Contact Form

 

Panduan Hidup Sehat Berbasis Aplikasi ala Ruangguru


Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Muhamad Isman Usman Bisnis.com, Jakarta  – Perusahaan penyedia dan layanan pendidikan berbasis teknologi, Ruangguru merilis program baru dalam platformnya bertajuk Hidup Sehat Yuk! Program anyar berbau kesehatan ini menjadi hasil kolaborasi dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) dengan Positive Deviance Resources Centre Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI). Co-founder & CEO Ruangguru Belva Syah Devara menuturkan program tersebut merupakan bagian dari upaya mengedukasi pengetahuan tentang kesehatan dan nutrisi bagi para remaja Indonesia. “Ini [program Hidup Sehat Yuk] target kami memberikan informasi dan edukasi tentang kesehatan kepada remaja. Kami kolaborasi ini dengan Indofood yang punya market yang luas, sementara kontennya dari FKM UI, dan platformnya dari Ruangguru,” ujarnya kepada  Bisnis  dalam acara Peluncuran Program “Hidup Sehat Yuk!” di Jakarta, Minggu (22/7/2018). Belva menjelaskan bahwa program ini ada di dalam aplikasi Ruangguru yang bisa didownload oleh siapa saja dan gratis. Adapun, konten yang ditawarkan berupa 40 buah video disertai kuis, rangkuman, dan latihan topik. Turut berpartisipasi dalam program, Guru Besar FKM UI Endang L. Achmadi mengatakan bahwa permasalahan kesehatan bagi remaja di Indonesia banyak dan membutuhkan perhatian yang serius. “Para remaja memiliki masalah utama berupa pengetahuan yang kurang tentang gizi dan nutrisi. Masalah kesehatan dan gizi harus segera ditangani.” Ujarnya di hadapan ratusan remaja yang hadir dalam peluncuran program tersebut. Endang mencontohkan masalah kesehatan itu stunting. Stunting dinilai bukan menjadi masalah ukuran tubuh, tetapi yang menjadi perhatian adalah dampak dari stunting bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan organ-organ lainnya sehingga berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dan risiko penyakit tidak menular saat dewasa. Berdasarkan laporan baseline SDG tentang anak Indonesia pada 2017 yang diterbitkan oleh Bappenas dan UNICEF menunjukkan bahwa beban ganda  malnutrition Indonesia merupakan masalah yang sangat serius. Menurut penelitiannya pada 2013, sebanyak 37% anak di bawah umur 5 tahun mengalami stunting. Selain itu 12% darinya mengalami  wasting  (berat badan rendah dibandingkan tinggi badan) dan jumlah yang sama mengalami  overweight  (kelebihan berat badan).




loading... JAKARTA - Bangun kesadaran pentingnya hidup sehat bagi remaja, Ruangguru bersama Indofood dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) meluncurkan program "Hidup Sehat yuk!". Peluncuran program ini dihadiri oleh ratusan pelajar, guru, dan orang tua di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan. Diluncurkannya program ini terkait dengan laporan baseline SDG tentang anak Indonesia tahun 2017 yang diterbitkan oleh Bappenas dan UNICEF, bahwa beban ganda malnutrition Indonesia merupakan masalah yang serius. Pada tahun 2013, anak di bawah 5 tahun terkena wasting (berat badan rendah dibanding tinggi badan) dan jumlah yang sama juga mengalami kelebihan berat badan. Sementara itu di tahun yang sama ada sekitar 37% anak di bawah 5 tahun mengalami stunting (kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama). Direktur Indofood Axton Salim mengatakan, permasalahan gizi utama di Indonesia adalah stunting. Upaya preventif untuk mengurangi masalah gizi bangsa tersebut harus dimulai sejak dini. "Kami percaya bahwa edukasi melalui aplikasi digital dirasakan lebih sesuai dengan kebiasaan generasi Z, sehingga kerja sama ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak remaja dalam waktu singkat," katanya, MInggu (22/7/2018). Menanggapi banyaknya anak yang menderita stunting, Guru Besar FKM UI Prof. dr. Endang Achadi mengatakan kalau masalah kesehatan dan gizi harus ditangani segera. "Stunting sebagai contoh, anak yang mengalaminya kemungkinan besar juga alami hambatan pertumbuhan dan  memengaruhi terhadap kemampuan kognitifnya (kecerdasan)," katanya. Belum lagi dengan risiko penyakit tidak menular saat dewasa, seperti hipetensi, diabetes, dan penyakit jantung. "Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan Indofood dan Ruangguru untuk membantu remaja mulai menyadari pentingnya gizi dan kesehatan untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah dan gemilang," terangnya. Sementara itu, CEO Ruangguru Belva Devara berharap kolaborasi ini bisa memberikan dampak luas bagi anak-anak Indonesia. "Di Ruangguru, kami tidak hanya menyediakan konten belajar yang berkualitas, namun kami juga ingin memberikan nilai lebih. Kami percaya kecerdasan anak ditunjang oleh kesehatan dan juga pemenuhan gizi yang seimbang," terangnya. Peluncuran program ini dibuka oleh Gita Savitri dengan pemaparan fakta dan masalah kesehatan yang sering dihadapi remaja. Kemudian dilanjutkan dengan Iqbaal Ramadhan untuk memaparkan solusi yang dibuat berdasarkan kerja sama Ruangguru, Indofood, dan PDRC FKM UI. (thm)




loading... JAKARTA - Peluncuran program Hidup Sehat Yuk! berlangsung sangat seru. Ratusan remaja antusias menyaksikan acara peluncuran program Hidup Sehat Yuk! yang tersedia dalam aplikasi Ruangguru tersebut di Studio 1 XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (22/7/2018) siang. Program ini digagas Indofood bersama Ruangguru, dan Positive Deviance Resource Center Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PDRC FKM UI). Tujuannya mengajak para remaja Indonesia agar menerapkan pola hidup sehat. Indofood menggandeng platform edukasi Acara ini dibuka oleh YouTuber sekaligus Content Creator Gita Savitri dan aktor muda berbakat sekaligus musisi Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan. Paparan tentang program Hidup Sehat Yuk! ini juga diberikan oleh Direktur Indofood Axton Salim, CEO Ruangguru Belva Devara, CPO Ruangguru Iman Usman, dan pihak PDRC FKM UI Dr. Endang L Achadi. (Baca juga: Gandeng FKM UI dan Indofood, Ruangguru Luncurkan Program Hidup Sehat) CEO Ruangguru Belva Devara mengatakan, program Hidup Sehat Yuk! merupakan sebuah kampanye baru bersama Indofood untuk mengajak remaja lebih aware terhadap pentingnya kesehatan. Misalnya, stunting, anemia, dan masalah gizi yang berdampak pada masa depan remaja dan kehidupan generasi mendatang. Hal yang sama juga dituturkan Direktur Indofood Axton Salim. Dia menjelaskan, sebelumnya pihak Indofood pernah melakukan edukasi serupa seperti masalah gizi dan nutrisi ke sekolah-sekolah. Namun, saat itu dinilai kurang efektif ketimbang menyebarkan informasi kesehatan dan nutrisi melalui platform digital yang digunakan remaja seperti Ruangguru. "Hal yang paling penting (dari program ini) adalah kita harus belajar untuk diri sendiri tentang nutrisi itu apa, jadinya kita bisa mempraktikkan sendiri di daily lifestyle kita, sehingga bermanfaat untuk masa depan. Semoga massage-nya bisa tersebar lebih luas," tutur Direktur Indofood Axton Salim di acara peluncuran Hidup Sehat Yuk!. Di acara kali ini, ratusan peserta yang hadir juga tak cuma diberikan edukasi kesehatan melalui talkshow, tetapi juga hiburan musik dari Gita Savitri dan Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan. Jika ingin tahu program Hidup Sehat Yuk!, bisa mengunduh atau mengakses www.ruangguru.com atau aplikasi Ruangguru yang tersedia di AppStore dan Play Store. (thm)



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply