Contact Form

 

Gagal Lihat Supermoon dan Gerhana Bulan Semalam Karena Cuaca? Ini Dia Deretan Foto Pesonanya





TRIBUNNEWS.COM -  Gagal menikmati pesona gerhana bulan, supermoon dan blue blood moon karena cuaca? Tenang, ini dia foto-foto dan video penampakannya semalam.

Faktor cuaca menjadi kendala bagi warga di sejumlah kota untuk bisa menikmati pesona gerhana bulan, supermoon dan blue blood moon sepanjang Rabu malam (31/1/2018).

Di Kota Solo, misalnya, sepanjang sore hingga malam berselimut mendung dan kabut karena siang harinya diguyur hujan.

Baru pada tengah malam bisa dinikmati supermoon, itu pun masih dibayang-bayangi mendung.

Baca juga: Video Ini Diputar, Marion Jola Menangis Sejadi-jadinya di Panggung Spektakuler Indonesian Idol RCTI

Meski tak bisa secara sempurna menikmati keindahan gerhana, tetap saja masjid-masjid di Surakarta ramai dengan para jamaah yang menunaikan shalat sunah gerhana.

Dengan menggunakan teropong, atap-atap gedung pencakar langit jadi lokasi favorit bagi para penikmat gerhana bulan menikmati pesonanya.

Dan seperti santer diberitakan, memang terjadi fenomena gerhana bulan total Bulan di langit dan menunjukkan tiga fenomena sekaligus, yaitu super moon, blue moon, dan gerhana bulan yang diberi nama 'super blue blood moon'.

Anda tak bisa menikmati pesonanya karena cuaca mendung atau hujan di kota Anda?

Tenang, berikut foto-foto penampakan gerhana bulan di seantero Indonesia, semalam --> Halaman Lengkap




TRIBUNJOGJA.COM - Rabu (31/1/2018) malam, fenomena astronomi sangat langka terjadi di Indonesia, yakni Super Blue Blood Moon.

Saat gerhana berlangsung, bulan akan nampak berwarna merah darah dan terlihat lebih besar dari biasanya.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan, gerhana bulan dimulai pada pukul 17.49 WIB dan masuk gerhana total pada 19.51 WIB.

Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 20.29 WIB dan gerhana total berakhir pada pukul 21.08 WIB.

Sedangkan gerhana bulan sebagian masih bisa disaksikan hingga pukul 22.11 WIB.

Dengan demikian, total durasi gerhana berlangsung selama 5 jam 20,2 menit.

Bila kamu tidak dapat menyaksikan gerhana bulan secara langsung karena kendala cuaca atau kesibukan lain, maka kamu dapat menyaksikannya melalui siaran live streaming di sini.

Pengamatan ini dilakukan BMKG pusat di area Taman Impian Jaya Ancol.




Bertepatan dengan hari terakhir di Januari 2018, fenomena alam langka baru saja kita saksikan. Fenomena yang dikenal sebagai  super blue blood moon   itu pernah terjadi sekitar 150 tahun lalu. Pada malam tadi, bulan menunjukkan beberapa fase, mulai dari gerhana total, hingga super blue moon (SBM) .  Jika kamu melewatkan fenomena tersebut, IDN Times telah mengumpulan beberapa foto keindahan bulan tersebut dari berbagai belahan dunia. 1. Bulannya tampak indah dan dekat banget, kan? Ini penampakan super blue blood moon  di New York   instagram.com/onetwotwee 2. Kamu melihat via  mobile observatory  di Planetarium Jakarta, gak? 3. Potret Dion Wiyoko ini mewakili gerhana di Indonesia instagram.com/dionwiyoko 4. Inilah fase-fase gerhana bulan sekitar pukul 19.00-21.00 WIB instagram.com/Andhi_liansyah 5. Sungguh menakjubkan, bulannya terlihat dekat banget! instagram.com/images_by_john_masato_ledesma EDITORS' PICKS Baca juga: Begini Serunya Kalau Ibu-ibu Berburu Foto Super Blue Blood Moon 6. Sayangnya tidak semua daerah bisa menyaksikan keindahannya. Begini potret dari Jakarta Utara instagram.com/aleinfinan 7. Masya Allah, potret gerhana dari sekitar Sungai Hudson, New York, ini begitu indah! instagram.com/peteralessandria 8. Epic banget! Fotografer asal Italia, Ev Yorobe, memotret dengan lensa tele 600mm di kawasan Gunung Soledad  instagram.com/Evgenyyorobephotography 9. Gak cuma Indonesia , penduduk Carolina juga menantikan fenomena langka ini instagram.com/coastalobserver 10. Nuansa gerhana bulan di Myanmar tampak sakral ya instagram.com/neonminkyaw Nah, itulah 10 potret keindahan  super blue blood moon   yang sangat langka dan menjadi sorotan seluruh penduduk di seluruh dunia. Keren dan memesona banget, kan? Kamu sempat mengabadikannya juga, gak?  Baca juga: Wow! Nenek 74 Tahun Ini Ikut 'Memburu' Super Blood Moon



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply