Contact Form

 

Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Jakarta Hari Ini


tirto.id - Jakarta adalah Daerah Khusus Ibukota Indonesia yang dipadati oleh lebih dari 10 juta penduduk. Setiap bulan suci Ramadan, banyak warga Jakarta yang memusatkan kegiatan ibadahnya di Masjid Istiqlal yang terletak di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Selama satu bulan panitia masjid tak hanya menyelenggarakan ibadah harian dalam situasi yang lebih ramai dibanding hari-hari biasa. Namun juga kegiatan makan sahur, buka puasa bersama, dan lain sebagainya. Dapur masjid siap mengolah bermacam-macam jenis masakan untuk pengunjung, setiap hari, sejak pukul 08.00 pagi. Tiap tahun masyarakat sekitar juga turut berkontribusi dengan gotong royong membersihkan masjid. Bagi masyarakat Jakarta yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Penulis: Akhmad Muawal Hasan Editor: Akhmad Muawal Hasan




tirto.id - Bandung kini menjelma jadi kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat—selain berstatus sebagai ibu kotanya. Julukannya beragam, mulai dari Kota Kembang hingga Paris van Java. Konferensi Asia Afrika 1955 hingga perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia (ITB), semuanya ada di Bandung. Masyarakat muslim Bandung memusatkan kegiatan ibadahnya di Masjid Raya Bandung. Suasana di masjid dengan kapasitas 12-14 ribu jamaah itu makin ramai selama bulan suci Ramadan. Mereka mengikuti beragam kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus masjid. Beberapa di antaranya adalah kajian bersama tafsir Al-Qur'an, ceramah Subuh, pesantren Ramadan, itikaf menggapai Lailatul Qadar, penerimaan zakat, buka puasa bersama, takbiran, hingga puncaknya adalah salat Idul Fitri. Bagi masyarakat Bandung yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsak dan buka puasa 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Penulis: Akhmad Muawal Hasan Editor: Akhmad Muawal Hasan




tirto.id - Tangerang, salah satu penyangga DKI Jakarta, punya tradisi unik jelang Ramadan. Kota dengan penduduk mencapai 2 juta jiwa itu selalu menggelar tradisi Keramas Massal. Kegiatan keramas bareng tersebut merupakan tradisi turun temurun warga Kota Tangerang dalam menyambut bulan suci Ramadan sebagai ungkapan rasa syukur. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mengikuti tradisi ini. Mereka berbondong-bondong berjalan kaki menuju Sungai Cisadane sambil membawa gayung dan sampo merang, yakni olahan tradisional yang berbahan baku pohon padi kering yang sudah diinapkan selama tiga hari. Sedangkan selama bulan Suci Ramadan, warga Kota Tangerang biasanya terpusat di Masjid Raya Al-Azhom. Masjid ini terletak di Jalan Satria Sudirman, Komplek Perkantoran Pemkot Tangerang dan menjadi masjid dengan kubah terbesar di dunia. Masjid Raya Al-Azhom kerap menggelar beragam kegiatan mulai dari bazar hingga bagi-bagi takjil selama Ramadan. Bagi masyarakat Tangerang yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsak dan buka puasa 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.




BANJARMASINPOST.CO.ID - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan awal puasa Ramadhan 2018 pada Kamis, 17 Mei 2018.

Penentuan awal puasa Ramadhan 2018, berdasarkan hasil sidang isbat Kementrian Agama RI.

Awal puasa Ramadhan 2018, 1 Ramadhan 1439 H berdasarkan dua laporan, yakni posisi hilal dan laporan sejumlah pelaku rukyatul hilal di 95 titik di 32 provinsi di Indonesia.

Baca: Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Tarawih Pada Ramadhan 2018

Baca: 21 Contoh Ucapan Selamat Puasa Ramadhan 2018 untuk Teman, Keluarga dan Sesama Muslim

Nah berikut sebagai informasi yang melaksanakan puasa 1 Ramadhan 2018, jadwal imsak dan buka puasa di beberapa kota besar di Indonesia:



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply