Contact Form

 

Georges Melies Jadi Doodle, Google Pajang Video VR 360 Unik


HALAMAN utama Google hari ini, Kamis 3 Mei 2018, sungguh unik. Untuk yang pertama kalinya Google memberikan pengalaman virtual reality 360 derajat dalam bentuk video dalam doodlenya. Google memilih pertunjukan teater dalam bentuk animasi karya Georges Méliès, seorang ilusionis yang juga pembuat film berkebangsaan Prancis.

Jika diklik, maka kita akan dibawa pada video Youtube 360 derajat. Gerakkan ponsel kita ke kiri dan ke kanan untuk mengikuti aktor teater yang bermain. Suara musik klasik mengalun sepanjang video berdurasi 2 menit 10 detik itu.

Rupanya Google mencoba mengenang mahakarya Georges Méliès berjudul À la conquête du pôle atau The Conquest of the Pole. Karya itu diproduksi Mei 1912. Méliès memelopori berbagai teknik film dalam aspek teknis dan naratif di masa awal perfilman, terutama dalam penggunaan efek khusus dan pembuatan beberapa film pertama yang bergenre fiksi ilmiah.

Georges Méliès ternyata telah mengubah dunia perfilman lebih dari seabad lalu. Dia melihat film dan kamera lebih dari sekadar alat pengambil gambar. Dia melihatnya sebagai kendaraan untuk berpindah tempat dan membuat orang benar-benar tenggelam dalam cerita.

Méliès menghadirkan keajaiban pada pembuatan film melalui banyak sekali trik dan ilusi. Salah satu cara untuk menghormati karyanya dengan cara yang paling inovatif dan imersif yang tersedia saat ini untuk menyampaikan cerita: Virtual Reality!

Melalui Doodle ini, Google menyoroti beberapa trik yang dipelopori Méliès sembari membawa penonton ke dalam sebuah dunia dan kisah yang ajaib.

Siapa Georges Méliès?

Nama panjangnya adalah Marie-Georges-Jean Méliès. Méliès adalah pria kelahiran Paris 8 Desember 1861. Ia meninggal di kota kelahirannya pada usia 76 tahun, tepatnya pada 21 Januari 1938.

Georges Méliès adalah seorang pembuat film dan pesulap sukses yang mempunyai sebuah teater yang kemudian dibangun kembali oleh pesulap terkenal Robert-Houdin.

Méliès kemudian merambah dunia film hingga kemudian memproduksi film pertamanya pada tahun 1895, Méliès membeli sendiri kamera perekam pertamanya sekaligus mempelajari teknologi perfilman. Kemudian ia memperoleh proyektor, mesin cetak, hingga perlengkapan lain yang dibuat khusus memenuhi keinginannya.

Film pertama Méliès adalah dokumentasi pentas pertunjukan teater Robert-Houdin. Berikutnya, ia kemudian mengombinasikan pengetahuannya tentang pembuatan film dengan teknik seni sulap. Alhasil, terciptalah sebuah film dengan nuansa ilusi. Contoh yang paling nyata adalah saat pemeran yang muncul dan kemudian menghilang, atau sebuah objek yang berubah wujud menjadi objek lainnya seperti yang lazim kita saksikan dalam film saat ini.

Karya besarnya adalah beberapa film berdurasi cukup pendek, hanya beberapa menit. Filmnya yang paling terkenal adalah "Le Voyage dans la Lune" atau Perjalanan ke Bulan, berdurasi paling panjang, yaitu sekitar 20 menit dan menjadi film paling kompleks yang pernah Méliès buat.***


Georges Melies dan Film Terbaiknya The Conquest of the Pole





Google

The dawn of virtual reality is a bit like the dawn of cinema. It's no accident that Google decided to make its VR-ready Google Doodle about one of film's pioneers: Georges Méliès, the French inventor and illusionist who directed A Trip To The Moon and was featured as a character in Martin Scorcese's film Hugo.

Google

The release of the Doodle also lines up with Google's featuring of Georges Méliès films and memorabilia in an exhibit in Google's Arts & Culture app created with Paris' Cinémathèque Française. It's specifically timed to the anniversary of the 1912 Méliès film The Conquest of the Pole.

The entire Doodle, which is an animated film, is based on original art assets from Méliès. It even uses film techniques he applied in various movies. Art director Hélène Leroux says, "We approached it as if it were a ballet or play you watch at the theatre, where you get to choose where to look. In these situations, the spectator becomes the camera, editing their own film."

The whole 2-minute film feels as fantastic and well-crafted as a Pixar creation. It's also a clever idea to present these illusions in VR, in a stereoscopic viewer that feels like the little nickelodeons I first saw Méliès films in at Disneyland years ago.

It's available in the Google Spotlight Stories app on iOS or Android, and can be played back in VR on Cardboard or Daydream View. It can also be watched on Google's Spotlight Stories YouTube channel.

Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply