Contact Form

 

Profil Ani Idrus, Wartawati yang Jadi Google Doodle Hari Ini


Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika membuka laman google  Indonesia pada Senin (25/11) hari ini, Anda akan menemukan gambar seorang wanita berkacamata di bagian atas fitur pencarian google. Perempuan dengan penutup kepala itu digambarkan bersama kumpulan lembar koran. Ketika kursor diarahkan ke gambar, tampil tulisan 'Ulang Tahun Ani Idrus ke 101'. Sebenarnya siapa wanita di dalam gambar tersebut? Ani Idrus merupakan seorang wartawati senior yang mendirikan Harian Waspada. Lahir pada 25 November 1918, Ani menjalani masa kecilnya di Sawah Lunto, Sumatera Barat, dan memulai pendidikan di sekolah dasar di wilayah tersebut. Kemudian melanjutkan sekolah di madrasah. Hingga akhirnya pindah ke Medan pada 1928. Ani melanjutkan sekolah di Methodist English School, Meisjeskop School, Schakel School. Saat itulah ia mulai memberi perhatian lebih pada kegiatan menulis dan menjadi pangkal Ani akhirnya berlanjut tanpa henti menekuni dunia pers.

Ia berkuliah di Fakultas Hukum UISU Medan pada 1962-1965. Tak berhenti disana, Ani kemudian menjadi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) di universitas yang sama pada 1975. Kemudian, Ia memperoleh gelar doktoranda untuk jurusan Ilmu Sosial Politik UISU. Ia memulai profesi sebagai wartawan pada 1930 dengan tulisannya di Majalah Panji Pustaka Jakarta, dan berlanjut bekerja di Sinar Deli Medan pada 1936. Dua tahun kemudian, dia menerbitkan majalah Seruan Kita bersama suaminya H. Mohamad Said. Sampai akhirnya, mendirikan pula Harian Waspada tahun 1947. Tak hanya menggeluti dunia jurnalistik, Ani juga turut berkontribusi di bidang politik dengan menjadi Wakil Ketua Indonesia Muda, organisasi yang merupakan wadah perjuangan pergerakan pemuda. Ani juga sempat menjadi Anggota Partai Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo) dan Anggota Partai Nasional Indonesia (PNI). [Gambas:Video CNN] Selain itu, Ani juga mendirikan lembaga pendidikan Yayasan Pendidikan Ani Idrus. Pada akhir hayatnya, ia juga menjabat Ketua Umum Sekolah Sepak Bola Waspada, Medan, Direktur PT Prakarsa Abadi Press, Medan, dan Ketua Yayasan Asma Cabang Sumatera Utara. Ani meninggal di Medan, Sumatera Utara pada 9 Januari 1999 di usia 80 tahun, ketika ia menjabat Pemimpin Umum sekaligus Pemimpin Redaksi Harian Waspada dan Majalah Dunia Wanita di Medan. Ani dimakamkan di Pemakaman Umum Jalan Thamrin, Medan. (lav)




tirto.id - Ani Idrus dipilih menjadi Google Doodle pada Senin, 25 November hari ini. Doodle merayakan ulang tahun ke-101 Ani Idrus dengan gambar karikatur seorang wanita berkacamata yang mengenakan penutup kepala berhiaskan bunga dengan latar belakang aneka halaman koran. Siapakah sosok ini? Ani Idrus adalah seorang wartawati sekaligus pendiri Harian Waspada bersama suaminya, H. Mohamad Said, pada 1947. Tokoh bidang pers itu berasal dari Sawahlunto, Sumatera Barat. Dia lahir pada 25 November 1918 dan wafat di kota Medan, Sumatera Utara, pada 9 Januari 1999. Melihat jejak kariernya, Ani Idrus memulai profesi sebagai wartawan pada 1930 dan mulai menulis untuk majalah Panji Pustaka Jakarta, demikian sebagaimana dikutip Antara News . Kemudian pada 1936, dia bekerja pada Sinar Deli Medan sebagai kontributor untuk majalah Politik Penyedar . Dua tahun kemudian, dia menerbitkan majalah politik Seruan Kita bersama H. Moh. Said. Bersama sang suami pada 1947, dia menerbitkan Harian Waspada . Ani juga merambah segmen pembaca wanita, pada 1949, dengan menerbitkan majalah Dunia Wanita . Idrus juga menjadi koresponden asing selama lebih dari satu dekade sebelum merilis edisi pertama majalah wanita populer. Pada tahun 1988, sebagai pengakuan atas prestasinya dalam jurnalisme, Idrus memenangkan Satya Press Award. Sebagai anggota gerakan politik Young Indonesia, aktivisme Idrus terus berkembang. Dia menghadiri Kongres Wanita Pertama Indonesia, yang membawanya untuk memimpin Front Wanita Sumatera Utara dan menjadi Wakil Sekretaris Jenderal Front Nasional Sumatera Utara. Idrus juga memiliki keinginan kuat unutk meningkatkan pendidikan di seluruh negeri, terutama bagi wanita. Dampaknya pada sistem pendidikan ditandai dengan pembukaan delapan sekolah, pendirian Yayasan Pendidikan Ani Idrus (YPAI), serta pengabdiannya sebagai Ketua Sekolah Sepak Bola Waspada. Kehidupan Idrus seolah ia fokuskan pada meningkatkan kehidupan orang Indonesia di seluruh nusantara, terutama perempuan dan anak-anak. Rasanya mustahil untuk menghitung berapa banyak kiprah positif yang dilakukan Indrus dalam bidang jurnalisme, pendidikan, dan politik. Kontribusi Ani Idrus dalam bidang jurnalistik mengantarkannya pada beragam penghargaan dari pemerintah. Pada 1990, dia mendapatkan penghargaan dari Menteri Penerangan R.I. sebagai wartawan di atas 70 tahun yang masih aktif berkontribusi di media massa. Sebelumnya, dia juga sempat mendapatkan penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 1959, berikut piagam Pembina Penataran Tingkat Nasional dari BP7 Jakarta pada 1979. Nama Ani Idrus juga tercatat dalam satu dari delapan nama yang terlibat gerakan perempuan di Sumatera Utara. Ani Idrus dianggap sebagai perempuan yang turut mengangkat gaung perempuan di dunia jurnalistik.

Penulis: Dipna Videlia Putsanra Editor: Agung DH




Google Doodle is celebrating the late Indonesian veteran journalist and activist Ani Idrus’ 101st birthday on Monday.

Created by Los Angeles-based artist Shanti Rittgers, the doodle displays Ani in her iconic headscarf and glasses, looking at the hung proofs of newspaper pages.

Born on Nov. 25, 1918, in Sawahlunto, West Sumatra, Ani started her career in journalism in the 1930s, according to Antara. In 1947, she founded Waspada, one of the country's longest-running daily newspapers, with her husband M. Said.

Ani also worked as a foreign correspondent for over a decade. In 1949, she established a women’s magazine called Dunia Wanita 1949.

For her accomplishments in journalism, Ani won the Satya Press Award in 1988.

Read also: Google Doodle celebrates 70th birthday of late Indonesian music legend Chrisye

On the Google Doodle’s page, Ani was also recognized as a leading force in Indonesia's education and political fields.

The fearless woman joined the Young Indonesia political movement. She attended Indonesia’s First Women’s Congress and became the chair of the North Sumatra Women’s Front, as well as the deputy secretary-general of the North Sumatra National Front.

Meanwhile, in the education field, Ani is said to have supported causes that benefited Indonesian women. She also opened eight schools, established the Ani Idrus Education Foundation (YPAI) and served as a Waspada Soccer School chairperson.

Ani passed away in Medan, North Sumatra, at the age of 80. (jes/kes)








Viral Masjid Megah di Tengah Hutan, Letaknya Ternyata di Desa Bontoloe Sulawesi Selatan

TRIBUNJAMBI.COM - Sebuah masjid dengan arsitektur megah viral di media sosial.

Wajar saja, masjid ini lokasinya berada di tengah hutan di Sulawesi.

Adapun informasi keberadaan masjid ini diketahui lewat unggahan akun facebook Luchyana Make Up.

Masjid yang berada di tengah hutan di Sulawesi (IST | Facebook Luchyana Make Up)

Di akun facebooknya, ia mengunggah foto masjid tersebut pada 23 November 2019 kemarin.

Unggahan foto tersebut langsung mendapat respon luas dari warganet yang sebagian besar penasaran ingin mengatahui di mana lokasi masjid yang berada di tengah hutan tersebut.

Hingga Minggu (24/11/2019) ini, unggahan tersebut sudah dibagikan ulang lebih dari 4700 kali.

• Siapakah Ani Idrus yang Jadi Google Doodle Hari Ini? Jurnalis di Medan hingga Pendiri Kampus

• Asmara 12 Zodiak Hari Ini (25/11) - Sifat Misterius Pisces Bikin Pasangan Tak Nyaman Dewasa Virgoku!

Tak hanya sampai di situ, ia juga membuat siaran langsung melalui facebook yang memperlihatkan perjalanannya menuju ke masjid tersebut.

Tampak jalan yang hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan roda empat.

Jalan menuju ke lokasi masjid yang berada di tengah hutan di Sulawesi (IST | Facebook Luchyana Make Up) ()

Sementara di sisi kanan dan kiri terlihat semak belukar.




Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November (grafis: Kemendikbud) GenPI.co - Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November. Tentunya kamu hari ini mengingat bagaimana jasa para guru di masa lalu. Sosok guru yang mampu memupuk jiwa kepemimpinan siswanya. Mereka mampu melihat bakat cemerlang dari puluhan pelajar yang dihadapinya. Terpenting, guru menjadi sosok panutan yang tidak akan terlupa sampai kapan pun. Seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo dikutip dari Instagram Kemendikbud, guru bukan hanya sebuah pekerjaan, tetapi menyiapkan masa depan. BACA JUGA: Google Doodle Rayakan HUT ke-101 Tokoh Pers Ani Idrus




TRIBUNJAMBI.COM - Hasil dan klasemen Liga Italia  pekan ke-13 hingga Minggu (24/11/2019) melibatkan Lazio, AS Roma dan Fiorentina.

Tim Ibukota   AS Roma   mampu mengandaskan perlawanan Brescia dengan skor 3-0 saat berlaga di Stadio Olimpico, Roma.

Bek asal Inggris,   Chris Smalling   menjadi pusat perhatian pada laga ini berkat sumbangan 1 gol dan 2 assist.

• Google Doodle Hari Ini Ani Idrus, Jejak Karier di Wartawati Senior di Medan

Chris Smalling   mampu menanduk bola hasil sepak pojok yang dilakukan Lorenzo Pellegrini pada menit ke-49 untuk membawa Roma unggul 1-0.

Smalling kembali berkontribusi terhadap gol kedua Roma. Kali ini, ia memberikan umpan kepada partner bek tengahnya, Gianluca Mancini untuk mencetak gol ke gawang Jesse Joronen.

Aksi Smalling ditutup dengan satu assist lagi pada menit ke-66.

• Kumpulan Ucapan Selamat Hari Guru Nasional 25 November Dalam Bahasa Inggris, Komplit

Eks Man United itu kembali memenangi duel saat sepak pojok, bola mengarah ke Edin Dzeko, lalu ia pun mencocor bola dengan memutar balik.

Kemenangan membawa AS Roma naik ke peringkat 4 klasemen sementara dengan poin 25.

Klub ibukota lainnya, Lazio juga mencatatkan kemenangan saat bertandang ke Sassuolo.

Tim berlogo Elang menyudahi perlawanan tuan rumah dengan skor 2-1.




Analisadaily (Medan) - Kondisi arus lalu lintas dibeberapa kawasan di Kota Medan terlihat ramai dan lancar dari pengguna kendaraan pada pagi hari ini, Sabtu (23/11), akhir pekan.

Keramaian itu tampak di Jalan Sisingamangaraja, Jalan Sakti Lubis, Jalan Saudara, Jalan Bahagia By Pass, Jalan Turi dan Jalan Pelangi.

Di Jalan GM. Panggabean, Jalan Gedung Arca, Jalan HM. Joni, Jalan Halat, Jalan Ismailiyah, Jalan Amaliun, Jalan Laksana juga demikian.

Mengurai kemacetan, petugas Satlantas dan Dishub terlihat mengatur arus arus kendaraan dibeberapa persimpangan jalan, dan sekaligus menghimbau agar selalu mematuhi peraturan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas," Bripka Tarigan kepada Analisadaily.com.

Tidak jauh berbeda, ramai lalu lintas juga terlihat di Jalan Halat menuju Jalan Juanda hingga ke persimpangan Jalan Brigjen Katamso dan Istana Maimun.

Jalan lain yang ramai, di antaranya Jalan Hj. Ani Idrus, Jalan Suprapto, Jalan Pemuda, Jalan Palang Merah, MT. Hariyono dam Jalan Ahmad Yani.




Spread the love

Google Doodle celebrates valiant Indonesian senior journalist and activist Ani Idrus’ 101st Birthday on 25 November 2019.

Ani Idrus was a senior reporter and co-founder of Harian Waspada daily newspaper with her husband H. Mohamad Said in 1947.

Co-founding one of the longest-running Indonesian daily newspapers in 1947 and still active today, Waspada, Ani Idrus became a leading power in the country’s journalism, education, and politics.

Ani Idrus

Born on this day in 1918 in Western Sumatra, Ani Idrus’ life left a wake of gigantic change. Building up herself as a journalist during the 1930s, she proceeded to publish Waspada just before Indonesia’s independence from the Dutch. Ani Idrus likewise served as a foreign reporter for over 10 years before releasing the primary edition of a well-known women’s magazine. In 1988, in acknowledgment of her achievements in journalism, Ani Idrus won the Satya Press Award.

Ani Idrus is buried in Jalan Thamrin Public Cemetery, Medan. At last, he served as General Chief/Chief Editor of Alert Daily and the Women’s World Magazine in Medan.

Ani Idrus began her career as a journalist in 1930 by beginning to write in Panji Pustaka Jakarta magazine. At that point, in 1936, she worked for Sinar Deli Medan as an assistant in the Political Circulators magazine. Accordingly, in 1938 he published the political magazine Seruan Kita together with H. Moh. Said and 1947 published the Waspada Daily with H. Moh. Said. After two years, 1949, published the magazine ‘World of Women’.

As an individual from the Young Indonesia political movement, Ani Idrus’ activism kept on creating. She went to Indonesia’s First Women’s Congress, which led her to chair the North Sumatra Women’s Front and became Deputy Secretary-General of the North Sumatra National Front.

Firmly attached to Ani Idrus’ dedication to causes that profited Indonesian women was her push to improve education all through the nation. Her effect on the education system is set apart by the opening of eight schools, the foundation of the Ani Idrus Education Foundation (YPAI), as well as her service as Chairperson of the Waspada Soccer School.

Honored with a stamp in 2004, Ani Idrus’ life encapsulates her mission to improve the lives of Indonesians all through the archipelago, particularly those of women and kids. It might be difficult to realize exactly what number of lives were decidedly influenced by her energetic endeavors in journalism, education, or politics, yet her work remains as a monument to her standards.

Notwithstanding being engaged with the world of journalism, Ani Idrus additionally settled and led educational institutions that are under the Ani Idrus Education Foundation. Toward a mind-blowing finish, he additionally served as Chairman of the WASPADA Soccer School, Medan, Director of PT. Prakarsa Abadi Press, Medan, and Chairperson of the North Sumatra Branch of the Asma Foundation.

Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply