Contact Form

 

Mengenal Wilder Penfield, Seorang Ahli Bedah yang Sosoknya Muncul di Google Doodle Hari Ini


Meski dianggap sebagai "orang Kanada paling hebat", Penfield sebenarnya lahir di Spokane, Washington, Amerika Serikat. Ia tumbuh besar di Hudson, Wisconsin, sebelum akhirnya mengenyam pendidikan di Princeton dan mendapatkan beasiswa kuliah di Merton College, Oxford, pada 1915 untuk belajar neuropatologi.

Usai menyelesaikan gelar kedokterannya, ia kemudian menjadi ahli bedah saraf Montreal dan mendirikan Institut Neurologis Montreal pada 1934. Di tahun inilah ia resmi menjadi warga negara Kanada.

Pensiun pada 1960, ahli bedah saraf terampil ini mengabdikan tahun-tahun terakhir hidupnya untuk memberikan dukungan terhadap pendidikan di universitas dan kepentingan publik lainnya.

Namun karena kanker perut yang dideritanya, Penfield pun mengembuskan nafas terakhirnya pada 5 April 1976 di Rumah Sakit Royal Victoria, Montreal pada usia 85 tahun.

Guna mengenang jasanya di bidang kesehatan dan merayakan ulang tahunnya yang ke-127, Google pun menghadirkan sosok luar biasa ini ke dalam bentuk Google Doodle di hari ini.




VIVA  – Situs mesin pencarian Google pada Jumat hari ini, 26 Januari 2018 menampilkan Doodle Wilder Penfield yang merayakan hari lahirnya ke-127 tahun. Penfield merupakan seorang ahli bedah dan peneliti otak terkenal yang membawa kemajuan menakjubkan dalam teknik memetakan dan operasi otak untuk mengobati epilepsi. Penfield meyakini bahwa mempelajari obat adalah cara terbaik untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Ia menjadi ahli bedah saraf pertama di Montreal dan mendirikan Montreal Neurological Institute pada 1934.

Tak hanya itu, Penfield dikenal brilian karena mengembangkan sebuah perawatan bernama Montreal Procedure (Prosedur Montreal) bersama dengan rekannya, Herbert Jasper, pada 1950. Montreal Procedure adalah perawatan bagi pasien yang memiliki kondisi kejang otak, dengan cara menghancurkan sel saraf bermasah dengan menariknya menggunakan alat beraliran listrik dengan kondisi pasien masih tersadar. Eksperimen Penfield semakin terkenal, di mana dirinya berhasil memetakan korteks sensorik dan motorik otak. Ia juga mendapati kalau bagian fisik otak dapat distimulasi untuk membangkitkan kenangan, seperti mengingat bau roti bakar. Berkat temuannya ini Kanada dianggap sebagai salah satu negara paling maju di dunia usai Perang Dunia II dalam bidang ilmu saraf serta perawatan kesehatan, khususnya bagi mereka yang menderita epilepsi. Penfield lahir Spokane, Washington, Amerika Serikat, namun meninggal dunia di Montreal, Quebec, Kanada, pada 5 April 1976 tempat di mana ia mendirikan Montreal Neurological Institute. (mus)




POS-KUPANG.COM - Setelah Virginia Woolf tampil di google doodle, Google lagi-lagi hadirkan sosok ternama dunia di laman utama pencariannya.

Kali ini, Google menampilkan gambar pria tua yang disampingnya tampak ilustrasi otak, mata, hidung dan selembar roti bakar.

Ternyata sosok tersebut adalah Wilder Graves Penfield.

Wilder Penfield merupakan seorang ahli bedah saraf paling hebat di Kanada.

Baca: PILU! Di Penjara KPK Setya Novanto Jadi Tukang Cuci Piring

Penfield lahir di Spokane, Washington, Amerika Serikat pada 26 Januari 1891 dan menghabiskan sebagian hidupnya di Hudson, Wisconsin.

Dilansir dari beberapa sumber pada Jumat (26/1/2018), Penfield dikenal sebagai sosok peneliti yang hebat dan ahli bedah yang sangat dikagumi.

Bersama dengan rekannya Herbert Jasper, Penfield menemukan prosedur Montreal.

Prosedur ini dilakukan kepada penderita epilepsi, di mana menghancurkan sel-sel saraf di otak yang bermasalah melalui pemberian kejutan listrik dengan probe listrik saat kondisi pasien masih tersadar.

Baca: Usai Berkutat dengan Usuran Negara, Pulang Kerja Dua Menteri Jokowi Asyik Nge-band




TRIBUNKALTIM.CO -  Google doodle, Jumat (26/1/2018) menampilkan animasi dari wajah Wilder Penfield seorang pria asal Kanada.

Dia adalah ahli bedah saraf kelahiran Spokane, Washington, Amerika.

Ya hari ini merupakan peringatan hari kelahiran Wilder Penfield.  Tepat pada hari ini diperingati sebagai ulang tahun ke 127 kelahirannya.

Pada halaman doodle Google, Penfield pernah disebut sebagai “orang Kanada yang paling hebat” .

Dia dibesarkan di Hudson, Wisconsin, sebelum belajar di Princeton.

Penfield lalu mendapatkan beasiswa Rhodes ke Merton College, Oxford, pada tahun 1915.

Dia membawa kemajuan menakjubkan dalam teknik memetakan dan operasi otak untuk mengobati epilepsi.

Penfield percaya bahwa mempelajari obat adalah “cara terbaik untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik" .

Wilder Penfield kemudian menjadi ahli bedah saraf pertama di Montreal dan mendirikan Montreal Neurological Institute pada tahun 1934.



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply