Contact Form

 

Barca Pinjamkan Arda Turan ke Istanbul Basaksehir


BARCELONA , KOMPAS.com -  FC Barcelona resmi meminjamkan Arda Turan ke ke klub Turki, Istanbul Basaksehir, Sabtu (13/1/2018).  Pemain berusia 30 tahun itu lantas mengirimkan ucapan perpisahan kepada rekan-rekannya.

Arda Turan dipinjamkan selama enam bulan oleh Barcelona. Peminjaman ini tak bisa lepas dari kehadiran Philippe Coutinho yang kemungkinan akan mengambil nomor kostum 7 milik Turan.

Meski baru dilepas dengan status pinjaman, Arda Turan justru menanggapinya bagai seorang pemain yang dijual permanen oleh Barcelona. Pada hari yang sama, Arda Turan pun langsung merilis surat perpisahan kepada Barcelona melalui akun  Twitter  pribadinya.

" Sebuah mimpi tidak akan menjadi kenyataan dengan sebuah sihir. Sebagai seorang pemimpi, saya tahu bahwa itu semua membutuhkan keberanian, kebulatan tekad, dan kerja keras ," tulis Arda Turan.

" Menjadi pemain Barcelona adalah mimpi terliar yang pernah saya miliki dan saya akan selalu bangga kepada diri sendiri karena berhasil membuatnya menjadi kenyataan. Namun, ini adalah saatnya untuk mengucapkan salam perpisahan. Setidaknya, untuk sementara ."

(Baca Juga:  Urvalsdeid, Liga Semi-pro dan Tersingkat di Dunia dari Islandia )

" Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan satu tim yang telah membantu saya untuk menikmati setiap momen, baik di dalam maupun di luar lapangan. Sebuah kehormatan bisa berada di samping kalian ."

" Kepada setiap fan yang telah menyanyikan nama saya di Camp Nou. Saya sangat senang di setiap menit berjuang untuk kalian. Selain itu untuk klub yang tidak hanya telah mengabulkan mimpi saya, tetapi semua anak-anak Turki ."

" Meski tersembunyi di dalam janggut, senyum saya akan tetap berada di sana. Terima kasih telah mengizinkan kembali ke negara saya untuk mendapatkan kesempatan ."

" Saya akan melakukan segalanya untuk menjadi pemain yang pernah kalian cintai. Tidak peduli jarak yang memisahkan di antara kita karena semua kenangan indah ada di hati saya yang akan menghadirkan kekuatan dan meringankan setiap langkah saya ."

(Baca Juga:  Jelang Tandang ke Anfield, Pep Guardiola Manfaatkan Coutinho untuk Pecah Konsentrasi Liverpool )

Arda Turan dilepas karena tidak menjadi bagian dari rencana pelatih baru Barcelona, Ernesto Valverde.

Eks pemain Galatasaray dan Atletico Madrid itu telah membela Barcelona selama dua setengah musim. Bersama Barcelona, Arda Turan telah tampil di 55 laga dengan torehan 15 gol dan 11  assist  di semua kompetisi.  (Verdi Hendrawan) 




Istanbul - Arda Turan akhirnya meninggalkan Barcelona juga. Turan pulang kampung untuk memperkuat klub Turki, Istanbul Basaksehir. Turan memilih pergi dari Camp Nou karena tak pernah dimainkan sekalipun oleh pelatih Ernesto Valverde musim ini. Wajar kondisi ini membuatnya tidak kerasan. Apalagi dengan kedatangan Philippe Coutinho Januari ini, maka Turan mustahil akan dimainkan. Sempat terombang-ambing masa depannya, Turan akhirnya menentukan pilihan. Adalah Istanbul Basaksehir yang dipilih Turan untuk melanjutkan kariernya di lapangan hijau. Istanbul Basaksehir meminjam Turan untuk 2,5 musim ke depan. [Gambas:Twitter] Tak disebutkan berapa biaya peminjaman itu, yang pasti Istanbul Basaksehir akan membayar penuh gaji Turan selama masa pinjaman. Bahkan Istanbul Basaksehir wajib membayar uang tambahan lagi tergantung dari penampilan serta gol Turan di sana. Barca juga memasukkan klausul bahwa mereka berhak menjual Turan selama durasi peminjaman itu andaikan ada tawaran cocok dari klub lain. Istanbul Basaksehir tetap diberikan kesempatan untuk mengajukan tawaran. Didatangkan dari Atletico Madrid dengan banderol 35 juta euro pada 2015, Turan sempat tertunda debutnya karena Barca tengah dihukum transfer oleh FIFA. Sejak debut Januari 2016, Turan bikin 15 gol dan 11 assist dari 55 laga. Istanbul Basaksehir adalah klub Turki ketiga Turan setelah Grandmedical Manisaspor dan Galatasaray. Klub itu kini memuncaki klasemen Liga Super Turki dengan 36 poin, unggul satu poin dari Galatasaray di urutan kedua.




Gelandang yang terpinggirkan di Barcelona ini pulang kampung ke Turki dengan status pemain pinjaman di Basaksehir. OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di Twitter Arda Turan dikonfirmasi Barcelona sudah menuntaskan kepindahannya ke Istanbul Basaksehir dengan status pinjaman sampai musim panas 2020 atau hingga kontraknya di Camp Nou berakhir.

Gelandang 30 tahun itu belum sekali pun bermain di musim ini setelah dipinggirkan oleh pelatih Ernesto Valverde. Ia pun dikaitkan dengan sejumlah klub, mulai dari AC Milan, Everton, hingga Besiktas pada bursa transfer Januari ini.

Pada akhirnya, Turan memutuskan untuk memilih berkarier di klub ibu kota Turki, Istanbul Basaksehir, guna mendapatkan kesempatan bermain reguler. Terkait

Wakil Presiden Barcelona Jordi Mestre menjelaskan, meski Turan berstatus pinjaman, Basaksehir yang akan membayar gajinya secara penuh, yang dilaporkan mencapai €8 juta per tahun.

“Arda akan pergi dengan status pinjaman sampai akhir musim ini ditambah dua musim lagi. Istanbul Basaksehir akan membayar seluruh gajinya,” ungkap Mestre pada Sabtu (13/1).

Turan didatangkan dari Atletico Madrid dengan harga €41 juta pada musim panas 2015, namun baru bisa menjalani debutnya bagi Barcelona pada Januari 2016 akibat sanski embargo transfer.

Selama dua tahun berkarier di Barca, Turan mencatatkan 15 gol dari 55 penmpilan serta berhasil memenangkan enam trofi, yakni La Liga Spanyol, Copa del Rey (2), Piala Super Spanyol, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa.




BARCELONA – Masa depan salah satu pemain Barcelona, yakni Arda Turan, akhirnya terjawab sudah di bursa transfer musim dingin 2018. Turan resmi meninggalkan Barca untuk bergabung bersama salah satu peserta Liga Turki, Istanbul Basaksehir FK.

Kebenaran kabar hengkangnya Turan dari Estadio Camp Nou tersebut dinyatakan langsung oleh kubu Barca beberapa waktu lalu. Melalui Twitter resmi mereka, Barca mengumumkan rampungnya proses kepindahan sang pemain ke Basaksehir.

Baca Juga : 5 Pemain Bintang yang Berpotensi Pindah Klub pada Januari 2018, Nomor 3 Paling Mungkin

Arda resmi bergabung dengan Basaksehir dengan status pinjaman hingga 2020. Masa depan Turan bersama Barca memang acap kali dispekulasikan kelanjutannya ketika bursa transfer tengah berlangsung.

Mantan pemain Atletico Madrid tersebut beberapa kali diisukan menjadi incaran sejumlah klub Liga Inggris, termasuk Arsenal dan Tottenham Hotspur. Namun alih-alih melanjutkan karier di Liga Inggris, Arda justru memutuskan untuk ‘pulang kampung’ demi memperkuat klub dari Negara asalnya itu.

“FC Barcelona dan Istanbul FK menyepakati peminjaman pemain Turki (Turan) selama sisa musim ini dan dua musim berikutnya,” tulis pernyataan resmi manajemen Barca di akun Twitter mereka, seperti dikutip dari Goal , Minggu (14/1/2018).

Baca Juga : Tak Beri Kontribusi, Barcelona Siap Lego 3 Pemain pada Bursa Transfer Musim Dingin 2018

“Pemain internasional asal Turki tersebut meninggalkan klub setelah dua setengah musim di mana ia telah memenangkan segalanya di kompetisi lokal bersama Blaugrana,” sambung pernyataan dari klub besutan Ernesto Valverde tersebut.

Turan sendiri memang kesulitan menembus skuad utama Barca di musim ini. Bahkan ketika rekrutan anyar mereka, Ousmane Dembele, absen lantaran cedera. Turan sendiri sama sekali belum mencatatkan penampilan dari beberapa pertandingan yang sudah dilalui Barca di musim ini.



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply