Contact Form

 

Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Malam Takbiran


TRIBUN-TIMUR.COM - Malam menyambut hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha, umat Islam biasa mengadakan perayaan yang biasa disebut 'takbiran'.

'Takbiran' di Indonesia merujuk pada aktivitas yang biasa dilakukan umat muslim untuk mengucapkan kalimat takbir (Allahu Akbar) secara bersama-sama.

Lebih spesifik lagi, aktivitas ini merujuk pada aktivitas perayaan mereka pada malam hari dalam menyambut datangnya Lebaran.

Dikutip dari laman  NU Online,   pada dasarnya membaca takbir adalah sebagain dari zikir.

Oleh karena itu, tidak ada larangan dalam bertakbir selama masih dalam batas kewajaran.

Karena dengan bertakbir itu seseorang akan ingat kepada keagungan Allah Sang Pencipta.

Sesuai petunjuk aturan pembacaan takbir, terbagi 2 macam takbir, yakni takbir mursal dan takbir muqayyad.

Takbir mursal adalah pembacaan takbir yang tidak terikat waktu, karena dianjurkan sepanjang malam.

Seperti takbir pada malam Idul Fitri dan Idul Adha.

Adapun takbir muqayyad adalah takbiran yang terbatas pada waktu, seperti pembacaan takbir setiap selesai salat 5 waktu selama Idul Adha dan hari tasyrik, yakni tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.




Berikut Pengalihan Arus Lalu Lintas Yang Disiapkan Pihak Kepolisian: 1. Traffic Light Harmoni - Penutupan Jalan Majapahit - Kendaraan dari arah utara diarahkan ke Jalan H. Ir. Juanda atau ke arah Jalan Suryopranoto 2. Traffic Light Oteva - Penutupan Jalan Medan Merdeka Barat arah selatan - Kendaraan diarahkan menuju Jalan Majapahit - Harmoni 3. Bundaran Air Mancur - Penutupan Jalan MH. Thamrin arah selatan dan penutupan Jalan Medan Merdeka Barat - Kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan ke Jalan Budi Kemuliaan 4. Traffic Light Kebon Sirih - Penutupan Jalan MH. Thamrin arah utara dan selatan - Kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Kebon Sirih arah timur dan ke arah barat 5. Traffic Light Sarinah - Penutupan Jalan MH. Thamrin arah utara dan selatan - Kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Wahid Hasyim arah barat atau ke arah Tanah Abang dan ke arah timur atau ke arah TL Sabang 6. Bundaran Hotel Indonesia - Kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Imam Bonjol - TL. Cokro - dst - Kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Tanjung Karang - Jalan Kendal - dst 7. Dukuh Atas - Penutupan Dukuh Atas arah utara - Kendaraan diarahkan menuju ke TL. Dukuh Bawah 8. Dharmala - Penutupan Jalan Jenderal Sudirman arah utara - Kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Mas Mansyur - TL. Karet - dst 9. Semanggi - Penutupan Jalan Jenderal Sudirman arah utara - Kendaraan diarahkan menuju ke Jalab Gatot Subroto arah timur (ke arah Cawang) - Kendaraan diarahkan ke arah selatan (ke arah Blok M) 10. Bundaran Senayan - Penutupan Jalan Jenderal Sudirman arah utara - Kendaraan diarahkan ke arah Jalan Hang Tuah - Kendaraan Diarahkan ke Jalan Sisingamaraja



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply