Contact Form

 

Klopp: Wasit Ingin Jadi Pusat Perhatian Saat Liverpool Vs Tottenham


- Nama Eddie Smart tiba-tiba jadi perbincangan di seantero Inggris usai laga Liverpool kontra Tottenham Hotspur di Anfield semalam. Siapa Smart dan ada apa?Smart adalah salah satu hakim garis yang bertugas mendampingi wasit John Moss di laga Big Match, Minggu (4/2/2018) malam WIB itu. Selain Smart, ada juga Andy Halliday yang menemani plus Martin Atkinson sebagai ofisial keempat.Laga awalnya berjalan-jalan biasa-biasa saja, maksudnya adalah tanpa adanya kontroversi dan lebih pada usaha Liverpool serta Spurs mencetak gol. Liverpool unggul duluan lewat Mohamed Salah di menit ketiga sebelum disamakan Victor Wanyama di menit ke-80.Kontroversi baru terjadi di menit ke-87 ketika Moss menghadiahi penalti untuk Spurs menyusul pelanggaran Loris Karius kepada Harry Kane yang saat itu dalam posisi on goal. Penalti itu lantas diprotes karena Kane sebelumnya berdiri dalam posisi offside saat menerima bola sekaligus diving.Hal ini yang lantas membuat Moss sempat berdiskusi lebih dulu dengan Smart dan juga Atkinson lewat mic-nya. Moss seperti ragu dengan keputusannya memberi penalti untuk Spurs mengingat Smart tak mengangkat bendera pertanda pelanggaran.Smart: Yang saya ingin tahu apakah Lovren menyentuh bola?Moss: Saya tidak tahu.Smart: Jika dia tidak menyentuh bola, maka itu offside, jadi Anda harus membatalkan penalti itu. Offside karena Lovren tidak menyentuh bola.Christian Eriksen: Dia menyentuh bola.Emre Can: Dia tidak menyentuh bola.Moss: Coba kita bicara lagi.Smart: Anda tahu kenapa saya menanyakan itu. Saya hanya ingin memastikan apakah Lovren menyentuh bola? Jika iya, maka itu kesengajaan dan penalti. Jika tidak, maka itu offside.Moss: Jujur saja saya tidak tahu apakah Lovren menyentuh bola atau tidak. Martin (Atksinon), apa yang kau lihat di TV? Saya berikan penalti."Untungnya penalti Kane tersebut mampu ditepis Karius dan selang empat menit kemudian Liverpool unggul lagi lewat gol kedua Salah. Tapi, kontroversi terjadi lagi di sisa semenit injury time.Itu saat Virgil van Dijk hendak menghalau bola liar di kotak penalti namun tiba-tiba Erik Lamela datang untuk merebutnya. Setelahnya Lamela terjatuh dan bola lantas dibuang jauh-jauh.Moss awalnya tidak menghadiahi penalti untuk Spurs, namun kibaran bendera dari Smart membuat laga dihentikan. Moss lantas berdiskusi dulu dengan Smart sebelum memberikan penalti yang sukses dieksekusi Kane untuk membuat skor akhir 2-2.Keputusan yang lagi-lagi membuat kubu Liverpool geram karena merasa dirugikan oleh ofisial pertandingan. Para pemain dan manajer Juergen Klopp menilai Lamela diving karena kaki Van Dijk sama sekali tak menyentuh.

Bisa jadi kontroversi di laga ini bakal makin panjang karena ada video yang viral beredar di sosial media saat Smart tertangkap kamera seperti merayakan keputusan penalti Moss itu dengan mengepalkan tangannya. Itu terjadi di penalti pertama Kane yang gagal.Lalu, buat apa Smart merayakannya itu? Apakah dia fans tim rival Liverpool?


KOMPAS.com - Keputusan kontroversial wasit Jon Moss membuat Liverpool gagal meraih kemenangan di Stadion Anfield pada pekan ke-26 Liga Inggris seusai ditahan imbang Tottenham Hotspur 2-2, Senin (5/2/2018) WIB.

The Reds yang bertindak sebagai tuan rumah sukses unggul cepat lewat Mohamed Salah pada menit ketiga.

Kubu Tottenham Hotspur kemudian sukses menyamakan kedudukan lewat Victor Wanyama pada menit ke-80. Spurs sebenarnya berpeluang membalikkan keadaan pada menit ke-87.

Sayang, tendangan penalti Harry Kane sukses ditepis Loris Karius.

Hadiah penalti diberikan wasit setelah Harry Kane dinyatakan wasit dilanggar oleh Loris Karius, meski sebenarnya posisi penyerang andalan Tottenham Hotspur tersebut saat dilanggar berbau offside .

Baca juga : Hasil Liga Inggris, Dramatis, Liverpool-Tottenham Berakhir Imbang

Liverpool mampu bangkit dan kembali memimpin setelah Mohamed Salah mencetak gol keduanya pada menit pertama injury time .

Ketika kemenangan sudah di depan mata skuad Juergen Klopp , wasit Jon Moss kembali membuat keputusan kontroversial dengan menunjuk titik putih lagi seusai menganggap Erik Lamela dijatuhkan di kotak penalti oleh Virgil van Dijk.

Para pemain Liverpool kemudian memprotes keputusan Jon Moss tersebut karena menganggap Erik Lamela melakukan diving .

Namun, setelah berdiskusi dengan asisten wasit, penalti tetap diberikan kepada Spurs.

Harry Kane kali ini tak menyia-nyiakan peluang dan membuat Tottenham Hotspur sukses menahan imbang Liverpool di Anfield berkat golnya pada menit penghabisan.

AFP/Paul Ellis Kieran Trippier dan Sadio Mane berebut bola pada pertandingan Premier League antara Liverpool dan Tottenham Hotspur di Anfield, Minggu (4/2/2018).

Seusai laga, pelatih Liverpool, Juergen Klopp, memuji permainan kedua tim, tetapi sangat kecewa dengan keputusan yang diambil wasit.

"Jelas kedua belah pihak berkualitas tinggi. Kedua tim ngotot ingin menang, tetapi hasilnya sangat dipengaruhi oleh keputusan hakim garis. Kami harus menerimanya, begitulah adanya," ujar Juergen Klopp dilansir BolaSport.com dari BBC .

Pelatih asal Jerman ini juga mengaku tidak mengetahui apa yang didiskusikan antara wasit dan asisten wasit.

"Saya tidak diizinkan masuk ke ruangan mereka sampai setengah jam setelah laga. Sudah jelas itu offside . Saya tidak dapat percaya. Saya tidak tahu apa yang sedang mereka diskusikan," ucap Klopp.

Assistant Referee Celebrates Penalty For Tottenham Hotspur vs Liverpool @SpursOfficial @LFC https://t.co/Alyp3d9GTS pic.twitter.com/ut2LIqo9yV

"Ya, Virgil van Dijk menyentuhnya, tetapi kita semua tahu Erik Lamela ingin disentuh dan kita semua tahu mereka melakukan pelanggaran keras pada babak pertama dan mereka tidak mendapatkan hukuman apa pun," tutur Klopp.

"Level permainan hari ini begitu tinggi, tetapi kemudian situasi pada menit terakhir seperti itu? Wasit sepertinya ingin menjadi pusat perhatian di laga ini," kata dia.

Raihan satu poin menempatkan Liverpool di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris dengan 51 poin. Adapun Spurs bertengger di posisi kelima lewat perolehan 49 poin. (Putra Rusdi)




LIVERPOOL , KOMPAS.com -  Laga dramatis tersaji di Stadion Anfield pada pertandingan pekan ke-26 Premier League - kasta teratas Liga Inggris, Minggu (4/2/2018). Dua gol masa tambahan membuat Liverpool dan Tottenhan Hotspur harus puas dengan hasil imbang 2-2.

Gol Liverpool FC dicetak oleh Mohamed Salah (menit ke-3, 90+1'). Sementara itu, lesakan Tottenham Hotspur datang dari lesakan Victor Wanyama (80') dan penalti Harry Kane (90+5').

Dilansir BolaSport.com dari Premierleague.com, Spurs sebenarnya tampil lebih mendominasi. Mereka memimpin penguasaan bola hingga 65,7 persen.

Dari segi peluang, The Lilywhites memiliki 13. Adapun Liverpool mempunyai sembilan kesempatan.

Mengambil inisiatif serangan sejak awal pertandingan, Liverpool langsung memimpin 1-0 pada menit ke-3.

(Baca Juga:  Bantu Juventus Menang 7-0, Sami Khedira Jalani Musim Tergalak di Liga Italia )

Gol tersebut bermula dari kesalahan gelandang Spurs, Eric Dier, yang membikin bola mengarah ke kotak penalti timnya.

Mohamed Salah dengan sigap mencuri bola dan melepaskan tendangan terukur dari jarak dekat tanpa mendapat kawalan berarti.

Selepas kebobolan, Tottenham Hotspur mengontrol jalannya laga.

Pasukan Mauricio Pochettino memberikan ancaman pada menit ke-40 melalui sepakan Mousa Dembele dari luar kotak terlarang.

Namun, kiper Liverpool, Loris Karius, tampil cekatan untuk menangkap bola.

Skor 1-0 untuk Liverpool bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Tottenham Hotspur terus berupaya menyamakan kedudukan.

Mereka mendapat peluang emas pada menit ke-57 ketika Son Heung-Min tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Loris Karius. Akan tetapi, tembakan kaki kiri Son dari dalam kotak 12 pas masih bisa dimentahkan Karius.

Pada menit ke-80, Spurs mampu membuat skor imbang 1-1 setelah Victor Wanyama menghunjamkan tendangan geledek dari luar kotak penalti.

Berselang tujuh menit, The Lilywhites mendapat penalti seusai Harry Kane dijatuhkan Karius.

(Baca Juga:  VIDEO - Umpan Cantik Bek Anyar Manchester City Berujung Gol Spektakuler )

Kane, yang maju sebagai eksekutor, gagal menjalankan tugas dengan sempurna. Sepakan dia ditepis oleh Karius.

Liverpool kembali memimpin 2-1 pada menit ke-90+1. Mohamed Salah dengan memukau mengelabui tiga pemain Spurs sebelum melepaskan tendangan cungkil yang mengecoh penjaga gawang Spurs, Hugo Lloris.

Tertinggal, Spurs tidak menyerah. Mereka kembali mendapat penalti seusai Erik Lamela dilanggar bek The Reds, Virgil van Dijk.

Harry Kane, yang kembali maju sebagai algojo, membayar tuntas kepercayaan rekan-rekannya dengan gol. Kali ini, tembakan Kane tak terbaca oleh Karius.

Skor 2-2 tetap tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.

Raihan satu poin menempatkan Liverpool di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris dengan 51 poin. Adapun Spurs bertengger di posisi kelima lewat perolehan 49 poin.  (Septian Tambunan)

Liverpool 2-2 Tottenham Hotspur (Mohamed Salah 3' 90+1' ; Victor Wanyama 80', Harry Kane 90+5'-pen)

Liverpool (4-3-3):  1-Loris Karius; 66-Trent Alexander-Arnold, 6-Dejan Lovren, 4-Virgil van Dijk, 26-Andrew Robertson; 23-Emre Can, 14-Jordan Henderson (5-Georginio Wijnaldum 65'), 7-James Milner (32-Joel Matip 78'); 11-Mohamed Salah, 9-Roberto Firmino, 19-Sadio Mane (21-Alex Oxlade-Chamberlain 65')

Tottenham Hotspur (4-2-3-1):  1-Hugo Lloris; 33-Ben Davies, 5-Jan Vertonghen, 6-Davinson Sanchez (11-Erik Lamela 71'), 2-Kieran Trippier; 19-Mousa Dembele (12-Victor Wanyama 79'), 15-Eric Dier; 7-Son Heung-Min (18-Fernando Llorente 90+2'), 20-Dele Alli, 23-Christian Eriksen; 10-Harry Kane




KOMPAS.com - Pemain sayap Liverpool FC, Mohamed Salah , menampilkan aksi memukau dalam laga Liga Inggris kontra Tottenham Hotspur di Stadion Anfield, Minggu (4/2/2018).

Gol Liverpool FC dicetak oleh Mohamed Salah pada menit ketiga dan (90+1').

Sementara itu, lesakan Tottenham Hotspur datang dari lesakan Victor Wanyama (80') dan penalti Harry Kane (90+5').

Baca juga : Klopp: Wasit Ingin Jadi Pusat Perhatian Saat Liverpool Vs Tottenham

Dua gol ke gawang Spurs mempunyai arti istimewa untuk Mohamed Salah.

Dilansir BolaSport.com dari Opta Joe , Mohamed Salah telah mengemas 21 gol hanya dari 25 pertandingan di Premier League.

Pesepak bola berusia 25 tahun ini menjadi pemain Liverpool dengan jumlah penampilan paling sedikit yang mampu mengukir 20 gol di Premier League.

Baca juga : Klopp Bela Van Dijk yang Dikritik Mantan Pemain Liverpool

Selain ahli mengoyak jala lawan, Salah juga tak lupa untuk berbagi kepada rekan-rekan setimnya.

Dia sudah menggelontorkan delapan assist pada Liga Inggris musim 2017-2018. (Septian Tambunan)



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply