Contact Form

 

Guncangan Terasa Kencang di Jakarta, Pusat Gempa di Banten


Guncangan gempa terasa kencang terasa di Jakarta dan sekitarnya. Pusat gempa rupanya berada di kawasan Lebak, Banten. Dilansir BMKG, pusat gempa berada di Lebak, Banten. Gempa terjadi pukul 13.34 WIB, Selasa (23/1/2018). Titik gempa berada di koordinat 7,21 LS dan 105,91 BT atau tepatnya 81 km arah barat daya dari Lebak, Banten. Pusat gempa berada di 10 km di bawah permukaan laut. Sebelumnya, gempa terasa kencang di Jakarta. Guncangan terasa lebih dari 2 menit di gedung-gedung di Jakarta. [Gambas:Video 20detik]




Gempa bumi berkekuatan 4,5 Skala Richter (SR) mengguncang Gunungkidul, Yogyakarta. Gempa tersebut tak menimbulkan gelombang tsunami. Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada pada titik koordinat 9,13 Lintang Selatan dan 110,08 Bujur Timur. Gempa terjadi pukul 03.49 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Pusat gempa berada di laut 135 kilometer Barat Daya Gunungkidul. Getaran gempa juga dirasakan hingga ke Bantul dan Sleman. Belum ada laporan mengenai ada-tidaknya korban dan kerusakan yang diakibatkan akibat gempa tersebut.




TRIBUNNEWS.COM - Suasana siang hari di Ibukota mendadak mencekam.

Hal ini terjadi pasca terasanya gempa bumi yang melanda Banten dan Jakarta, Selasa (23/1/2018) sekitar pukul 13.35 WIB.

Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) sendiri mencatat gempa berkekuatan 6.1 SR terjadi sekitar pukul 13:34:50 WIB.

Pusat lokasi gempa berada di 7.21 LS,105.91 BT (81 kilometer Barat Daya Lebak Banten). Adapun kedalaman pusat gempa 10 Km.

Termasuk di wilayah Palmerah Selatan, Jakarta Barat.

Di berbagai wilayah Jakarta, sejumlah pihak melaporkan adanya gempa.

Menurut pantauan Tribunnews.com, gempa mengagetkan pesepeda motor yang tengah menunggu di lampu merah dekat Shelter Busway Monas Timur. “Gempa, itu kabel KRL di atas sampai goyang,” ujar salah satu warga.

Warga dan karyawan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2018) berhamburan setelah terjadi gempa sekitar pukul 13.35 WIB. (Rizal Bomantama/Tribunnews.com)

Beberapa mobil juga nampak berguncang cukup kuat akibat gempa ini.

Getaran gempa juga terasa di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan Persada, Jakarta Selatan




TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gempa yang mengguncang Jakarta pada hari ini, Selasa (23/1/2018) sekitar pukul 13.35 WIB membuat karyawan gedung-gedung perkantoran di Gambir, Jakarta Pusat berhamburan.

Menurut pantauan Tribunnews.com sesaat setelah gempa berhenti, para karyawan masih bertahan di luar gedung.

“Agak nanti saja mas masuknya, masih takut kalau ada gempa lagi,” ujar salah satu warga di Gedung Pelayanan Pajak Pratama Gambir.

Beberapa pesepeda motor juga nampak bingung dengan gempa yang barusan terjadi.

Baca: 15 Indikator Pelanggaran Penyalahgunaan Anak Dalam Kegiatan Politik Versi KPAI

Menurut informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berskala 6,4 skala ritcher memiliki pusat di 81 km sebelah barat daya Lebak, Banten dengan kedalaman 10 km.

Menurut BMKG gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply