Contact Form

 

Katy Jurado, dari Jurnalis hingga Aktris Terpopuler


TERKENAL dengan perannnya sebagai karakter "femme fatale", Katy Jurado mencapai popularitasnya sebagai bintang di industri perfilman Meksiko dan Hollywood. Tidak seperti Del Rio atau Maria Felix, Katy Jurado bukan sekadar memiliki kecantikan yang klasik. Namun bentuk matanya yang besar menjadikan sorotan mata Katy Jurado tajam dan memberikan isyarat kuat berkarakter. Ciri khas Katy Jurado ini memainkan peranan penting dalam karir keaktrisannya di Amerika Serikat.

Katy Jurado mendapatkan nominasi Academy Award untuk peran pendukungnya di tahun 1954 sebagai istri Indian Spencer Tracy dalam filmnya Broken Lance. Katy Jurado yang merupakan aktris asal Meksiko ini diingat karena penampilannya di lebih dari 70 film Amerika Barat dan Meksiko pada tahun 1940-an, 1950-an, dan 1960-an. Google bahkan merayakan hari ulang tahun Katy Jurado ini secara khusus melalui Doodle mereka hari ini. Ya, Ulang Tahun ke-94 Katy Jurado.

Memulai debut sinemanya di film Meksiko pada 1943, sambil ia menapaki ketenarannya sebagai aktris,  Katy Jurado juga pernah bekerja sebagai jurnalis. Berakting di film bukan satu-satunya profesi Katy Jurado , ia juga menulis fitur, ulasan film dan sebagai penulis untuk surat kabar Meksiko. The Guardian.com menyebutkan Katy Jurado juga seorang komentator radio.

Sebagai seorang remaja belasan tahun, Katy Jurado pernah dilarang berakting oleh keluarganya. Akan tetapi Katy Jurado bertekad untuk menandatangani kontrak pertamanya secara diam-diam. Karirnya dimulai dengan beberapa film yang diproduksi selama masa keemasan perfilman Meksiko, termasuk film La Vida Inutil de Pito Perez yang sukses di tahun 1943.

Katy Jurado yang meninggal pada 5 Juli 2002 di usianya yang ke 78 tahun, sebenarnya berasal dari keluarga kaya raya. Bahkan kala itu, keluarga Katy Jurado memiliki keseluruhan dari apa yang saat ini adalah Texas. Revolusi Meksiko, menyebabkan kebangkrutan keluarga Katy Jurado.

"Keluargaku tidak lagi kaya raya, tapi mereka tetap hidup seperti itu," ungkap Katy Jurado menanggapi kebangkrutan keluarganya.

Ayah Katy Jurado adalah seorang peternak sapi dan pemilik kebun jeruk. Ibunya mantan penyanyi opera yang sudah pensiun dari panggung karena menikah.

Katy Jurado merupakan salah satu aktris Meksiko yang paling popular di film Amerika yang dibuat pada tahun 1950-an. Katy Jurado adalah bintang utama yang paling bersinar di sinema Meksiko.

Film pertama Katy Jurado di Hollywood adalah Bullfighter dan Lady di tahun 1951. Dengan usaha yang keras dari Katy Jurado ia berhasil melafalkan dan menghafalkan naskah dalam bahasa Inggris. Padahal pemahaman bahasa Inggris Katy Jurado terbatas dan ia hanya menghafalkan "suara" dari kalimat di naskah.

Meski demikian, penampilan karakter Katy Jurado yang kuat menarik perhatian seorang produser Hollywood terkenal. Katy Jurado memainkan karakter penting Helen Ramirez dengan sangat terampil sehingga Katy Jurado berhasil memenangkan Golden Globe Award untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik. Penghargaan ini awal bagi penghargaan lainnya bagi Katy Jurado termasuk Silver Ariel Awards dan nominasi beberapa Academy Awards.

Di luar layar, Katy Jurado adalah wanita pemberani dan berjiwa yang memikat semua orang di sekitarnya. Bahkan aktor Marlon Brando dan novelis ternama Louis L'Amour terpikat olehnya. Katy Jurado menggambarkan kecantikan wanita Meksiko kala itu yang khas dan memiliki daya tarik seksualitas yang tinggi.

Bakat Katy Jurado dalam menggambarkan berbagai karakter membantu Katy Jurado memperluas perannya sebagai aktris Meksiko di Hollywood.***




SEBUAH kehormatan untuk masyarakat Meksiko. Selasa 16 Januari 2018 ini, Google menghormati aktris besar dari negara sombrero itu dengan mengangkat Katy Jurado sebagai doodlenya.

Bagi kita warga Indonesia, nama Katy Jurado mungkin terdengar sangat asing. Meskipun demikian, di negaranya, Katy bak pahlawan besar. Ia adalah aktris Meksiko pertama yang mampu menembus Holywood dan dikenal secara luas di dunia lewat layar perak.

Yang paling fenomenal, Katy adalah aktris Meksiko pertama peraih Golden Globe Award untuk Aktris Pendukung Terbaik. Ia juga mendapat pengakuan dunia dengan penghargaan Silver Ariel dan beberapa nominasi Academy Awards.

Hari ini, Google memperingati ulang tahun Katy yang ke-94. Perempuan jelita ini lahir di Guadalajara, Meksiko, pada 6 Januari 1924. Katy Jurado meninggal Cuernavaca Meksiko, pada 5 Juli 2002, pada usia 78 tahun.

Semasa muda, Katy terkenal sangat jelita. Bayangan untuk masa kini, mungkin setara dengan kecantikan Salma Hayek. Paras khas Meksikonya membuat banyak pria jatuh hati. Salah satunya adalah penyanyi sekaligus aktor terkenal Frank Sinatra.

Sinatra yang jatuh hati sempat mengutarakan cintanya pada Katy. Namun, pernyataan cintanya tak berbalas manis. Katy menolaknya dan mengajaknya untuk berteman biasa.

Tak hanya Frank Sinatra yang terpikat, tapi juga Marlon Brando. Meskipun demikian, dalam biografi Katy tak disebutkan hubungan lebih jauh dengan Marlon Brando, tapi sebatas teman baik karena bertemu dalam beberapa film yang diperankannya.

13 fakta Katy Jurado

Berikut adalah 13 fakta menarik tantang Katy Jurado yang tak banyak diketahui publik, seperti dikutip dari IMDB:

1. Katy Jurado memperoleh 22 pound dalam 22 hari untuk memainkan peran Annie Lightcloud dalam film "Stay Away, Joe" (1968). Beberapa hari sebelum syuting, tulang kakinya sempat patah dan melepaskan pemerannya sebelum waktunya. Katy menjelaskan bahwa dia lemas selama bermain film tersebut.

2. Mantan suaminya, Ernest Borgnine, menyebut Katy sebagai perempuan "cantik, tapi macan". Sebutan itu merujuk pada keelokan wajah Katy namun di saat yang sama dia juga keras dan "liar".

3. Talenta Katy pertama kali ditemukan oleh sutradara film Budd Boetticher pada tahun 1951. Saat itu, Budd yang tengah di Mexico untuk syuting film "Bullfighter dan Lady" (1951), melihat Katy duduk di arena adu banteng. Katy kemudian mendapat peran kecil pada film itu gara-gara ada kata yang tak dimengerti sang sutradara dalam bahasa Inggris.

4. Ia adalah aktris Meksiko pertama yang dinominasikan untuk Academy Award. Yang kedua setelah dia adalah Salma Hayek pada tahun 2003.

5. Pemain film Meksiko yang juga penyanyi Jorge Negrete adalah ayah angkatnya. Jorge Negrete terkenal di negeri sombrero itu pada rentang tahun 1940-1950.

6. Suami Katy Jurado, Ernest Borgnine, menjuluki istrinya sebabagi "bullito" yang berarti "banteng kecil".

7. Paul Kohner (suami of Lupita Tovar) adalah agennya di dunia hiburan. Lupita Tovar adalah aktris cantik asal Meksiko yang terkenal pada tahun 1930-an.

8. Kecantikan Katy menarik perhatian Frank Sinatra yang ingin memacarinya. Meskipun demikian, Katy menolak pernyataan cinta Frank Sinatra dan menawarkannya untuk menjadi teman.

9. Selama di Holywood, Katy Jurado berkawan baik dengan aktor Sammy Davis Jr., Burt Lancaster, John Wayne, Frank Sinatra, dan Marlon Brando.

10. Saat syuting film "Barrio de Campeones" (1981) dia menerima kabar bahwa putranya, Victor Hugo Velazquez, tewas dalam sebuah kecelakaan mobil di Montemorelos, Nuevo León.

11. Dalam film "High Noon" (1952), Katy Jurado adalah yang pertama dari 4 aktris yang memenangi Golden Globe untuk Aktris Pendukung Terbaik dalam film tanpa menerima nominasi Oscar untuk pertunjukan yang sama. Ketiga aktris lainnya itu adalah Hermione Gingold di film "Gigi" (1958), Karen Black di film "The Great Gatsby" (1974), dan Katharine Ross dalam film "Voyage of the Damned" (1976).

12. Umur Katy terpaut empat tahun lebih tua dari George Maharis, yang bermain memerankan anaknya dalam film "A Covenant with Death".

13. Nama Katy Jurado jika dilafalkan adalah: Kaytee Hur Ah Doe. Jangan salah ya...***


Sebagai seorang wanita asal Amerika Latin, Katy Jurado sukses berkarier di layar Hollywood. Kala itu di tahun 1951, ia bahkan menjadi aktris Amerika Latin pertama yang meraih Golden Globe Award.

Bersama dengan karakternya yang kental dan fenomenal, Jurado membintangi 71 film layar lebar sepanjang kariernya. Atas prestasinya yang melegenda di kancah perfilman, Google Doodle bahkan memperingati hari kelahirannya pada doodle hari ini.

Berikut ini adalah lima di antara film terbaik Katy Jurado:

1. The Bullfighter & the Lady (1951)

Ini adalah film pertama Katy Jurado di kancah Hollywood. Adalah sutradara film Budd Boetticher yang menemukan bakat Katy Jurado, lalu membawanya untuk memulai karier film layar lebar hollywood melalui film ini. Bullfighter and the Lady adalah film drama romantis dengan latar belakang cerita realitas berbahayanya olahraga Bullfighting.

Dalam film tersebut, Katy berperan sebagai Chelo Estrada. Ia bermain bersama sejumlah aktor ternama seperti Robert Stack, Joy Page, dan Gilbert Roland.

Kualitas aktingnya dalam film tersebut, ditambah dengan kecantikan wajahnya yang eksotis menarik perhatian sejumlah produser Hollywood.

2. High Noon (1952)

Dalam film ini, ia berperan sebagai supporting actress, Helen Ramírez. Film dengan genre action ini membawanya menjadi aktris Amerika Latin pertama yang meraih Golden Globe Award.

High Noon mengisahkan tentang seorang kepala polisi Will Cane (diperankan Gary Cooper), harus menghadapi dua pilihan. Yakni menjalankan tugasnya dengan menghadapi sekelompok penjahat yang ingin membunuhnya, dan juga menjaga sang kekasih hatinya Amy Fowler (Grace Kelly) yang baru saja dinikahinya.

Penjahat Frank Miller (Ian MacDonald) bersama gangnya, menghadang Will Cane dalam perjalanan di kereta Noon. Dalam film ini, karakter Helen yang diperankan Katy Jurado merupakan mantan kekasih Miller.

3. Broken Lance (1954)

Film produksi Twentieth Century Fox ini disutradarai Edward Dmytryk. Seperti dilansir IMDB, film ini adalah remake dari House of Stranger (1949).

Katy Jurado berperan sebagai Senora, seorang putri suku indian. Senora merupakan istri kedua dari Matthew Devereaux (Spencer Tracy), yang merupakan seorang pengusaha peternakan dan memiliki sejumlah anak. Joe (Robert Wagner) adalah anak dari Senora.

Film ini mengisahkan tentang upaya balas dendam seorang anak, atas kematian sang ayah.

Broken Lance dianugerahi dua penghargaan yakni Academy Awards (Best Writing, Motion Picture Story), dan Golden Globes (Best Film Promoting International Understanding). Adapun Katy Jurado masuk dalam nominasi Academy Awards untuk Best actrees in a Supporting Role.

4. One-Eyed Jacks (1960)

Setelah merampok sebuah bank meksiko, Dad Longworth melarikandiri dan meninggalkan Rio rekannya tertangkap polisi. Namun kemudian Rio berhasil kabur setelah lima tahun mendekam di penjara.

Rio melakukan pencarian terhadap Dad di California, dan berencana membunuhnya.Di film ini, Jurado berperan sebagai Maria, yang merupakan istri Dad Longworth.

Film ini disutradarai Marlon Brando. Merupakan film pertama, dan satu-satunya film yang disutradarainya.

5. Pat Garrett and Billy the Kid (1973)

Film drama ini disutradarai Sam Peckinpah, dengan penulis naskah Rudy Wurlitzer. Selain Katy Jurado, film ini melibatkan sejumlah aktor lainnya di antaranya adalah james Coburn, Kris Kristofferson, hingga Richard Jaeckel, dan juga musisi Bob Dylan.

Bob Dylan juga menyanyikan soundtrack film tersebut, dimana lagu legendaris 'Knockin on Heaven's Door' menjadi yang paling menonjol dan dikenal hingga saat ini.

Film ini menceritakan tentang Pat Garret yang disewa untuk bekerja sebagai kuasa hukum sekelompok pengusaha meksiko. Mereka bertujuan untuk menjatuhkan Billy The Kid, yang tidak lain merupakan kawan lama Pat Garret.

Adapun Katy Jurado berperan sebagai isti dari Sheriff Colin Baker (Slim Pickens). Ia kemudian membantu Garret untuk menangkap komplotan Billy.***

Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply