Contact Form

 

Petr Cech Bakal Pensiun Akhir Musim 2018/2019


Jakarta - Petr Cech memutuskan pensiun di akhir musim ini. Salah satu kiper terbaik di era Premier League itu akan menyudahi karier gemilangnya di Inggris. Cech (36 tahun) beberapa jam lalu memutuskan untuk menyudahi kariernya pada akhir musim ini. Melalui akun Instagram dan Twiiter, kiper asal Republik Ceko itu menyatakan gantung sepatu bertepatan dengan 20 tahun sejak dia terjun menjadi pesepakbola profesional. Berikut fakta kiper Arsenal, yang sempat memberi Chelsea sukses besar, itu dikutip dari berbagai sumber: - Petr Cech lahir di Pilsen, Republik Ceko, pada 20 Mei 1982. Dia adalah kembar tiga bersama saudarinya yang bernama Sarka dan saudara laki-laki bernama Michal. Michal meninggal karena infeksi pada usia dua tahun.

- Sebelum terkenal menjadi pesepakbola, Cech pernah juga turun di dunia akting. Dia menjadi aktor dalam serial televisi berjudul The Territory of White Deer pada tahun 1991. - Saat berusia 10 tahun kaki Petr Cech patah. Cedera itu membuat dia tak bisa lagi bermain bola sebagai outfield player, di mana dia kerap diturunkan sebagai gelandang atau penyerang. Mulai sering dimainkan sebagai kiper, dari situ takdirnya sebagai penjaga gawang dimulai. - Petr Cech datang ke Inggris bersamaan dengan revolusi besar yang terjadi di Chelsea pada 2004. Tapi dia sebenarnya lebih dulu ditaksir Arsenal, di mana Arsene Wenger tertarik membelinya pada 2002. - Debut Cech di Inggris adalah menghadapi Manchester United. Di musim perdananya pada 2004/2005, Cech hanya kemasukan 15 gol di Premier League dan mengantar Chelsea jadi juara. - Setelah patah kaki di umur 10 tahun, Cech mengalami kecelakaan lain yang tak kalah mengerikan di Oktober 2006. Tengkorak kepalanya retak setelah berbenturan dengan pemain Reading Stephen Hunt. Dalam wawancara dengan Guardian beberapa tahun kemudian, Cech menyebut kalau nyawanya sempat terancam akibat kejadian itu. - Absen cukup panjang, Cech comebak pada Januari 2007. Dia turun kembali ke lapangan menggunakan pelindung kepala seperti yang digunakan pemain rugby. Helm tersebut kemudian identik dengannya sampai sekarang. - Selain piawai menghalau bola menggunakan tangan, Petr Cech juga hebat dalam menggebuk drum. Cech diketahui merupakan fans berat Coldplay dan Foo Fighters. VIDEO - Petr Cech adalah kiper dengan jumlah clean sheet terbanyak di Premier League. Saat ini dia tercatat melewati 202 pertandingan tanpa kebobolan (46% dari total pertandingan yang dia jalani).




TEMPO.CO , Jakarta - Penjaga gawang Petr Cech memastikan akan pensiun dari lapangan hijau pada akhir musim ini. Mantan rekannya, Didier Drogba, menyebut Cech merupakan pemain paling berjasa membawa Chelsea menjuarai Liga Champions. Di laman instagramnya, Drogba mengunggah foto Petr Cech dan dirinya saling menghampiri sesaat setelah mereka memenangkan laga final Liga Champions kontra Bayern Munchen pada Mei 2012. Chelsea menang 4-3 melalui drama adu penalti saat itu. Meskipun Drogba meraih gelar pemain terbaik pada laga itu, dia menilai Cech merupakan pahlawan Chelsea sebenarnya. Pasalnya Cech menggagalkan tiga tendangan penalti Bayern Munchen saat itu. "Butuh jutaan kata untuk mendeskripsikan kami, kebaikan hatimu, profesionalismemu dan mental juara yang kami miliki, tetapi satu foto ini bisa merangkum semuanya," tutur Pogba dalam penjelasan foto itu.

"Seseorang yang menggagalkan tiga penalti dan berlari ke arah saya seakan saya adalah seorang legenda. Semoga sukses dalam karirmua dalam beberapa bulan ke depan. Cinta saya kepada keluargamu." Cech memang bisa dianggap sebagai pahlawan sejati Chelsea pada laga itu. Pada 90 menit pertandingan laga tersebut, dia berkali-kali menggagalkan peluang Bayern Munchen. Puncaknya adalah ketika pertandingan memasuki babak tambahan karena kedua tim bermain imbang 1-1 pada 90 menit. Bayern Munchen mendapatkan hadiah penalti setelah Drogba melanggar Franck Ribery. Cech berhasil menggagalkan tendangan penalti yang diambil oleh Rajen Robben. Pada saat adu penalti, Bayern Munchen juga berada dalam posisi yang lebih menguntungkan karena Juan Mata yang menjadi algojo pertama Chelsea gagal melaksanakan tugasnya. Namun Petr Cech berhasil menggagalkan dua tendangan penalti terakhir Bayern Munchen yang diambil oleh Ivica Olic dan Bastian Schweinsteiger. Chelsea pun berhasil meraih gelar Liga Champions pertamanya sepanjang sejarah.




tirto.id - Kiper Arsenal Petr Cech memutuskan akan mengakhiri karier profesionalnya pada akhir musim kompetisi 2018/2019. Hal itu diungkapkan oleh Cech dalam akun Twitter resminya pada Selasa (15/1/2019). "Musim ini adalah musim ke-20 bagi saya sebagai pemain profesional dan sudah 20 tahun berlalu sejak saya pertama kali menandatangani kontrak profesional. Jadi saya merasa ini adalah waktu yang tepat untuk mengumumkan bahwa saya akan mengakhiri karier pada akhir musim ini. "Saya sudah tampil dalam 15 tahun di Liga Inggris, dan memenangi semua trofi yang bisa dirih, saya merasa sudah mencapai segala yang pernah saya rencanakan. Saya akan terus bekerja keras di Arsenal dengan harapan memenangi satu trofi lagi musim ini," ungkap Cech.

Dalam catatan Whoscored , musim 2018/2019 Petr Cech tampil dalam tujuh pertandingan di Liga Inggris dengan jumlah total 588 menit dan mendapatkan rating 7,05. Ia tampil dua kali di Liga Eropa, dan diberi kesempatan oleh Unai Emery untuk tampil di Piala FA serta Piala Liga Inggris. Musim ini, kiper berusia 36 tahun itu tidak mendapatkan tempat utama setelah tergeser oleh kiper asal Jerman Bernd Leno. Dilansir dari Soccerway , eks kiper Chelsea itu pernah merengkuh gelar Liga Inggris sebanyak empat kali ketika memperkuat The Blues pada musim 2004/2005, 2005/2006, 2009/2010, dan 2014/2015. Selain itu masih ada trofi Piala FA sebanyak empat kali bersama klub London tersebut, ditambah Piala Liga Inggris tiga kali, dan juga Community Shield dyakali. Di pentas Eropa, trofi Liga Champions musim 2011/2012 juga pernah dipersembahkan untuk Chelsea selain runner up 2007/2008. Sedangkan di Liga Europa, gelar juara musim 2012/2013 pernah juga disabetnya. Di Arsenal, Cech turut mengantar klub berjuluk The Gunners itu juara Piala FA 2016/2017 dan Community Shield dua kali pada 2015 dan 2017. Pada musim 2015/2016, musim pertama di Arsenal, Cech tercatat menjalani 42 laga di semua kompetisi, 34 di antaranya di Liga Inggris. Tahun berikutnya, 37 pertandingan juga sudah dia jalani bersama The Gunners. Sedangkan pada musim ketiga, sang kiper bermain 38 kali. Selama 11 musim bersama Chelsea, Petr Cech juga tercatat tidak pernah tampil kurang dari 30 pertandingan di semua kompetisi, kecuali pada musim terakhirnya, 2014/2015. Ketika itu, sang kiper tampil 16 kali, 7 di antaranya di Liga Inggris.

Penulis: Beni Jo Editor: Fitra Firdaus Kontributor: Beni Jo




London — Arsenal goalkeeper Petr Cech announced on Tuesday he will retire at the end of the season.

The 36-year-old, who won four Premier League titles with Chelsea, revealed his decision on Twitter. He wrote: “This is my 20th season as a professional player and it is 20 years since I signed my first professional contract, so it feels like the right time to announce that I will retire at the end of this season.”

The Czech, who arrived in the Premier League with Chelsea in 2004 and moved to Arsenal in 2015, added: “Having played 15 years in the Premier League and won every single trophy possible, I feel like I have achieved everything I set out to achieve. I will continue to work hard at Arsenal to hopefully win one more trophy this season, then I am looking forward to seeing what life holds for me off the pitch.”

Cech joined Arsenal in 2015 and has made 129 appearances for the Gunners after winning multiple trophies at Chelsea.

Signed from Rennes by Claudio Ranieri in 2004, Cech won four Premier League titles, four FA Cups, the Champions League, Europa League and three League Cups with the Blues.

Cech suffered a serious head injury in 2006 following a collision with Reading’s Stephen Hunt. Hunt’s knee crashed into Cech’s head, leaving him with a fractured skull, but he returned to action four months later wearing what became his trademark protective headgear.

Cech became the first goalkeeper to keep 200 Premier League clean sheets in Arsenal’s 3-0 win over Watford last season, during which he saved a penalty from Troy Deeney. He is also the Czech Republic’s most capped player, making 124 appearances.

Cech is no longer first choice at Arsenal, with Bernd Leno preferred for most of this season so far, but the club were quick to pay their own tribute.

Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply