Contact Form

 

Prediksi PSM vs Persebaya: PSM Kudeta Puncak


Kalau rujukannya hasil tandang sementara Persebaya di Liga 1 2018, pernyataan Alfredo itu ada benarnya. Dari enam partai tandang yang sudah dilakoni, Persebaya hanya sekali kali. Selebihnya empat imbang dan sekali menang.

"Kehadiran Bonek membuat kami selalu merasa tampil di kandang sendiri. Kondisi ini membuat Persebaya selalu bermain normal dengan karakter menyerang," ucap Alfredo.

Alfredo mengungkapkan masih menunggu perkembangan terakhir kondisi striker David da Silva. "Kalau dia fit, saya pasti akan memainkannya," katanya,

Kehadiran David, yang memiliki postur tinggi, tentu dibutuhkan Persebaya menghadapi PSM yang memiliki duet bek jangkung, Steven Paulle dan Abdul Rahman.

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Steven Paulle, Reva Adi Utama (belakang) Marc Klok, Rizky Pellu, Asnawi Mangkualam (tengah) Wiljan Pluim, Guy Junior, Saldi (depan)

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi (belakang); Nelson Alom, Misbakus Solikin, Robertino Pugliara (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva, Ferinando Pahabol (depan)

Pelatih: Angel Alfredo Vera Berita video highlights Sriwijaya FC melawan PSM Makassar bermain imbang pada pekan keenam Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu (28/4/2108).




JawaPos.com - Sama-sama ingin menyambut libur kompetisi dengan kemenangan, PSM Makassar dan Persebaya Surabaya memiliki misi yang berbeda pada laga di Stadion Andi Mattalatta , Sabtu (9/6) malam WIB. PSM ingin menjaga keangkeran kandang sekaligus kembali ke puncak klasemen. Sedangkan Persebaya ingin kembali ke jalur kemenangan.

Juku Eja - julukan PSM, memang tampil sangat superior ketika bermain di kandang sendiri. Rekor yang mereka torehkan cukup fantastis. PSM memenangkan empat pertandingan dan hanya sekali kalah dalam lima pertandingan kandang di Liga 1 2018. Mereka memasukkan 10 gol dan hanya kebobolan empat gol.

Masalahnya, PSM terancam kelelahan karena terhimpit jadwal pertandingan yang superpadat sepanjang Ramadan. Ferdinand Sinaga cs harus menjalani enam pertandingan dalam kurun waktu sebulan. Sebaliknya, Persebaya baru melangsungkan empat laga sepanjang Mei.

Persebaya ingin kembali ke jalur kemenangan (Abe Bandoe/Fajar)

"Mereka (Persebaya) punya pemain-pemain yang bagus. Mereka juga biasa bermain cepat. Mereka juga punya banyak waktu istirahat. Persebaya diuntungkan dengan kondisi itu. Kami harus mengatur strategi dengan sebaik-baiknya," tutur pelatih PSM, Robert Rene Alberts.

Sementara itu, rekor tandang Persebaya tidak terlalu bagus. Tim berjuluk Green Force tersebut baru merasakan sekali kemenangan dalam lima lawatan ke kandang lawan. Menariknya, Persebaya lebih banyak mendapatkan satu poin di markas lawan. Rendi Irwan Saputra cs pernah menahan imbang Madura United, Borneo FC, dan Persela Lamongan.

Persebaya memang bisa dianggap diuntungkan karena hanya bermain empat kali sepanjang Mei hingga awal Juni. Sebab, dengan masa istirahat yang lebih lama, mereka bisa lebih bugar daripada PSM. Persebaya juga bisa turun dengan kekuatan terbaik karena sejumlah pemain yang cedera sudah mulai membaik.

"Kami sudah sangat siap untuk pertandingan nanti. Dan, seperti biasa, pada setiap pertandingan yang kami mainkan kami akan berusaha keras dan bekerja lebih giat di lapangan untuk bisa memenangkannya," ujar pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera dalam konferensi pers, Jumat (8/6) sore WIB.

Akan tetapi, Persebaya memiliki rekor yang sangat buruk ketika bertanding di Stadion Andi Mattalatta. Fakta mengatakan, Persebaya tidak pernah menang di Makassar dalam kurun waktu 15 tahun itu. Green Force selalu tumbang dengan margin lebih dari satu gol. Dalam waktu 15 tahun itu, Persebaya hanya mampu mencetak satu gol di sana.

Rekor buruk di Makassar tak membuat Persebaya ciut nyali. Persebaya tampaknya ingin mengikuti jejak Persela Lamongan. Persela adalah satu-satunya tim yang mengalahkan PSM di Makassar musim ini. Sebagai sesama tim Jawa Timur, Persebaya ingin tuah Persela menular ke mereka.

"Anda lihat kalau PSM ada di peringkat atas karena mereka main bagus. Tapi saya fokus untuk apa yang kami lakukan agar dapat poin di sini. Selain itu, kami juga membawa David da Silva. Memang sampai sekarang saya belum tahu apakah dia bisa bermain atau tidak. Tapi, kami berharap dia bisa fit," tutup Alfredo Vera.

Rekor Pertemuan Terakhir 13/06/2013 Persebaya 2-0 PSM 28/04/2012 PSM 2-0 Persebaya 08/01/2012 Persebaya 2-0 PSM 14/03/2010 PSM 2-0 Persebaya 13/12/2009 Persebaya 2-0 PSM 09/12/2007 Persebaya 2-2 PSM 28/02/2007 PSM 1-0 Persebaya 16/09/2005 Persebaya 2-2 PSM 31/08/2005 Persebaya 2-1 PSM 18/05/2005 PSM 2-0 Persebaya 29/09/2004 PSM 3-1 Persebaya 21/02/2004 Persebaya 1-1 PSM 5 Laga Terakhir PSM 04/06/2018 Persipura 1-1 PSM 30/05/2018 PSM 2-0 Madura United 23/05/2018 Persib 3-0 PSM 19/05/2018 PSM 1-0 Borneo FC 13/05/2018 Arema FC 1-1 PSM 5 Laga Terakhir Persebaya 29/05/2018 Persebaya 1-1 Persipura 25/05/2018 Madura United 2-2 Persebaya 11/05/2018 Borneo FC 2-2 Persebaya 06/05/2018 Persebaya 1-0 Arema FC 29/04/2018 Mitra Kukar 3-1 Persebaya

Perkiraan Susunan Pemain: PSM Makassar: Rivky Mokodompit, Abdul Rahman, Hasim Kipuw, Reva Adi Utama, Steven Paulle, Marc Klok, Rizky Pellu, Saldy, Willem Jan Pluim, Bruce Djite, Guy Junior Pelatih: Robert Rene Alberts

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, Abu Rizal Maulana, Ruben Sanadi, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Nelson Alom, Rendi Irwan Saputra, Robertino Pugliara, Oktafianus Fernando, Irfan Jaya, Rishadi Fauzi Pelatih: Angel Alfredo Vera

Prediksi JawaPos.com: PSM Menang: 40% Persebaya Menang: 30% Seri: 30%




MOJOK – PSM Makassar vs Persebaya Surabaya| Stadion Mattoangin, Makassar| Live Indosiar, 20.30 WIB | Matchday 13/34 | Prediksi: PSM menang. Klasemen Liga Indonesia prapertandingan: PSM Makassar 21 poin, peringkat ke-2 vs Persebaya 14 poin, peringkat ke-15. Secara meyakinkan, Barito Putera menundukkan Sriwijaya FC dengan skor 3-1 dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-13. Kemenangan sempurna ini membawa Barito kembali ke puncak klasemen Liga 1 untuk sementara waktu. Skuat Laskar Antasari mengumpulkan 23 poin, atau unggul 2 poin dari PSM Makassar di tempat kedua. Sementara itu, di Stadion Surajaya, Persela Lamongan sempat tertinggal terlebih dahulu sebelum akhirnya mampu mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 3-1. Kemenangan yang menempatkan Laskar Jiko Tingkir di peringkat ketiga. Jarak Persela dengan PSM hanya tinggal 1 poin saja. Jarak yang kembali merapat, membuat papan atas kembali ketat. Selain Barito dan Persela Lamongan, ancaman juga datang dari Persipura Jayapura yang akan bertandingan di kandang Bali United. Jika mampu membawa tiga poin kembali ke Jayapura, skuat Mutiara Hitam berpeluang naik ke posisi dua dengan 22 poin. Persipura berpeluang menggeser PSM di peringkat kedua, yang akan menjamu Persebaya. Dari pengantar singkat di atas terlihat betapa krusialnya laga PSM vs Persebaya . Jika menang, posisi puncak adalah jaminan untuk Laskar Juku Eja. Jika kalah, posisi mereka berpeluang digeser Persipura, jika mampu mengalahkan Bali United. Menjelang libur Lebaran, mengamankan posisi puncak klasemen Liga 1 adalah modal yang apik untuk mengarungi sisa musim ini. Skuat PSM sedikit diuntungkan dengan kondisi skuat Persebaya yang tidak akan bermain dengan kekuatan tempur terbaik. Gelandang serang Bajul Ijo, Robertino Pugliara, tidak dibawa ke Makassar oleh pelatih Alfredo Vera. Gelandang berusia 34 tahun tersebut harus beristirahat karena cedera kaki ketika melawan Persipura. “Sekarang sekalian waktunya istirahat. Dokter tim juga meminta saya untuk terus menjalani terapi. Saya belum tahu berapa lama harus istirahat dulu, tapi sepertinya tidak lama,” ungkap Robertino seperti dilansir oleh bola.com . Persebaya memang masih punya Rendi Irawan, Misbakus Solikin, dan Fandi Eko. Namun, absennya Robertino pasti akan terasa. Satu hal lagi yang bakal menjadi pendorong motivasi pemain-pemain PSM adalah tarawih bersama yang akan dilakukan para suporter menjelang laga. Tarawih di pekarangan barat Stadion Mattoangin ini, sedikit banyak, pemupuk motivasi yang ampuh. Kekuatan doa tentu nyata. Dipadukan dengan determinasi tinggi khas Juku Eja, kemenangan semakin jelas terlihat.




Bagaimana dengan Persebaya? Ditundanya pertandingan melawan Persija Jakarta pada pekan lalu membuat posisi tim berjuluk Bajul Ijo itu melorot ke peringkat ke-15 dengan 14 poin dari 10 pertandingan. Demi memperbaiki ranking di klasemen, pelatih Angel Alfredo Vera menuntut timnya untuk mencuri poin.

"Kami sudah sangat siap untuk pertandingan nanti. Dan, seperti biasa, setiap pertandingan yang kami mainkan, kami akan berusaha keras dan bekerja lebih giat di lapangan untuk bisa memenangkannya,” ujar Alfredo

"Walaupun kami tidak main kemarin, tapi kami selalu siap. Kami akan terus berusaha untuk bisa mendapatkan tiga poin. Tapi, kami lihat bersama situasi pertandingan. Dan besok dua tim datang dengan motivasi tinggi. Saya akui kondisi tim sedikit terganggu setelah pertandingan melawan Persija batal. Karena saat itu, kami sudah siap bertanding," imbuh mantan arsitek Persipura Jayapura itu.

"Kami selalu usaha main sama, kerja untuk main seperti biasa. Kalian lihat kalau PSM ada di peringkat atas karena mereka main bagus. Tapi saya fokus untuk apa yang kami lakukan agar dapat poin disini. Selain itu, kami juga membawa David Da Silva. Memang sampai sekarang saya belum tahu apakah dia bisa bermain nanti atau tidak. Tapi kami lihat nanti dalam sesi latihan terakhir," ujarnya mengakhiri.



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply