Contact Form

 

Gempa Lombok Terasa di Bali, Warga Keluar Rumah Sambil Teriak "Hidup... hidup..."


DENPASAR, KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 7 yang berpusat di Lombok utara pada Minggu (5/8/2018) terasa hingga Bali. Gempa terasa di Bali sekitar pukul 19.00 Wita.

Guncangan keras terssa di Denpasar, Gianyar, Karangasem bahkan sampai ke Buleleng. Akibatnya, warga lari berhamburan keluar rumah.  Warga lari berhamburan keluar rumah sambil berteriak, "hidup... hidup... hidup." Hal ini sebagai pertanda bagi tetangga terdekat bahwa kondisinya baik-baik saja.

Sampai pukul 21.00 Wita, warga di Denpasar masih berdiam diri di luar rumah mengantisipasi terjadinya gempa susulan. Pantauan Kompas.com, gempa terasa kurang selama satu menit. Diawali guncangan keras yang semakin lama semakin mengecil.

Selain itu, gempa ini juga menimbulkan kerusakan bangunan warga di sejumlah tempat. Melalui siaran pers Badan meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merelease gempa dengan kekuatan 6,8 SR dengan pusat gempa di darat dengan kedalaman 10 km pada 27 km Timur Laut Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8/2018) pukul 18.46 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami. Selanjutnya, BMKG melakukan pemutakhiran gempa dengan kekuatan 7 SR pada kedalaman 15 km. Pusat gempa 18 km Barat Laut Lombok Timur NTB. Gempa berpotensi tsunami.

Peringatan dini tsunami telah diaktivasi. Potensi tsunami terjadi di pantai Lombok Barat bagian utara dengan status waspada dan pantai Lombok Timur bagian Utara dengan status Waspada. 




TRIBUNNEWS.COM -  Sebuah video yang merekam siaran langsung salat jamaah di Musholla As-Syuhada Bali menjadi viral di media sosial.

Saat terjadinya gempa di Bali hingga Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8/2018) malam, tempat ibadah ini tengah mengelar siaran langsung via fitur Live Facebook.

Dalam video yang diunggah akun Facebook Musholla As-Syuhada Blk itu merekam detik-detik terjadinya gempa hingga guncangan usai.

Namun sang imam tetap berdiri tegar dan lantang membacakan surat-surat pendek demi memimpin sholat berjamaah.

Meski demikian, dalam ketegarannya, sang imam tetap tak kuasa menahan guncangan yang hebat.

Tangannya berpegangan di dinding ruangan imam tempat memimpin sholat, demi mempertahankan tubuhnya agar tetap berdiri kokoh memimpin sholat.




Kerusakan bangunan dan rumah dampak dari gempa 7 skala Richter (SR) di Lombok masih dalam pendataan. Kerusakan juga terjadi di Bali. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan beberapa data kerusakan. Namun menurut Sutopo data itu masih bersifat sementara. "Untuk korban jiwa masih pendataan," ucap Sutopo, Minggu (5/8/2018).

Berikut data kerugian materil yang disampaikan Sutopo: NTB • Kabupaten Sumbawa Barat - 1 unit rumah rusak berat di Kec. Taliwang, Kel. Sampir. - Gempa dirasakan kuat selama 1 - 5 detik. - Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. - BPBD Kab. Sumbawa Barat sedang melakukan evakuasi dan pendataan. • Kabupaten Mataram - Gempa dirasakan kuat oleh masyarakat. - Masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri/evakuasi masing-masing. - Lisrik di beberapa daerah padam. - Terjadi kemacetan total di jalan raya dikarenakan kepanikan masyarakat terkait info Tsunami. • Kabupaten Lombok Utara - Gempa dirasakan kuat oleh masyarakat. - Masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri/evakuasi masing-masing. - Listrik padam di beberapa daerah. - Pemutakhiran Tsunami akibat Gmp Mag:7.0SR telah terdeteksi di Carik (18:48 WIB) 0.135 m & Badas (18:54 WIB) 0.100 m. • Kabupaten Lombok Timur - Gempa dirasakan kuat oleh masyarakat. - Listrik padam di beberapa daerah. - Masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri/evakuasi masing-masing. Bali • Kota Denpasar - Gempa dirasakan kuat oleh masyarakat. - Masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri/evakuasi masing-masing. • Kabupaten Badung - Gempa dirasakan kuat oleh masyarakat. - Masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri/evakuasi masing-masing. - Saat ini terdata 1 unit rumah rusak sedang. - BPBD sedang melakukan evakuasi, penyisiran dan pendataan bangunan serta korban jiwa yang terdampak. Tonton juga 'Lombok Utara Diguncang Gempa 7 SR':




Liputan6.com, Denpasar - Gempa besar dengan kekuatan 7 skala Richter mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu 5 Agustus 2018 pukul 18.46 WIB. Guncangan yang kuat juga dirasakan di Pulau Dewata, Bali.

Model asal Amerika Serikat Chrissy Teigen sedang berada di Bali saat gempa mengguncang. Bersama sang suami, penyanyi John Legend dan dua anak mereka, Luna (2) dan Miles yang masih bayi, keluarga itu sedang berlibur di Pulau Dewata.

Taigen membagikan pengalamannya saat gempa mengguncang di akun twitternya, @chrissyteigen.

"Ya, Tuhan," tulis dia dalam akun Twitternya. "Bali berguncang. Sangat lama."

Teigen mengaku, guncangan terjadi selama 15 detik. Rasanya, kata dia, seperti berada di stilts, alat mirip enggrang yang bisa melompat tinggi.

Oh man. We are on stilts. It felt like a ride. 15 solid seconds of “hooooooly shit this is happening”

Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply