Contact Form

 

Sebelum Meninggal, Aktor Robby Sugara Pernah Mengalami Serangan Jantung Medio Mei 2019


JawaPos.com – Aktor legendaris Robby Sugara meninggal dunia, Kamis (13/06), pukul 00.10 dini hari WIB. Menurut keluarga, aktor senior itu meninggal dunia karena serangan jantung. Kejadian itu mengejutkan keluarga karena terjadi mendadak. Saat ditemui JawaPos.com di Rumah Duka RS Universitas Kristen Indonesia (UKI), Cawang, anak Robby Sigara, Priscilla, mengungkapkan ayahnya terkena serangan jantung. Tak sempat tertolong setelah serangan 30 menit kemudian menghembuskan napas terakhirnya. “Ini serangan jantung yang kedua. Mendadak sekali, seperti Sudden Death . Kami semua terkejut,” kata Priscilla. Sekitar 30 menit sebelum meninggal, ayahnya mengeluh sesak napas, kejang, dan muntah-muntah. Ketika itu tentu semua keluarga panik. Ini adalah kali kedua Robby terkena serangan jantung setelah sebelumnya pernah mengeluhkan hal yang sama pada beberapa bulan lalu di tahun ini. “Ini serangan kedua, saya lupa yang pertama bulan apa tetapi yang jelas tahun ini,” ungkapnya.

Aktor Legendaris Robby Sugara dalam film horor ‘Jangan Sendirian’. (Istimewa) Sebelum kejadian, sore harinya, Robby Sugara sempat diantarkan istri tercinta ke RS untuk pengobatan terapi stroke yang pernah dideritanya. Pengobatan rutin kepada dokter saraf yang biasa dilakukannya secara berkala. “Saat serangan pertama, dicek jantungnya masih oke. Dan sebelum serangan yang kedua, sebetulnya sempat terapi rutin. Karena papi kan pernah kena stroke juga jadi terapi saraf sudah biasa. Makanya kami kaget kalau malamnya kejadian begini,” jelasnya. Selain itu, ada beberapa makanan yang dimakan oleh almarhum sebelumnya. Salah satunya adalah tape. “Mungkin ya, ada makanan yang enggak boleh tapi dimakan papi. Kami enggak perhatikan. Yang jelas, sempat makan tape sebelumnya. Tapi kami semua berusaha untuk tegar dengan berpulangnya papi,” tuturnya. Sebelumnya, kematian Robby Sugara dikabarkan lewat  Insta Story  putranya, Juan Bernard  @juanbernardc , tertulis ucapan duka untuk sang ayah dari keluarga. Doa juga dipanjatkan anak-anak dan keluarga agar almarhum tenang di Surga.

Insta Story putra Robby Sugara, Juan Bernard @juanbernardc. (Instagram) Sekadar informasi, Robby Sugara memiliki nama asli Robert Kaihena Sugara. Dia adalah seorang aktor berdarah Jawa-Ambon-Belanda. Baru-baru ini, Robby Sugara ikut terlibat dalam peran dalam sebuah film horor ‘Jangan Sendirian’. Robby dalam film kali ini akan beradu akting dengan para milenial. Tidak ada kesulitan baginya beradu akting dengan pemain millennial seperti David Jhon Scaap, Henry Boboy, Jasi Michelle Tumbel, dan Agatha Valerie. “Justru saya malah berkesempatan, membagi ilmu peran saya kepada mereka, yah, saling sharing lah. Cuma di film ini, saya kan, memerankan tokoh yang sesuai dengan umur saya sekarang ini, jadi bisa dikatakan, ini akting antara senior talent VS millenial talent,” ujar Robby dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu. Setelah bermain dalam film ‘Ke Ujung Dunia’ (1983), Robby memang sempat menghilang dari industri hiburan film nasional. Mulai 2015 lalu nama Robby Sugara mulai kembali terdengar di industri film dan sinetron tanah air. Dia adalah termasuk 5 artis besar di antara Roy Marten, Yatie Octavia, Yennie Rachman, dan Doris Callebaute. Editor : Nurul Adriyana Salbiah Reporter : Marieska Harya Virdhani




Sebelum meninggal dunia, banyak keinginan yang belum dicapai oleh  aktor Robby Sugara dengan ketujuh anaknya.

Hubungan keluarga antara Robby Sugara dan anak-anaknya dinilai harmonis, mereka kerap kumpul bersama.

Sepanjang pernikahannya, Robby Sugara memiliki tujuh anak dan 16 cucu. Semua anggota keluarganya itu menemaninya hingga tutup usia akibat serangan jantung.

Putra bungsu bintang film lawas ,  Juan Bernard menjelaskan, banyak keinginan ayahnya yang belum tercapai.

Salah satunya, aktor bernama asli Robert Issac Kaihena ingin melihat ke-16 cucunya tumbuh besar.

"Banyak sih keinginannya papi. Papi pengin melihat cucu-cucunya besar. Memang cucunya dekat sama opanya. Jadi cita-citanya pengin ngeliat cucu-cucunya besar," kata Juan Bernard.

Juan Bernard mengatakannya saat  ditemui di Rumah Duka Rumah Sakit UKI, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2019) siang.

• Mulan Jameela Bakal Jenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang Bawa Makanan Jawa Timur Ini

Dia menambahkan, ayahnya itu ingin melihat putra bungsunya menikah dan berkeluarga.

Sementara, keenam anak bintang sinetron Tersanjung itu sudah menikah dan memiliki 16 anak yang kerap berkumpul bersama Robby Sugara.

"Satu lagi keinginan Papi, dia pengin ngeliat saya, anak bontotnya menikah," ucapnya.




Aktor gaek Robby Sugara meninggal di usia ke-69 disela menjalani perawatan di Rumah Sakit Adhyaksa, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2019) pukul 00.10 WIB.

Saat ini jenasah Robby Sugara disemayamkan di Rumah Duka Universitas Kristen Indonesia (UKI), Cawang, Jakarta Timur.

Juan Bernard, anak bungsu Robby Sugara, mengatakan, ayahnya meninggal karena sakit jantung.

Aktor Robby Sugara dikabarkan meninggal dunia Kamis (13/6/2019) (Kolase foto net)

Aktor bernama lengkap Robert Issac Kaihena itu menghembuskan nafas terakhirnya setelah berkumpul bersama keluarga besarnya, Rabu (12/6/2019) malam.

"Papi meninggal setelah berkumpul di rumah kakak yang pertama, Rabu pukul 23.00 WIB. Setelah itu papi kena serangan jantung," ucap Juan Bernard.

Sesaat setelah mengalami serangan jantung, Robby Sugara dibawa keluarga ke Rumah Sakit Adhiyaksa, Jakarta Timur, untuk mendapatkan perawatan.

• BREAKING NEWS: Aktor Robby Sugara Meninggal Dunia di RS UKI Cawang

Sayangnya, nyawa pria kelahiran Malang, Jawa Timur, 20 Juli 1950, itu tidak bisa diselamatkan dan menghembuskan nafas terakhir setibanya di rumah sakit.

"Sampai di IGD, papi tidak mendapatkan pertolongan karena meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit," ujar Juan Bernard.

Patricia Grace, putri keempat Robby Sugara, mengatakan, sebelum meninggal, bintang film Terjebak Nostalgia dan The Fabulous Udin itu sempat muntah.

"Sebelum dibawa ke rumah sakit, papi sempat sesak nafas dan sampai muntah-muntah. Pas dibawa ke rumah sakit, papi sudah tidak tertolong dan terkena serangan jantung," kata Patricia Grace.




Aktor senior Robby Sugara meninggal dunia, Kamis (13/6/2019). Ia kabarnya mengalami serangan jantung.




TRIBUN-TIMUR.COM -  Aktor Robby Sugara meninggal dunia, baca curhat pilu sang putra di Instagram .

Beliau menghembuskan nafas terakhir, Kamis (13/6/2019).

Informasi meninggalnya Robby Sugara didapat dari posting- an salah satu rekannya Toto Sugriwo.

" Dunia Perfilman Indonesia kembali kehilangan salah satu aktor terbaiknya. "

" Telah berpulang ke rumah Bapa di Sorga, Robert Isaac Kaihena (Robby Sugara), pada hari ini, Kamis, 13 Juni 2019, sekitar pkl 00.10 WIB ."

"Aktor yang telah membintangi lebih dari 40 judul film itu, jenazahnya disemayamkan di Rumah Duka RS UKI Cawang Jakarta Timur. "




Anak Robby Sugara mengaku memiliki firasat sebelum sang ayah meninggal. Ia menyebut sang ayah memiliki tatapan kosong saat tertawa.Â




TRIBUNBATAM.id -   Kabar duka datang dari dunia perfillman Indonesia, Kamis (13/6/2019) sekitar pukul 00.10 WIB, aktor lawas Robert Isaac Kaihena (Robby Sugara) meninggal dunia.

Kabar duka tersebut tersebar dalam sebuah postingan di akun Facebook Toto Soegriwo .

Dalam postingan itu dikabarkan bahwa aktor film Jangan Sendirian itu wafat pada hari ini sekitar pukul 00.10 WIB.

• Istri Uus Bantah Keras Suaminya Tak Lagi Laku di TV : Harusnya Udah Punya Rumah di Mana-Mana

• Istri Uus Bantah Keras Suaminya Tak Lagi Laku di TV : Harusnya Udah Punya Rumah di Mana-Mana

"Dunia Perfilman Indonesia kembali kehilangan salah satu aktor terbaiknya.

Robert Isaac Kaihena (Robby Sugara), pada hari ini, Kamis, 13 Juni 2019, sekitar pkl 00.10 WIB," tulis Toto Sogriwo seperti yang dikutip oleh Grid.ID pada Kamis (13/6/2019).

Aktor yang telah membintangi 40 judul film itu akan dikebumikan di Rumah Duka RS UKI Cawang Jakarta Timur.

"Aktor yang telah membintangi lebih dari 40 judul film itu, jenazahnya disemayamkan di Rumah Duka RS UKI Cawang Jakarta Timur," tulis Toto Soegriwo lagi.

• Ingin Hemat saat Berlibur, Lakukan 6 Hal Ini, Satu di Antaranya Berangkat Hari Selasa

Aktor berdarah Jawa-Ambon-Belanda ini mencapai puncak karirnya di tahun 1970-1980-an.

Saat karirnya sedang dipuncak, Robby Sugara termasuk dalam artis Indonesia dengan bayaran termahal.

Bahkan dia juga masuk dalam "The Big Fives" artis Tanah Air yang dengan bayaran mahal, bersanding dengan Roy Marten, Yenny Rachman, Yatie Octavia, dan Tanty Yoshepa.

Artikel ini telah tayang di Grid.id dengan judul Robby Sugara Meninggal Dunia, Aktor Lawas yang Sempat Jadi Artis dengan Bayaran Termahal,  https://www.grid.id/read/041753806/robby-sugara-meninggal-dunia-aktor-lawas-yang-sempat-jadi-artis-dengan-bayaran-termahal?page=all




TRIBUNBATAM.id-  Dunia perfilman Indonesia sedang dirundung duka.

Satu aktor terbaiknya, Robby Sugara dikabarkan meninggal dunia, Kamis (13/6/2019) sekitar pukul 00.10 WIB.

Kabar meninggal dunianya aktor lawas yang memiliki nama asli Robert Isaac Kaihena (Robby Sugara) itu tersebar dalam sebuah postingan di akun Facebook Toto Soegriwo.

Dalam postingan itu dikabarkan bahwa aktor film Jangan Sendirian itu wafat pada hari ini sekitar pukul 00.10 WIB.

• Unggahan Gubernur Jatim Khofifah Ini Dapat Sambutan Luar Biasa dari Masyarakat, Apa Isinya?

• Jadwal Play Off La Liga Spanyol, Berebut 1 Tiket Promosi 2019-2020, Malam Ini Mallorca vs Albacete

• Ramalan Zodiak Hari Jumat 14 Juni 2019, Taurus Bertengkar, Libra Terbebani, Aquarius Super Beruntung

• Bripda Puput dan Ahok Pamer Kemesraan di Hari Ultah, Veronica Tan Kasih Kado Ini

"Dunia Perfilman Indonesia kembali kehilangan salah satu aktor terbaiknya.

Robert Isaac Kaihena (Robby Sugara), pada hari ini, Kamis, 13 Juni 2019, sekitar pkl 00.10 WIB," tulis Toto Sogriwo seperti yang dikutip oleh Grid.ID pada Kamis (13/6/2019).

Nah berikut ini fakta-fakta aktor Robby Sugara melansir dari Grid.id

• Siap-siap! Besok Sidang Perdana Gugatan Sengketa Pilpres, Kominfo Kembali Batasi WhatsApp dan Medsos

• Bripda Puput dan Ahok Pamer Kemesraan di Hari Ultah, Veronica Tan Kasih Kado Ini

• Nikita Mirzani Sindir Angela Gilsha dan Adiknya Marco Panari, Ini Penyebab Utamanya

• Aktor Lawas Robby Sugara Meninggal Dunia, Pernah Jadi Artis dengan Bayaran Termahal

Aktor Robby Sugara diketahui memiliki darah keturunan Belanda.




Aktor kawakan Robby Sugara meninggal dunia pada hari Kamis (13/6) dalam perjalanan ke Rumah Sakit UKI. Semasa hidupnya, Robby Kaihena Sugara pernah berada di masa keemasannya dalam dunia perfilman Indonesia.Â




Merdeka.com - Dunia perfilman indonesia berduka. Aktor senior Robby Sugara meninggal dunia Kamis (13/6) dini hari sekitar pukul 00.10 WIB.

Kabar tersebut disampaikan pengamat film Toto Soegriwo. Dia menyampaikan kabar meninggalnya pria bernama lengkap Robert Isaac Kaihena ini di akun facebooknya.

" Dunia Perfilman Indonesia kembali kehilangan salah satu aktor terbaiknya. Telah berpulang ke rumah Bapa di Sorga, Robert Isaac Kaihena (Robby Sugara), pada hari ini, Kamis, 13 Juni 2019, sekitar pkl 00.10 WIB. Aktor yang telah membintangi lebih dari 40 judul film itu, jenazahnya disemayamkan di Rumah Duka RS UKI Cawang Jakarta Timur. Selamat Jalan Bung. Kiranya engkau damai di sisiNya. Aamiin ," tulis Toto Soegriwo, Kamis (13/6/2019).

Belum diketahui penyebab meninggalnya Robby Sugara . Namun aktor berdarah berdarah Jawa, Ambon, dan Belanda itu diduga terkena serangan jantung.

"Kalau penyebab pastinya kami belum tahu. Tapi kayaknya sih jantung ya. Soalnya mendadak begitu, tiba-tiba sesak napas, saya kira kalau seperti itu (serangan) jantung ya. Tapi coba dicek dulu saja ke dokter untuk lebih jelasnya," kata sahabat almarhum, Roy Marten seperti dikutip Liputan6.com.

Roy menyebut, sebelum meninggal dunia Robby Sugara dalam keadaan sehat. Robby pun tak diketahui sedang mengidap sakit berat.

"Kabarnya sehat-sehat saja. Malamnya tiba-tiba sesak napas, dibawa ke rumah sakit tapi tidak tertolong," katanya.

Robby Sugara sendiri merupakan aktor yang cukup dikenal di era 1970. Robby dikenal dengan rekan-rekan artis pada saat itu seperti Roy Marten, Yenny Rachman, Doris Callebaute. [end]



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply