Contact Form

 

Mulan Jameela Pamer Potret Ahmad Dhani di Hari Ayah Nasional


Setiap tanggal 12 November diperingati sebagai hari ayah nasional . Lalu bagaimana hari ayah bisa diperingati setiap tanggal tersebut? Seperti dikutip dari situs Kemendikbud, ayah merupakan sosok penting di keluarga. Posisinya sejajar dengan ibu. Ayah punya cara sendiri dalam menjalankan perannya sebagai kepala rumah tangga, pemberi nafkah, pelindung, dan masih banyak peran penting lainnya di keluarga. Mengingat pentingnya peran ayah di keluarga, ketika sosok ibu sebagai orang yang melahirkan kita diberi penghargaan dengan cara memperingati hari Ibu setiap tanggal 22 Desember, sosok Ayah juga perlu mendapatkan penghargaan yang sama. Hal itulah yang mendorong tercetusnya peringatan Hari Ayah Nasional.

Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara tersebut mendapat sambutan cukup baik dan mendapatkan sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan. Beberapa surat terbaik tersebut dibacakan oleh peserta yang terdiri dari anak-anak usia SD, SMP, SMA, Mahasiswa, serta umum. Momen tersebut kian mengharukan ketika anak-anak yatim piatu melakukan sungkeman pada ibu-ibu dari Panti Jompo. Usai acara, panitia penyelenggara dibuat terkejut dengan pertanyaan para peserta, "Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi." Pertanyaan tersebut menggugah hati untuk mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia. PPIP berusaha mencari informasi tentang hari ayah, hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta. Mereka menanyakan kapan hari ayah di Indonesia dan jika belum ada penetapan hari Ayah, bolehkan seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah. Namun ketika itu PPIP tak mendapatkan jawaban memuaskan. Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional . Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya'. Di hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku 'Kenangan untuk Ayah' yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah. Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di 4 penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote. Setelah itulah setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional. Selamat Hari Ayah Nasional 2019! Simak Video "Netizen Ramai Rayakan #HariAyahNasional" [Gambas:Video 20detik]




Mulan Jameela bukan kali pertama mengunggah potret Ahmad Dhani bersama putranya, Ahmad Syaelendra. Awal Januari 2019 lalu, Mulan juga mengunggah potret saat Dhani sedang bermain dengan anaknya itu.

Ia bahkan mengunggah foto saat Dhani sedang mengangkat anaknya. Dhani terlihat tersenyum begitu juga dengan si bocah.

"Bapak sedang olah raga ya? ☺️😘," jelas Mulan sebagai keterangan foto.

Dalam foto yang lain, Dhani dan anaknya terlihat sedang bermain kuda-kudaan. Putranya terlihat sedang berada di punggung Dhani. Mereka terlihat tersenyum.

"Salam..Siapa yg masih suka ngajak main anak kuda2an kaya gini?? Hayoo ngacuuunggg.. 👆🏼☺️," tulis Mulan Jameela.




View this post on Instagram

Maap ulang posting ahhahahah take 1 belibet ???? take 2 shiippppp hahahaha makasi cintaaaa ??

A post shared by Gading Marten (@gadiiing) on Nov 12, 2019 at 3:56am PST


The mug says it all. Atau, terinspirasi bikin kata-kata lucu lainnya?


TRIBUNNEWS.COM - 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional, yaitu hari yang cocok untuk mengungkapkan rasa terimakasih kepada ayah tercinta.

Ayah bagi sebagian besar orang adalah orang paling berpengaruh dalam hidup, karena ayah menjadi seorang panutan di keluarga.

Selain itu ayah merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab paling besar dan paling berat dalam keluarga, yaitu sebagai kepala keluarga dan biasanya juga sebagai tulang punggung keluarga.

Maka untuk mengapresiasi betapa besar peran seorang ayah dalam hidup kita, ada baiknya kita merayakan hari ayah nasional dengan memberikan ucapan atau kata-kata yang cocok bagi ayah yang kita sayangi.

Kasih Sayang Ayah (beritadunia.net)

Berikut ini dikutip dari lovepopcards.com dan ideas.hallmark.com, terdapat 10 ucapan dalam bahasa Inggris beserta artinya yang cocok untuk kita ungkapkan kepada ayah kita, ataupun untuk diposting ke sosial media kita:

Dad. You have given me the best things in life: Your time, your care, and your love. I am truly grateful to have you in my life. Happy Father's Day!

"Ayah, Ayah telah memberiku hal-hal terbaik dalam hidup: Waktu Ayah, perawatan Ayah, dan cinta Ayah. Aku benar-benar bersyukur memiliki Ayah sepertimu dalam hidupku. Selamat Hari Ayah!"

Thanks for acting like a kid when I was a kid, acting like a friend when I needed a friend, and acting like a parent when I needed one. You are the best man I know. Happy Father's Day

"Terima kasih telah mendidikku ketika aku masih kecil, bertingkah seperti sahabat ketika aku membutuhkan sahabat, dan bertindak seperti orang tua ketika aku membutuhkanmu. Ayah adalah pria terbaik yang aku tahu. Selamat Hari Ayah"

Dad. Although time and distance may separate us, your guidance, advice, and love has stuck with me through it all. I would not be who I am today without you. Enjoy your special day.

"Ayah. Meskipun waktu dan jarak dapat memisahkan kita, bimbingan, nasihat, dan cinta Ayah tetap melekat pada ku melalui semuanya. Aku tidak akan menjadi diriku yang sekarang tanpamu. Selamat merayakan hari kebesaran Ayah."

The older I get the more I realize how important it is to have a dad like you. You have provided stability in my life and the love and acceptance I needed. Happy Father's Day!

"Semakin dewasa aku semakin aku menyadari betapa pentingnya memiliki orangtua seperti Ayah. Ayah telah memberikan pendidikan dalam hidupku dan cinta serta menerima semua kekuranganku. Selamat Hari Ayah!"

Happy Father's Day to my hero and role model. Thank you for everything you have done for our family. We love you with all our hearts.

"Selamat Hari Ayah untuk pahlawan dan panutan ku. Terima kasih atas semua yang telah Ayah lakukan untuk keluarga kami. Kami mencintaimu dengan sepenuh hati."

Happy Father’s Day to the man who taught me how to step and throw, how to field a grounder, how to follow through and pretty much every other important thing I know about baseball and living!”

"Selamat Hari Ayah untuk orang yang mengajariku cara melangkah dan menapaki, serta mengajarkanku, cara melanjutkan hidup, hampir setiap hal penting lainnya ku ketahui darimu!".

Happy Father’s Day to the man who put the fear into all my homecoming and prom dates…and who still treats me like a princess!

"Selamat Hari Ayah untuk orang yang selalu mengkhawatirkan aku ketika aku pergi, walaupun begitu kau masih saja memperlakukanku seperti putri!"

You taught me so many of the important things I know—including a few choice words for certain situations.

"Kamu mengajari ku begitu banyak hal penting yang aku tahu termasuk beberapa keputusan dan pilihan untuk situasi tertentu."

“Thank you for being there every day with just the love and guidance I’ve needed.”

"Terima kasih sudah ada di sampingku setiap hari dengan cinta dan bimbingan yang aku butuhkan."

“You’re my one and only dad, and I’ll always have a special place in my heart for you.”

"Kau adalah ayah satu-satunya, dan aku akan selalu punya tempat spesial di hatiku untukmu."

Itu tadi adalah 10 kata-kata atau ucapan hari Ayah dalam bahasa Inggris beserta artinya yang dapat anda jadikan motivasi untuk memberi ucapan kepada ayah anda tercinta atau untuk membagikan ke sosial media.

(Tribunnews.com/Oktaviani Wahyu Widayanti)


KOMPAS.com -  Hari Ayah Nasional atau peringatan Hari Ayah di Indonesia dirayakan setiap tanggal 12 November.

Para penyair legendaris Indonesia mulai dari Sitor Situmorang hingga Joko Pinurbo pernah menjadikan hubungan ayah-anak sebagai tema dalam puisinya, baik tersirat maupun tersurat.

Berikut kumpulan puisi yang menceritakan hubungan ayah dengan anak:

Baca juga: Hari Ini, Google Doodle Peringati Hari Ayah Nasional

Dua mata hitam adalah mata hati yang biru dua mata hitam sangat kenal bahasa rindu. Rindu bukanlah milik perempuan melulu dan keduanya sama tahu, dan keduanya tanpa malu. Dua mata hitam terbenam di daging yang wangi kecantikan tanpa sutra, tanpa pelangi. Dua mata hitam adalah rumah yang temaram secangkir kopi sore hari dan kenangan yang terpendam.

Baca juga: Mengapa Indonesia Rayakan Hari Ayah Nasional?

Dua puluh tahun yang lalu ia dilepas ayahnya di gerbang depan rumahnya. “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Jangan pulang sebelum benar-benar jadi orang.”

Dua puluh tahun yang lalu ia tak punya celana yang cukup pantas untuk dipakai ke kota. Terpaksa ia pakai celana ayahnya. Memang agak kedodoran, tapi cukup keren juga. “Selamat jalan. Hati-hati, jangan sampai celanaku hilang.”

Senja makin menumpuk di atas meja. Senja yang merah tua. Ibunya sering menangis memikirkan nasibnya. Ayahnya suka menggerutu, “Kembalikan dong celanaku!”

Haha, si bangsat akhirnya datang. Datang di akhir petang bersama buku-buku yang ditulisnya di perantauan. Ibunya segera membimbingnya ke meja perjamuan.

“Kenalkan, ini jagoanku.” Ia tersipu-sipu. Saudara-saudaranya mencoba menahan tangis melihat kepalanya berambutkan gerimis. “Hai, ubanmu subur berkat puisi?” Ia tertawa geli.

Di atas meja perjamuan jenazah ayahnya telentang tenang berselimutkan mambang. Daun-daun kalender beterbangan. “Ayah berpesan apa?” Ia terbata-bata. “Ayahmu cuma sempat bilang, kalau mati ia ingin mengenakan celana kesayangannya: celana yang dulu kaupakai itu.”




Liputan6.com, Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengucapkan selamat Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November. Menurut Wakil Ketua Umum Demokrat ini, SBY bukan hanya sekedar sosok ayah. 

AHY membagikan ucapan tersebut melalui akun instagram resminya @agusyudhoyono, Selasa (12/11/2019).

Dia mengunggah foto berdua dengan ayahnya, SBY. Dalam foto tersebut, SBY memegang kepala AHY dan mencium keningnya. Kedua tangan AHY pun memegang tangan ayahnya itu.

" Selamat Hari Ayah Nasional untuk para ayah... Bagi saya Pak SBY bukan sekedar seorang ayah, tapi juga mentor, role model dan juga sumber inspirasi," kata AHY dalam keterangan foto yang diunggahnya itu.

Dia mengatakan, sang ayah mendidiknya untuk selalu bekerja keras, berbuat yang terbaik, pantang menyerah, dan teguh pada nilai-nilai yang diyakini benar.

"Semoga kita juga bisa menjadi ayah yang baik untuk anak kita," tulis AHY.

Ucapan selamat Hari Ayah Nasional dari AHY ini mendapat kurang lebih 31 ribu tanda suka. Sejumlah komentar pun masuk dan di antaranya mendoakan kesehatan SBY.




Ucapan selamat hari ayah. (Instagram/@hiteknodotcom)

Hitekno.com - Turut merayakan Hari Ayah Nasional , akun Twitter Gojek mengajak netizen untuk membagikan respon mengharukan maupun kocak.

Melalui akun Twitter @gojekindonesia, menuliskan ''share respon ayah/papa/bapak saat kamu ngucapin selamat #hariayahnasional'', bahkan admin Twitter tersebut mengunggah hasil chat dengan ayahnya.

Beragam respon dan percakapan kocak diunggah netizen di Twitter, bahkan ada yang mengucapkan Selamat Hari Ayah ke pengemudi Gojek dan membelikan makanan untuk drivernya.

Tak hanya ucapan haru dan bahagia, beragam respon sedih netizen yang ditinggal ayahnya juga membanjiri kolom thread tersebut.

Berikut deretan respon kocak sekaligus haru ucapan Selamat Hari Ayah di Twitter.

1. Netizen ini berbagi pada driver ojol di Hari Ayah, salut!

Ucapan selamat hari ayah. (Twitter/@gojekindonesia) 2. Mari berdoa untuk ayah yang sudah tenang di alam sana.

Ucapan selamat hari ayah. (Twitter/@gojekindonesia)

3. Malah ada yang baru tahu kalau hari ini Hari Ayah.

Ucapan selamat hari ayah. (Twitter/@gojekindonesia)

4. Nah ini pasti jawaban dari semua jawaban yang paling dinanti. Untung ayahnya pengertian.

Ucapan selamat hari ayah. (Twitter/@gojekindonesia)

5. Netizen yang satu ini juga mendapat jawaban yang sama, ayahnya baru tahu kalau ada hari untuk dirinya.

Ucapan selamat hari ayah. (Twitter/@gojekindonesia)

Ucapan selamat hari ayah. (Twitter/@gojekindonesia) Kalau kamu sudah ngucapain Selamat Hari Ayah belum? DIbalas dengan haru atau malah kocak nih?




tirto.id - Empat Januari 2014 lalu, Mike Portnoy, eks drumer Dream Theater menulis status di dinding Facebooknya dengan penuh sukacita sekaligus mengharukan untuk mengenang kepergian sang ayah, Howard Portnoy, yang meninggal akibat kanker. "Lima tahun yang lalu hari ini saya kehilangan ayah saya, idola dan teman terbaik: Howard Portnoy 1940-2009," tulis Mike . Melalui status itu, ia juga menyertakan demo lagu berjudul "The Best of Times" Dream Theater untuk sang ayah: "Ini adalah demo saya dari 'The Best of Times' yang saya mainkan untuk ayah saya di tempat tidurnya sebelum dia meninggal serta di pemakamannya." "Beristirahatlah dalam damai, aku rindu kamu setiap hari." Portnoy bilang, lagu itu ditulis sebagai bentuk penghormatan terhadap sang ayah dalam kebersamaan mereka selama 41 tahun. Dan ia mengaku amat beruntung karena bisa membawakan lagu itu sebelum ayahnya meninggal. "Saya memainkannya untuknya di samping tempat tidurnya, kami berpegangan tangan dan kami menangis. Salah satu pengalaman paling emosional dalam hidup saya," katanya kepada Songfacts . Itu adalah sepenggal kisah rockstar seperti Mike Portnoy dalam pengalaman paling emosional bersama sang ayah yang ia sebut sebagai idola sekaligus sahabat baik. Portnoy tidak sendiri, sebab hari ini, tepatnya tanggal 12 November 2019, ada jutaan orang di Indonesia yang juga mengenang sang bapak dalam Hari Ayah Nasional, bahkan turut pula dirayakan Google Doodle.

Lagu yang berkisah tentang bapak juga pernah direkam dengan baik oleh musisi fenomenal Ebiet G. Ade dalam lagu berjudul "Titip Rindu Buat Ayah". Menyimak lirik lagu ini semacam dipaksa mengingat kemuskilan hidup orang tua, yang meskipun dikalahkan berkali-kali, tetapi tetap tegar menjalani nasib dan takdirnya. Dalam lirik itu, Ebiet mencoba mengisahkan pandangan sang anak tentang seorang ayah dengan segala kelelahannya, bahkan hingga "nafas tersengal" namun masih tetap tabah menjalani kehidupan. Pemilihan diksi terkait perubahan-perubahan fisik menjadi tua semakin membuat lagu ini memiliki nyawa serta narasi yang kuat. Coba lihat potongan liriknya: "Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari. Kini kurus dan terbungkuk." Di sisi lain, lirik lagu ini juga dengan baik menarasikan tentang sebuah perjuangan hidup orang tua yang sudah mengerti tentang asam garam kehidupan. Setelah tersadar akan lika-liku kehidupan sang bapak, si anak ini teringat akan beban kehidupan yang juga harus ia jalani. Selain Ebiet, ada pula Rinto Harahap yang mampu menuliskan kisah dengan rasa paling dalam tentang bapak di lagu berjudul "Ayah". Bila dicerna, ada sebuah kegetiran di balik keserhanaan cara Rinto menyampaikan perasaannya kepada sang ayahnya itu. Cukup sekali mendengarnya, kita sudah bisa tahu bahwa lagu itu berkisah tentang kerinduan terhadap sang ayah. Akan tetapi, justru di sana letak menariknya. Sebab, di balik kesederhanaan itu justru muncul sebuah kejujuran, apalagi Rinto piawai menangkap rasa di dalam dirinya, sehingga mampu menyentuh banyak orang, terutama mereka yang pernah merasakan kehilangan sang ayah. Berikut lirik-lirik lagu tentang Ayah:

Remember days of yesterday And how it flew so fast The two score and a year we had, I thought would always last The summer days and west coast dreams, I wished would never end A young boy and his father, Idol and best friend I'll always remember Those were the best of times A lifetime together I'll never forget Morning shows on the radio The case of the missing dog Lying on the fields at the only twelve Watching Harold and Maude Record shops, the stick-ball fields My home away from home When we weren't together The hours on the phone I'll always remember Those were the best of times I'll cherish them forever The best of times But then came the call Our lives changed forever more You can pray for a change But prepare for the end The fleeting winds of time Flying through each day All the things I should have done But time just slipped away Remember "seize the day" Life goes by in the blink of an eye There's so much left to say These were the best of times I'll miss these days Your spirit led my life each day Thank you for the inspiration Thank you for the smiles All the unconditional love That carried me for miles It carried me for miles But most of all thank you for my life These were the best of times I'll miss these days Your spirit led my life each day My heart is bleeding bad But I'll be okay Your spirit guides my life each day

Lirik Lagu "Titip Rindu Buat Ayah" Ebiet G. Ade

Di matamu masih tersimpan selaksa peristiwa Benturan dan hempasan terpahat di keningmu Kau nampak tua dan lelah Keringat mengucur deras Namun kau tetap tabah Meski napasmu kadang tersengal Memikul beban yang makin sarat Kau tetap bertahan Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari Kini kurus dan terbungkuk Namun semangat tak pernah pudar Meski langkahmu kadang gemetar Kau tetap setia Ayah, dalam hening sepi kurindu Untuk menuai padi milik kita Tapi kerinduan tinggal hanya kerinduan Anakmu sekarang banyak menanggung beban Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari Kini kurus dan terbungkuk Namun semangat tak pernah pudar Meski langkahmu kadang gemetar Kau tetap setia

Di mana ... akan kucari Aku menangis, seorang diri Hatiku, slalu ingin bertemu Untukmu, aku bernyanyi Untuk ayah tercinta Aku ingin bernyanyi Walau air mata di pipiku Ayah dengarkanlah Aku ingin berjumpa Walau hanya dalam mimpi Lihatlah . hari berganti Namun tiada seindah dulu Datanglah, aku ingin bertemu Denganmu, aku bernyanyi




TRIBUNNEWS.COM - Tidak hanya Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, namun ada juga Hari Ayah yang diperingati setiap 12 November.

Dikutip dari id.wikipedia.org , Senin (11/11/2019) di negara Amerika, Jerman, Kanada, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, dan lebih dari 75 negara lain Hari Ayah dirayakan pada hari Minggu di pekan ke-3 bulan Juni.

Di Indonesia, lahirnya Hari Ayah atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yaitu Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Bermula ketika tahun 2014, PPIP mengadakan perlombaan menulis surat untuk memperingati Hari Ibu di Solo, Jawa Tengah.

Tujuh puluh surat terbaik dibukukan dan dibacakan oleh peserta anak-anak.

Pada saat akhir acara, para peserta bertanya kepada panitia kapan perlombaan menulis surat untuk ayah diadakan karena mereka ingin ikut berpartisipasi kembali.

Pertanyaan tersebut membuat panitia lomba ingin mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati.

PPIP melakukan audiensi ke DPRD Kota Surakarta untuk menanyakan kapan Hari Ayah diperingati, dan juga apakah boleh sebuah lembaga menetapkan Hari Ayah jika itu belum ada.

Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia pada tanggal 12 November 2006 di Surakarta .

Acara deklarasi tersebut digabungkan dengan hari kesehatan dan mengambil semboyan "Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya".



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply