pergantian tahun. Mulai dari menyalakan kembang api, meniup terompet atau sekadar ngobrol bersama dengan teman, tetangga juga keluarga.

Berikut beberapa kegiatan yang dilakukan saat perayaan tahun baru di Indonesia: 1. Kembang Api Kembang api akan mengiasi langit pada perayaan tahun baru, dan sudah menjadi tradisi di seluruh masyarakat dunia. Bahkan setiap negara mempunyai kembang api yang khas. 2. Begadang Ada juga yang menggelar perayaan tahun baru dengan begadang sambil minum kopi, bakar ayam, atau bakar jagung bersama keluarga dan teman. 3. Terompet Tak ketinggalan, terompet menjadi benda yang sangat identik dengan malam pergantian Tahun baru. Para penjual terompet banyak menjajakan di pinggir jalan. Catat! Rekayasa Lalu Lintas Jakarta di Malam Tahun Baru:




Foto: istockphotos/MicroStockHub

ilustrasi tahun baru Foto: istockphotos/MicroStockHubilustrasi tahun baru

Jakarta, CNN Indonesia -- Perayaanbukanlah suatu yang baru. Sejarah tahun baru menunjukkan perayaan ini sudah berlangsung sejak ribuan tahun lalu sampai tahunsaat ini. Asal usul tahun baru berawal dari Mesopotamia.Berdasarkan catatan sejarah, perayaan tahun baru yang paling awal terjadi di Mesopotamia pada tahun 2000 Sebelum Masehi. Mesopotamia merupakan peradaban tertua di dunia, yang terletak di antara dua sungai besar yaitu Efrat dan Tigris, kini dikenal sebagai Irak.Bangsa Romawi awalnya menggunakan tanggal 1 Maret sebagai hari tahun baru. Budaya lain menggunakan equinox musim gugur atau titik balik matahari musim dingin untuk menandai tahun baru.Dikutip dari CNN, berbagai perayaan dan pemujaan dilakukan untuk menyambut tahun baru di masa ini.Barulah pada 1582, saat Gereja Katolik Roma mengadopsi Kalender Gregorian, perayaan tahun baru mengalami pergeseran menjadi 1 Januari. Kalender Gregorian menandai 1 Januari sebagai tahun baru. Januari diambil dari nama Janus, dewa dengan dua wajah, satu melihat ke depan dan satu lagi melihat ke belakang.Dari beragam tradisi dan pemujaan, makna tahun baru terus mengalami pergeseran. Banyak orang mulai membuat resolusi untuk mengubah kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan baik.Seperti, orang Persia Kuno yang memberi hadiah telur saat tahun baru. Tradisi ini melambangkan produktivitas yang meningkat di di tahun yang baru.Tahun baru juga dijadikan momen untuk memohon keberuntungan di tahun yang akan datang. Di Amerika Serikat terdapat tradisi makan kacang polong hitam sebagai harapan untuk tahun baru.Pada 1788 lagu tradisional Auld Lang Syne dinyanyikan di malam tahun baru. Lagu yang berarti waktu yang berlalu ini ditulis penyair Skotlandia, Robert Burns berdasarkan cerita rakyat yang berkembang saat itu.Perayaan di pusat-pusat kota yang berlangsung hingga saat ini disebut berawal dari Times Square, New York. Perayaan di atas atap One Times Square pertama kali berlangsung pada 1904 untuk meresmikan kantor baru, Times Square. Perayaan itu dilengkapi dengan kembang api.Pada 1907, perayaan tahun baru dengan menjatuhkan bola pertama di One Times Square diadakan pada 31 Desember 1907.Pada 1942 dan 1943, penurunan bola ditunda karena Perang Dunia. Saat itu, kerumunan merayakan tahun baru dengan kesunyian, diikuti dengan lonceng yang berdering dari sebuah truk.Saat ini, perayaan tahun baru dibuat dengan semeriah mungkin. Mulai dari pesta, terompet, kembang api, hingga petasan. Asal usul dan sejarah tahun baru mengalami banyak perubahan sejak pertama kali dirayakan.Selamat tahun baru 2020!


Jakarta - Polisi mengimbau masyarakat untuk tidak menyalakan kembang api di malam pergantian tahun. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi masyarakat untuk melihat pesta kembang api. "Kembang api itu ada ketentuannya, untuk ukuran 2 inchi dan maksimal 8 inchi itu harus dengan izin," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (31/12/2019). Adapun, pesta kembang api untuk menyambut tahun baru akan dilaksanakan di beberapa tempat, seperti di Ancol, Monas dan Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Sementara untuk petasan dilarang. Sebab, petasan membahayakan keselamatan. Rangkaian acara malam tahun baru di Jkaarta dimulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Selain titik yang disiapkan Pemprov DKI, ada juga lokasi perayaan malam tahun baru yang disiapkan pihak lain. Selain pesta kembang api, Pemprov DKI Jakarta juga menggelar acara nikah massal. Konser musik juga akan menyemarakan pesta pergantian tahun nanti malam. Warga diimbau menggunakan transportasi umum untuk menuju lokasi. Berikut daftar lokasi perayaan malam tahun baru di Jakarta: - Car Free Night pukul 17.00 WIB-24.00 WIB sepanjang Jalan MH Thamrin-Spot Budaya Dukuh Atas - Nikah Massal, Itsbat Nikah hingga marawis mulai pukul 17.00 WIB di Halaman Gedung Balai Kota DKI - Konser musik di Area Bundaran HI - Konser musik Pintu Barat Daya Monas - Hiburan gambang kromong di Jalan Wahid Hasyim (depan Gedung Jaya) - Gambus hingga fashion show di Spot Budaya Dukuh Atas - Konser musik dan pesta kembang api di Ancol. Catat! Rekayasa Lalu Lintas Jakarta di Malam Tahun Baru: [Gambas:Video 20detik]




Medan - Pemerintah Kota Medan memusatkan perayaan malam pergantian tahun di Lapangan Merdeka. Ada sejumlah acara yang bakal digelar pada malam tahun baru 2020. "Pada pukul 21.00 WIB ada zikir dan doa bersama Forkopimda di pendopo Lapangan Merdeka. Kemudian, pada pukul 22.30 WIB ada hiburan rakyat dan kembang api juga di Lapangan Merdeka," kata Kabag Humas Pemko Medan Arrahman Pane, Selasa (31/12/2019). Arrahman juga mengingatkan rekayasa lalu lintas bakal dilakukan pada malam tahun baru. Dia mengimbau warga agar mematuhi arahan dari petugas untuk menghindari kemacetan.

"Kita berharap di tahun depan, mari sama-sama kita warga dan Pemko Medan membangun Medan lebih baik lagi. Seperti kita tingkatkan keperdulian terhadap sampah dengan membuang pada tempatnya," ujar Arrahman. Polisi sendiri bakal melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Lapangan Merdeka Medan saat perayaan malam tahun baru 2020. Sejumlah jalan mengalami penutupan dan pengalihan arus lalu lintas. "Rekayasa arus lalu lintas ini kita buat untuk meminimalisir kemacetan saat pergantian tahun. Kita mulai lakukan rekayasanya sejak pukul 18.00 WIB nanti," kata Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Juliani Prihatini. Catat! Rekayasa Lalu Lintas Jakarta di Malam Tahun Baru: [Gambas:Video 20detik]




Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sejumlah lokasi sebagai titik perayaan malam tahun baru 2020. Lokasi tersebar di beberapa titik dengan berbagai acara. "Pemprov DKI Jakarta siap menggelar acara Malam Pergantian Tahun Baru 2020. Ada Nikah dan Itsbat Massal hingga berbagai macam panggung hiburan bersama artis top ibu kota," tulis Pemprov DKI lewat akun Instagram resmi @dkijakarta, Selasa (31/12/2019).

Rangkaian acara malam tahun baru dimulai pukul 17.00 WIB-24.00 WIB. Selain titik yang disiapkan Pemprov DKI, ada juga lokasi perayaan malam tahun baru yang disiapkan pihak lain. Warga diimbau menggunakan transportasi umum untuk menuju lokasi. Berikut daftar lokasi perayaan malam tahun baru di Jakarta: - Car Free Night pukul 17.00 WIB-24.00 WIB sepanjang Jalan MH Thamrin-Spot Budaya Dukuh Atas - Nikah Massal, Itsbat Nikah hingga marawis mulai pukul 17.00 WIB di Halaman Gedung Balai Kota DKI - Konser musik di Area Bundaran HI - Konser musik Pintu Barat Daya Monas - Hiburan gambang kromong di Jalan Wahid Hasyim (depan Gedung Jaya) - Gambus hingga fashion show di Spot Budaya Dukuh Atas - Konser musik dan pesta kembang api di Ancol. Catat! Sejumlah Titik Perayaan Tahun Baru 2020 di Jakarta: [Gambas:Video 20detik]




JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolda Metro Jaya Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan, ada empat titik keramaian yang menjadi fokus pengamanan polisi saat malam pergantian tahun 2020

"Satu di Ancol, di sana ada tiga titik untuk kembang apinya," ujar Gatot saat ditemui Kompas.com di Polda Metro Jaya, Selasa (31/12/2019).

Selain di Ancol, tiga tempat lainnya berada di Bunderan Hotel Indonesia, Monas, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Sudah kita siapkan juga (penjagaan) di beberapa tempat-tempat keramaian dan kegiatan," jelas dia.

Baca juga: 6.900 Kembang Api Akan Ditembakkan pada Malam Tahun Baru 2020 di TMII

Tempat keramaian dimaksud adalah salah satunya kegiatan keagamaan yang akan berlangsung bertepatan dengan malam tahun baru .

Baik umat Kristen yang akan beribadah di gereja ataupun umat islam yang akan melakukan zikir dan ibadah di masjid dan tempat lainnya.

Gatot mengatakan, acara pergantian malam tahun baru tersebut akan dijaga oleh 10.000 personel dari Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Pengamanan akan bekerjasama dengan instansi terkait seperti TNI dan Satpol PP Jakarta.

"Personel kita seluruhnya itu lebih kurang 10.000 masih tergabung dalam Operasi Lilin Jaya 2019," ujar Gatot.

Baca juga: Catat, 5 Panggung Hiburan di Pusat Kota Jakarta saat Malam Tahun Baru




Liputan6.com, Denpasar - Menjadi salah satu tujuan wisatawan menyambut pergantian Tahun Baru 2020, Kepolisian di Bali telah menyiapkan sejumlah rencana, termasuk rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan di daerah tersebut.

Melihat hal tersebut, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono mengatakan, terdapat tiga titik di Bali yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, yakni Kuta, Kota Denpasar, dan Garuda Wisnu Kencana (GWK).

"Karena itu, Kuta akan diberlakukan satu arus dan penutupan jalan mulai pukul 16.00 WITA. Jadi nanti harus clean tidak ada kendaraan yang masuk di wilayah Kuta ini. Kemudian di Denpasar dan GWK juga demikian," kata Istiono seperti dilansir kanal Peristiwa Liputan6.com .

Kepolisian terus memantau pergerakan wisatawan di Bali selama libur Natal dan Tahun Baru 2020. Sejauh ini, jumlah wisatawan lokal yang masuk ke wilayah Bali sudah sekitar 18 ribu kendaraan. Jumlah tersebut belum termasuk wisatawan yang datang melalui jalur udara.

"Kemungkinan di malam tahun baru cukup padat di sini. Harapannya para wisatawan mengetahui situasi di sini. Dan kita dari kepolisian telah menyiapkan rencana-rencana pengamanan secara maksimal," tuturnya.




KOMPAS.com - Perayaan tahun baru akan segera berlangsung di seluruh dunia untuk menyambut masuknya tahun 2020.

Namun, tahun 2020 akan dirayakan pada waktu yang berbeda di seluruh dunia.

Wilayah mana yang akan merayakan tahun baru paling awal dan paling akhir?

Berikut ulasannya, dengan mengonversi waktu dalam satuan waktu Indonesia Barat.

Melansir The Sun , Pulau Tonga akan menjadi yang pertama memasuki tahun baru pada 31 Desember 2019 pukul 17.00 WIB, waktu Indonesia.

Selain itu, kebanyakan negara-negara di Pasifik Selatan juga akan merayakan tahun baru lebih awal, seperti Samoa dan Pulau Christmas/Kribati.

Selandia Baru akan memasuki tahun 2020 pada 31 Desember 2019 pukul 17.15 WIB. Sementara, kebanyakan wilayah Australia adalah sekitar pukul 20.00 WIB, Selasa (31/12/2019).

Baca juga: 6 Promo Akhir Tahun Menyambut Tahun Baru 2020

Kemudian, wilayah Asia Timur seperti Jepang dan Korea Selatan akan memasuki tahun baru pada pukul 22.00 WIB.

China, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Hongkong juga memasuki 2020 lebih awal, yaitu pukul 23.00 WIB.

Wilayah Amerika Latin dan Negara Eropa akan berganti tahun mulai 1 Januari pagi harinya.

Begitu pula dengan Myanmar, Bangladesh, Nepal, India, Iran, dan Rusia.

Jerman baru merayakan tahun barunya pada pukul 06.00 WIB.

Sementara, wilayah yang paling akhir memasuki tahun 2020 adalah pulau kecil di Amerika Serikat, yaitu Pulau Howland dan Pulau Baker, yaitu sekitar pukul 19.00 WIB, 1 Januari 2020.

Baca juga: 4 Gunung Ini Tak Bisa Didaki Saat Malam Tahun Baru 2020

Berdasarkan Waktu Indonesia Barat (WIB), berikut adalah waktu masuknya 2020 di sejumlah wilayah di dunia:

00.00 WIB Thailand, Kamboja, dan sebagian besar Indonesia

04.00 WIB Turkey, Iraq, Kenya dan sebagian besar Rusia

05.00 WIB Yunani, Rumania, Afrika Selatan, Hungaria, dan sebagian kota di Eropa Timur

06.00 WIB Jerman, Perancis, Italia, Algeria, Belgia, Spanyol

07.00 WIB Inggris, Irlandia, Ghana, Islandia, Portugal

10.00 WIB Argentina, Chili, Paraguay, dan sebagian Brazil

11.00 WIB Sebagian wilayah Kanada, Bolivia, Puerto Rico

12.00 WIB Sebagian Amerika (New York, Washington DC, Detroit, Havana)

13.00 WIB Sebagian Amerika (Meksiko, Chicago, Guatemala)

15.00 WIB Sebagian Amerika (Los Angeles, San Frasisco, Las Vegas)




Agung Pratnyawan Selasa, 31 Desember 2019 | 14:05 WIB

Tahun Baru 2020. (Pixabay)

Hitekno.com - Pergantian tahun tinggal menunggu jam saja, sudah siap menyambut Tahun Baru 2020 nanti? Sudah menyiapkan Kartu Ucapan Tahun Baru 2020 juga?

Jika ucapan selamat Tahun Baru 2020 dalam wujud kata-kata saja tidak cukup, kamu bisa memakai kartu ucapan.

Ucapan ini bisa dikirim untuk orang tercinta yang telah mewarnai hari-hari di sepanjang 2019.

Sejumlah aplikasi mobile saat ini bisa dimanfaatkan untuk berkreasi membuat kartu ucapan yang menarik.

Berikut lima aplikasi katu ucapan untuk Tahun Baru 2020 yang telah dihimpun tim HiTekno.com:

1. Canva

Aplikasi ucapan selamat tahun baru, Canva. [Google Play Store]

Aplikasi edit sejuta umat ini memiliki ukuran sebesar 22 MB. Pengguna bisa membuat kartu Tahun Baru, wallpaper liburan, ataupun ucapan Tahun baru dengan foto ataupun video.

Canva menyediakan 60 ribu template gratis yang dibuat oleh desainer profesional dan dapat diedit untuk mengekspresikan kreativitas pengguna.

Pengguna juga dapat menambahkan atau mengedit teks dengan lebih dari 500 jenis huruf ke foto atau video. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Play Store.

2. TouchNote

Aplikasi ucapan selamat tahun baru, TouchNote. [Google Play Store]

Aplikasi yang memiliki ukuran sebesar 68 MB ini memungkinkan pengguna membuat katu ucapan dan bahkan kartu pos yang dipersonalisasi dengan foto langsung dari ponsel atau ilustrasi yang disediakan TouchNote.

TouchNote juga menawarkan fitur filter foto, stiker bergaya vintage, dan perangko. Menariknya, pengguna dapat mengirim kartu ucapan yang dibuatnya secara fisik ke penerima dengan gratis pengiriman yang disediakan TouchNote.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store.

3. Greeting Cards For All Occasions: The Card Shop

Aplikasi ucapan selamat tahun baru, Greeting Cards For All Occasions: The Card Shop. [Google Play Store]

Aplikasi yang dikembangkan oleh The Card Shop ini memiliki ukuran sebesar 17 MB. Pengguna dapat membuat beragam kartu ucapan yang eksklusif dan dapat dibagikan melalui Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram, atau SMS.

Greeting Cards menyediakan berbagai jenis kartu ucapan, mulai dari kartu ucapan Tahun Baru, Natal, Idul Fitri, Ulang Tahun, hingga Hari Valentine dengan desain yang bervariasi.

Fitur yang ditawarkan mencakup edit teks, emoji, dan stiker. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

4. New Year Greeting Cards 2020

Aplikasi ucapan selamat tahun baru, New Year Greeting Cards 2020. [Google Play Store]

Aplikasi berukuran 9,2 MB ini dikembangkan oleh Appisma. Sama seperti aplikasi sebelumnya, pengguna dapat membuat kartu ucapan Tahun Baru yang dipersonalisasi.

Aplikasi ini menawarkan semua jenis kartu ucapan Tahun Baru 2020 dengan beragam desain.

Tak hanya kartu, pengguna juga dapat membuat wallpaper Tahun Baru dan gambar dengan kutipan kalimat bertema Tahun Baru. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

5. Greeting Cards Maker

Aplikasi ucapan selamat tahun baru, Greeting Cards Maker. [Google Play Store]

Aplikasi yang ditawarkan oleh Micro Bots ini memiliki ukuran sebesar 14 MB. Pengguna dapat membuat kartu ucapan Tahun Baru yang dipersonalisasikan dan mengirimnya melalui jejaring media sosial atau pesan instan.

Pengguna juga dapat menyesuaikan desain kartu dengan menambahkan foto dari galeri ponsel dan grafis.

Selain kartu ucapan Tahun Baru, aplikasi ini menawarkan desain kartu untuk ucapan Natal, Valentine, Ulang Tahun, Perayaan, kelahiran, Pernikahan, hingga Persahabatan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Itulah 5 aplikasi mobile yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat kartu ucapan Tahun Baru 2020. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).


Suara.com - Tahun 2019 akan segera berakhir. Tentu ada banyak momen berharga yang telah dilewati bersama dengan orang tercinta, baik sahabat, pacar, ataupun keluarga. Rasa terima kasih kepada orang-orang tercinta itu dapat disalurkan melalui kata-kata yang juga berisi harapan agar tahun 2020 dapat menjadi tahun yang lebih baik lagi.

Dilansir dari laman DNA India , berikut kumpulan ucapan tahun baru 2020 yang bisa dibagikan kepada pacar, sahabat, atau keluarga lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, ataupun SMS:

1. Terima kasih untuk semua kesenangan dan momen indah yang kita bagikan. Semoga kita memiliki lebih banyak lagi kesenangan di tahun baru yang mulia.

2. Bulan baru. Permulaan baru. Pola pikir baru. Fokus baru. Awal baru. Niat baru. Hasil baru. Selamat Tahun Baru.

3. Kita akan membuka buku yang berisi halaman-halaman kosong. Kita akan menuliskan kata-katanya sendiri. Buku itu disebut Peluang dan bab pertamanya adalah Hari Tahun Baru. Selamat Tahun Baru.

4. Semoga Tahun Baru dimulai dengan sukacita dan kehidupan yang penuh kedamaian. Semoga kamu mendapat kehangatan dan kebersamaan serta kemakmuran. Selamat Tahun Baru!

Ilustrasi Tahun Baru (Pixabay/nickgesell) 5. Semoga kegembiraan dan kebahagiaan di Tahun Baru bermekaran seperti bunga di taman.

6. Semoga tahun yang akan datang menjadi tahun yang penuh berkah dan memberikanmu kesuksesan di masa depan.

7. Semoga Tahun Baru ini menerangi hidup kamu dan memberkatimu dengan kemakmuran dan kegembiraan mulai dari hari ini dan selamanya.

8. Pada Tahun Baru ini, Saya berharap kamu memiliki Januari yang luar biasa, Februari yang memesona, Maret yang damai, April yang bebas dari kecemasan, Mei yang sensasional, dan kegembiraan yang terus berlanjut dari Juni hingga November, dan kemudian diakhiri dengan Desember yang penuh optimis.

9. Tuliskan dalam hatimu bahwa setiap hari adalah hari terbaik dalam setahun. Bersorak untuk Tahun Baru dan kesempatan lain bagi kita untuk melakukannya dengan benar.

10. Kebahagiaan membuat kamu tetap manis. Percobaan membuat kamu kuat. Kesedihan membuat kamu rendah hati. Sukses membuat kamu bercahaya dan Tuhan membuat kamu terus melangkah maju. Semoga kamu memiliki Tahun Baru yang terhebat.

11. Tahun Baru telah membawa kesempatan lain bagi kita untuk memperbaiki keadaan dan membuka babak baru dalam kehidupan kita.

12. Saya berharap kamu mendapat semua kegembiraan tahun ini. Selamat Tahun Baru!

13. Semoga kamu memiliki momen yang indah, kenangan yang berharga, dan semua berkat. Selamat Tahun Baru!

14. Tahun Baru akan datang sebentar lagi. Ayo melangkah untuk menyambutnya. Mari sambut baik 365 hari yang dibawanya. Mari hidup dengan baik dengan cinta di hati kita kepada Tuhan dan semua orang. Mari berjalan menyusuri koridornya dengan lagu pujian yang terdengar dari mulut kita.

15. Sama seperti bunga mekar yang menyebarkan aroma dan kesegaran di bulan Mei, semoga Tahun Baru ini menambah keindahan dan kesegaran dalam kehidupanmu. Selamat Tahun Baru 2020 .



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply