Contact Form

 

Berulang Tahun Hari Ini, Berikut 5 Kisah Hidup Jokowi yang Unik


Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau yang terkenal dengan nama Jokowi , hari ini, Jumat (21/62019) bertambah umur menjadi 58 tahun.

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo.

Jokowi adalah anak pertama dari empat bersaudara. Pagi ini Twitter dipenuhi dengan berbagai ucapan yang diungkapkan oleh warganet melalui #HBD Jokowi, #HDB58PRESIDENJOKOWI, dan Selamat Ulang Tahun.

Tagar ini menjadi trending topic di berbagai media sosial bahkan dunia, salah satunya Twitter, pagi ini. Penasaran seperti apa ucapan untuk Jokowi?

Berikut cuitan para warganet yang dihimpun Tekno Liputan6.com, Jumat (21/6/2019).

Mr. president Jokowi, I don't even have any idea to write beautiful words. But may God always bless you, always bless our country. And like what you have said, who can help solve problems are patient and solution, then don't be tired of doing it. ❤#HBDJokowi pic.twitter.com/LFuuAC4q1S


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri beserta segenap keluarga besar partai mengucapkan selamat ulang tahun ke-58 bagi Presiden Joko Widodo, Jumat (21/6/2019).

"Selamat ulang tahun Pak Jokowi. Tanggal 21 Juni bertepatan dengan wafatnya Bung Karno. Dalam perspektif, spiritualitas bangsa, hal itu bukan kebetulan," ujar Megawati melalui siaran pers dari Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto, Jumat pagi.

"Dalam ulang tahun Pak Jokowi ke 58, kami mendoakan agar Beliau mendapatkan rahmat kesehatan, panjang umur, dan semangat yang menyala-nyala untuk terus berdedikasi bagi rakyat, bangsa, dan negara," lanjut dia.

Baca juga: Presiden Jokowi Ulang Tahun ke-58 Hari Ini

Megawati berharap, kepemimpinan Jokowi pada periode kedua kelak tidak hanya menyelesaikan soal-soal mendasar berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan, mendorong keadilan serta membangun kebudayaan bangsa.

Jokowi juga diharapkan membawa kemajuan pada seluruh lini kehidupan.

PDI-P berharap agar kepemimpinan Jokowi mendorong semangat persatuan dan pembangunan dunia.

Baca juga: Ulang Tahun Jokowi Hari Ini Jadi Trending Topic di Twitter

Hasto menambahkan, Indonesia mampu menjadi "light star" bagi bangsa-bangsa di Asia, Afrika dan Amerika Latin dengan menggelar Konferensi Asia Afrika di Bandung.

Sejak saat itulah proklamator Ir Soekarno terus membangun tata dunia baru berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Setelah banyak negara di Asia, Afrika dan Amerika Latin yang merdeka, Bung Karno melihat negara baru itu menghadapi dua blok kekuatan dunia, blok barat Amerika Serikat dan blok timur Uni Sovyet yang keduanya memiliki nilai-nilai imperialisme.

Maka, Bung Karno dengan konsistensinya untuk melawan kapitalisme dan imperialisme, ia menggagas lahirnya Gerakan Non Blok di Beograd, Yugoslavia.

"GNB berpihak pada perdamaian dunia. Itulah kepeloporan Indonesia membangun persaudaraan dunia," ujar Hasto.

Kini, PDI-P percaya kepemimpinan Jokowi juga akan menjadi light star melalui tata pemerintahan yang baik.

"Kepemimpinan Pak Jokowi tidak hanya visioner. Namun juga menghadirkan kekuasaan langsung di rumah rakyat, kepemimpinan yang merakyat, andalan bagi kemajuan negeri," ujar Hasto.




Ayahanda Presiden Joko Widodo merupakan seorang anak kepala desa. Hal itu disampaikan oleh ibunda Jokowi sendiri, Sujiatmi Notomiharjo.

Sujiatmi Noto Miharjo mengatakan suaminya Noto Miharjo (almarhum) merupakan putra seorang kepala desa di Kranggan, Kabupaten Karanganyar.

"Kakek suami dahulu rumahnya di depan orangtuanya, sehingga saya masih bertetangga sering ketemu," kata Sujiatmi, usai acara tasyakuran, di Sumber, Solo, Senin (2/1/2019).

Sujiatmi mengatakan setiap memasuki tahun baru mengingat sejarahnya ketika bertemu dengan suaminya Noto Miharjo yang sekarang sudah almarhum.

"Pak Noto itu, dahulu putra seorang kepala desa, sedangkan keluarga saya pengusaha penggergajian. Namun, Pak Noto akhirnya ikut kerja di penggergajian dan mebel," kata Sujiami pula.

Sujiatmi menjelaskan setelah menikah dengan Pak Noto kemudian pindah rumah di kawasan Srambatan, Solo, dan kemudian pindah lagi di Gilingan Nusukan.

"Saya di rumah Gilingan selama lima tahun, dan kemudian pindah lagi di Jalan A Yani, Manahan, Solo. Saya tertarik dengan Pak Noto karena beliau dahulu gagah dan 'ngganteng," katanya mengakui.

Dalam konten video yang diunggah oleh Youtuber Atta Halilintar yang berlatar di Istana Presiden Bogor, Jokowi mengungkapkan kenakalannya saat remaja.

Pengakuannya itu terlontar kala sang Youtuber, Atta melemparkan pertanyaan seputar kehidupan pribadi Jokowi.

"Biasanya tuh pak, kalau anak kecil atau remaja pasti punya kenakalan. Kalau bapak pas masih remaja paling nakal ngapain?" tanya Atta Halilintar dalam video yang diunggah pada Rabu (3/4/2019).

Mendengar pertanyaan Atta Halilintar, Jokowi langsung terkenang dengan masa lalunya. Dahulu, sang kepala negara pernah tidak patuh dengan larangan orangtuanya.

"Kita ini senangnya kan hidupnya di kampung, di pinggir kali. Senangnya ya main-main di kali. Renang di kali meskipun enggak boleh sama orangtua. Nanti kalau hanyut gimana," papar presiden petahana itu.




TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Presiden Jokowi ternyata mengetahui adanya warga yang berteriak meminta sistem zonasi terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dihapus.

Peristiwa ini terjadi Kamis (20/6/2019) saat Jokowi menyapa warga usai menghadiri pernikahan putri Rais Am PB NU Kiai Miftachul Achyar di Surabaya, Jawa Timur.

"Sudah saya perintahkan kepada menteri untuk dievaluasi. Karena antara kebijakan dan lapangan bisa berbeda. Setiap daerah memiliki karakter yang berbeda-beda. Sudah saya perintahkan dievaluasi," ujar Jokowi saat meninjau infrastruktur di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (21/6/2019).

Kejadian bermula saat Jokowi sudah berada di dalam mobil dan akan meninggalkan lokasi acara.

Di tengah jalan, Jokowi dipanggil oleh puluhan warga yang hendak menyapanya.

Baca: Sidang Baru Dimulai, Bambang Widjojanto Sudah Ditegur Hakim

Jokowi lalu turun dari mobilnya dan warga saling dorong untuk mendekati, sekedar berswafoto serta bersalaman.

Ketika itulah, sejumlah ibu-ibu kompak beberapa kali berteriak meminta Jokowi segera menghapus sistem Zonasi PPDB jenjang SMP tahun ini.

"Pak, hapus sistem zonasi, hapus sistem zonasi pak," teriak ibu-ibu tersebut.

Sebelumnya kisruh PPDB di Surabaya sempat terjadi.‎ Ratusan wali murid mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya pada Rabu (19/6/2019) malam.

Para wali murid ini mendesak sistem PPDB melalui zonasi tingkat ‎SMP dihapuskan.

Selain itu, wali murid juga meminta penonaktifan Server PPDB, penambahan rombongan pelajar, sampai me-reset ulang pendaftaran zonasi umum yang sudah berjalan.




Saksi yang dihadirkan tim hukum Jokowi-Ma'ruf , Anas Nashikin, diperingatkan hakim Saldi Isra dalam persidangan di MK gegara keterangan soal 'slide Moeldoko'. Bagaimana ceritanya? Awalnya, tim hukum Jokowi, Ade Irfan Pulungan, bertanya kepada Anas apakah Ketua Harian TKN dalam training of trainers hari kedua pada Februari lalu menyampaikan materi menggunakan slide atau tidak. Anas menjawab 'tidak'. "Di hari kedua, Anda bilang ada materi Moeldoko. Apakah Pak Moeldoko menggunakan slide ?" kata Ade Irfan dalam sidang di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (21/6/2019).

"Beliau tidak. Orasi memberikan semangat dan motivasi-motivasi," jawab Anas. Giliran bertanya kemudian dialihkan hakim yang memimpin pemeriksaan Anas, Manahan Sitompul, ke Christina Ariyani. Christina bertanya soal materi-materi yang dijelaskan Anas tadi. "Tadi kan ada beberapa materi ya, saksi, salah satunya materi kawal kemenangan 01 dengan jaminan koordinator dan jaminan saksi. Itu siapa yang membawakan, apa saksi ingat?" sebut Christina. "Kalau tidak salah disampaikan Pak Moeldoko," jawab Anas. "Jadi ini bukan materi apa materi?" tanya Christina. "Materi," balas Anas. Christina lalu bertanya soal slide materi tersebut. Menurut Anas, ada slide di materi kawal kemenangan 01 . "Kawal kemenangan ada slide- nya," ucap Anas. Jawaban tersebut membuat Anas ditegur hakim Saldi Isra . Menurutnya, keterangan Anas berubah-ubah. "Sebelum dilemparkan, ini Saudara Saksi ini beda-beda. Tadi katanya Pak Moeldoko tidak berikan slide , sekarang berikan slide . Mana yang benar ini?" tanya Saldi. "Maaf, maksud saya bukan Pak Moeldoko, mohon maaf salah. Pak Moeldoko tidak memberikan slide ," jawab Anas. Saldi Isra mencecar Anas untuk mencari jawaban yang pasti. Anas pun meralat nama Moeldoko saat menjawab pertanyaan Christina Ariyani tadi. "Jadi yang memberikan slide yang ditanya terakhir siapa?" tanya Saldi. "Yang kawal kemenangan tadi Pak Hasto," Anas menjawab. "Ini saya ingatkan lagi ya, Saudara ini di bawah sumpah. Kalau memberikan keterangan yang tidak benar itu bisa dikategorikan memberikan keterangan palsu," sebut Saldi. Anas mengakui kesalahannya. Dia mengaku salah menyebut nama saat menjawab pertanyaan Christina Ariyani. "Siap, Yang Mulia, siap salah, Yang Mulia. Jadi salah sebut tadi, Yang Mulia," kata Anas. "Itu penegasan kepada saksi, saya lupa mengingatkannya bahwa ada ancaman kalau keterangan Saudara itu palsu ya," timpal hakim Manahan. Simak Juga 'Seberapa Kuat Daya 'Magis' dari Saksi Prabowo di MK': [Gambas:Video 20detik]




Jakarta, CNN Indonesia -- Kuasa hukum paslon 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra, menunggu arahan Jokowi untuk menyeret saksi paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam sidang sengketa Pilpres 2019  di Mahkamah Konstitusi ( MK ) ke jalur pidana. Yusril menyebut beberapa saksi Prabowo-Sandi memberikan keterangan palsu. Ia mencontohkan Beti Kristiana yang membawa amplop surat suara diduga palsu. "Ini serius ya masalah amplop ini karena diduga palsu. Kemudian ada kemungkinan selesai sidang ini, kami mewakili Jokowi-Ma'ruf apakah beliau ingin saksi ini ditindaklanjuti secara pidana ya. Nanti kami konsultasikan ke beliau," kata Yusril saat ditemui di Gedung MK, Jakarta, Jumat (21/6). Selain itu, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu juga berniat memolisikan saksi Prabowo-Sandi yang memberikan identitas palsu saat bersaksi di MK pada Rabu (19/6) lalu. Yusril menyebut ada beberapa saksi yang mengaku bukan bagian dari paslon 02. Namun tim hukum 01 menemukan fakta berbeda. "Misalnya mengaku tidak ada kaitan dengan paslon 02, tapi ternyata dia adalah timses 02. Kita tunjukkan juga nanti, ada dua kategori ini, ada yang palsu keterangannya, ada yang palsukan identitas," tutur dia. Sebelumnya, saksi Prabowo-Sandi, Beti Kristiana, membawa beberapa lembar amplop surat suara ke sidang MK pada Rabu (19/6). Ia mengaku mendapatkannya berserakan di Juwangi, Kabupaten Boyolali. Namun tim kuasa hukum KPU menduga amplop itu palsu. Hari ini, Mahkamah Konstitusi (MK) melanjutkan agenda keempat sidang sengketa Pilpres 2019. Hari ini dijadwalkan majelis hakim konstitusi akan mendengarkan ketarangan saksi dan ahli dari kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf sebagai pihak terkait. Ada dua saksi fakta, dan dua ahli yang diajukan tim Jokowi-Ma'ruf untuk didengarkan keterangannya dalam sidang sengketa pilpres di MK hari ini. (dhf/kid)




Suara.com - Akun Instagram hari ini ramai dengan ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden Joko Widodo yang ke-58. Begitu saya buka, teman-teman dan kenalan, hingga para artis memberi ucapan dan doa.

Salah satunya akun @dr_tompi. Buat saya, unggahan-unggahannya seputar Jokowi sangat menginspirasi, sehingga saya langsung membuka akunnya.

Di situ, dokter yang sukses dengan dunia tarik suara ini menulis, "Happy Bday Mr President @jokowi."

Sejumlah foto (yang pastinya merupakan) hasil karyanya, ikut dipajang di sana dalam suasana hitam putih. Kelihatannya dibidik saat Jokowi tengah melakukan kampanye presiden beberapa waktu lalu, sebab ia berada dalam kerumuman masyarakat;

Presiden Jokowi di tengah pendukungnya, hasil bidikan dr Tompi. (@dr_tompi/instagram) @rahmanasa29; Biaroun dikerumunan banyak orang,aku langsung bisa menemukanmu presidenku @jokowi.

Bukan cuma ucapan selamat ulang tahun, warganet juga mengirimkan doa. Semoga dipanjangkan umurnya, dipanjangkan sabarnya, dipanjangkan belas kasihnya, dipanjangkan kesehatannya; @mrsantariksa; Hormat dan cinta sepenuh hati utk presidenku.

@indrati.1259; HBD yg ke 58th untuk pak de Jokowi,, semoga Allah SWT selalu melindungi nya, dan selalu diberi kesehatan, kekuatan, kesabaran dan kejujuran yg tiada batas dlm segala upaya utk memajukan bangsa nya diantara negara2 dunia,, amiin, allohuma amin.

@yulianasianipar; Koq terharu liat photo2nya....happy Ultha Bapak Rakyat Indonesia @jokowi dipanjangkan umurnya, dipanjangkan sabarnya, dipanjanhkan belas kasihannya, dipanjangkan kesehatannya yang terbaik buat bapak God Bless You Bapak.

Jika boleh, saya menambahkan, agar amanah Pak Jokowi juga dipanjangkan untuk bisa memimpin negeri ini dan mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, seperti cita-cita para Bapak Bangsa.

Yoursay adalah tulisan, foto atau video karya warganet. Isi tanggungjawab penulis.




Liputan6.com, Jakarta Relawan Presiden Jokowi menggelar aksi untuk memperingati hari ulang tahun Jokowo ke-58. Relawan berdoa agara Jokowi terus diberi kesehatan.




Suara.com - Tagar HBD Jokowi Viral, Yuk Contoh 5 Gaya Hidup Sehat ala Pak Presiden

Hari ini, Jumat (21/6/2019) Presiden Joko Widodo (Jokowi) genap berusia ke-58 tahun. Warganet di media sosial khususnya di twitter pun beramai-ramai mengucapkan selamat ulang tahun.

Ucapan selamat ulang tahun untuk Jokowi menjadi trending di Twitter dengan hashtag #HBDJokowi menempati posisi puncak. Ada juga hashtag ##HBD58PRESIDENJOKOWI, #Mr. President , dan #Selamat Ulang Tahun  yang ikut meramaikan.

Seperti akun @ AlwiMusaddad yang mendoakan Jokowi panjang umur dan bisa memimpin Indonesia agar semakin maju.

Di usianya yang tak muda, Jokowi masih terlihat lincah, punya  tubuh yang fit serta bugar. Tentu, gaya hidup sehat, dan rajin olahraga yang ia terapkan bisa kita tiru. Lantas apa saja hobi olahraga kegemaran Presiden Jokowi?

Presiden Joko Widodo berjalan di antara barang dagangan yang dijual saat memantau kebutuhan bahan pokok di Pasar Surya Kencana, Bogor, Jawa Barat .[ANTARA FOTO/Wahyu Putro] Jokowi dikenal dengan Presiden yang rajin blusukan. Menurut Jokowi, seorang pemimpin harus turun langsung ke lapangan. Jangan begitu saja manggut-manggut saat menerima laporan anak buah.

Jokowi kerap blusukan ke pasar, ke sawah, bahkan pernah juga menjajal KRL. Berjalan kaki ini tentu banyak sekali manfaatnya. Olahraga tentu bisa dilakukan di mana dan kapan saja, mau sibuk atau tidak. Blusukan juga bisa dipakai sebagai sarana berolahraga, cukup jalan kaki. Bikin tubuh bergerak dan sehat tentunya.

Presiden Joko Widodo bersepeda dari Istana Merdeka ke Lapangan Park & Ride, Jalan MH Thamrin  Jakarta Pusat [Biro Pers Istana Kepresidenan] Bersepeda juga dapat dinikmati oleh orang dari segala usia. Mengutip Boldsky, bersepeda bisa meningkatkan kesehatan jantung

Saat Anda bersepeda, jantung berdetak lebih cepat daripada tingkat normal, yang membuat jantung lebih sehat. Hal ini karena darah akan memompa lebih cepat yang meningkatkan kondisi jantung Anda.

Presiden Jokowi mengunggah video diriny sedang menggeluti hobi bertinju di YouTube. [YouTube/Presiden Joko Widodo]   Kakek Jan Ethes ini kerap mengajak keluarganya untuk berolahraga bersama. Terutama mengajak cucu pertamanya Jan Ethes untuk bermain bola hingga bermain tinju.

Dalam vlog berjudul JKWVLOG TINJU itu Presiden Jokowi memilih mitra bertinju seorang ajudannya yang bernama Teddy yang disebutnya masih muda.

"Yang jadi partner latihan tinju saya sore hari ini ajudan, namanya Teddy, masih muda dan yaa coba kita lihat nanti," kata Jokowi.

Olahraga tinju bisa membantumu untuk meningkatkan konsentrasi karena tinju mengupayakan kamu agar tidak sekadar meninju saja.

Presiden Jokowi  pernah mengungkapkan pengalaman masa kecil untuk memiliki keterampilan dan keahlian memanah. Saat itu Joko Widodo (Jokowi) tinggal di Solo dan rumahnya relatif dekat sekali dengan Lapangan Manahan yang merupakan lokasi untuk latihan panahan.

Mengutip Antara , Pelatih Rizal Barnardi mengatakan Presiden mulai latihan memanah sejak September 2016, Presiden Jokowi sangat serius menekuni olahraga itu, dan bahwa dia sangat fokus pada apa yang ada di hadapannya, dan sangat serius dengan keputusannya.

Mengutip Hellosehat , memanah bisa meningkatkan koordinasi tangan, mata, serta keseimbangan, meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari, hingga membangun kepercayaan diri.

Presiden Jokowi jogging pagi. (Biro Pers) Jogging adalah jalan cepat atau lari kecil untuk menyerap oksigen dan membuat fungsi jantung agar bekerja lebih cepat dari biasanya. Jogging biasa dilakukan pagi hari atau sore menjelang mandi.

Sebuah penelitian menyebut seseorang menjadi lebih cerdas, karena sering berlari. Itulah temuan yang di dapat dari sebuah penelitian di Nihon Fukushi University di Handa, Jepang.

"Manfaat tersebut menurun saat orang meninggalkan kebiasaan joging. Artinya, olahragayang konsisten diperlukan untuk menjaga manfaatnya," kata pemimpin penelitian Dr Kisou Kubota seperti dilansir Preventdisease .




Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)- Ma'ruf Amin mengatakan upaya rekonsiliasi pasca-Pilpres 2019 terus dilakukan meski sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi masih berlangsung. TKN mengatakan komunikasi di antara kedua kubu terus berlangsung. "Langkah-langkah menuju rekonsiliasi memang terus berjalan meski ada sidang-sidang permohonan PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) Pilpres di MK," ujar Wakil Ketua TKN Arsul Sani saat dihubungi, Kamis (20/6/2019) malam. Arsul mengatakan komunikasi antara tokoh politik TKN dan Partai Gerindra terus berlangsung. Jadi, saat Jokowi dan Prabowo bertemu, tidak ada internal partai yang kaget.

"Di luar ruang sidang, komunikasi antartokoh partai KIK dan TKN dengan elite Gerindra terus berlangsung untuk mengkondusifkan situasi internal masing-masing kubu paslon. Sehingga ketika Pak Jokowi dan Pak Prabowo saling bertemu, maka elite dan tokoh sekitar kedua beliau tidak kaget," kata Arsul. Menurut Arsul, pertemuan antar-kandidat Pilpres itu bakal benar-benar terjadi. Namun soal waktu persisnya, itu masih menunggu momentum yang tepat. Momentum itu bisa terjadi sebelum ataupun setelah putusan MK. Putusan MK maksimal diumumkan pada 28 Juni nanti. "Pertemuan antara kedua beliau akan terjadi, bisa sebelum putusan MK atau segera setelah ada putusan MK. Tentu mencocokkan waktunya ini yang pas yang sedang diupayakan," tutupnya. Sebelumnya, Moeldoko mengatakan upaya rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo terus dilakukan. Ia berharap rekonsiliasi ini bisa terwujud sebelum sidang MK selesai. Menurutnya, rekonsiliasi ini harus segera dilakukan untuk mencairkan suasana setelah Pilpres 2019. "Ya harapan kami sih sebelum MK-lah, lebih bagus lagi sehingga suasana jadi sejuk. Kita semua masyarakat Indonesia sudah bosanlah dengan kondisi yang seperti ini, membosankan," ujar Moeldoko di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Kamis (20/6) kemarin. Sementara itu, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menilai harapan Moeldoko itu lebih bersifat seperti ancaman. BPN menilai proses rekonsiliasi tidak bisa dipaksakan. "Biarkan mengalir natural. Jangan dipaksakan biar hasilnya baik. Itu Imbauan (Moedoko) atau ancaman itu kok ngasih deadline sebelum MK gitu lo ," ujar Direktur Hukum dan Advokasi BPN Prabowo Sandi Sufmi Dasco Ahmad saat dihubungi, Kamis (20/6) malam. Cak Imin: Koalisi 01 Sudah Gemuk, tapi untuk Rekonsiliasi Why Not?



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply