Contact Form

 

Meninggal karena Kanker, 7 Fakta Gabriel García Márquez Google Doodle Hari Ini, No 6 Bikin Merinding


Liputan6.com, Jakarta - Google hari ini merayakan ulang tahun penulis asal Kolombia, Gabriel García Márquez yang ke-91 melalui Google Doodle.

Dalam doodle yang tampil di laman pencarian tersebut, ia tampil dengan kumis khasnya didampingi ilustrasi yang penuh dengan warna.

Gabo, begitu ia dikenal oleh banyak orang, lahir di Aracataca, Kolombia pada 6 Maret 1927. Ia meninggal dunia di kota Meksiko, Meksiko, 17 April 2014, saat berusia 87 tahun.

Raksasa mesin pencari ini memperingati hari kelahiran Gabo karena dianggap sebagai salah satu penulis paling penting di abad ke-20, dan salah satu penulis berbahasa Spanyol terbaik.

Semasa hidupnya, Gabo berhasil membawa pembaca novelnya ke dalam dunia realisme yang penuh magis di dalam novel pertamanya, yakni Leaf Storm (1955).

Berawal dari novel tersebut, Gabo mampu menuturkan kisah yang tak hanya menceritakan kisah fiksi dan gaib semata, ia juga mencampurnya dengan keadaan di dunia nyata.

Selama hidupnya, Garcia Marquez telah menulis tujuh novel, di mana judul tambahannya termasuk The General in the Labyrinth (1989), dan Of Love and Other Demons (1994).


TRIBUN-TIMUR.COM - Situs mesin pencarian Google pada Selasa (6/3/2018) menampilkan doodle Gabriel García Márquez.

Seperti biasanya, doodle tokoh yang ditampilkan sedang diperingati hari kelahirannya.

Ya, pada Selasa hari ini adalah hari lahir Marquez ke-91, namun beliau meninggal dunia pada usia 87 tahun, 17 April 2014 lalu.

Dikutip dari Wikipedia.org , Gabriel José de la Concordia García Márquez, nama lengkap Marquez, adalah seorang novelis, jurnalis, penerbit, dan aktivis politik Kolombia.

Ia dilahirkan di kota Aracataca di departemen Magdalena, namun hidupnya kebanyakan dijalaninya di Meksiko dan Eropa.

Baca: Pelakor - Detik-detik Istri Oknum Polisi Ngamuk dan Labrak Oknum Pegawai Puskesmas Perebut Suaminya

Baca: Baru 3 Tahun Usai Juara DAcademy, Lihat Cara Evi Masamba Perlakukan Neneknya, Foto Ini Jadi Bukti

Baca: Ternyata Tak Hanya Pengacara, Diam-diam Inilah Daftar 2 Bisnis Rahasia Lain Hotman Paris Hutapea

Semasa hidupnya, ia banyak menghabiskan hidupnya di Meksiko.




TRIBUN-TIMUR.COM -  Manajemen mesin pencarian terbesar dunia, Google kembali menampilkan seorang tokoh sebagai doodle pada laman utama pencariannya pada Selasa (6/3/2018).

Seperti biasanya, doodle tokoh yang ditampilkan sedang diperingati hari kelahirannya.

Hari ini ditampilkan sosok pria dengan gambaran pemikiran yang global.

Google Doodle menampilkan Gabriel Garcia Marquez. (SCREENSHOT GOOGLE)

Baca: Pelakor - Detik-detik Istri Oknum Polisi Ngamuk dan Labrak Oknum Pegawai Puskesmas Perebut Suaminya

Baca: Gagal Raih Juara di Battle Of Borneo, Ini 3 Hal yang Harus Dibenahi Skuad PSM Makassar

Baca: Gagal Raih Juara di Battle Of Borneo, Ini 3 Hal yang Harus Dibenahi Skuad PSM Makassar

Dikutip dari Wikipedia.org, Marquez yang memiliki nama asli Gabriel José de la Concordia García Márquez adalah seorang novelis, jurnalis, penerbit, dan aktivis politik Kolombia.

Hari ini dia merayakan peringatan ulang tahunnya yang ke-91 meski dirinya telah meninggal dunia pada usia 87, 17 April 2014 lalu.

Seorang legendra sasarta tersebut meninggal dunia usai nerjuang melawan penyakit serupa dengan penyakit artis Indonesia almarhum Olga Syahputra, kanker kelenjar getah bening.




GABRIEL García Márquez, lahir pada 6 Maret 1927 merupakan seorang novelis asal Kolumbia. Ia juga salah satu penulis terbesar abad ke-20, yang dianugerahi Penghargaan Nobel Kesusastraan pada tahun 1982 untuk novelnya yanqug berjudul Cien años de soledad (1967; One Hundred Years of Solitude). Namanya dikenang pada Google Doodle hari ini.

Bersama dengan Jorge Luis Borges, García Márquez dikenal sebagai penulis dari Amerika Latin paling terkenal dalam sejarah.

Sepanjang kariernya, ia telah menulis banyak buku dan salah satu yang paling terkenal adalah One Hundred Years of Solitude. Sudah banyak quotes terkenal yang lahir dari karya-karya nya tersebut. Berikut adalah 10 kutipan terkenal dari Gabriel García Márquez, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Buku: Gabriel García Márquez: a Life

“All human beings have three lives: public, private, and secret.” (Semua manusia memiliki tiga kehidupan: publik, pribadi dan rahasia)

Buku: Love in the Time of Cholera

The problem in public life is learning to overcome terror; the problem in married life is learning to overcome boredom." (Masalah dalam kehidupan publik adalah belajar mengatasi ketakutan; masalah dari kehidupan pernikahan adalam belajar mengatasi kebosanan)

Buku: Love in the Time of Cholera

“The only regret I will have in dying is if it is not for love.” (Satu-satunya penyesalan yang akan ku miliki dalam kematian adalah karena cinta)

Buku: Love in the Time of Cholera

“Only God knows how much I love you.” (Hanya Tuhan yang tahu seberapa besar aku mencintai mu)

Buku: Love in the Time of Cholera

“Tell him yes. Even if you are dying of fear, even if you are sorry later, because whatever you do, you will be sorry all the rest of your life if you say no.” (Katakan ‘ya’ padanya. Bahkan jika Anda sangat takut, bahkan jika Anda nanti menyesal, karena apapun yang Anda lakukan, Anda akan menyesal di sisa kehidupan Anda jika Anda mengatakan ‘tidak’)

Buku: No One Writes To The Colonel

“He who awaits much can expect little” (Dia yang sering menunggu dapat berharap sedikit”

Buku: One Hundred Years of Solitude

“What matters in life is not what happens to you but what you remember and how you remember it.” (Yang terpenting dalam kehidupan bukanlah apa yang terjadi dalam hidup Anda, namun apa yang Anda ingat dan bagaimana Anda mengingatnya)

Buku: One Hundred Years of Solitude

“It’s enough for me to be sure that you and I exist at this moment.” (Sudah cukup bagiku untuk memastikan bahwa Kau dan Aku ada pada saat ini)

Buku: One Hundred Years of Solitude

“There is always something left to love.” (Selalu ada sesuatu yang tersisa untuk dicintai)

Buku: Of Love and Other Demons

“Do not allow me to forget you” (Jangan biarkan aku melupakanmu) (Ines Anggun)***

Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply