Contact Form

 

Cantik dan Tampan, Para Seleb Korea Ini Memutuskan Bunuh Diri


TRIBUNNEWS.COM - Kabar Jonghyun SHINee meninggal dunia akibat bunuh diri memang menggemparkan para pecinta Kpop di seluruh dunia.

Menurut Polisi, ia meninggal pada tanggal 18 Desember 2017 pukul 18:00 waktu setempat, seperti dilansir dari Koreaboo.

Polisi mengeluarkan sebuah pernyataan ke publik setelah kematiannya.

Penyebab pasti kematiannya adalah keracunan karbon monoksida akibat dari briket batubara yang dinyalakannya.

"Pada tanggal 18 Desember 2017 pukul 4:42 PM (waktu Korea) kakak perempuan Jonghyun melapor kepada Polisi bahwa adik laki-lakinya melakukan bunuh diri. Kami pergi ke kediamannya di Chungdam dan menemukan dia telah melakukan bunuh diri dengan briket batubara berwarna cokelat yang menyala di dalam penggorengan," begitulah pernyataan dari Kepolisian Gangnam.

BACA JUGA  Dikabarkan Meninggal Dunia, Unggahan Terakhir Jonghyun di Instagram Dibanjiri Komentar Netizen

Namun rupanya Jonghyun bukannya satu-satunya Idol yang memilih mengakhiri hidupnya sendiri.

Beberapa artis Korea Selatan ini juga memilih bunuh diri dengan cara yang tragis.

TribunWow.com mengumpulkan 5 artis Korea Selatan yang bunuh diri, seperti dilansir dari Whatthekpop.com.

1. Park Yong Ha (1977-2010)

Park Yong Ha (Whatthekpop.com)




TRIBUNNEWS.COM - Kabar duka datang dari dunia hiburan Korea Selatan.

Jonghyun SHINee tewas usai bunuh di sebuah unit apartemen di kawasan Gangnam, Chungdam-Dong.

Ia meninggal pada 18 Desember 2017 pukul 18:00 waktu setempat.

Saat ditemukan, ada briket batu bara yang menyala.

Dia segera dilarikan ke rumah sakit namun diketahui telah meninggal dunia.

Penyebab pasti kematiannya adalah keracunan karbon monoksida.

Tak hanya Jonghyun, sederet artis Korea ini juga nekat mengakhiri hidup mereka sendiri.

Tampan dan cantik, para artis Korea ini juga memiliki kehidupan dengan fasilitas hidup yang nyaman. Apa yang mendorong mereka bunuh diri?

Baca: Bunuh Diri, Ini Unggahan Terakhir Jonghyun SHINee

1. Park Young Ha

Park Young Ha




TRIBUNNEWS.COM - Kabar kepergian Jonghyun tak hanya meninggalkan duka bagi para keluarga dan penggemar.

Sederet artis Korea pun merasakan kesedihan dan mencurahkan isi hati melalui media sosial.

Berikut TribunWow.com rangkum, artis-artis Korea yang turut menyampaikan duka di media sosial!

1. Jae Day6

Satu di antara member Day6, Jae, menuliskan jika Jonghyun adalah orang pertama yang berpengaruh dalam kariernya.

Dari hati terdalam, Jae mendoakan Jonghyun agar beristirahat dalam damai.

"As one of my first Korean influences, my heart aches for this tragedy. From the bottom of my heart, may he rest in peace," tulis @Jae_Day6.

2. Park Jimin

Terlalu sedih karena kepergian Jonghyun, member 15& ini mengungkapkan jika masih belum percaya atas berita yang beredar.

BACA: Jonghyun SHINee Meninggal Dunia, Pernyataan Resmi SM Entertainment Bikin Nangis!


VIVA  – Kematian Kim Jonghyun, vokalis utama boyband SHINee asal Korea Selatan, cukup menggemparkan dunia. Jonghyun ditemukan tewas pada Senin, 18 Desember 2017 sore. Menurut polisi, Jonghyun tewas akibat menghirup karbon monoksida yang dibakar di tungku apartemennya.

Aksi bunuh diri Jonghyun menambah daftar panjang selebriti Korea yang memutuskan bunuh diri. Beberapa di antaranya, Lee Eun-ju, U Nee, Jeong Da-bin, Ahn Jae-hwan, Choi Jin-sil, Choi Jin-young dan Park Yong-ha. Dilansir dari laman Chosun, media berbasis di Korea Selatan, meski tidak ada statistik yang akurat, selebriti Korea tampaknya lebih cenderung bunuh diri daripada selebriti di Amerika, Eropa, atau Jepang. Padahal umumnya selebriti di berbagai negara mengalami tekanan yang sama, sebagai imbas dari ketenaran dan gaya hidup tak teratur. Lantas, apa yang mendorong banyak selebriti Korea melakukan bunuh diri?

Di luar perbincangan tentang selebriti, Korea menjadi negara dengan tingkat bunuh diri tertinggi di dunia. Menurut data Organization for Economic Cooperation and Development pada tahun 2015, untuk setiap 100.000 warga Korea, 29,1 orang di antaranya melakukan bunuh diri. Para ahli mengatakan selebriti bunuh diri dapat memberikan wawasan mengapa orang Korea lebih cenderung mengakhiri nyawa mereka sendiri. "Orang Korea cenderung membentuk identitas diri mereka melalui bagaimana mereka diterima orang lain. Mereka bisa menyerah dan membuat pilihan drastis saat merasa tidak dapat lagi menunjukkan sisi terbaiknya kepada orang lain," kata Hwang Sang-min, seorang psikolog di Universitas Yonsei. "Dan kecenderungan itu lebih kuat di kalangan selebriti, yang mata pencahariannya bergantung pada popularitas mereka." Di samping itu, kurangnya program konseling terkait dengan kondisi mental juga menjadi salah satu sebab banyak selebriti Korea melakukan bunuh diri. Mencari bantuan psikiater mungkin hal biasa di kalangan masyarakat Korea, namun di kalangan selebriti memang masih tabu. Dilansir dari Chosun, seorang CEO agensi hiburan Korea yang enggan menyebutkan namanya, pernah mengatakan seorang penyanyi yang dipekerjakan oleh agensinya sempat menunjukkan tanda-tanda depresi. Dia menolak keluar dari rumah karena desas-desus yang tidak berdasar yang beredar di Internet. Hal itu akhirnya membuat penyanyi tersebut enggan mendapatkan bantuan psikiater karena khawatir menimbulkan lebih banyak rumor. Sementara itu, agen hiburan besar di Amerika dan Jepang mempekerjakan penasihat profesional dan secara teratur memeriksa kesehatan psikologis klien high-profile mereka. Salah satu sumber tekanan lainnya pada selebriti adalah internet, di mana setiap detail kehidupan pribadi mereka adalah makanan untuk gosip atau komentar jahat. "Saya menyadari bahwa selebriti akhir-akhir ini harus waspada terhadap banyak hal," kata seorang aktris papan atas. "Fakta bahwa Korea adalah salah satu negara yang populer di dunia adalah sumber tekanan yang luar biasa bagi selebriti Korea," kata Kang Tae-kyu, direktur agensi Music Farm. Selain itu, beberapa ahli menyebutkan perilaku peniru sebagai alasan di balik meningkatnya kasus bunuh diri di kalangan selebriti. Tapi masalah yang lebih besar lagi adalah dampak bunuh diri selebriti terhadap orang biasa.

"Ketika orang-orang terkenal melakukan bunuh diri, orang-orang yang biasa memandang mereka merasa tidak memiliki alasan untuk hidup, sehingga mereka menganggap lebih baik memutuskan bunuh diri" kata Oh Kang-seob, seorang psikiater di Rumah Sakit Samsung Kangbuk. "Pemikiran seperti itu menyebar dan benar-benar menaikkan tingkat bunuh diri. Itulah mengapa selebriti bunuh diri bahkan lebih mengkhawatirkan. "



Total comment

Author

fw

0   comments

Cancel Reply