Contact Form

 

Besok, Ribuan Orang Ikut Aksi Solidaritas Baitul Maqdis di Monas dan Masjid Istiqlal


JAKARTA, KOMPAS.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menginformasikan, pada Jumat (11/5/2018) akan digelar aksi solidaritas Baitul Maqdis dengan titik kumpul di kawasan Monas dan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Aksi ini dilakukan menyoroti konflik Palestina dan Israel yang berakar pada perebutan bangunan suci atau Baitul Maqdis di Yerusalem. "Aksi ini digelar oleh Koalisi Indonesia bela Baitul Maqdis," ujar Argo ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (10/5/2018).

Baca juga : Pakai Ketapel, Warga Palestina Jatuhkan Drone Milik Tentara Israel Menurut Argo, ada ratusan ribu peserta yang akan turut dalam aksi ini. Meski demikian, ia tak menyebutkan secara pasti estimasi jumlah peserta yang akan hadir. "Ada 35.000 personel TNI-Polri yang kami siagakan," lanjutnya. Argo melanjutkan, adapun tema aksi ini adalah 'Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis dan Momen Pemersatu Umat Islam Indonesia dan Dunia Islam'. Menurut surat pemberitahuan aksi yang diterima kepolisian, ada sejumlah kegiatan yang diagendakan dalam aksi ini. "Acaranya salat subuh berjamaah di Monas, dzikir, tilawah quran, pembacaan ayat suci Al Quran, orasi, Nasyid Al Aqsho, orasi tokoh ulama, pembacaan pernyataan sikap dan salat jumat," ujarnya.

Kompas TV Deklarasi akbar Relawan Nasional tagar #2019GantiPresiden dilaksanakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat.




JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah organisasi massa (ormas) akan mengikuti aksi solidaritas Baitul Maqdis sebagai respons atas pemindahan ibu kota Israel ke Yerussalem di lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Jumat (11/5/2018) .

"Kami dari persaudaraan alumni 212 akan turun all out," kata Humas Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat dini hari, sebagaimana dilansir dari ANTARA.

Baca juga: Papan Penanda Kantor Kedutaan AS Mulai Dipasang di Yerusalem

Direncanakan hadir dalam aksi itu antara lain Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin, anggota Dewan Pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama Ustadz Bachtiar Nasir, KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, Ustadz Felix Siauw, dan Ustadz Abdul Somad.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah menyiapkan posko-posko logistik, kesehatan, dan informasi dalam aksi tersebut.

Aksi yang mengambil tema "Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis" itu akan diawali dengan Shalat Subuh berjamah di Masjid Istiqlal Jakarta.

Baca juga: Besok, Ribuan Orang Ikut Aksi Solidaritas Baitul Maqdis di Monas dan Masjid Istiqlal

Selanjutnya akan dilakukan zikir dan shalawat, jalan kaki dari Istiqlal ke Monas, semaan Al-Quran Surat Al Isra dan Al Kahfi dari 1.000 huffadz, orasi-orasi oleh para tokoh ulama, pembacaan pernyataan sikap, dan diakhiri dengan Shalat Jumat berjamaah di lapangan Monas.

"Iya betul, aksi dari shalat subuh sampai shalat Jumat," ucap Novel.

Sebanyak 35.000 petugas gabungan Polri dan TNI akan mengamankan aksi massa tersebut.

"Jumlah massa mencapai ratusan ribu orang," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta, Kamis (10/5).

Baca juga: Trump Ingin Israel Akui 4 Wilayah di Yerusalem Timur Ini Milik Palestina

Pada 6 Desember 2017 lalu, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengumumkan pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat ke Yerusalem dan mengakuinya sebagai ibu kota Israel.

Rencana pemerintah Amerika Serikat ini menuai reaksi dan kecaman dari sejumlah negara termasuk Indonesia.

Yerusalem adalah kota suci bagi tiga agama besar yaitu Kristiani, Islam, dan Yahudi.

Di kota itu terdapat situs-situs suci bagi ketiga agama tersebut, antara lain Tembok Ratapan (Yahudi), Gereja Makam Kudus (Kristen), dan Masjid Al-Aqsa (Islam).


Merdeka.com - Ribuan massa akan melakukan aksi solidaritas untuk Baitul Maqdis yang akan digelar di Masjid Istiqlal dan Komplek Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (11/5) besok. Aksi tersebut bertemakan 'Bebaskan Baitul Maqdis dan Momen Pemersatu Umat Islam Indonesia dan Dunia Islam'.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, massa bernama Koalisi Info Bela Baitul Maqdis itu akan melakukan Salat Subuh berjemaah dan ditutup Salat Jumat berjemaah.

"Titik kumpul di Majid Istiqlal dan silang Monas," katanya kepada merdeka.com, Kamis (10/5).

Selalu membacakan pernyataan, massa juga akan membacakan ayat-ayat suci Alquran.

"Jadi ada salat berjemaah di Monas, zikir, tilawah Alquran, pembacaan ayat suci Alquran, sambutan panitia, orasi pembuka, nasyid Al-Aqsho, orasi tokoh ulama, pembacaan pernyataan sikap, dan Salat Jumat," ujarnya.

Dalam aksi ini, lanjut Argo, kepolisian dan TNI siap untuk melancarkan dan mengamankan acara tersebut.

"Kita ada keseluruhan 35.000 personel terdiri dari Polri dibantu TNI," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang diterima, aksi ini telah mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak seperti MIUMI, MUI, Muhammadiyah, NU, AL-IRSYAD, PERSIS, ALWASILIYAH, BKMT/Seluruh Majlis ta'lim, BKSPP/seluruh PONPES, seluruh ulama, dan umat Islam dari seluruh wilayah Indonesia.

Adapun sejumlah Ulama dan Ustadz yang akan ikut hadir dalam aksi ini adalah KH Ma'ruf Amin, KH Bachtiar Nasir, KH Ahmad Shobro Lubis, KH Abdullah Gymnastyar, KH Abu Jibril, Ustadz Felix Siauw, Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Oemar Mitta, Bang Onim, Bunda Neno Warisman, Peggy Khadijah, Ustadzah Oki Setiana Dewi, dan Melly Goeslaw. [fik]




TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aparat gabungan akan mengamankan aksi solidaritas untuk Baitul Maqdis yang dilakukan Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis.

Peserta aksi melakukan kegiatan di Masjid Istiqlal dan Silang Monas, Jumat (11/5/2018).

"Total keseluruhan personel ada 35 ribu, terdiri dari Polri dibantu TNI," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono, Kamis (10/5/2018).

Baca: Peristiwa Mako Brimob Tunjukan Ideologi Terorisme Tidak Beradab

Berdasarkan informasi yang diterima aparat kepolisian, aksi itu akan dihadiri ratusan ribu orang.

Mereka akan berkumpul di Masjid Istiqlal dan Silang Monas.

Aksi itu mengangkat tema "Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis" dan "Momen Pemersatu Umat Islam Indonesia dan Dunia Islam".

Baca: Belum Tentukan Sikap, Partai Demokrat Tegaskan Akan Mengusung Capres dam Cawapres Terbaik

Rencananya, acara kegiatan yang akan dilakukan, yaitu Shalat Subuh Berjamaah di Monas yang diselingi zikir, tilawah Alquran, pembacaan ayat suci Alquran.

Baca: Kerusuhan Narapidana Teroris di Mako Brimob Membuat Pedagang Ini Kesal

Para tokoh-tokoh ulama rencananya akan menyampaikan orasi mengenai Baitul Maqdis. Selain itu, ada juga pembacaan pernyataan sikap oleh para peserta aksi.

Kegiatan akan diakhiri pelaksanaan ibadah Salat Jumat.



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply